Halaman Cydia ini adalah halaman yang khusus memberikan informasi dasar dari Cydia serta cara penggunaannya untuk pemula.

  1. Sekilas tentang Cydia
  2. Fitur-fitur pada Cydia
  3. Bagaimana Cydia bekerja
  4. Cara menambahkan repositori baru ke Cydia
  5. Cara menginstall aplikasi dari Cydia
  6. Cara menghapus aplikasi Cydia
  7. Mengelola aplikasi Cydia melalui komputer
  8. Cara mengatasi masalah-masalah umum pada Cydia

1. Sekilas tentang Cydia

Tampilan awal Cydia

Tampilan awal Cydia di iOS 6 (kiri) dan iOS 7 (kanan).

Ketika berbicara tentang Cydia umumnya bisa berarti dua hal, yaitu

Cydia (aplikasi)

Merupakan sebuah aplikasi open source untuk platform atau sistem operasi iOS yang dibuat oleh @Saurik yang menggunakan sistem APT dari Debian sebagai manajemen paket (package management).

Cydia pada dasarnya mirip dengan App Store milik Apple, sebagai aplikasi yang digunakan untuk menginstall (dan membeli) aplikasi lainnya (installer). Selain aplikasi, kita juga bisa menginstall add-ons/plugin tambahan, tweaks, dan themes dari Cydia dan banyak hal menarik lainnya yang umumnya tidak ditemukan di App Store.

Bisa dibilang kalau Cydia adalah versi open source dari App Store. Setiap orang bisa memasukkan aplikasi buatannya sendiri ke Cydia dan Anda pun bisa menjual aplikasi buatan Anda ke Cydia, karena di Cydia terdapat aplikasi premium (berbayar) dan juga aplikasi free (gratis).

Semua yang ada di Cydia yang bisa diinstall disebut dengan “paket” (package). Sebuah paket memiliki ekstensi .DEB. Ultrasn0w adalah contoh dari sebuah paket yang dimaksud, Winterboard juga merupakan sebuah paket meskipun juga dikenal sebagai sebuah aplikasi, begitupun dengan iFile, semuanya termasuk paket.

Namun, Anda harus bisa membedakan antara sebuah paket dan aplikasi. Semua aplikasi Cydia adalah paket, tetapi sebuah paket belum tentu aplikasi/app. Contohnya, Winterboard adalah sebuah paket dan sekaligus aplikasi, Springtomize juga adalah sebuah aplikasi, begitupun dengan iFile, juga merupakan sebuah aplikasi. Tetapi Infinidock, Zephyr, dan YourTube bukanlah aplikasi, melainkan disebut dengan “tweaks”, walaupun ketiganya termasuk paket.

Tweaks adalah fitur tambahan atau pelengkap/modifikasi dari fitur yang sudah ada, bukan sebuah aplikasi yang berdiri sendiri (standalone app). Untuk membedakan mana yang aplikasi dan mana yang non-aplikasi cukup mudah, aplikasi Cydia pasti akan muncul di SpringBoard atau Home screen, sedangkan paket non-aplikasi seperti tweak biasanya tidak memiliki ikon di SpringBoard. Konfigurasi dari sebuah paket baik itu dia adalah sebuah aplikasi atau tweak, biasanya ada di Settings.

Cydia (server)

Selain sebuah aplikasi/installer, Cydia juga berarti nama sebuah server. Server yang buat dan dipelihara oleh @Saurik (pembuat Cydia) ini adalah server yang menyimpan salinan SHSH dari seluruh iDevice.

2. Fitur-fitur pada Cydia

Karena Cydia merupakan sebuah aplikasi untuk menginstall aplikasi lainnya, atau sebuah package management alias installer maka fitur-fitur di dalamnya sudah pasti berkaitan dengan proses menginstall atau menghapus aplikasi.

Kategori pengguna

Saat pertama kali membuka Cydia setelah melakukan jailbreak maka akan muncul dialog “Who Are You?” seperti ini:

Cydia who are you?

Kotak dialog seperti pada gambar di atas berguna untuk mengetahui kategori penggunanya, apakah seorang user biasa, hacker, atau pengembang aplikasi. Apa perbedaan dari tiap menu tersebut?

  • User: Yang ditampilkan hanya aplikasi, tweaks dan themes.
  • Hacker: Yang ditampilkan sama dengan User ditambah dengan program-program command-line.
  • Developer: Menampilkan semua paket-paket, mulai dari aplikasi, tweaks, themes, program-program command line dan beberapa program tambahan yang fungsinya hanya dimengerti oleh pengembang aplikasi saja.

Anda boleh pilih yang mana saja, tetapi saya sarankan sebaiknya pilih User saja. Semakin lama Anda berinteraksi dengan Cydia ini, maka nantinya Anda akan bisa mengubah kategori penggunanya, sesuai dengan kebutuhan Anda. Setelah memilih User, lanjutkan dengan mengklik Done.

Halaman depan

Inilah halaman depan atau tampilan awal dari Cydia. Setiap kali Anda membuka Cydia akan muncul halaman ini, selain itu Cydia akan memuat halaman depannya untuk memperbarui database aplikasinya.

Cydia

Halaman depan atau tampilan awal Cydia di iOS 6 (kiri) dan iOS 7 (kanan).

Menu utama pada Cydia

Menu utama Cydia adalah seperti ini:

Cydia menu

Beberapa menu pada halaman depan Cydia:

  • Featured
  • Berisi daftar aplikasi/tweak yang sedang populer. Selain aplikasi/tweak yang free/gratis beberapa aplikasi premium juga ditampilkan di menu featured ini.

  • Themes
  • Berisi tema-tema yang bisa didownload untuk iDevice tertentu. Tema yang tersedia di sini ada yang gratis dan ada juga yang berbayar, biasanya tema yang super keren pasti berbayar :P .

    Tema dibedakan berdasarkan ukuran layar iDevice. HD untuk iPhone 4 dan iPod touch 4G (resolusi tinggi) ke atas, SD untuk iPhone 3G/3GS, iPod touch 3G dan “iPad” untuk iPad.

  • Manage Account
  • Tempatnya mengelola akun Cydia. Hanya diperlukan kalau Anda akan bertransaksi di Cydia Store.

Selain itu, menu utama lainnya adalah Sections, Changes, Manages, dan Search seperti pada gambar di bawah:

Cydia menu

  • Sections
  • Seperti halnya katalog aplikasi, di sini Anda bisa menelusuri program-program yang tersedia untuk diinstal, dan setiap paket/program diurut berdasarkan kategorinya, contohnya: icons, bootlogo, tweaks, themes, utilities, dan lainnya.

  • Changes
  • Menampilkan pembaruan (update) dari aplikasi/paket yang telah terinstall. Setiap aplikasi/paket yang tersedia versi terbarunya akan ditampilkan di sini dan menampilkan badge/notifikasi kecil bertuliskan jumlah updatean yang tersedia.

  • Manage
  • Pada awalnya bernama “Uninstall”, yaitu untuk menghapus paket-paket/aplikasi yang terinstall atau mengkonfigurasi ulang paket-paket tersebut, tetapi kemudian diubah menjadi “Manage”.

    Pada bagian ini terdiri dari 3 bagian lagi, yaitu:

    Cydia

    1. Packages
    2. Menampilkan daftar paket-paket yang telah terinstall sekaligus berguna untuk menghapus paket-paket tersebut.

    3. Sources
    4. Menampilkan daftar repositori yang telah diinstall, Anda bisa juga menghapus ataupun menambahkan beberapa repositori.

    5. Storage
    6. Menampilkan ketersediaan ruang penyimpanan pada iDevice.

  • Search
  • Jika Anda ingin mencari suatu aplikasi di Cydia tetapi tidak mengetahui dengan jelas nama dari aplikasi tersebut maka “Search” ini sangat membantu. Anda hanya mengetik beberapa huruf dari nama depan yang dicari maka akan muncul hasil pencarian yang mendekati dengan yang Anda cari.

