Cydia

Cydia adalah toko aplikasi tidak resmi bagi perangkat iOS yang telah terjailbreak. Pada dasarnya Cydia sama saja dengan App Store, menyediakan aplikasi. Salah satu perbedaannya yaitu, konten yang ada pada App Store disediakan langsung oleh Apple, sedangkan konten pada Cydia asalnya dari repositori yang dibuat sendiri oleh pembuat aplikasi/tweak. Karena sifatnya ini, isi atau konten pada Cydia bisa ditambah atau dikurangi oleh pengguna sesukanya dengan repositori.

Karena fungsi Cydia yang seperti katalog aplikasi sekaligus sebagai installer atau pemasang aplikasi yang asalnya dari repositori, maka kesalahan-kesalahan yang terjadi pada daftar repositori ataupun server repositorinya bisa juga menyebabkan terjadinya kesalahan pada Cydia.

Kebanyakan pesan error yang muncul pada Cydia mengisyaratkan bahwa telah terjadi kesalahan pada paket atau repositori yang terinstall di Cydia. Dan jarang sekali pesan error muncul karena kesalahan dari aplikasi Cydia itu sendiri. Biasanya sumber masalah asalnya dari repositori yang ditambah oleh pengguna itu sendiri, bukan repositori bawaan/default. Karena itu, kebanyakan pesan error yang muncul bisa diselesaikan oleh pengguna itu sendiri.

Biasanya, pesan error yang muncul di Cydia bisa diselesaikan dengan cara berikut:

  1. Buka Cydia, buka tab Changes, tap pada tombol Refresh dan tunggu sampai Cydia selesai memperbarui dan mendownload database yang diperlukan. Setelah itu, Cobalah untuk menginstall kembali aplikasi dari Cydia yang sempat tertunda.
  2. Jika belum berhasil, cobalah buka Cydia, buka menu Manage dan tap pada menu Sources (untuk iPad langsung saja buka Sources) tap menu Edit, dan hapus repositori pihak ketiga yang baru ditambahkan, tetapi ingat jangan hapus repositori bawaan Cydia seperti BigBoss, Cydia/Telesphoreo, Dev Team, ModMyi, dan ZodTTD/MacCiti.
  3. Kalau masih belum berhasil juga, cobalah tutup Cydia, dan reboot iDevice Anda.

Namun pada kebanyakan kasus, pesan error yang muncul hanya bisa diselesaikan dengan trik khusus. Berikut ini adalah beberapa pesan error yang mungkin terjadi:

  1. dpkg was interrupted, you must manually run 'dpkg configure -a' to correct the problem
  2. Cydia error

    Penjelasan:
    Biasanya Cydia akan menyelesaikan masalah ini secara otomatis hanya dengan melakukan reboot. Jika hanya pesan error seperti ini yang muncul, Anda bisa mengabaikannya menggunakan Cydia secara normal. Mungkin Anda bisa menutup dan membuka Cydia kembali untuk menghilangkannya.

    Jika pesan error seperti ini masih tetap muncul setelah berulang-ulang kali direboot, telusuri direktori /var/lib/dpkg/updates pada iDevice Anda dengan menggunakan program seperti iFunBox dari PC ataupun melalui koneksi SSH, kemudian hapus file-file yang berangka, kemudian respring.

  3. Encountered a section with no Package: header
    You may want to run apt-get update to correct these problems
  4. Cydia error
    Penjelasan:
    Ada sebuah atau beberapa server repositori yang bermasalah.

    Solusi:
    Anda bisa menghapusnya terlebih dahulu untuk menghilangkan pesan error ini. Jika tidak yakin repositori mana yang bermasalah, hapus semua repositori pihak ketiga satu persatu, kecuali yang bawaan/default. Jika masalah ini terjadi setelah menambahkan repositori baru, maka repositori yang terkahir ditambahkan perlu dicurigai sebagai biang masalah.

