elementary OS developer page

Saya sudah menggunakan elementary OS sejak 6 bulan yang lalu dan ini adalah distro Linux pertama saya, jadi bisa dibilang kalau saya ini adalah pendatang baru di dunia Linux. Tapi saya suka dengan Linux dan filosofi FOSS nya. Saya sangat ingin membantu atau berkontribusi, tetapi sayangnya saya ini bukan seorang programmer. Bagaimana caranya?

Well, kalau Anda keinginan dan pada situasi yang sama, Anda tidak sendiri. Meskipun Anda punya keterbatasan pada bidang pemrograman, baik itu hanya tahu sedikit atau tidak sama sekali, Anda masih punya kesempatan untuk berkontribusi pada dunia Linux/FOSS atau open source.

Bagaimana caranya?

Gunakan produknya

Inkscape

Inkscape


Ini sudah jelas. Cara tebaik untuk berkontribusi di dunia open source adalah dengan menggunakan produk open source itu sendiri. Contohnya, download elementary OS (atau distro Linux lainnya) di komputer Anda sendiri dan pamerkan ke teman-teman, browsing internet dengan Firefox atau Midori, mengetik tugas kuliah dengan LibreOffice, membuat logo website dengan Inkscape atau GIMP atau chatting dengan teman-teman Anda melalui Empathy juga bisa.

Laporkan masalah dan meminta fitur baru atau menarik

Halaman pelaporan bug browser Midori.

Halaman pelaporan bug browser Midori.


Tidak ada program yang sempurna pastinya. Semakin besar atau komplek program tersebut maka semakin besar kemungkinan munculnya bug (cacat program). Oleh karena itu, untuk membantu agar program kesayangan Anda bisa menjadi semakin baik, Anda bisa membantu para pengembangnya untuk menyadari bahwa program yang ia buat memiliki bug.

Intinya adalah Anda tidak perlu tahu bagaimana cara mengatasi masalah yang muncul tersebut, Anda hanya perlu memberitahukan bahwa terdapat masalah pada aplikasi tersebut, dan Anda bisa membuktikannya dengan memberikan langkah-langkah untuk memunculkan masalah tersebut (reproducible).

Di samping itu, jika memungkinkan, Anda bisa juga meminta tambahan fitur kepada pengembang aplikasi jika dirasa fitur yang ada sekarang sudah ketinggalan. Dengan meminta fitur baru, Anda secara tidak langsung memotivasi si pengembang program untuk terus berusaha meningkatkan kualitas program yang ia buat.

Membuat dokumentasi untuk pengguna awam atau tutorial

Halaman dokumentasi elementary OS.

Halaman dokumentasi elementary OS.


Menurut saya, menyusun dokumentasi merupakan bentuk kontribusi yang cukup penting, dan tergolong berat kerjanya. Mengapa saya katakan cukup penting? Karena banyak proyek FOSS yang masih payah dalam hal dokumentasi, dan hal ini bisa jadi masalah bagi pemula yang masih perlu banyak dibantu oleh dokumentasi.

Anda juga bisa memulai dengan membuat tutorial teks atau video pada sebuah blog, baik itu ditujukan untuk sesama pengguna awam yang baru saja menggunakan sebuah aplikasi atau distro Linux, atau baru terjun ke dunia open source. Apa saja. Tutorial atau dokumentasi yang dibuat oleh orang awam biasanya lebih gampang dimengerti oleh orang awam karena pemilihan bahasanya yang gampang dipahami.

“Cara membuat X pada aplikasi Y…” sangat dibolehkan.

Selain membuat, Anda juga bisa memeriksa atau mengoreksi (proof-reading/editing) isi dari sebuah dokumentasi. Misalnya, menambah topik baru pada sebuah halaman wiki untuk sebuah aplikasi, dan lain sebagainya.

Menjadi translator atau penerjemah

Translator at work

Translator at work by Daniele Nicolucci.

Ini adalah bidang yang selalu terbuka untuk siapa saja. Jika Anda punya kemampuan berbicara/menulis atau menguasai lebih dari satu bahasa, Anda tentu bisa mencari sebuah proyek open source tempat Anda berkontribusi. Mulailah dari aplikasi favorit atau aplikasi yang paling sering Anda gunakan. Anda bisa membantu menerjemahkan antarmuka dari program, dokumentasi dari program tersebut bahkan bisa juga website nya kalau tersedia. Ada banyak proyek di Launchpad yang bisa membuat Anda bersemangat untuk menerjemahkan.

Bagikan apa yang Anda ketahui

Halaman tanya jawab (QA) elementary OS

Halaman tanya jawab (QA) elementary OS.

  • Bicarakan topik mengenai Linux atau FOSS pada orang-orang yang mungkin tertarik.
  • Cari fitur atau kegunaan untuk dari Linux, keunggulan FOSS, dan kemudian mendokumentasikannya. Bisa juga ditambahkan dengan screenshot atau video.
  • Bergabung ke forum-forum, dan membantu para pengguna baru untuk mengatasi masalah-masalah dasar.

Mendesain

elementary OS interface guidelines.

elementary OS interface guidelines.


Punya bakat mendesain grafis? Bagaimana caranya berkontribusi?

Gampang. Biasanya sebuah aplikasi dikembangkan oleh beberapa orang yang tugasnya berbeda-beda. Ada yang membuat programnya (coding) ada juga yang mendesain programnya dan ikon-ikonnya. Dan biasanya, para pengembang program tersebut terkadang meminta masukan artwork (ikon, wallpaper, dll) untuk dimasukkan pada versi terbaru dari aplikasi tersebut, misalnya. Nah Anda bisa menyumbangkan hasil karya Anda kepada pengembang program tersebut.

Memberikan donasi

Halaman donasi LibreOffice.

Halaman donasi LibreOffice.


Ya, donasi diperlukan untuk menjaga kelangsungan sebuah proyek FOSS yang biasanya dikelola oleh sukarelawan. Dengan uang, para pengembang proyek bisa menyewa pengembang tambahan yang dapat memperbaiki kelemahan pada program/proyek sehingga lebih cepat selesai.

Jika ada pembaca yang punya ide-ide lainnya, silakan bagikan :)