SHSH

Intro

Apa itu SHSH blobs?

SHSH blobs atau yang biasa disebut SHSH saja pada dasarnya adalah sebuah signature (tanda tangan digital) yang terenkripsi, atau unique key yang terdapat pada setiap perangkat iOS (iDevice), termasuk iPhone, iPad, dan iPod touch. SHSH dibuat berdasarkan keunikan hardware dari setiap iDevice dan hash dari iOS.
SHSH bersifat unik untuk setiap iDevice, artinya tidak ada SHSH yang sama untuk iDevice yang berbeda.

Apple memberikan semacam tanda tangan digital (signature) pada setiap versi iOS untuk mengamankan proses restore dan update dari server iTunes. Pada saat iPhone milik Anda direstore atau update melalui iTunes, iTunes akan melalui sebuah proses di mana ia akan menghubungi server Apple untuk mengecek “tanda tangan” yang tersedia untuk iPhone Anda. Jika tanda tangannya valid, maka proses restore akan dilanjutkan hingga selesai.

Apple tidak mengijinkan pengguna iDevice untuk melakukan downgrade, atau menurunkan versi iOS melalui proses restore. Oleh karena itu, untuk mencegah orang melakukan downgrade, Apple hanya membuka proses “tanda tangan” (proses “signing”) ini secara terbatas. Setiap kali iOS terbaru dirilis, maka versi iOS sebelumnya tidak akan ditanda-tangani lagi (proses signing dihentikan/tutup). Setelah proses signing ini ditutup, maka tidak ada cara lagi untuk melakukan restore ke versi iOS sebelumnya. Misalnya, setelah iOS 6.1.3 dirilis, maka Anda tidak akan bisa melakukan restore ke iOS 6.1.2 lagi.

Apa fungsi dari SHSH?

SHSH akan membuat iTunes berpikir bahwa proses signing untuk sebuah versi iOS masih terbuka oleh Apple. Pada saat proses restore berlangsung, SHSH akan bekerja sebagai signature dari Apple sehingga proses restore ke versi lama (downgrade) bisa terjadi. Meskipun sebenarnya proses signing ke versi tersebut sudah dihentikan. Dengan kata lain, SHSH berguna seperti tiket atau surat ijin untuk proses restore.

Apakah saya bisa menggunakan SHSH dari iDevice lain untuk melakukan downgrade?

Tidak bisa. SHSH atau SHSH blobs adalah sebuah unique key yang berguna untuk mengenali setiap iDevice. Setiap unique key dari satu perangkat sangat berbeda dengan unique key dari iDevice lain. Oleh karena itu, walaupun tipenya sama kita tetap tidak bisa menggunakan SHSH dari iDevice lain.

Kapan sebaiknya kita menyimpan SHSH?

SHSH hanya bisa direquest dari server Apple untuk versi iOS yang masih di-signing saja, alias yang statusnya masih terbaru. Namun, Anda bisa menyimpan SHSH untuk iDevice Anda baik dalam kondisi terjailbreak ataupun belum terjailbreak.

Apakah menyimpan SHSH hanya bisa dilakukan setelah jailbreak?

Tidak harus. Menyimpan SHSH bisa dilakukan kapanpun, meskipun iDevice belum dijailbreak.

Kapan proses signing SHSH dari Apple berhenti?

Silakan lihat tabel status SHSH pada halaman Jailbreak untuk mengetahui informasi seputar SHSH.

Tutorial

Redsn0w

Redsn0w
Langkah-langkah menyimpan SHSH menggunakan Redsn0w:

  1. Download Redsn0w terbaru di halaman Downloads.
  2. Ekstrak Redsn0w yang telah didownload tadi, lalu jalankan Redsn0w.
  3. Redsn0w
  4. Setelah jendela program Redsn0w terbuka, klik pada tombol Extras.
  5. Redsn0w - Extras

  6. Setelah melewati menu Extras, klik pada tombol SHSH blobs.
  7. Redsn0w - SHSH blobs

  8. Kemudian klik pada tombol Fetch, gunanya untuk mengambil SHSH yang terdapat pada perangkat Anda kemudian mengirimnya ke server Cydia untuk disimpan.
  9. Redsn0w - Fetch SHSH

  10. Hubungkan perangkat Anda ke komputer dalam keadaan mati, kemudian klik tombol Next.
  11. Redsn0w

  12. Pada tahap ini, Redsn0w akan memberi petunjuk untuk membuat device masuk ke mode DFU. Anda hanya perlu mengikuti petunjuk yang diberikan oleh Redsn0w.
  13. Tekan dan tahan tombol Power selama beberapa detik,
    Redsn0w
    Kemudian (sambil tetap menekan tombol Power) lanjutkan dengan menekan tombol Home selama 10 detik,
    Redsn0w
    Selanjutnya lepaskan tombol Home, dan tetap lanjutkan menekan tombol Power sampai Redsn0w mendeteksi device telah masuk ke mode DFU.
    Redsn0w

  14. Selanjutnya device akan reboot secara otomatis, tunggu sampai proses ini selesai.
  15. Redsn0w

  16. Redsn0w akan mulai mengambil SHSH dari perangkat Anda dan mengirimnya ke server Cydia.
  17. Redsn0w - Fetch SHSH
    Redsn0w - Submit SHSH to Cydia

  18. Setelah proses pengiriman SHSH ke Cydia berhasil, Anda akan diberi keterangan seperti pada contoh gambar di bawah ini. Klik tombol Back untuk kembali ke menu utama Redsn0w.
  19. Redsn0w - SHSH Success

  20. Pada menu utama, klik tombol SHSH blobs dan klik tombol Query. Gunanya untuk memastikan apakah SHSH Anda sudah tersimpan pada server Cydia.
  21. Redsn0w - SHSH blobs
    Redsn0w - Query

  22. Masukkan tanda * untuk mengecek ECID dari perangkat Anda.
  23. Redsn0w - ECID

  24. Redsn0w akan mulai mengecek SHSH yang tersimpan…
  25. Redsn0w - Query
    Contoh:
    Redsn0w - SHSH

  26. (Finish).

Catatan:
Selain mengirimnya ke server Cydia, Redsn0w juga menyimpan SHSH blobs perangkat Anda dalam bentu file .plist. File ini tersimpan di dalam folder di mana Redsn0w (redsn0w.exe) berada.

TinyUmbrella

TinyUmbrella
Langkah-langkah mem-backup SHSH menggunakan TinyUmbrella:

Catatan:
Sebelum menjalankan TinyUmbrella, di komputer Anda sudah harus terinstall Java terlebih dahulu.

  1. Download TinyUmbrella terbaru dari halaman Downloads.
  2. Setelah TinyUmbrella selesai didownload, jalankan TinyUmbrella sebagai Administrator (Run as Administrator).
  3. Hubungkan perangkat Anda ke komputer via kabel USB dan tunggu sampai TinyUmbrella berhasil mendeteksi perangkat Anda (Anda bisa menutup iTunes terlebih dulu). Saat perangkat Anda berhasil dideteksi oleh TinyUmbrella, nama-nama perangkat yang pernah terhubung dengan TInyUmbrella akan muncul pada panel sebelah kiri, termasuk nama perangkat milik Anda.
  4. Connected Devices: Perangkat yang sedang terhubung.
    Recent Devices: Perangkat yang pernah terhubung.

  5. Klik pada nama perangkat Anda, buka tab Advanced, dan beri centang HANYA pada pilihan berikut ini:
    • Save ALL Available SHSH
    • Overwrite existing SHSH files on “Save SHSHs
    • When connecting a device, prefer my custom device name over the name set on the device
  6. Selain pilihan di atas, jangan dicentang. Selanjutnya klik tombol Save SHSH pada menu utama. Kemudian SHSH blob untuk versi iOS yang Anda gunakan sekarang akan tersimpan (perhatikan progress nya).
    Anda bisa melihat daftar SHSH blobs yang telah tersave pada tab kolom All Saved SHSHs di tab General.

  7. Jika Anda mendapat pesan error sewaktu menyimpan SHSH, buka tab Advanced dan pastikan kalau Anda sudah menghapus tanda centang pada pilihan Request SHSH Form Cydia kemudian coba kembali.
  8. Finish.