  5. failed in buffer_write(fd) (7, ret=-1)
    Sub-process /usr/bin/dpkg returned an error code (1)
  6. Cydia error
    Penjelasan:
    File system iOS terbagi atas 2 partisi, yaitu partisi yang digunakan oleh sistem operasi dan komponen penting lainnya yang disebut dengan root (/), dan partisi yang digunakan untuk menyimpan file atau konten dari pengguna seperti foto, musik, video dan lainnya. Partisi ini disebut partisi user (/private/var/mobile).
    iOS file system
    Partisi root ini ukurannya lebih kecil dari partisi user, berkisar antara 256MB sampai dengan 1GB, tergantung versi iOS yang digunakan. Beberapa aplikasi Cydia terinstall di partisi user yang ukurannya jauh lebih besar, namun beberapa komponen utama Cydia dan beberapa aplikasi juga terinstall di partisi root (/Applications).

    Semakin banyak aplikasi Cydia yang terinstall, maka semakin besar kemungkinan partisi root Anda akan penuh, oleh karena itu jangan terlalu banyak menginstall aplikasi atau tweaks yang tidak perlu.

    Solusi:
    Hapus sebagian aplikasi atau tweaks yang berukuran besar atau tidak begitu penting.

    Buka Manage > Storage untuk mengetahui kapasitas penyimpanan yang tersisa pada iDevice Anda.

  7. GPG error: [nama-repositori] stable Release: The following signatures were invalid: BADSIG [angka]
  8. Penjelasan:
    Sebuah repositori dengan alamat [nama-repositori] mengalami masalah “signature” error. Karena masalah ini berada pada sisi server, Anda bisa mengabaikannya dan berharap agar developer yang menangani server tersebut segera memperbaiki repositorinya.

  9. GPG error: [nama-repository] stable Release: The following signatures were invalid: NODATA 1 NODATA 2
    Failed to fetch [nama-repositori] Sub-process /bin/bzip2 returned an error code (2)
    Some index files failed to download, they have been ignored, or old ones used instead.
  10. Cydia error
    Penjelasan:
    Beberapa kemungkinan munculnya error seperti ini:

    • Sebuah repositori dengan alamat [nama-repositori] sedang bermasalah karena tidak bisa diakses sementara atau permanen.
    • Signature atau key yang diberikan oleh server telah kadaluarsa, hal ini bisa saja disebabkan karena server atau repositori telah mati atau ditutup atau sedang rusak.

    Solusi:
    Ini adalah masalah yang ada pada sisi server. Anda bisa mengabaikannya untuk sementara waktu, mungkin server repositorinya sedang ada perbaikan atau pemeliharaan. Tetapi jika ini terjadi sudah lama, Anda sebaiknya menghapusnya saja.

  11. Hash Sum mismatch
  12. Cydia error
    Penjelasan:
    File atau paket yang didownload tidak bisa diinstall karena corrupt. Hal ini bisa terjadi karena terjadi interupsi selama proses download berlangsung sebelum filenya selesai didownload. Penyebabnya bisa karena masalah jaringan Anda, atau karena server itu sendiri.

    Solusi:
    Reboot iDevice Anda, reset jaringan, dan pastikan kalau koneksi internet Anda lancar sebelum memulai menginstall sesuatu dari Cydia.

    Pada saat membuka Cydia, pastikan Anda membiarkan Cydia melakukan update database sampai selesai. Jangan melakukan apa-apa sebelum proses ini selesai.

  13. Host Unreachable
  14. Cydia error
    Penjelasan:
    Penyebabnya bisa karena tidak adanya koneksi internet atau karena server repositori sedang bermasalah.

    Solusi:
    Masalah ini mungkin hanya terjadi sementara. Pastikan koneksi internet Anda lancar, atau ulangi proses download di lain waktu sampai servernya membaik dan bekerja dengan normal.

  15. HTTP/1.0 403 This package is either paid or requires a paid package to function. If you paid: contact [email protected] for help. If not, purchase the original package.
  16. Cydia error
    Penjelasan:
    Layaknya App Store, Cydia juga merupakan sebuah toko aplikasi. Artinya, Cydia menyediakan aplikasi yang gratis dan juga berbayar atau premium. Sebelum Anda bisa menginstall aplikasi premium dari Cydia, Anda harus terdaftar terlebih dahulu di Cydia dengan cara memasukkan akun pembayaran yang Anda miliki.

