Apa itu “Pembaruan Pengaturan Operator” ?

Pembaruan Pengaturan Operator

Ketika mendapati pemberitahuan dengan pesan Pembaruan Pengaturan Operator atau Carrier Settings Update di layar iPhone seperti gambar di atasi, Anda mungkin bingung. Apa sih gunanya pembaruan tersebut?

Ada yang langsung men-tap Perbarui meskipun tidak mengerti gunanya apa, dan ada juga yang mengabaikannya karena mungkin khawatir soal kegunaannya dan apa efeknya, apakah aman atau tidak.

Sebenarnya pemberitahuan seperti ini cukup aman dan tidak berbahaya sama sekali.

Apa itu Pembaruan Pengaturan Operator ?

Menurut halaman support Apple:

Pembaruan pengaturan operator akan memungkinkan penyedia operator memperbarui jaringan operator dan pengaturan lainnya untuk meningkatkan konektivitas dan kinerja jaringan seluler. Pembaruan pengaturan operator juga dapat menambah dukungan untuk fitur baru, seperti 5G atau Panggilan Wi-Fi.

Jadi, pembaruan atau update dari operator tersebut merupakan konfigurasi kecil yang dirilis untuk memperbarui atau menambah dukungan fitur dan hal-hal berhubungan dengan bagaimana iPhone berkomunikasi dengan jaringan operator seluler dan layanan-layanannya.

Siapa yang merilis pembaruan tersebut?

Pembaruan pengaturan operator bisa berasal dari Apple langsung ataupun dari operator lokal yang didistribusikan melalui Apple.

Ketika sebuah pembaruan dirilis, biasanya akan muncul sebuah push notification di layar (seperti pada gambar di atas) yang bisa segera di-install oleh pengguna.

Kalau misalnya tidak ada pembaruan setelah beberapa saat lamanya, Anda bisa saja mengeceknya di Pengaturan > Umum > Mengenai dan mengikuti instruksi yang diberikan (kalau ada) untuk meng-install-nya.

Sebaiknya langsung install atau ditunda dulu?

Sejauh ini belum ada efek negatif yang dilaporkan dari meng-install pembaruan pengaturan operator ini. Jadi, tidak ada salahnya kalau langsung di-install saja. Anda bisa saja menundanya sesering yang Anda mau.

Namun, ada pembaruan yang wajib dan ada yang tidak wajib untuk di-install. Yang tidak wajib akan memberikan pilihan kepada pengguna untuk menundanya (Tidak Sekarang/Not Now), tetapi pada pembaruan wajib pengguna tidak dapat menundanya karena hanya muncul pilihan “OK” saja yang artinya langsung install.