Selain menyimpan SHSH blobs ke server Cydia, TinyUmbrella juga bisa menyimpan SHSH blobs secara lokal dalam bentuk file .shsh. Lokasi penyimpanannya bisa dilihat dari menu Save SHSH Directory.

244 Replies to “SHSH”

  1. Mau tanya kenapa ya, saat masuk ke mode DFU, ada tulisan “Sorry You ipad2 not Supported” itu karena ya…?
    Mohon penjelasanya…
    thx..

  2. Mau tanya saat masuk ke DFU MODE ada tulisan “You ipad2 not support” itu karena apa ya…?
    Mohon penjelasan dan solusinya…
    Thx B4

  3. untuk 4g ios 4.3.5 yg uda di jailbreake(thetered) unlock gevei sim. apakah bisa pada saat idevice reboot(langkah8) untuk ke langkah2 selanjutnya . thank

        1. Setelah reboot redsn0w baru akan mulai melakukan proses fetching SHSH (mengambil SHSH) lalu kemudian mengirimnya ke server Cydia, Anda tidak perlu menghawatirkan iDevicenya dulu, yang penting proses pada Redsn0w bisa lancar. 
          Sebelum menjalankan redsn0w sebaiknya ikuti dulu tips ini (untuk pengguna Windows 7) agar redsn0wnya gak macet di tengah jalan: https://appbuntu.com/2011/04/mengatasi-masalah-uploading-ramdisk-pada-saat-jailbreak-dengan-redsn0w/

  4. Nanya mas ….setelah DFU Mode apakah tidak terjadi apa apa dengan Iphone4 saya yang sudah OS 5..maksudnya apakah tidak menimbulkan kerusakan pada file SHSH di Iphone…yang nantinya akan merujuk ke Restore Itunes lage…seperti kejadian 3 hari lalu saat saya coba mendowngrade 4.3.5 ke 4.3.3 menggunakan tinyumbrella…pas saya mau balekin ke 4.3.5 eh taunya juga enggak bisa direstore oleh itunes ..paksa saya Restore dan Upgrade makanya sekarang dah OS. 5..trims mohon pencerahannya….

    1. Jadi prosesnya gini, DFU > reboot> fetching shsh (mengambil shsh) > submit ke Cydia > dst.
      Setelah DFU mode pasti akan reboot dulu baru proses fetching, dan semua itu dilakukan sm redsn0w. Kalo Anda dulu mau mencoba downgrade ke 4.3.5 > 4.3.3 > 4.3.5 jelas saja tidak bisa karena Apple sudah menstop proses signing shsh nya, makanya gagal terus.

      1. Oke saya kira saya tidak akan menjailbreak Iphone lage karna fitur OS 5 sudah sangat mendekati jailbreak..dan mungkin OS berikutnya…Sekarang bagaimana halnya dengan membuat ID Apple Gratis di Iphone dan Komputer …semua yang saya coba sampai sekarang blom berhasil……padahal sudah di OS 5.. dan ada fitur membuat ID gratis…

          1. duh terus merepotkan mas…tapi kayaknya mas yang lebih mengerti..gene itunes saya waktu masih iphone os 4.2.1 masih ada aplikasi free tampil disebelah kanan bawah itunes tapi saat itu iphone4 saya yang baru saya beli 2 hari langsung jailbreak..jadi enggak mikir kalo harus bikin ID Itunes…nah .setelah naek ke 4.3.3 terus ke 4.3.5 itunes store malah tidak ada tampilan aplikasi jadi kosong..nah begitu OS 5 sekarang ini itunes kembali normal tampilan itunes ada tapi aplikasi free yang disudut sebelah kanan masih tidak ada sama sekale baik setelah saya pilih bendera US atau pun Indonesia….padahal sebelum OS 5 sudah saya remove dan install ulang ke laptop…nah pada saat restore iphone ke OS 5 diiphone ada fitur yang harus dilewati yaitu membuat ID Itunes tetapi tidak berhasil dan itupun menggunakan email yang gunakan sampai sekarang dan berjalan…jadi gimana nih mas solusi terbaiknya …haruskah saya meminta membuat kan ID Gratis dan saya siap membayar ongkos pembuatannya …tinggal kita sepakati harganya dan cara pembayarannya …tapi jgn mahal mahal ya hahahahahha…gimana ? please help me…

  5. kalau jailbreak bukan pake redsnow, apakah menyimpan file shsh nya bisa pake redsnow. (sy lupa jailbreak pake apa, tapi logonya yg tengkorak apple itu)

  6. saya pengguna iphone 4 fu,, sewaktu ingin jail break dengan redsnow… knp waktu masuk dfu mode,, redsnow saya langsung eror ya mas?
    mohon pencerahannya, thx…

  7. Met Siang.. numpang tanya, sy uda jailbreak ios 4.3.5 (iphone 4) tapi koq ga bisa upgrade ke ios 5 ya?
    makasi sarannya..

  8. Mas Bro, mohon bantuannya. Barusan sy membeli iPad 1 3G 64G dgn iOS 4.3.5 (ga di Jailbreak). Trus rencananya sy mau downgrade ke 4.3.3 untethered jailbreak dgn meminjam SHSH 4.3.3 dr iPad lain dgn type yg sama. kira-kira bisa gak kayak gitu gan? Tks sebelumnya n salam kenal ^_^

  9. mohon pencerahan gan, Iphone ane kan msh version 4.1 (8B117) udh di JB.
    nah kalo ane upgrade langsung ke IOS 5 bisa gak ya, terus apakah aplikasi dan data2 sebelumnya akan terhapus.?
    thanks

  10. mas saya mau upgrade dr 4.2.1 jailbreak ke ios 5.1, sblm itu sy mau menyimpan shsh ke cydia tp g bs tulisan muncul “one or more blobs rejected by the cydia server” mohon bantuannya mas.

      1. Menurut mas lebih baik di biarkan saja atau saya upgrade.. trus kalo saya download lebih baik download file-nya atau langsung dari iTunes ?..  

        1. Sebenarnya tanggung juga kalau mau bertahan sementara iOS nya masih di 4.1, kalau 4.3.3 atau 4.3.5 sih mendingan bertahan saja. Seandainya bisa upgrade ke 5.0 sebaiknya bertahan disitu saja, tapi kalau terpaksa upgrade nya harus ke 5.0.1 apa boleh buat, Anda cuma bisa jailbreak tethered.
          Tapi kalau Anda orangnya gak suka jailbreak ya mending di upgrade saja ke iOS 5.0.1.

    1. Kalau pakai Windows 7 coba ikuti tips di sini: https://appbuntu.com/2011/04/mengatasi-masalah-uploading-ramdisk-pada-saat-jailbreak-dengan-redsn0w/
      Kalau masih belum bisa, coba gunakan komputer lain yang belum pernah digunakan untuk jailbreak sebelumnya.

    1. Masih bisa di downgrade, asalkan sudah pernah save SHSH di iOS sebelumnya. Kemungkinan dirilisnya untethered jailbreak untuk iOS 5.0 lebih besar daripada iOS 5.0.1. Jadi, saya sarankan mendingan bertahan di 5.0 saja dan tunggu untetherednya dirilis.

      1. wadoh kalo blm prnah save shsh brati ga bisa downgrade lg ya?
        tapi mslhny iphone ane 3gs,,iOS 5.0 kekny agak berat yah di 3gs? trus batre ny napa cpt bgt drop yah?tq

          1. err blm di jb sih,,masih original..tp batre ny cpt bgt dropny..ga ngrti jg knp..menurut agan ivan sndiri, ios 5.0 di 3gs wajar apa ngak yah? tq

          2. Coba cek aplikasi apa saja yang sudah terinstall. Biasanya aplikasi2 yang terhubung ke internet seperti social networking apps itu biasanya paling banyak menguras baterai, apalagi kalau fitur notifikasinya diaktifkan.

  11. saya punya ipad2 iOS 4.3.5 bawaan dari pabrikan blum pernah upgrade, bisa g’ klo SHSH sy backup trus itu yang saya pake buat downgrade ke 4.3.3?