    Masalah seperti ini hanya terjadi sewaktu proses instalasi aplikasi berbayar berlangsung.

    Solusi:
    Jika Anda mencoba menginstall aplikasi Cydia yang sudah Anda beli sebelumnya, cobalah untuk menghubungi Saurik (pembuat Cydia) melalui alamat email [email protected] untuk meminta bantuan.

    Jika Anda mencoba menginstall aplikasi Cydia yang Anda belum beli, atau Anda dapatkan dari internet secara gratis alias bajakan, silakan menabung dulu dan kalau tabungan Anda sudah banyak, belilah yang original.

  17. HTTP/1.1 500 Internal Server Error
  18. Cydia error
    Penjelasan:
    Terjadi masalah pada server Cydia, atau koneksi antara server Cydia dan iDevice Anda.

    Solusi:
    Masalah ini hanya sementara. Bersabarlah dan coba di lain waktu.

  19. I wasn't able to locate file for the [nama-paket] package. This might mean you need to manually fix this package.
  20. Cydia error
    Penjelasan:
    Paket dengan nama [nama-paket] pada sebuah repositori tidak bisa ditemukan. Masalah ini biasanya terjadi karena proses update database Cydia belum selesai dengan sempurna.

    Solusi:
    Buka Cydia, buka tab Changes lalu Refresh. Dengan begini Cydia akan melakukan refreshing terhadap databasenya. Pastikan pada saat itu jaringan internet Anda lancar.

  21. POSIX error: Operation Timed Out.
    POSIX: Socket is not connected.
    NetDB: Open nodename nor servname provided, or not known.
  22. Penjelasan:
    Cydia bekerja dengan normal, tetapi terjadi masalah dengan jaringan atau koneksi internet Anda atau pada salah satu repositori yang terinstall (sisi server).

    Solusi:
    Pastikan koneksi internet Anda lancar, minimal terhubung ke jaringan Wi-Fi yang stabil. Lalu respring dan ulangi kembali.

  23. Problem parsing dependency Pre-Depends or Problem parsing dependency Depends
    Error occurred while processing [nama-repositori]
    Problem with MergeList [file]
    The package lists or status file could not be parsed or opened
  24. Cydia error

    Penjelasan:
    Ada sebuah atau beberapa repositori yang bermasalah.

    Solusi:
    Anda bisa menghapusnya terlebih dahulu untuk menghilangkan pesan error ini. Jika tidak yakin repositori mana yang bermasalah, hapus semua repositori pihak ketiga atau yang baru saja ditambahkan, kecuali yang bawaan/default.

  25. subprocess pre-removal script returned error exit status [angka] or subprocess dpkg-deb --fsys-tarfile returned error exit status [angka]
    Sub-process /usr/bin/dpkg returned an error code (1)
  26. Cydia error
    Penjelasan:
    Terjadi kesalahan pada proses instalasi atau penghapusan sebuah paket. Masalah ini biasanya terjadi ketika proses penghapusan sebuah paket dari Cyida tidak sempurna karena terjadi interupsi. Akibatnya, Anda tidak bisa melakukan apa-apa dari Cydia.

    Solusi:
    Dengan menggunakan iFile yang sudah terinstall sebelumnya, atau dengan program seperti iFunBox, atau melalui koneksi SSH, telusuri direktori /var/lib/dpkg/info/ kemudian cari nama dari file script yang bermasalah kemudian hapus file tersebut.

    • Jika bunyi pesan error adalah subprocess pre-removal maka cari nama paket bermasalah dengan akhiran .prerm.
    • Jika bunyi pesan error adalah subprocess post-installation maka cari nama paket bermasalah dengan akhiran .postinst.
    • Jika bunyi pesan error adalah subprocess post-removal maka cari nama paket bermasalah dengan akhiran .postrm.

    Setelah menghapus script bermasalah tersebut, buka kembali Cydia dan cari paket yang bermasalah dan hapus secara normal.

