iTunes 11

Berdasarkan pengalaman saya pada kebanyakan kasus, masalah-masalah yang berkaitan dengan perangkat iOS seperti iPhone tidak terdeteksi pada iTunes, gagal melakukan restore, gagal melakukan backup, sync, dan semacamnya seringkali disebabkan oleh iTunes sendiri dan atau komponen-komponennya yang termodifikasi atau tidak bekerja dengan sempurna karena pengaruh program lain.

Untuk mengatasi masalah-masalah yang sederhana biasanya hanya perlu menutup dan membuka kembali iTunes, atau kalau perlu merestart komputer. Tapi terkadang pula ada masalah yang bisa diselesaikan dengan melakukan install ulang iTunes. Namun, sebelum menginstall ulang biasanya dan sebaiknya Anda menghapus iTunes serta komponen-komponen lain yang ikut terinstall bersama iTunes. Sehingga sisa-sisa program yang lama tidak akan mengganggu instalasi yang baru.

Catatan:
Lagu-lagu yang Anda beli dari iTunes Store dan aplikasi-aplikasi dari App Store biasanya tersimpan di folder yang sama dengan folder musik di komputer Anda. Anda tidak perlu takut musik atau aplikasi Anda akan terhapus meskipun program iTunes telah terhapus. Namun, saya tetap menyarankan Anda untuk tetap melakukan backup pada data-data yang penting.

Hapus iTunes dan komponennya

  1. Buka Control Panel pada Windows, dan buka menu Programs and features.
  2. Hapus komponen berikut ini secara berurutan:
    • iTunes
    • QuickTime
    • Apple Software Update
    • Apple Mobile Device Support
    • Bonjour
    • Apple Application Support (untuk iTunes 9 dan terbaru)

Menghapus komponen di atas dengan urutan yang berbeda, atau hanya menghapus beberapa komponen saja mungkin saja akan menyebabkan efek samping pada instalasi yang baru.

Pastikan kalau iTunes dan komponen-komponennya telah terhapus

Biasanya menghapus iTunes serta komponen yang berhubungan dari Control Panel akan menghapus semua file-file yang berhubungan dengan instalasi iTunes. Namun, terkadang beberapa folder atau file masih tertinggal pada sistem.

Setelah menghapus iTunes serta komponennya, pastikan kalau file-file yang tersisa tersebut Anda hapus biar lebih bersih.

Jika masih ada yang tersisa, Anda bisa menghapus folder atau file berikut (Windows 7):

C:\Program Files\Bonjour
C:\Program Files\Common Files\Apple\
C:\Program Files\iTunes\
C:\Program Files\iPod\
C:\Program Files\QuickTime\
C:\Windows\System32\QuickTime
C:\Windows\System32\QuickTimeVR

Kalau arsitektur Windows yang Anda gunakan adalah 64-bit, Anda harus memastikan kalau folder atau file berikut juga terhapus:

C:\Program Files (x86)\Bonjour
C:\Program Files (x86)\Common Files\Apple\
C:\Program Files (x86)\iTunes\
C:\Program Files (x86)\iPod\
C:\Program Files (x86)\QuickTime\
C:\Windows\SysWOW64\QuickTime
C:\Windows\SysWOW64\QuickTimeVR

Pada saat ingin menghapus folder C:\Program Files\iPod\ Anda mungkin akan mendapat pesan error yang berbunyi “Cannot delete iPodService.exe”, untuk mengatasinya seperti ini:

  1. Buka Task Manager dari taskbar atau tekan CtrlAltDel secara bersamaan lalu pilih Task Manager.
  2. Setelah Task Manager terbuka, klik pada tab Processes.
  3. Cari iPodService.exe, kemudian klik-kanan dan pilih End Process.
  4. Tutup Task Manager lalu hapus kembali C:\Program Files\iPod\.

Install iTunes

Setelah menghapus iTunes dan komponen-komponennya sampai bersih, mungkin komputer Anda perlu melakukan restart terlebih dulu sebelum diinstal dengan iTunes terbaru.

Anda bisa menginstall ulang iTunes beserta komponen-komponennya lagi, setelah itu Anda bisa melakukan aktivitas yang sebelumnya tertunda.

Jika masalah yang Anda coba selesaikan tidak sukses hanya dengan menghapus dan install ulang iTunes, maka Anda tidak perlu melakukan hapus-install ulang berkali-kali. Anda bisa menemukan solusi untuk masalah Anda pada halaman support iTunes.

Perhatian:
Harap dicatat bahwa saya tidak bisa menjamin 100% tutorial di atas akan menyelesaikan masalah Anda. Jadi, kalau tutorial di atas tidak cukup membantu buat Anda, silakan berikan komentar dan jelaskan permasalahan Anda dengan detil. Meski begitu, saya pun tidak menjamin kalau saya bisa memberikan solusi terbaik dengan Anda, karena saya hanya memberikan analisa pada barang yang tidak saya pengang langsung.