    1. Gak bisa 🙂
      SHSH untuk 4.3.5 harus dipakai untuk 4.3.5 juga. Lagi pula sekarnag sudah gak bisa lagi nyimpan SHSH untuk 4.3.5 karena sudah tertutup sejak oktober kemarin.

  12. iPod touch saya sudah dijailbreak dengan iOS 4.3.3 dan belum
    pernah dibackup SHSH-nya. Karena versi iOS-nya sudah tertutup, bagaimana cara
    membackup SHSH iPod saya? Apakah harus upgrade ke iOS yang masih terbuka
    SHSH-nya. Mohon pencerahannya. Terima kasih.

    1. Kalau SHSH nya baru mau dibackup sekarang, yang tersave cuma SHSH iOS 5.0.1 saja (paling akhir). Untuk membackup SHSH coba saja gunakan TinyUmbrella atau Redsn0w, gak perlu upgrade dulu kalau mau backup SHSH.

  13. Mohon bantuannya : iPhone 3GS iOS 4.3.2
    Permasalahan :
    – Tidak bisa back up iphone melalui Itunes karena Backup tidak bisa disimpan ke komputer *entah kenapa…
    hanya ada error message: iTunes could not back up iPhone because the backup could not be saved on the computer. Sehingga akan UpGrade ke iOS 5.0.1 menjadi gagal karena masalah ini.
    – Saya coba cadangkan SHSH untuk iOS 4.3.2 dengan TinnyUmbrella tetapi tidak bisa ditemukan.
    Untuk panduan menjailbreak adalah “mem’back-up SHSH” takut akan ada masalah suatu saat jika restore atau downgrade atau terjadi gagal proses jailbreak.
    jadi apa yang musti dilakukan untuk memulihkan kondisi ini dan benar2 siap untuk menjailbreak.
    mohon solusinya….
    Trims…. -Prasetyo-

    1. 1. Tidak bisa backup, solusinya ada di sini: http://support.apple.com/kb/TS2529
      Coba lakukan langkah 1, 2, 3, 4, dan 6.
      2. Sesuai dengan table diatas, untuk saving SHSH pada iOS 4.3.2 sudah tidak bisa lagi.

      1. 1. Langkah 1,2,3,4 & 6 sudah diikuti tapi masih tetap tidak bisa melakukan back-up. bila ada solusi akhir mohon pentunjuknya. apa perlu restore dari itunes…???
        2. apakah ada cara lain…? sedangkan untuk upgrade ios terkendala masalah back-up.
        terima kasih sebelumnya.

          1. saya sudah pernah melakukan back up via iTunes, saya juga sudah mencoba cara ini dengan menghapus file back-up tetapi itu mungkin suatu kesalahan. bbrp ada yg menganjurkan hapus file back-up dan ada yg meng’copy file back-up serta dicopy ke direktori baru. ini sangat mengesalkan. semua cara sudah dicoba tetapi nihil. apa memang sudah tidak ada yg bisa diperbuat lagi….? jalan terakhir mungkin akan saya bawa ke iBox. terima kasih sebelumnya Mas Ivan S atas masukan2nya. tetapi saya masih berharap ada solusi lain lg. Trims…

          2. Ya, sebaiknya jangan betul2 dihapus dari komputer, tapi dihapus dari direktori backup yang ada di iTunes dan dipindah ke direktori lain untuk cadangan.
            Bagaimana pada saat di langkah 6? pas bagian Reset lockdown folder ? kalau cara itu berhasil seharusnya proses backup nya bisa normal kembali karena direktori backup yang dibuat oleh Apple sudah “dilepas kuncinya”.
            Dulu menghapus backupnya dari mana bro? manual dari Windows Explorer atau dari iTunes?
            Kalau masih belum bisa, coba:
            1. Uninstall semua aplikasi2  seperti iTunes, QuickTime, dll
            2. Hapus folder backup secara manual (lagi)
            3. Reboot komputer
            4. Install ulang iTunes dan komponen2 lainnya.
            5. Coba backup kembali.

          3. waktu itu saya hapus melalui iTunes. apakah saya salah karena delete melalui iTunes…?
            Klo begitu saya akan coba lagi. semoga dengan menghapus dan install ulang iTunes ini akan bekerja.
            Trims.

          4. Setelah mencoba segala hal, lalu saya coba langkah ini :
            https://appbuntu.com/2011/10/mengatasi-error-3194-dan-3002-pada-saat-update-ios/
            pada point No.1 dengan mengedit “Host” alhasil itunes dapat BackUp iphone dan bisa UpGrade ke iOS 5.0.1 dengan langkah akhir “Restore”.
            Kini iPhone 3GS di iOS 5.0.1 tapi sepertinya timbul error yang lain.
            1. error (-50)
            2. Storage yang seharusnya 16GB menjadi 13.6GB.
            semoga bung Ivan.S dapat membantu untuk masalah ini.
            Trims

          5. Untuk yang error -50 bisa dilihat di sini solusinya: http://support.apple.com/kb/TS1583?viewlocale=en_US.
            Untuk yang ke 2, apakah setelah diupgrade iPhonenya diisi lagi data2 (backup from restore) ?
            Pada dasarnya storage untuk iOS memang begitu, 16GB itu tidak fixed, tetapi shared, artinya data2 user dan data2 untuk sistem operasi bergabung. Jadi, harddisknya memang 16GB, tetapi setelah direstore  pasti size nya jadi berkurang (ingat, size iOS tiap versi selalu bertambah).

  14. Gan , saya baru beli IPAD 2 ios 4.3.5 :
    1. jadi untuk sekarang harus tunggu JB untuk 5.0.0 ya ? 2. Dan sekarang tidak bisa downgrade ke 4.3.3 lagi karena SHSH nya tidak tersave ?
    Trims

  15. permisi mas Ivan, saya mau tanya, tadi saya baca comment di bawah, untuk menyimpan shsh 5.0.1 tidak perlu di upgrade iOS, iphone saya ada di 4.3.3 sudah jailbreak, saya coba cara save shsh menggunakan redsnow dan tinyumbrella, tetapi ga kebaca yg 5.0.1, yang terbaca hanya shsh 4.1 dan 4.3.3. apakah sudah ditutup untuk shsh 5.0.1?
    terima kasih.
    bayu

  16. malam mau tanya masi bingung soal shsh ini…sebenernya save shsh ini harus dalam kondisi JB atau tidak ya?soalnya ada yg pake cydia (dmana cydia baru ada setelah JB) kalo pake cara yang atas ini saya jg ga yakin hrus JB tidak…
    itouch 4g 5.0

    1. Yang paling penting adalah selama versi iOS nya masih bisa di sign oleh Apple, selama itu kita masih bisa menyimpan SHSH. Karena sekarang sudah banyak tools untuk menyimpan SHSH jadi kita tidak perlu tergantung sama Cydia lagi. 
      Save SHSH dengan Redsn0w/TinyUmbrella, dll tidak butuh jailbreak.

  17. bang,
    sya sdah mnjalankan smpai langakh 12..
    tp pas d cek (*) trnyata kosong..
    trus tiny umbrella nya ga bsa terbuka, meski sya sdah run as administrator(sya pkai versi trbaru)mohon pencerahannya bang..!!!

    1. Versi iOS yang digunakan sekarang versi berapa? Sudah lihat tabel diatas? Selain redsn0w dan TinyUmbrella juga bisa pake iFaith, tp belum saya buat tutorialnya.

        1. Pake TinyUmbrella saja. Memangnya gak bisa jalan karena apa?
          Untuk menggunakan apps2 dari Cydia tidak harus membackup SHSH dulu. SHSH itu sebenarnya optional saja, tapi karena jaman sekarang jailbreak untethered semakin susah jadinya banyak orang yang butuh. Saya sarankan masuk dulu ke halaman FAQs/Help untuk mempelajari apa itu SHSH.

          1. Kayaknya TinyUmbrella nya corrupt sewaktu didownload. Coba hapus yang lama dan download yang baru pake koneksi inet yang lebih stabil. Jangan lupa untuk install Java.
            Kalau Cydianya tidak mau terbuka, matikan dulu iPhone nya terus dinyalakan pake tombol “Just Boot” di Redsn0w. https://appbuntu.com/jailbreak/redsn0w/#boot-tethered

  18. Saat ini ipad2 saya msh iOS 4.3.5, jika saat ini upgrade ke iOS 5.0.1 apakah benar memakai Tiny umbrella utk back up SHSH iOS 5.0.1?

