SwiftKey untuk iOS dihentikan

Selamat tinggal Microsoft SwiftKey untuk iOS. Salah satu aplikasi keyboard alternatif terbaik (atau mungkin yang terbaik) untuk iOS akhirnya dihentikan pengembangannya oleh Microsoft.

Berita soal penghentian pengembangan dan dukungan SwiftKey untuk iOS terbit di halaman support SwiftKey:

We are ending support for Microsoft SwiftKey iOS. Thank you for being a user of our product. Please visit data.swiftkey.com for details on how to manage your data. The app will be delisted from the App Store on October 5th, 2022.

Aplikasi Microsoft SwiftKey iOS akan resmi ditarik dari App Store pada 5 Oktober 2022. Untuk pengguna yang memiliki SwiftKey di perangkat iOS-nya masih tetap bisa menggunakan SwiftKey, kecuali dihapus manual oleh pengguna atau berpindah ke perangkat baru.

Masalah di pengembangan SwiftKey untuk iOS sebenarnya sudah mulai terasa sejak sekitar satu bulan terakhir. Beberapa pengguna mempertanyakan soal aplikasi SwiftKey yang sudah lama tidak menerima pembaruan di App Store (versi terakhir, 2.9.2, rilis pada 11 Agustus 2021), sesuatu yang tidak biasa untuk aplikasi dengan pengembang sebesar Microsoft. Selain itu ada banyak laporan terkait fitur backup yang tidak bekerja, dan sinkronisasi dan login yang bermasalah. Semuanya akhirnya terjawab, kenapa masalah-masalah tersebut seperti bersamaan. SwiftKey menjadi tak terurus lagi karena dukungannya untuk iOS memang akan dihentikan.