iPhone boot screen

Pernahkah Anda memperhatikan warna background saat proses booting (boot screen) pada iPhone* milik Anda?

Kalau Anda perhatikan warna background dari proses bootingnya sesuai dengan warna asli dari iPhone-nya. iPhone putih akan memiliki background putih dengan logo Apple warna hitam, dan sebaliknya iPhone hitam akan memiliki background hitam dengan logo Apple warna putih, seperti pada gambar di atas.

Sekilas ini adalah hal sepele dan kurang disadari karena proses booting memerlukan waktu yang tidak lama dan beberapa orang malahan sangat jarang mematikan atau merestart iPhone miliknya, tetapi ini bisa jadi informasi yang cukup berguna untuk mengetahui keaslian komponen iDevice, terutama casing dan layarnya.

Untuk Anda calon pengguna baru yang ingin membeli iDevice bekas atau baru tapi rekondisi, Anda bisa memeriksa apakah warna dari casing/layar iPhone tersebut adalah warna asli (hitam/putih) dari warna background nya saat booting/dinyalakan. Kalau saat booting warna background nya putih sedangkan layarnya warna hitam, maka ada kemungkinan iPhone Anda itu refurbished dan housing (bodi/layar) nya sudah pernah diganti sebelumnya. Namun selain dari warna boot screen nya saja, Anda juga bisa menjadikan beberapa situs penyedia informasi iDevice sebagai rujukan.

*) Ini hanya berlaku untuk iPhone 5 ke atas dan dengan iOS 7 atau terbaru. Pada iPhone 4/4S warna boot screen tetap hitam dengan logo Apple warna putih.