Pada salah satu grup Facebook yang saya ikuti, saya menemukan pertanyaan seperti di bawah ini yang diposting beberapa waktu lalu..

Apple EarPods

Menurut saya, si penanya (Alan) tidak salah ketika menanyakan keraguannya terhadap keaslian EarPods yang baru saja dia beli. Saya pikir dia sudah melakukan hal tepat sebelum membeli EarPods (atau apapun itu), yaitu dengan mengecek keasliannya terlebih dahulu (ataukah dia sebenarnya iseng beli saja dan kecocokan ciri-cirinya baru dia sadari setelah dibeli? Entahlah). Tapi yang jelas, Alan ini melewatkan satu hal yang cukup penting, yaitu mempertimbangkan harganya.

Harga Apple EarPods with Remote and Mic yang asli adalah $29.00, dan kalau di-Rupiah kan bisa mendekati 500 ribu di iBox, seperti pada gambar di bawah (foto via Facebook):

EarPods receipt

Jadi, kalau ada yang menjual EarPods dengan harga di bawah 200 ribu bisa dipastikan kalau barangnya itu palsu atau imitasi.

Nah, dari sini kita bisa mengambil pelajaran berharga. Mungkin sudah banyak artikel di internet yang memberitahukan cara membedakan mana aksesoris asli dan yang palsu dari ciri-cirinya. Tapi sayangnya sekarang ini produk imitasi sudah lebih maju dan kondisi fisik dari produk imitasi tersebut sudah sulit dibedakan dengan yang asli. Bergantung pada ciri-ciri fisik saja tidak cukup.

Saran saya, setiap akan membeli barang baik itu iPhone ataupun hanya aksesorisnya saja, pastikan kalau Anda mengecek keaslian dari fisik barangnya dengan ciri-cirinya dan juga sesuaikan dengan harganya karena harga itu sangat membantu dalam mengetahui kualitas suatu barang.

Baca juga:
Semua tentang kabel iPhone, iPad dan iPod
Semua tentang charger iPhone, iPad dan iPod