      1. sudah saya coba mas
        tapi yg saya dapat shsh 5.0.1 sama 5.1 beta gitu
        tapi gapapa deh mas, buat jaga2 saja, soalnya saya dengar jb nya ga akan keluar sebelum 5.1 release ya, tp kan belum tau apakah yg keluar jb 5.0 atau 5.0.1
        kalo misal nanti udah keluar os5.1 lalu keluar jb 5.0.1 saya bisa kan upgrade os 5.0 saya ke 5.0.1 mas? kn saya ada shsh 5.0.1 nya mas

        1. Kalau baru mau save untuk ios 5.0 memang sudah terlambat (lihat tabel untuk iOS 5.0), yang bisa itu cuma iOS 5.0.1 saja. Kemungkinan sih yang keluar itu jbnya untuk 5.0.1, coba baca postingan ini, disitu ada pesan dari p0sixninja: https://appbuntu.com/2012/01/upgrade-idevices-anda-ke-ios-5-0-1-sekarang/ 

          1. iya mas
            yg saya tanyakan, walaupun 5.1 misalnya dh keluar
            saya masih bisa upgrade ipad saya ke 5.0.1 kan? kan sy dh ada shsh 5.0.1 mas?
            atau ngga bisa?

          2. Kalau ini sih belum jelas. Kalau dari 5.1 beta ke 5.0 mungkin bisa, tapi kalau dari 5.1 ke 5.0.1 saya belum yakin. Yang jelas nanti kalau iOS 5.1 mendekati rilis, pastinya akan ada kabar terbaru dari developer jailbreaknya tentang kegunaan SHSH 5.0.1 ini.

  19. mas ivan kenapa waktu sy mw nyimpen SHSH nya kok ada tulisan
    this device is pwned with a bootrom exploit.
    Any blobs it has are unnecessary (ans invalid anyway).
    terus harus gmn??

  20. 3gs ios 5.0.1??
    belum mas?
    kemaren pke ios 5,,tp sudh sy simpan SHSH nya,,tp kok d Cydia nya gk ada 5.0 nya y??yg ada 4.3.5 terus 5.0.1?
     

    1. Kalo SHSH iOS 5.0 belum ada, ya gak apa2, yang penting yang 5.0.1 sudah ada. Toh gak ada gunanya lagi save SHSH 5.0 karena iOS 5.0.1 sudah dirilis jailbreak untetherednya.

  21. oh ya mas sy pke redsnow yg terbaru mas..redsn0w_win_0.9.10b3
    terus tiny umbrella nya malah gk bisa kebuka,,semacam error gtu..??padahal sudh yg terbaru.?solusi nya donk mas??

    1. Bukannya SHSH untuk 5.0.1 sudah tersave ya? SHSH 5.0 tidak usah dipikirkan lagi karena memang sudah tertutup (lihat tabel).
      Itu tinymbrellanya tidak bisa jalan karena di komputer Anda belum terinstall JVM (Java). Coba buka situsnya java dan download yang cocok untuk komputer Anda.

  22. redsn0w juga menyimpan SHSH blobs perangkat Anda dalam bentu file .plist. tapi file nya belum tersimpan mas??gmn??

    1. File .plist itu tersimpan secara lokal dikomputer Anda, tapi itu bukan indikator bahwa SHSH nya berhasil tersave atau tidak. Kalau mau lihat apakah sudah tersave atau tidak, coba buka Cydia, dihalaman depannya itu tertulis versi iOS yang tersave. Cek di direktori dimana redsn0w dijalankan, apakah .plist nya sudah muncul atau tidak. kalau tidak muncul itu bukan masalah, yang jelas di Cydia sudah muncul.

  23. bang ivan,
    saya pake iphone 4 FU baseband 4.10.3 
    nah sejak upgrade ke ios 5 baseband ikut berubah ke 4.11.8
    nah biar bisa baseband kembali ada cara gak???
    soalnya gevey cardnya biar bisa dipake lagi…
    saya udah berhasil downgrade dia jadi ios 4.3.3 lagi tapi abseband tetep yg 4.11.8
    gimana ya?? ada solusi yg jitu???

      1. Waduh.. sayang sekali, iPhone yang sudah pernah menyentuh iOS 5 basebandnya sudah tidak bisa lagi didowngrade. Dan baseband 4.11.x belum ada solusinya sampai sekarang.

      1. oh jadi efeknya cuma gak bisa downgrade ya mas?kalo sama iphonenya g masalah kan?
        nah pertanyaan saya juga devteam itu g mau muncul di cydia mas…

  24. mas saya punya iphone 3gs iOS 5.0.1 , di cydia saya hanya tersimpan shsh 4.1 sama 5.0.1 kalo saya ingin downgrade 4.3.3 itu bisa ga ya? saya pernah mendowngrade ke 4.1 dan ingin ke 4.3.3 tp gagal terus. karena byk suhu2 bilang os 4.3.3 paling stabil dan jg tidak boros baterai. apakah ada solusinya?thanks

    1. Memang sudah seperti itu keadaannya, iPhone 3GS Anda hanya bisa didowngrade ke 4.1 saja, kalau ke 4.3.3 tidak bisa karena tidak ada SHSH nya. iOS 4.3.3 dianggap paling stabil dan tidak boros baterai, itu karena secara fitur iOS 5 lebih banyak daipada 4.3.3. Lebih banyak fitur artinya lebih banyak tanaga yang dikeluarkan.

  25. Pa Ivan saya mau bertanya..
    berhubung baru pertama kali pake produk apple saya sedikit bingung 🙂
    saya beli ipad 2 + G dengan iOS 5.0
    saya upgrade k iOS 5.0.1
    asuransi bisa terpakai bila di downgrade k iOS 5.0 y pa?
    kalau saya belum save shsh di iOS 5.0 ipad saya tidak bisa downgrade y pa?
    terimakasih

  26. Masbro,,
    tolong donk beri saya advice seputar JB ini,,
    posisi skrg ipad2 3G/wifi version 4.3.3..
    nah ipad ini masih original,, belum pernah di JB,,
    saya ingin melakukan JB,, tetapi masih bingung apakah JB pada versi 4.3.3 atau upgrade ke 5.0.1 lalu di-JB..
    mengingat status save shsh pada versi 4.3.3 sudah di tutup,, apabila saya upgrade ke versi 5.0.1 berarti tidak bisa downgrade lagi kan??
    tolong sarannya mas Ivan,, saya masih pemula untuk gadget apple.. 🙂

    1. Fitur di 4.3.3 jelas jauh beda dengan 5.0.1, jadi saya sarankan untuk mengupdate nya dulu, kemudian save SHSH nya. Setidaknya kalau iOS 5.1 sudah dirilis nanti, Anda masih punya kesempatan untuk mendowngrade ke 5.0.1,

  27. bro, klo mau upgrade dari 4.0.1 ke 5.0.1 ada tutornya?? udah ada shsh untuk ios 501 nya gw, dmna ada tutor buat upgrade nya, skrg kan apple udah ngak signing ama ios 501. 😀

    1. Tutorial dari saya gak ada, tapi singkatnya gini:
      1. Download redsn0w terbaru
      2. Jalankan Redsn0w dan pilih  Extras > SHSH blobs lalu pilih Stitch
      3. Cari dan file ipsw (5.0.1) nya,
      4. Cari dan pilih juga shsh blobs yang sudah di save lokal (ke komputer)
      5. Redsn0w akan mulai mengcustom ipsw nya dengan shsh dari device yang mau di downgrade,
      6. Lokasi tersimpan file ipsw hasil custom sama dengan file ipsw yang ori
      Lalu:
      1. Masuk ke pwned DFU mode, bisa dari iReb atau redsn0w juga
      2. Jalankan iTunes dan restore seperti biasa (Shift + Restore)
      3. Pilih file ipsw custom nya
      4. Berdoa semoga sukses.
      Hanya berlaku untuk device non-A5

  28. Mas Ivan Saya mau numpang tanya . Kalau icon tiba2 Jadi blank warna Putih . gimana caranya kembalikan ke asalnya
    iPad Saya ipad2 yang sudah di JB dengan iOS 5.0.1
    Icon iFile Saya warnanya menjadi blank PUTIH
    Thanks atas jawabannya

  29. mas saya masih belum mengerti nih.. saya upgrade ios saya menjadi 5.0.1 saya sudah jailbreak nih.. tetapi saya buka cydia.. saya lihat SHSH nya itu 4.3.5 menurut saya apa kah itu seharusnya SHSH nya adalah 5.0.1 ya? tolong dibantu mas.. terima kasih

  30. iphone saya ios 5.0.1 restart terus, mau sy restore tp ada “error 3194”. sy blm simpan SHSH, trus sy cb simpan pakai redsnow di SHSH blobs ada file plist juga di foldernya. cara pakainya mengunakan redsnow cusrom ipsw gimana ya spy sy bs restrore 501?

