Bye Hackulous

Hackulous

Salah satu repo populer di Cydia, yang bagi sebagian orang adalah salah satu repo yang “wajib” diinstall setelah jailbreak ini telah ditutup. Ya, Hackulous, team yang bertanggung jawab atas Installous, AppSync dan Crackulous telah resmi mengumumkan bahwa website mereka telah ditutup.

Penutupan website Hackulous ini bukan hanya berdampak kepada website atau forum dari Hackulous sendiri, tetapi juga terhadap repositori dan akses pada Installous. Walaupun saya jarang mengunjungi forumnya, tetapi website mereka punya wiki yang menyimpan informasi menarik seputar dunia cracking iOS, dan saya sudah sempat menyelamatkan beberapa yang penting di halaman Cracking.

Installous adalah cara termudah untuk menginstall aplikasi bajakan ke iDevices. Hanya dengan mentransfer file .ipa ke iPhone misalnya, kita tinggal menjalankan Installous dan aplikasi “free” pun terinstall. Installous juga berfungsi sebagai App Store khusus aplikasi crack. Bedanya, kalau App Store menyimpan aplikasinya di server iTunes/Apple, maka Installous memiliki Apptrackr (website) sebagai database aplikasinya.

Penutupan Hackulous ini bisa dibilang kemenangan kecil buat para developer. Kenapa kemenangan kecil? Karena cepat atau lambat, akan ada orang-orang yang akan mengembangkan apa yang sudah ditinggalkan Hackulous ini. Misalnya saja, membuat website/forum baru sebagai wadah berkumpulnya cracker, sekaligus pengembangan proyek “the new Installous”.

Bagaimana pendapat Anda, apakah setuju Hackulous ditutup?

20 Replies to “Bye Hackulous”

  1. Hiks :’)
    Sedih juga, tapi ya nggak ada salahnya kan beli konten original, nggak kasian sama developernya apa? hehehe… Tapi, udah beberapa bulan ini saya nemu (nemu nya sebelom hackoulus ditutup) repo di cydia yg mirip2 sama hackulous, -repo iPhoneCake… dan mereka juga punya “installous” yang namanya AppCake+ hahaha jadi kapan yaaa orang2 (di Indonesia khususnya) mau mulai menghargai para developer. :p

    1. yakin deh gan andai di indonesia beli app semudah beli pulsa pasti kita pada beli yg legal… klo pengguna ios lebih sadar diri hanya saja banyak dari kami yang malas berurusan dengan cc ato gift card… coba bisa potong pulsa yakin pada beli semua gan…

  2. mas ivan, saya mau nanya. ini mungkin ada hubungannya ato enggak ya, saya make 3gs iOS 4.1 JB. saya sekitar seminggu lalu download App Whatsapp v2.8.4 dari Apptrackr dan terinstall dengan lancar terus bisa digunain. terus sekitar 4 hari lalu saya restore ulang 3gs saya karena lemot terus saya JB dan install lagi Whatsappnya. saya gak restore backup saya jadi full restore.nah pas minta verifikasi kode saya gak dikasih karena versinya udah “Too Old” padahal sebelumnya saya bisa ngegunaiin itu. terus aplikasi yang lain kayak twitter,instagram gtgt bisa.nah pas kemaren saya coba restore lagi saya kira HP saya salah restore,terus saya coba add source hackulo,dan pas itu gak ada servernya. gimana mas ivan? ini ada hubungannya enggak?

    1. Sejak berita diatas dirilis, situs h4ckul0u5, Inst4ll0us, dan lainnya memang jadi tidak bisa diakses. Jadi, jangan repot-repot menambahkan repo h4ckul0u5 lagi.

        1. Saya belum pernah alami yang seperti itu, mungkin karena versi terbaru sekarang sudah 2.8.7. Coba download sekarang whatsappnya, selagi masih free di iTunes.

          1. maaf mas, tapi iOS 4.1 cuman bisa sampe 2.8.4 aja, saya download 2.8.6 udah gakmau keinstall. ga ada solusi ya mas? :c

          2. Well, mungkin ini issue dari WhatsApp itu sendiri. Mungkin server Whatsapp tidak lagi mengirimkan verifikasi kode untuk versi2 tertentu/lama. Dan kalau terdeteksi versinya jadul akan muncul pesan “Too old”. Bisa pake trik memalsukan versi iOS nya, ubah versi firmwarenya jadi 4.3 terus install whatsappnya, verifikasi, lalu balikkan lagi versi ios nya ke versi normal. Tapi trik ini bisa dilakukan kalau sudah jailbreak.

          3. saya sudah dijailbreak, bagaimana caranya mas melakukan triknya? boleh dikasih tau enggak?

  3. sebenarnya kami bukan tidak mau untuk membeli aplikasi secara legal tapi seharusnya cara pembeliannya yang di permudah… jujur saja kami sering kebingungan ketika di hadapkan dengan credit card, andai kami bisa membeli dengan potong pulsa kami pasti membeli semua app secara legal… karena sangat2 mudah dan praktis…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *