Hackulous

Salah satu repo populer di Cydia, yang bagi sebagian orang adalah salah satu repo yang “wajib” diinstall setelah jailbreak ini telah ditutup. Ya, Hackulous, team yang bertanggung jawab atas Installous, AppSync dan Crackulous telah resmi mengumumkan bahwa website mereka telah ditutup.

Penutupan website Hackulous ini bukan hanya berdampak kepada website atau forum dari Hackulous sendiri, tetapi juga terhadap repositori dan akses pada Installous. Walaupun saya jarang mengunjungi forumnya, tetapi website mereka punya wiki yang menyimpan informasi menarik seputar dunia cracking iOS, dan saya sudah sempat menyelamatkan beberapa yang penting di halaman Cracking.

Installous adalah cara termudah untuk menginstall aplikasi bajakan ke iDevices. Hanya dengan mentransfer file .ipa ke iPhone misalnya, kita tinggal menjalankan Installous dan aplikasi “free” pun terinstall. Installous juga berfungsi sebagai App Store khusus aplikasi crack. Bedanya, kalau App Store menyimpan aplikasinya di server iTunes/Apple, maka Installous memiliki Apptrackr (website) sebagai database aplikasinya.

Penutupan Hackulous ini bisa dibilang kemenangan kecil buat para developer. Kenapa kemenangan kecil? Karena cepat atau lambat, akan ada orang-orang yang akan mengembangkan apa yang sudah ditinggalkan Hackulous ini. Misalnya saja, membuat website/forum baru sebagai wadah berkumpulnya cracker, sekaligus pengembangan proyek “the new Installous”.

Bagaimana pendapat Anda, apakah setuju Hackulous ditutup?