    1. iPhone 3GS, iPhone 4 atau iPhone 4S ?
      Simpan SHSH nya kapan? sudah yakin kalau itu memang shsh untuk iOS 5.0.1 ? Coba konfirmasi ulang pake TinyUmbrella. Kalau save SHSH nya diatas tanggal 8 Maret sudah pasti itu bukan SHSH untuk 5.0.1, mungkin SHSH 5.1.

  31. mas ivan, mau tanya. kalau mau upgrade iOS 3.1.3 ke iOS 5.0.1 dengan iphone 3gs gimana ya caranya?  sangat mohon bantuannya

  32. Mas ivan, mau tanya nih saya pengguna apple baru. Bingung nih mslh shsh.
    Kalau mau nyimpen SHSH itu apakah device saya harus di JB terlebih dahulu?
    Kalau iya, brarti kita tidak bs nyimpan SHSH tanpa JAILBREAK ya?
    Thanks mhon pencerahanya

  33. mas saya baru punya ipad 2 ios version 4.3.3
    saya mau update ke 5.0.1 bagaimana caranya ya? sementara sekarang ver 5.1 sudah release. kalau via itunes updatenya ke 5.1
    bagaimana ini mas?

  34. Mas Saya problem neh :
    – IPad2 32GB wifi sudah di-jailbreak, awalnya ipad sering erorr, trus pas restore via OTA jadi sering macet/hang. SHS nya ga punya. restore via ITUNES ke detek cuma | name “IPad” | Capacity n/a | Software version n/a | Serial number n/a. Pake RedSnow juga ga bisa “Sorry, the Ipad2 is’n supported”. Pake tinyumbrela “The device isn’t conected”. Mohon pencerahannya ?? tks

    1. iPad yang sudah dijailbreak memang gak bisa update OTA, dan sudah dari dulu ada peringatannya. Dan walaupun ada SHSH, iPad 2 tetap tidak bisa di restore ke 5.0.1 lagi.

