Apakah iPhone yang versi iOS-nya sudah mentok masih bisa di-update lagi?

Jawabannya tidak. Tidak bisa lagi.

Apple biasanya hanya memberikan dukungan pembaruan software untuk perangkat-perangkatnya selama dua sampai empat tahun lamanya, atau tergantung pada kemampuan dari perangkat tersebut untuk menerima teknologi baru pada iOS/iPadOS terbaru.

Selama dalam masa dukungannya itu, setiap perangkat akan menerima pembaruan software (iOS/iPadOS) yang bisa didapatkan secara bersamaan untuk semua perangkat baik secara langsung dari perangkat (OTA), ataupun secara manual dari iTunes. Tetapi begitu masa dukungannya sudah berakhir (biasanya bersamaan dengan diumumkannya produk baru), maka perangkat tersebut tidak akan menerima iOS terbaru lagi.

Berbeda dengan perangkat Android yang tetap bisa di-upgrade OS-nya (melalui custom-ROM) melalui pihak ketiga meskipun sudah tidak lagi menerima pembaruan resmi dari vendor, perangkat-perangkat iOS tidak bisa seperti itu.

Sistem operasi Android bersifat terbuka alias open source, hal ini membuat Android dapat dimodifikasi untuk dapat disesuaikan dan di-install pada perangkat-perangkat jadul atau perangkat yang sudah dihentikan dukungan resminya. Sedangkan pada perangkat Apple hal itu tidak dimungkinkan. Pertama, karena iOS bersifat tertutup dan kedua karena Apple tidak mengizinkan pengguna untuk meng-install iOS yang sudah dimodifikasi. Jangankan iOS/iPadOS yang sudah dimodifikasi, iOS/iPadOS original pun tidak diizinkan kalau versinya sudah dianggap lama.

Jadi, buat Anda yang mungkin baru saja memiliki sebuah iPhone, iPad, atau iPod touch yang sudah agak tua (tidak diproduksi lagi) dan bertanya-tanya apakah mungkin perangkat Anda itu masih bisa mendapat iOS terbaru, mungkin penjelasan saya di atas bisa membantu menjawab pertanyaan Anda itu.