  27. trying to overwrite [file], which is also in package [nama-paket]
    Sub-process /usr/bin/dpkg returned an error code (1)
  28. Cydia error
    Penjelasan:
    Anda berusaha menginstall sebuat paket/file baru yang namanya sama pada repositori yang sudah ada. Dikarenakan namanya sama, Anda tidak bisa menginstall kedua paket/file tersebut bersamaan.

    Solusi:
    Anda bisa menghapus paket/file yang lama, atau bisa juga Anda tidak perlu menginstall paket/file yang baru tersebut. Paket atau file yang memiliki nama sama dari dua repositori yang berbeda menandakan bahwa salah satu paket atau file tersebut adalah bajakan atau cracked.

    Silakan menabung dulu dan kalau tabungan Anda sudah banyak, belilah yang original.

  29. Wow, you exceeded the number of package names this APT is capable of.
    Problem with MergeList [nama-paket]
    The package lists or status file could not be parsed or opened.
  30. Cydia error
    Penjelasan:
    Walaupun Anda bisa menambahkan atau menginstall repositori sesuka Anda ke Cydia, tetapi Cydia memiliki kemampuan terbatas untuk menangani paket-paket yang berada dalam sebuah repositori.

    Setiap repositori bisa menampung sangat banyak paket-paket atau aplikasi di dalamnya, namun Cydia hanya mampu menangani sebanyak 65.535 paket. Cydia tidak mampu menangani paket-paket yang lebih dari 65.535, walaupun Anda belum menginstall semuanya. Ini artinya, jika seluruh repositori yang terinstall memiliki total paket sebanyak 65.535, maka Cydia akan memunculkan pesan error seperti ini.

    Solusi:
    Kurangi repositori yang terinstall, atau hapus saja repositori yang tidak begitu penting yang jarang digunakan. Namun sebisa mungkin jangan menghapus repositori bawaan.

Cara menghapus source/repo Cydia secara manual

Secara manual artinya proses penghapusan bukan dilakukan dari Cydia, tetapi dengan menelusuri direktori yang menyimpan alamat repo lalu menghapusnya. Cara ini hanya dan sebaiknya dilakukan jika dalam keadaan darurat misalnya karena Cydia tidak bisa dibuka atau tidak bisa menghapus source.

Menelusuri direktori iOS bisa dilakukan dengan menggunakan iFile (aplikasi file manager dari Cydia), iFunBox dari PC ataupun dengan SSH. Pilih cara yang paling Anda mengerti dan kuasai. Saya tidak bertanggung jawab jika terjadi masalah karena “coba-coba”.

  1. Dengan asumsi bahwa Anda telah mendapatkan akses terhadap file system iOS, telusuri direktori /private/etc/apt/sources.list.d. Kemudian hapus alamat repositori yang bermasalah.
  2. Buka file Cydia.list dan pastikan bahwa di dalamnya tidak ada alamat repositori yang bermasalah, jika ada, hapus.
  3. Telusuri direktori /private/var/lib/apt/list, hapus file-file yang mengandung nama dari alamat repositori yang bermasalah.
  4. Kemudian buka juga direktori /private/var/lib/apt/list/partial dan cari file-file yang mengandung nama dari alamat repositori yang bermasalah.

Setelah mengikuti langkah-langkah di atas, buka kembali Cydia dan refresh databasenya untuk memastikan bahwa proses penghapusan repositori secara manual telah berhasil. Pastikan juga bahwa semua repositori bawaan tampak normal, dan fitur-fitur seperti install atau remove bekerja dengan baik.

Jika Anda menambahkan repositori baru dan ternyata repositori yang lama yang telah dihapus secara manual sebelumnya muncul daftar repo Cydia, itu artinya proses penghapusan Anda sebelumnya tidak komplit. Hapus kembali, kali ini dari Cydia.

Perhatian!
Masalah-masalah pada Cydia di atas beberapa di antaranya bersumber dari pengalaman pribadi. Selain daripada itu adalah pengalaman orang lain yang solusinya sudah diketahui dengan luas. Jika solusi-solusi di atas tidak memecahkan masalah Anda, harap maklum. Silakan kemukakan masalah Anda pada kolom komentar dan saya akan mencoba mencarikan solusinya buat Anda.