  35. MasBro,
    Ipad saya iPad 1 32GB/3G dengan IOS 4.3.5 tethered. Saya mau upgrade ke 5.0.1 Untethered. Saya sudah save SHSH dan berikut adala lognya. Tolong bantu apa maksudnya nih MasBro.
    03/23/2012 19:09:32.157 Loaded
    History…
    03/23/2012
    19:09:33.172 Device connected: RP’s iPad
    03/23/2012
    19:09:33.188 Loaded History…
    03/23/2012 19:10:12.989
    Caching shsh files…
    03/23/2012 19:10:12.989 Found [0]
    shsh files to cache…
    03/23/2012 19:10:12.989 Cached [0]
    shsh files
    03/23/2012 19:10:14.754 A new version of
    TinyUmbrella is available.
    03/23/2012 19:10:14.754 Download
    TinyUmbrella v5.10.09 HERE
    03/23/2012
    19:11:46.578 Caching shsh files…
    03/23/2012 19:11:46.593
    Found [0] shsh files to cache…
    03/23/2012 19:11:46.593
    Cached [0] shsh files
    03/23/2012 19:11:46.625 Loaded
    History…
    03/23/2012 19:13:50.277 Started saving SHSHs
    for [RP’s iPad]
    03/23/2012 19:13:52.938 For version
    [iPad3G 5.0b6 (9A5302b)] – This device isn’t eligible for the requested
    build.
    03/23/2012 19:13:52.938 APPLE is NOT
    signing iPad3G 5.0b6 (9A5302b) SHSH requests anymore. All you can do now
    is select CYDIA and hope that CYDIA has your SHSH saved. If not, there is
    nothing you can do.
    03/23/2012
    19:13:53.172 For version [iPad3G 5.1b2 (9B5127c)] – This device isn’t
    eligible for the requested build.
    03/23/2012 19:13:53.172 APPLE
    is NOT
    signing iPad3G 5.1b2 (9B5127c) SHSH requests anymore. All you can do now
    is select CYDIA and hope that CYDIA has your SHSH saved. If not, there is
    nothing you can do.
    03/23/2012
    19:13:53.704 For version [iPad3G 4.3 (8F190)] – This device isn’t eligible
    for the requested build.
    03/23/2012 19:13:53.719 APPLE
    is NOT
    signing iPad3G 4.3 (8F190) SHSH requests anymore. All you can do now is
    select CYDIA and hope that CYDIA has your SHSH saved. If not, there is
    nothing you can do.
    03/23/2012
    19:13:54.157 For version [iPad3G 5.0b5 (9A5288d)] – This device isn’t
    eligible for the requested build.
    03/23/2012 19:13:54.157 APPLE
    is NOT
    signing iPad3G 5.0b5 (9A5288d) SHSH requests anymore. All you can do now
    is select CYDIA and hope that CYDIA has your SHSH saved. If not, there is
    nothing you can do.
    03/23/2012
    19:13:54.610 For version [iPad3G 4.3.2 (8H7)] – This device isn’t eligible
    for the requested build.
    03/23/2012 19:13:54.610 APPLE
    is NOT
    signing iPad3G 4.3.2 (8H7) SHSH requests anymore. All you can do now is
    select CYDIA and hope that CYDIA has your SHSH saved. If not, there is
    nothing you can do.
    03/23/2012
    19:13:55.110 For version [iPad3G 5.0b1 (9A5220p)] – This device isn’t
    eligible for the requested build.
    03/23/2012 19:13:55.125 APPLE
    is NOT
    signing iPad3G 5.0b1 (9A5220p) SHSH requests anymore. All you can do now
    is select CYDIA and hope that CYDIA has your SHSH saved. If not, there is
    nothing you can do.
    03/23/2012
    19:13:55.469 For version [iPad3G 5.0b2 (9A5248d)] – This device isn’t
    eligible for the requested build.
    03/23/2012 19:13:55.485 APPLE
    is NOT
    signing iPad3G 5.0b2 (9A5248d) SHSH requests anymore. All you can do now
    is select CYDIA and hope that CYDIA has your SHSH saved. If not, there is
    nothing you can do.
    03/23/2012
    19:13:56.485 For version [iPad3G 3.2.2 (7B500)] – This device isn’t
    eligible for the requested build.
    03/23/2012 19:13:56.485 APPLE
    is NOT
    signing iPad3G 3.2.2 (7B500) SHSH requests anymore. All you can do now is
    select CYDIA and hope that CYDIA has your SHSH saved. If not, there is
    nothing you can do.
    03/23/2012
    19:13:58.016 For version [iPad3G 5.0.1 (9A405)] – This device isn’t
    eligible for the requested build.
    03/23/2012 19:13:58.016 APPLE
    is NOT
    signing iPad3G 5.0.1 (9A405) SHSH requests anymore. All you can do now is
    select CYDIA and hope that CYDIA has your SHSH saved. If not, there is
    nothing you can do.
    03/23/2012
    19:14:01.188 For version [iPad3G 3.2 (7B367)] – This device isn’t eligible
    for the requested build.
    03/23/2012 19:14:01.204 APPLE
    is NOT
    signing iPad3G 3.2 (7B367) SHSH requests anymore. All you can do now is
    select CYDIA and hope that CYDIA has your SHSH saved. If not, there is
    nothing you can do.
    03/23/2012
    19:14:10.126 For version [iPad3G 3.2.1 (7B405)] – This device isn’t
    eligible for the requested build.
    03/23/2012 19:14:10.126 APPLE
    is NOT
    signing iPad3G 3.2.1 (7B405) SHSH requests anymore. All you can do now is
    select CYDIA and hope that CYDIA has your SHSH saved. If not, there is
    nothing you can do.
    03/23/2012
    19:14:11.908 For version [iPad3G 4.2.1 (8C148)] – This device isn’t
    eligible for the requested build.
    03/23/2012 19:14:11.908 APPLE
    is NOT
    signing iPad3G 4.2.1 (8C148) SHSH requests anymore. All you can do now is
    select CYDIA and hope that CYDIA has your SHSH saved. If not, there is
    nothing you can do.
    03/23/2012
    19:14:12.830 For version [iPad3G 4.2b3 (8C5115c)] – This device isn’t
    eligible for the requested build.
    03/23/2012 19:14:12.830 APPLE
    is NOT
    signing iPad3G 4.2b3 (8C5115c) SHSH requests anymore. All you can do now
    is select CYDIA and hope that CYDIA has your SHSH saved. If not, there is
    nothing you can do.
    03/23/2012
    19:14:13.690 For version [iPad3G 4.3b2 (8F5153d)] – This device isn’t
    eligible for the requested build.
    03/23/2012 19:14:13.690 APPLE
    is NOT
    signing iPad3G 4.3b2 (8F5153d) SHSH requests anymore. All you can do now
    is select CYDIA and hope that CYDIA has your SHSH saved. If not, there is
    nothing you can do.
    03/23/2012
    19:14:14.096 iPad3G 5.1 (9B176) SHSH SUCCESSFULLY
    saved! [Click
    Here to Open]
    03/23/2012
    19:14:14.424 For version [iPad3G 4.3b3 (8F5166b)] – This device isn’t
    eligible for the requested build.
    03/23/2012 19:14:14.440 APPLE
    is NOT
    signing iPad3G 4.3b3 (8F5166b) SHSH requests anymore. All you can do now
    is select CYDIA and hope that CYDIA has your SHSH saved. If not, there is
    nothing you can do.
    03/23/2012
    19:14:14.893 For version [iPad3G 4.3.3 (8J3)] – This device isn’t eligible
    for the requested build.
    03/23/2012 19:14:14.909 APPLE
    is NOT
    signing iPad3G 4.3.3 (8J3) SHSH requests anymore. All you can do now is
    select CYDIA and hope that CYDIA has your SHSH saved. If not, there is
    nothing you can do.
    03/23/2012
    19:14:15.377 For version [iPad3G 4.3b1 (8F5148b)] – This device isn’t
    eligible for the requested build.
    03/23/2012 19:14:15.377 APPLE
    is NOT
    signing iPad3G 4.3b1 (8F5148b) SHSH requests anymore. All you can do now
    is select CYDIA and hope that CYDIA has your SHSH saved. If not, there is
    nothing you can do.
    03/23/2012
    19:14:15.831 For version [iPad3G 5.0b7 (9A5313e)] – This device isn’t
    eligible for the requested build.
    03/23/2012 19:14:15.846 APPLE
    is NOT
    signing iPad3G 5.0b7 (9A5313e) SHSH requests anymore. All you can do now
    is select CYDIA and hope that CYDIA has your SHSH saved. If not, there is
    nothing you can do.
    03/23/2012
    19:14:16.237 For version [iPad3G 5.0b3 (9A5259f)] – This device isn’t
    eligible for the requested build.
    03/23/2012 19:14:16.237 APPLE
    is NOT
    signing iPad3G 5.0b3 (9A5259f) SHSH requests anymore. All you can do now
    is select CYDIA and hope that CYDIA has your SHSH saved. If not, there is
    nothing you can do.
    03/23/2012
    19:14:16.691 For version [iPad3G 4.3.4 (8K3)] – This device isn’t eligible
    for the requested build.
    03/23/2012 19:14:16.691 APPLE
    is NOT
    signing iPad3G 4.3.4 (8K3) SHSH requests anymore. All you can do now is
    select CYDIA and hope that CYDIA has your SHSH saved. If not, there is
    nothing you can do.
    03/23/2012
    19:14:17.175 For version [iPad3G 4.3.1 (8G4)] – This device isn’t eligible
    for the requested build.
    03/23/2012 19:14:17.175 APPLE
    is NOT
    signing iPad3G 4.3.1 (8G4) SHSH requests anymore. All you can do now is
    select CYDIA and hope that CYDIA has your SHSH saved. If not, there is
    nothing you can do.
    03/23/2012
    19:14:18.003 For version [iPad3G 5.0b4 (9A5274d)] – This device isn’t
    eligible for the requested build.
    03/23/2012 19:14:18.019 APPLE
    is NOT
    signing iPad3G 5.0b4 (9A5274d) SHSH requests anymore. All you can do now
    is select CYDIA and hope that CYDIA has your SHSH saved. If not, there is
    nothing you can do.
    03/23/2012
    19:14:25.691 For version [iPad3G 4.3.5 (8L1)] – This device isn’t eligible
    for the requested build.
    03/23/2012 19:14:25.707 APPLE
    is NOT
    signing iPad3G 4.3.5 (8L1) SHSH requests anymore. All you can do now is
    select CYDIA and hope that CYDIA has your SHSH saved. If not, there is
    nothing you can do.
    03/23/2012
    19:14:29.128 For version [iPad3G 5.1b3 (9B5141a)] – This device isn’t
    eligible for the requested build.
    03/23/2012 19:14:29.128 APPLE
    is NOT
    signing iPad3G 5.1b3 (9B5141a) SHSH requests anymore. All you can do now
    is select CYDIA and hope that CYDIA has your SHSH saved. If not, there is
    nothing you can do.
    03/23/2012
    19:14:29.911 For version [iPad3G 5.1b1 (9B5117b)] – This device isn’t
    eligible for the requested build.
    03/23/2012 19:14:29.926 APPLE
    is NOT
    signing iPad3G 5.1b1 (9B5117b) SHSH requests anymore. All you can do now
    is select CYDIA and hope that CYDIA has your SHSH saved. If not, there is
    nothing you can do.
    03/23/2012
    19:14:42.598 For version [iPad3G 5.0 (9A334)] – This device isn’t eligible
    for the requested build.
    03/23/2012 19:14:42.614 APPLE
    is NOT
    signing iPad3G 5.0 (9A334) SHSH requests anymore. All you can do now is
    select CYDIA and hope that CYDIA has your SHSH saved. If not, there is
    nothing you can do.
    03/23/2012
    19:14:42.614 Finished saving SHSHs for [RP’s iPad]
    03/23/2012
    19:14:42.662 Caching shsh files…
    03/23/2012 19:14:42.677
    Found [1] shsh files to cache…
    03/23/2012 19:14:42.677
    Cached [1] shsh files
    03/23/2012 19:22:02.753 373679123726-ipad1,1-5.1.shsh
    has been opened in Explorer
    Apakah sudah tersimpan dan ‘aman’ digunakan nantinya?
    Thanks Mas

    1. Ini cuma log dari TinyUmbrella kan? Waktu save SHSH nya baru tanggal 23 ya? Sudah terlambat itu bro. SHSH untuk iOS 5.0.1 sudah ditutup pas tanggal 8 maret kemaren.