3. Bagaimana Cydia bekerja

Pada dasarnya cara kerja antara App Store milik Apple dan Cydia hampir sama. Perbedaannya adalah Apple menyimpan semua aplikasi mereka di server mereka sendiri, sedangkan Cydia tidak. Pada saat Anda mendownload sebuah aplikasi dari App Store itu berarti Anda mendownload aplikasi yang asalnya dari server milik Apple.

Pada Cydia (aplikasi), tidak seperti itu. Aplikasi/paket-paket yang tersedia di Cydia tidak tersimpan pada satu server saja, tetapi terpisah-pisah. Lokasi penyimpanan aplikasi/paket di Cydia bukanlah pada server tunggal seperti milik Apple, tetapi pada sebuah direktori pada suatu server/website. Pada saat Anda mendownload sebuah aplikasi dari Cydia, aplikasi yang Anda download tersebut asalnya bukan dari sebuah server tetap dari sebuah website/direktori yang disediakan oleh pembuat aplikasi tersebut.

Website atau direktori inilah yang sering disebut sebagai repositori. Repositori cydia jumlahnya cukup banyak, beberapa diantaranya cukup terkenal sehingga disertakan secara default/bawaan pada saat instalasi Cydia berlangsung. Selain itu, setiap orang bisa membuat aplikasi Cydia dan menempatkannya di repositori pribadi mereka.

4. Cara menambahkan repositori baru ke Cydia

Sebelum memasukkan sebuah repositori baru ke device Anda sebaiknya perhatikan hal-hal berikut ini:

  • Device harus terhubung ke Internet (Wi-Fi atau GSM/3G)
  • Jika menggunakan jaringan GSM persiapkan pulsa yang cukup untuk mendownload, sebaiknya aktifkan paket internet terlebih dahulu.
  • Selain itu, kalau menggunakan jaringan GSM carilah daerah yang penerimaan sinyalnya kuat, agar pada saat mendownload aplikasi sinyalnya tidak putus ditengah jalan.

Langkah-langkah menambah repositori:

  1. Jalankan Cydia.
  2. Klik menu Manage dan pilih menu Sources
  3. Cydia

  4. Tap Edit (ada pada bagian kanan-atas)
  5. Cydia sources

  6. Kemudian klik Add (ada pada bagian kiri-atas), lalu masukkan alamat repositori yang ingin Anda tambahkan, contohnya http://repo.beyouriphone.com/. Setelah selesai, klik Add Source untuk melanjutkan.
  7. Cydia sources

  8. Tunggu sampai Cydia selesai melakukan verifikasi terhadap alamat repositori tersebut
  9. Setelah selesai menambahkan sebuah repo baru, repo tersebut akan tampil pada menu Sources. Kini Anda sudah bisa menginstall aplikasi yang terdapat pada repo yang sudah Anda tambahkan tersebut.
  10. Untuk menghapus salah satu repositori di Cydia adalah dengan cara men-tap Edit lalu tap Delete berwarna merah seperti pada gambar di bawah.
  11. Cydia sources

Perhatian!
Jangan sembarangan memasukkan repositori kedalam Cydia, biasakan hanya memasukakan repositori yang sumber nya dapat dipercayai. Menginstall aplikasi dari repositori yang sumbernya tidak dikenal bisa berbahya bagi iDevice Anda karena dapat berisi malware atau program-program yang bisa mengganggu performa iDevice. Selain itu, terlalu banyak memasukkan repositori ke Cydia juga bisa mengakibatkan masalah.

5. Cara menginstall aplikasi dari Cydia

Setelah menambahkan repositori, selanjutnya yang Akan kita lakukan adalah menginstall sebuah aplikasi atau tweaks dari Cydia. Contoh aplikasi yang akan diinstall adalah iFile. iFile adalah aplikasi file manager yang berguna kalau Anda ingin menelusuri direktori file system dari iOS. iFile termasuk salah satu aplikasi wajib yang diinstall dari Cydia.

