Ketahui warna asli iPhone dari warna ‘boot screen’

Pernahkah Anda memperhatikan warna background layar iPhone pada saat proses booting berlangsung?

Kalau Anda perhatikan, warna background dari proses booting-nya sesuai dengan warna asli dari iPhone-nya. iPhone putih akan memiliki background putih dengan logo Apple warna hitam, dan sebaliknya iPhone hitam akan memiliki background hitam dengan logo Apple warna putih, seperti pada gambar di atas.

Sekilas ini adalah hal sepele dan kurang disadari karena proses booting memerlukan waktu yang tidak begitu lama dan beberapa orang malahan sangat jarang mematikan atau me-restart iPhone miliknya, tetapi ini bisa jadi informasi yang berguna untuk mengetahui keaslian komponen sebuah iPhone, terutama casing dan layarnya.

Untuk Anda calon pengguna baru yang ingin membeli iPhone bekas atau rekondisi, Anda bisa memeriksa apakah warna dari casing/layar iPhone tersebut sesuai dengan warna background-nya saat booting/dinyalakan. Kalau saat booting warna background-nya putih sedangkan layarnya warna hitam, maka ada kemungkinan iPhone Anda itu refurbished dan housing (bodi/layar) nya sudah pernah diganti sebelumnya.

*) Ini hanya berlaku untuk iPhone 5 ke atas dan dengan iOS 7 atau terbaru. Pada iPhone 4/4S warna boot screen tetap hitam dengan logo Apple warna putih.