  36. mas ivan. mau tanya kalau save shsh pake tinny umbrella apakah idevice kita harus di jb dulu? soalnya iphone saya ga ke detek sama tiny umbrella
    thank you

  37. mas mw nanya kenapa kalo iphone ke laptop(itunes) aplikasi yang kita sudah install hilang aplikasi nya pa krn di install pake installous(cydia)?gimana solusiya ? makasih banyak mas

  38. Mas Ivan, saya yang kemarin tanya lewat kaskus.
    lanjut pembicaraan kemarin, nah jadi intinya saya mau restore ke ios yang sama versinya dengan yang sekarang butuh SHSH juga.
    Pertanyaan saya, sekarang kan saya ios 5.0.1, berarti di dalam iPhone saya terdapat SHSH untuk versi 5.0.1 bukan? Nah kalau ada, bagaimana kita bisa menyimpan SHSH yang terdapat pada iPhone sehingga dapat disimpan kembali ke server cydia ataupun lokal, sehingga dengan didapatkannya SHSH dr iPhone kita tersebut, kita masih bisa restore ke versi ios 5.0.1. apakah hal tersebut memungkinkan? karena kebetulan saya beli iphone second, dan mungkin pemilik sebelumnya tidak terlalu mengerti tentang SHSH ini sehingga sepertinya tidak disimpan ke server cydia.
    mohon pencerahannya mas. thx…

    1. iOS sekarang 5.0.1 tetapi belum menjamin kalau SHSH 5.0.1 nya tersimpan. 
      SHSH itu hanya bisa di:
      a) Request otomatis dari Cydia dengan syarat sudah di jailbreak, dengan catatan “pintu request masih buka”dan
      b) Request manual dengan redsn0w atau TinyUmbrella (tidak perlu jailbreak).

      1. oh begitu… kemaren saya udah coba pake redsnow dan tiny umbrella, untuk yang redsnow, setelah proses fetch selesai, tertulis bahwa telah disimpan sebanyak 16 blob ke server cydia, lalu setelah di fetch, saya query kembali dari server cydia, hasilnya seperti ini :
        iPhone3,1 331401797039 full blobs:
        4.3.5
        iPhone3,1 331401797039 partial blobs:
        5.0.1.
        ini maksudnya bagaimana yah mas? saya masih tidak mengerti. apakah ini berarti SHSH untuk ios 5.0.1 device saya telah tersimpan di server cydia? jika ya, berarti seharusnya saya masih bisa restore ke ios 5.0.1 dengan SHSH tersebut? dan apa perbedaan full dan partial blob
        sedangkan untuk tinyumbrella hanya ada SHSH untuk ios 4.3.5.
        maaf banyak pertanyaan, saya masih awam dengan iPhone… mohon penjelasannya mas… thx a lot atas jawabannya… 🙂

        1. Masih bisa dicoba sekali lagi? Coba save pake TU dengan iPhone dalam kondisi Recovery Mode, setelah itu save SHSH nya secara lokal (.shsh).
          Btw, di Cydia yang tertulis SHSH berapa saja?
          Full: SHSH yang difetch pada saat proses request SHSH masih terbuka. Biasanya diambil dari TU 
          Partial: SHSH yang diambil dari Redsn0w atau iFaith, SHSH nya harus di gabungkan dengan firmware sebelum melakukan restore. 

          1. kalau dalam recovery mode, ketika di klik “save shsh” tidak terjadi apa2, kalau dalam mode DFU baru bisa.
            dan waktu DFU mode, sudah di save secara lokal, namanya “331401797039-iphone3,1-4.3.5.shsh” cuma ada 1 shsh itu saja (versi 4.3.5).
            karena saya belum JB maka saya tidak ada cydia, yang terlihat hanya dari program redsnow tadi saja yang menunjukkan
            iPhone3,1 331401797039 full blobs:4.3.5
            iPhone3,1 331401797039 partial blobs:
            5.0.1
            oh bgitu, kalau misalkan SHSH telah digabung dengan firmware kan menjadi custom firmware, kita tinggal restore dengan custom firmware tsb? apakah itunes tidak authentikasi ke server apple lagi karena SHSH sudah tergabung dalam firmwarenya?

  39. mas ivan , dimana cari atu bisa mintak shsh blobs untuk ios 4.3.3, saya ga tau waktu itu harus save shsh blobs 
    saya mau downgrade ios 5.1 ke 4.3.3 , jadi saya butuh shsh blobs 4.3.3 dengan iFaith
    tolong saya mas, ios 5.1  ga bisa di unlock trus iphone 4 saya ga ada gunanya jadinya 🙁 

  40. Mas Ivan.
    Saya pakai iphone 4,iOS 5.0.1
    Yang ingin saya tanyakan,apakah iOS 5.0.1 masih bisa save SHSH?Dan menggunakan sofware apa?Karena iphone saya belum di Jalibreak
    Terimakasih

  41. Maaf mas ivan..Saya salah informasi,ternyata iphone saya menggunakan iOS 5.1 (9B176), apakah masih bisa sava SHSH untuk iOS tersebut dan iOS 5.0.1 nya?
    Terimakasih

  42. mas ivan, saya mau tanya, sy punya iphone 4 (second) IOS ver 4.2.1(bs di Jailbreak+unlock(gevey)), sy mau upgrade ke 4.3.3(krn bs di unlock pake gevey) tp 
    selalu gagal(eror3194),  krn SHSH di cydia tertulis SHSH 5.1.
    pertanyaannya adalah : apakah iphone sy bisa diupgrade ke 4.3.3 dengan menggunakan SHSH lain atau cara lain? atau hanya bisa diupgrade ke IOS 5.1 (yg msh belum bisa diunlock (setelah celah SAM ditutup apple))?
    mohon bantuanny

  43. Bro saya mau masuk ke tinyumbrella 5.11.00b yg muncul tinyumbrella’s TSS server is not running udah dicoba download ulang tinynya tetep sama, saya pake win Xp , apa yg salah ya?

    1. Coba matikan dulu antivirus, jalakan TU sebagai Administrator, dan pastikan kalau iPhone nya sudah terdeteksi dengan baik pada TU.

  44. bang ivan, aku mau save SHSH iOS 5.1.1 ini pakai
    TinyUmbrella-5.11.01.exe (katanya itu versi yang terbaru)..
    tapi habis ini aku mau install laptop yang ku pakek buat save SHSH ini..
    Pertanyaannya :
    apakah ada file yang harus ku pindah ke drive lain, karena kalau kita save SHSH nya kan ada beberapa file yang tersimpan ke laptop (standarnya di drive C:/)…
    atau saya terus saja langsung install ulang tanpa harus menghiraukan file
    TinyUmbrella , karena mungkin saja sudah tersimpan di server TinyUmbrella….
    please replay , please…

    1. Yang benar itu tersimpan di server Cydia, bukan servernya TinyUmbrella. Sebenarnya kalau save SHSH ke komputer (berupa file .shsh) kalau misalnya hilang suatu saat bisa di request lagi, yang penting sudah terbackup ke server Cydia. Coba cek di Cydia, kalau ada tulisan hijau diatasnya “SHSH: 5.1.1” itu artinya sudah aman di server Cydia. Tapi kalau misalnya mau dibackup, silakan buka di folder user di komputer WIndows Anda, file2 nya ada didalam folder “.shsh”

  45. Mas Ivan mohon bantuannya, saya sudah menginstall ‘payung’ v5.11.01 tetapi kenapa selalu tidak dapat mendeteksi ipun4 yg sudah saya koneksikan via usb.

      1. tetep ga kedetect di TU, tapi setelah itu saya cek di cydia sudah tersimpan ios 5.1.1 dan 5.1.1r1. kenapa ada yg r1 ya mas, apakah yg berakhiran r1 itu akan menjadi masalah? dan bagaimana cara menghilangkannya?

        1. Tentu saja tidak akan menimbulkan masalah.
          Beberapa hari yg lalu Apple baru saja meirlis iOS 5.1.1 dengan build baru untuk iPhone 4. Yang dulu build 206 (9B206), dan yang terbaru 208 (9B208). SHSH 5.1.1r1 itu untuk iOS 5.1.1 yang build terbaru.

  46. Malam Mas Ivan.
    Saya sudah unpgrade phone 4 ke iOS 5.1.1,,Yang maw saya tanyakan, bagaimana cara save SHSH iOS 5.1.1 tanpa jailbreak?Atau haru di jailbreak dulu?
    Terimakasih

  47. mas aku punya ipod touch 4G ios 5.0.1 , aku mau upgrede ke ios 5.1.1 gmn tahap2nya mas,…. mohon pencerahannya,,,,, makasih

  48. mas ivan iphone 3gs uda di upgrade k ios 5.1.1 di jailbreak using absinthe, di awal cydia menampilkan ios 4.1 sama 5.1.1 seperty uda k save shsh ? ytapi setelah buka lagi cydia tanda iosnya hilang ? apa shsh di cydia itu perlu di backup lagi apa tdk ?