Langkah menginstall iFile:

  1. Buka menu Sections, lalu buka kategori System.
  2. Cydia sections

  3. Pilih iFile dari daftar.
  4. Cydia sections

  5. Klik tombol Install yang Ada di kanan-atas
  6. Cydia sections

  7. Lanjutkan dengan mengklik Confirm untuk mengkonfirmasikan penginstalan.
  8. Cydia install

  9. Setelah itu iFile akan terinstall ke device Anda secara otomatis.
  10. Cydia installation

  11. iFile telah terinstall di iDevice Anda. Anda bisa menjalankannya dari ikon yang ada di Home screen :)
  12. iFile icon

  13. Sekarang Anda sudah bisa mengakses direktori dari file system iOS.
  14. iFile

6. Cara menghapus aplikasi Cydia

Anda sudah berhasil menginstall beberapa aplikasi Cydia di iPhone, iPad, atau iPod touch Anda, tapi bagaimana cara menghapus aplikasi Cydia yang sudah terinstall? Anda mungkin sudah pernah mencoba menghapusnya langsung dari SpringBoard atau Home screen menggunakan cara biasa, yaitu tap dan tahan sampai ikonnya bergetar, tapi sayangnya cara ini tidak berhasil karena ikon hapus (X) tidak muncul. Perlu Anda ketahui, walaupun ikon aplikasi Cydia dan aplikasi App Store muncul bersama-sama di SpringBoard, tapi sebenarnya direktori instalasi dari aplikasi-aplikasi Cydia dan App Store berbeda tempat.

Secara default system penghapusan normal tidak bisa menelusuri di mana direktori aplikasi Cydia berada, makanya ikon (X) nya tidak muncul. Lalu bagaimana caranya agar kita bisa menghapus aplikasi Cydia di iPhone, iPad, atau iPod touch yang sudah terjailbreak? Berikut langkah-langkahnya.

Hapus dari Cydia
  1. Buka Cydia.
  2. Pada halaman awal Cydia, buka tab Manage.
  3. Masuk ke menu Packages.
  4. Scroll kebawah sampai Anda menemukan nama aplikasi yang ingin Anda hapus
  5. Tap/klik nama aplikasi tersebut, dan tap tombol Modify
  6. Setelah itu Anda akan diberi pilihan untuk Reinstall (install ulang) dan Remove (hapus).
  7. Tap tombol Remove dan lanjutkan dengan Confirm untuk menghapusnya.

Selanjutnya Cydia akan menghapus aplikasi yang Anda pilih tersebut.

Hapus langsung dari SpringBoard/Home screen
  1. Buka Cydia.
  2. Masuk ke menu Search, lalu ketik “CyDelete” dan install.
  3. CyDelete adalah sebuah tweaks, jadi tidak memiliki ikon di SpringBoard. Masuk ke Settings > CyDelete untuk melihat konfigurasi yang aktif*.
  4. Setelah CyDelete terinstall, kini Anda sudah bisa menghapus aplikasi Cydia langsung dari SpringBoard, sama seperti ketika menghapus aplikasi biasa.
  5. *) Pastikan kalau pilihan Protected Application: Cydia ON. Ini untuk mencegah agar CyDelete tidak bisa menghapus Cydia.

7. Mengelola aplikasi Cydia melalui komputer

Jika Anda tidak memiliki koneksi internet di iDevice Anda, misalnya karena kehabisan pulsa atau tidak ada hotspot, Anda tetap bisa mendownload aplikasi atau tweak Cydia ke komputer Anda (asalkan komputernya terhubung ke internet) dengan menggunakan sebuah program bernama Cyder 2.

Anda bisa mengikuti tutorial berikut ini:

8. Cara mengatasi masalah-masalah umum pada Cydia

Kalau pada saat dijalankan Cydia di iDevice Anda bermasalah dan memunculkan pesan error, Anda bisa menemukan (sebagian besar) solusi dari masalah tersebut dari halaman “Pesan error pada Cydia dan cara mengatasinya“.