Ada kalanya pada saat ingin mendownload sebuah aplikasi dari App Store Anda akan mendapatkan pesan error seperti ini:

“This Apple ID is only valid for purchases in the Indonesia App Store. You will be switched to that Store.”

Masalah tersebut terjadi ketika Anda mencoba mendownload aplikasi yang tidak tersedia pada App Store Indonesia. Ini karena aplikasi yang ada pada App Store tidak tersedia untuk semua region atau semua negara. Melainkan ditentukan oleh pembuat atau developer dari aplikasi tersebut.

Seorang developer bisa dengan bebas menentukan aplikasinya tersedia untuk dijual pada negara apa saja. Dan jika negara yang terdaftar pada Apple ID milik Anda tidak termasuk dengan negara yang menyediakan aplikasi tersebut, maka Anda tidak bisa mendownloadnya. Jadi, anda tidak bisa mendownload aplikasi yang hanya khusus dijual di App Store US jika Apple ID Anda didaftarkan dari negara Indonesia, yang cuma berlaku untuk App Store Indonesia saja.

Aplikasi X hanya dijual pada App Store US, maka yang bisa membeli aplikasi X adalah pemilik Apple ID US saja.

Nah, bagaimana mengatasi masalah ini?

Ada yang menyarankan untuk mengubah negara pada Apple ID, misalnya dari Indonesia ke United States, atau justru membuat Apple ID yang baru sesuai dengan negara yang Anda inginkan. Untuk saran yang ke dua saya setuju. Menurut pengalaman, gonta-ganti negara pada Apple ID itu bisa menyebabkan masalah di kemudian hari. Jadi solusi terbaiknya adalah, Anda bisa membuat sebuah Apple ID baru, misalnya Apple ID US.

Sejak dulu, Apple ID US memang sudah jadi incaran banyak orang, terutama orang Indonesia. Alasannya karena aplikasi-aplikasi yang ada pada App Store Indonesia lebih sedikit dibanding App Store US yang merupakan target utama para developer menjual aplikasinya.

Saya sudah pernah membuat tutorial membuat Apple ID gratis (tanpa perlu kartu kredit), tetapi karena tutorial tersebut hanya untuk membuat akun gratisan bagi pengguna iDevice baru, jadi negaranya masih Indonesia, berlaku untuk iTunes Store Indonesia saja.

Sebenarnya kalau ingin membuat Apple ID US, Anda tetap bisa mengikuti tutorialnya dan mengubah negaranya pada proses pendaftaran. Namun, karena Apple semakin memperketat urusan pembuatan Apple ID, maka pengguna iTunes yang ketahuan berasal dari Indonesia tidak akan bisa membuat Apple ID untuk negara US.

Anda tetap bisa membuat Apple ID US, pilihan “None” pada metode pembayaran pun muncul. Tetapi Anda tidak akan sukses membuatnya dan akan muncul pesan error seperti ini:

iTunes Store

Mengapa demikian? Karena koneksi internet Anda terdeteksi berasal dari Indonesia, dan Anda tidak diperbolehkan untuk melanjutkannya karena melanggar ketentuan Apple, yaitu pengguna iTunes Store US adalah warga atau orang yang tinggal di US/Amerika Serikat saja, meskipun alamat yang Anda masukkan benar-benar ada di Amerika Serikat.

Untuk mengatasi masalah ini, Anda bisa memanfaatkan VPN terutama VPN khusus US sehingga ketika Anda membuka iTunes, Anda akan dianggap sedang berada di Amerika Serikat.

Sebenarnya triknya sederhana. Buat konfigurasi VPN pada komputer Anda, koneksikan ke VPN yang baru dibuat tersebut, buka iTunes, buat akun baru, verifikasi, selesai. Apple ID US Anda pun telah jadi. Tapi karena masih banyak orang yang belum paham, maka saya akan membuat tutorial singkatnya.

Pertama, pastikan kalau Anda telah mempelajari cara umum membuat Apple ID gratis dari halaman ini. Yang beda dari yang sekarang hanyalah proses pemilihan negara saja.
Kedua, cari penyedia VPN gratisan. Untuk tutorial ini saya menggunakan layanan dari NewFree VPN.
Ketiga, tutorial berikut khusus untuk pengguna Windows 7 saja.

  1. Buka situs web NewFree VPN, Anda akan menemukan informasi VPN pada halaman depannya:
  2. US Free VPN

    PPTP Server: usvpn.newfreevpn.com
    PPTP Username: free
    PPTP Password: 1234

  3. Buka Control Panel dan masuk ke Network and Sharing Center. Akan nampak informasi koneksi internet yang sedang Anda gunakan. Klik pada Set up a new connection or network.
  4. Internet connection

  5. Pilih Connect to a workplace.
  6. Connect to a workplace

  7. Pada tahap berikutnya pilih “No, create a new connection”.
  8. Lalu pilih Use my Internet connection (VPN).
  9. Setup VPN

  10. Kemudian, pada kolom Internet address isi dengan alamat server VPN yang sudah disiapkan. Untuk kolom Destination name terserah Anda.
  11. Setup VPN

  12. Selanjutnya, isi username dan password sesuai dengan data-data VPN yang Anda siapkan. Untuk kolom Domain bisa dikosongkan saja.
  13. Setup VPN
    Kemudian tekan tombol Create. Tunggu sampai proses verifikasi selesai.

  14. Jika berhasil, akan muncul pesan “You are connected” seperti ini:
  15. Setup VPN
    Kira-kira beginilah tampilan Control Panel yang berhasil terhubung ke VPN:
    Control Panel
    Untuk memutuskan koneksi VPN dan ingin terhubung langsung ke internet tanpa VPN, Anda bisa mengaturnya pada halaman Change adapter settings:
    VPN Connection
    Klik-kanan lalu Disconnect untuk menonaktifkannya.

Anda bisa menguji apakah konfigurasi VPN yang Anda buat barusan berhasil atau tidak dengan melakukan browsing dan mengecek IP address Anda.

Catatan:
Pada saat pertama kali melakukan browsing, halaman yang Anda tuju akan secara otomatis diarahkan ke situs web New Free VPN. Anda hanya perlu mengklik link “I Agree” untuk melanjutkan proses browsing seperti biasa.

Kalau sudah yakin, langkah selanjutnya adalah dengan membuat Apple ID langsung dari iTunes. Negara yang terpilih secara otomatis menjadi United States, dan Anda hanya perlu mengisi alamat United States Anda dengan benar. Pesan error “contact iTunes support” tidak akan muncul lagi.

Sekedar catatan:

  • Pastikan kalau alamat yang Anda masukkan benar-benar ada/valid. Jangan asal isi. Apple akan melakukan verifikasi terhadap Apple ID Anda dan memastikan kalau alamat Anda valid. Kalau tidak valid, dalam beberapa waktu kemudian mungkin saja akan ter-disable.
  • Pastikan kalau alamat dan informasi lainnnya sudah benar Anda masukkan. Mengubah-ubah informasi akun seperti alamat, nama, password dan lainnya setelah pembuatan akun bisa jadi membuat Apple ID Anda di-disable atau diblokir.
  • Alamat yang saya gunakan untuk pembuatan Apple ID US adalah Embassy of Indonesia di Amerika Serikat.