  49. Mas, barusan nyoba simpan SHSH pake Redsn0w win 0.9.12b2 (karena ane liat ini yg terbaru) dari iphone 4 yg dijailbreak dgn abshinte, kok tampilan available blobs nya kosong ya? padahal proses pengiriman ke cydia nya sdh berhasil. coba 2x hasilnya sama. ada yg salah kah? apa mesti pake 0.9.10b1?
    terimakasih sebelumnya…

      1. sudah bro. tapi kenapa munculnya dua ya? 9B206 sama 9B208. di cek di folder file .shsh sudah muncul sih. apakah berarti sudah berhasil?

        1. Beberapa minggu yg lalu Apple baru saja meirlis iOS 5.1.1 dengan build baru untuk iPhone 4. Yang dulu build 206 (9B206), dan yang terbaru 208 (9B208). SHSH 5.1.1r1 itu untuk iOS 5.1.1 yang build terbaru.

  50. mau nanya mas ivan, saya punya iphone4 dengan ios 4.3.2 yang sudah di JB dengan redsnow.. sekarang saya mau restore pake TU dan iTunes, tapi pada saat saya save all shsh ga muncul shsh untuk 4.3.2.. mungkin karena sudah di tutup kali ya shsh nya?
    lalu bagaimana caranya supaya iphone saya dapat di restore kembali ke ios 4.3.2 ?
    trims..

  51. – Save ALL Available SHSH- Overwrite existing SHSH files on “Save SHSHs- When connecting a device, prefer my custom device name over the name set on the device
    Waktu pilihan centang ini, yang “Overwrite …..” kagak bisa dicentang, gimana mas? Mohon bantuannya

  52. saya punya iphone4 (GSM) ios 5.1.1, gmna cara nya untuk downgrade menjadi ios 4.0.1 mohon pencerahan trus apa saja yang di butuhkan

  53. mas, saya baru beli iPhone second kemarin dari temen dengan iOS 6 (non jailbreak),
    yang ingin saya tanyakan :
    1. Bagaimana cara simpan shsh iOS 6 tsb ke komputer lokal bukan ke server cydia.?
    2. Saat akan menyimpan shsh, apa harus terjailbreak dahulu? apa langsung bisa simpan tanpa harus di jailbreak?
    Terima Kasih,

  54. mas,saya mw downgrade ipod 4G,saya tidak ada SHSH untuk versi 5.1.1…
    apa bisa g’ kita pakai SHSH versi 5.1.1 dari IPOD yang berbeda?

  55. mau tanya mas,, setelah langkah 14 sudah selsai,, apakah harus di restore kembali lewat itunes bentuk file .plist ny ???
    Trimakasih ..

  56. mas hp saya melakukan reboot terus setelah selesai download data jailbreak dan sama sekali belum pernah nongol ke homescreen. apa ini jailbreak yg dilakukan gagal? kenapa ya mas? tolong bantuannya

  57. selamat pagi mas ivan, saya mau tanya, iphone saya 4s ios 5.1.1 saya ingin re-restore ke 5.1.1 juga, namun gagal terus walau sudah menggunakan redsnow versi berapapun padahal saya memiliki shsh 5.1.1 nya. katanya saya upgrade os via OTA. apakah tidak ada cara untuk re-restore jika saya update os saya waktu dulunya via OTA?
    Padahal saya tidak pernah update via OTA, selalu manual. Tolong dijawab ya mas ivan, terimakasih. Boleh juga dijawab via email. Tolong sangat ya mas ivan.

  58. masi ivan mau nanya nih,,, saya ios nya 5.1.1 trus masi thetered,, pas mau reboot kan lewat extras trus just boot,, tapi kenapa abis ituh pas lagi loading abis DFU mode malah tulisan nya ituh error with shsh bloobs yah ? jadi reboot nya ituh gagal dan malah gak bisa buka safari dll

  59. mas mau tanya, kl mau nyimpen SHSH Iphone 5 (6.1.2) pake program ap ya,..
    saya sudah coba pake Redsn0w tp katanya gak suport,..
    THX’

  60. mas ivan. sy mau tanya, kok waktu save SHSH selalu muncul eror y mas? belum coba pake umbrella. mohon pencerahan y mas ivan.

  61. mas mau nanya, kamren saya cba nyimpan shsh 3GS pake aplikasi cydia iSHSHit. ios 6.0.1 yang sdah ditutup masih bisa dia back up. apa file shsh itu bisa digunakan? soalnya sya cba pake apliksi tiny umberella & ifaith ios 6.0.1 udah nggak bisa di back up. mohon penjelasannya mas. thanks

  62. mas ivan, apakah menggunakan SHSH harus dalam kondisi iphone ter-jailbreak? terimakasih sebelumnya mas 😀

    1. Maksudnya, menggunakan atau menyimpan nih?
      Kalau menggunakan, setahu saya SHSH itu digunakan untuk keperluan restore. Dan karena itu, apakah iPhonenya sudah terjailbreak atau tidak ya tidak masalah karena toh nantinya terestore juga.
      Kalau maksudnya menyimpan, tidak mesti dijailbreak dulu. Pake program kayak redsn0w atau TInyUmbrella juga bisa buat iDevice non-jailbroken.

    1. iDevicenya sudah masuk ke DFU mode dengan benar? Coba reboot dulu dan set ke DFU mode lagi.
      Kalau masih gak bisa, coba pake iFaith untuk iOS 6.1.3.

  63. mas, SHSH 6.1.3 untuk iPad 4 masih open ga ? saya baru upgrade iOS 7 mau downgrade k 6.1.3
    trus untuk mengetahui iPad kita versi Global atau GSM gimana caranya mas ivan ? apa iOS untuk GSM bisa di gunakan pada perangkat Global ?

      1. Model A1460, yah ga bisa downgrade lagi ya, apa boleh buat terpaksa deh nunggu update iOS terbaru keluar, smoga animasi iOS berikutnya ga patah patah lagi

  64. mas saya maw nanya …. saat ini saya memakai iphone 4 dengan ios 6.1.3,sekarang udah muncul ios 7.0.2 apakah saya masih bisa menyimpan shsh ios 6.1.3 trims… mohon bantuanya…

  65. Mas Ivan Saya baru beli Iphone 4 CDMA kemarin saya update langsung di i-phone Ios 7.0.4 ternyata aga lambat performanya…trus saya coba restore ke Ios 6.1.3 ternyata gabisa udah di coba berkali kali…mau save SHSH nya pake ifaith ga bisa ga kedetek ada tulisan NONe…pake Umbrella juga malah Invalid…trus saya ikutin redsnow mentok di Uploading padahal Internetnya kenceng banget mohon Informasinya…terimakasih

  66. mas iVan, error with shsh blobs disaat mau save 6.1.6 pakai redsnow, ” one or more blobs rejected by Cydia server ”
    mohon solusinya mas?

  67. mas ivan kalo downgrade ipad 2 ios 7 ke ios 6.0.1 bisa ngak? aku coba pake ifaith v1.5.9 ga suport bt shsh 6.0.1. Kalo bisa, pake soft. apa ya?

  68. mastah iphone 4 saya sudah sya jailbreak dengan pangu,saya mau backup shsh blobs dengan redsnow pas terakhir proses notif di redsnow “corrupted blobs error with shsh blobs” mohon pencerahan nya

  69. mas ivan mau tanya, saya pake iphone 4s ios 7.1.2 kondisi jailbreak, terus saya uda simpan shsh nya, kalo seumpamanya ntar saya up ke ios 8.3 lalu saya pengen balikin lagi ke 7.1.2 bisakah mas?
    thanks mas

    1. Untuk iPhone 4S dan di atasnya sebenarnya gak ngaruh biarpun ada shsh nya karena salah satu syarat untuk bisa didowngrade dengan shsh adalah adanya Jailbreak yg berbasis bootrom (hardware), sedangkan iPhone 4S dan di atasnya belum punya. Yang bisa baru iPhone 4 dan di bawahnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *