Saat muncul masalah pada yang berkaitan dengan sistem atau aplikasi-aplikasi pada iDevices (iPhone/iPad/iPod touch), biasanya dengan melakukan reboot/restart saja masalah-masalah sudah bisa teratasi. Tetapi pada beberapa kasus, ada saja masalah yang tidak bisa teratasi hanya dengan reboot atau bahkan force reboot. Ketika masalah seperti ini muncul, salah satu solusi yang bisa dipertimbangkan adalah dengan melakukan restore melalui iTunes.

Restore adalah proses mengembalikan atau memulihkan iPhone, iPad atau iPod touch ke kondisi awal dengan cara menginstall ulang firmware/software-nya melalui iTunes. Restore akan membuat iDevice milik Anda menjadi seperti baru lagi, masih kosong, seperti baru dibeli dan butuh diaktivasi ulang.

Proses restore (ataupun upgrade) itu bisa dilakukan cara dengan menghubungkan iDevice ke komputer (PC/Mac), bisa dalam keadaan hidup ataupun mati, lalu jalankan iTunes dan pilih opsi Restore dari iTunes. Kemudian iTunes akan mendownload iOS yang sesuai untuk iDevice Anda dan melanjutkan dengan melakukan proses instalasi/restore.

iTunes Restore iPhone

Anda juga bisa mendownload file iOS (format IPSW) terlebih dahulu terpisah dari iTunes melalui browser atau program downloader, dan kemudian melakukan restore. Tutorialnya ada di halaman ini.

Recovery mode

Recovery mode pada iOS sering juga disebut mode restore. Recovery mode adalah bentuk antarmuka standar dari iTunes dan perangkat-perangkat iOS (iPhone, iPad, iPod touch).

iPhone Recovery mode

Recovery mode sering diaktifkan agar pengguna dapat melakukan restore pada perangkat iOS. Walau cukup mudah untuk membuat sebuah iPhone masuk ke recovery mode, terkadang pula sebuah iPhone (atau iPad/iPod touch) bisa masuk ke recovery mode dengan sendirinya. Biasanya ini diakibatkan karena adanya masalah pada sistem operasi yang membuat recovery mode dipaksa aktif agar pengguna melakukan restore.

Masuk ke Recovery mode

Cara masuk ke recovery mode adalah:

  1. Hubungkan perangkat ke komputer, lalu jalankan iTunes.
  2. Setelah terhubung, lakukan force restart, yaitu dengan menekan dan tahan tombol Power/Sleep dan tombol Home secara bersamaan selama 10 detik, dan biarkan sampai muncul logo Apple.
  3. Biarkan seperti itu dan tunggu sampai layar recovery muncul (logo iTunes dan kabel USB).

DFU mode

Device Firmware Upgrade mode atau yang dikenal sebagai DFU mode, adalah sebuah mode atau kondisi di mana iDevice sedang tidak memuat sistem operasi (iOS). Ini adalah fitur bawaan yang dibenamkan ke iDevices yang memungkinkan pengguna untuk melakukan restore, bahkan ketika ada masalah pada level software yang membuat pengguna tidak bisa melakukan restore seperti biasanya.

Pada dasarnya DFU mode hampir mirip dengan Recovery mode, hanya saja DFU mode bersifat lebih low-level. Perubahan atau modifikasi OS hanya memungkinkan dilakukan pada mode DFU saja karena OS belum dimuat sama sekali.

Ketika berada pada DFU mode, sistem operasi belum berjalan dan tidak ada interaksi sama sekali, ini ditandai dengan layar yang mati/redup. Tetapi meskipun layarnya mati, tetapi iDevices masih aktif dan masih bisa menerima input melalui koneksi kabel USB dengan iTunes. Pada kondisi mode DFU seperti ini, hanya iTunes yang bisa berkomunikasi dengan perangkat.

Saat iDevice yang berada pada DFU mode dihubungkan ke PC, maka akan muncul pesan seprti ini:

iTunes has detected an [device] in recovery mode. You must restore this [device] before it can be used with iTunes.

..yang berarti perangkat yang Anda hubungkan perlu direstore melalui iTunes sebelum bisa digunakan secara normal kembali.

Kapan DFU mode digunakan

Pada umumnya DFU mode dimanfaatkan untuk bisa mem-bypass iOS yang berjalan agar bisa melakukan restore dengan iTunes tanpa hambatan.

Selain itu, ada pula beberapa hal lain yang sering menjadi alasan mengapa pengguna mengatur perangkat ke mode DFU sebelum melakukan restore, misalnya:

  • Ketika iDevice terasa lambat
  • Terkadang ada saat ketika iDevice menjadi lambat atau kurang responsif saat digunakan. Entah karena faktor adanya masalah konfigurasi, terlalu banyak aplikasi yang terinstall/berjalan, aplikasi-aplikasi menjadi sering crash, atau mungkin karena cache sudah memenuhi storage iDevice sehingga dirasa perlu melakukan restore ulang. Kalau ini terjadi, maka ada orang yang lebih memilih untuk membuat iDevicenya diatur ke mode DFU terlebih dahulu sebelum direstore dengan iTunes dibanding langsung restore dalam kondisi mati/nyala.

  • Pada saat jailbreak
  • Biasanya salah satu persyaratan sebelum melakukan jailbreak adalah melakukan restore terlebih dahulu biar sistemnya kosong dan meminimalisir masalah yang bisa muncul akibat kesalahan-kesalahan konfigurasi dari aplikasi, dll. Dan cara terbaik untuk restore adalah dengan melakukan restore dari perangkat yang diset ke DFU mode terlebih dahulu, bukan langsung restore seperti biasanya.

  • Pada saat akan menghapus jailbreak
  • Selain pada saat akan jailbreak, untuk menghapus atau menghilangkan jailbreak pun disarankan untuk restore pada kondisi DFU mode.

  • Terjadi masalah pada proses booting, seperti bootloop
  • Ketika sistem operasi mengalami masalah cukup serius, data-data penting menjadi corrupt, dan perangkat menjadi sering crash, biasanya akan dimulai atau diakhiri dengan kegagalan booting. Masalah kegagalan booting bisa berupa stucknyangkut di logo Apple dan bisa juga berupa restart/reboot yang berulang-ulang alias bootloop. Pada situasi seperti ini, cara terbaik yang bisa dilakukan adalah mengatur perangkat ke DFU mode dan melakukan restore. Ini juga menjadi cara terbaik untuk mencari tahu apakah sumber masalah ada pada sisi software atau hardwarenya. Setiap masalah yang muncul akibat kesalahan software biasanya akan langsung hilang setelah restore.

  • Ketika Anda lupa passcode
  • Passcode yang kelupaan akan mendatangkan masalah pada saat layar perangkat terkunci. Biasanya pengguna akan menebak-nebak passcode-nya dan memasukkan sembarang angka untuk membukanya dan akan membuat perangkat menjadi non-aktif alias ter-disabled. Tidak jarang pula masalah ter-disabled ini muncul setelah perangkat dipinjam orang lain. Untuk mengatasi masalah lupa passcode atau masalah disabled ini, langkat yang bisa ditempuh adalah dengan melakukan restore (cara DFU).

Masuk ke DFU mode

Cara masuk ke DFU mode sedikit berbeda dengan cara masuk ke recovery mode, yaitu:

  1. Hubungkan perangkat ke komputer, lalu jalankan iTunes.
  2. Matikan perangkat dengan cara biasa (tekan Power dan slide off).
  3. Setelah itu tekan dan tahan tombol Power/Sleep dan tombol Home secara bersamaan selama 10 detik, lalu lepaskan tombol Power sambil tetap menekan tombol Home.
  4. Logo Apple akan muncul, tapi tetap tahan tombol Home sampai muncul peringatan pada iTunes bahwa perangkat berada dalam Recovery mode dan harus direstore.
  5. Setelah itu Anda boleh melepaskan tombol Home.

Setelah proses masuk ke DFU mode sukses, layar akan menjadi hitam tetapi tidak mati.

Sebaiknya Anda berlatih membiasakan jari-jari Anda menekan tombol Power dan Home, karena jari yang tidak terbiasa biasanya akan terlalu cepat melepaskan tombol Power. Terlalu cepat melepaskan tombol Power akan membuat prosesnya gagal, dan akan membuat perangkat masuk ke Recovery mode, bukan DFU mode.

Referensi:
[Use iTunes to restore your iPhone, iPad, or iPod to factory settings – Apple Support]
[Use iTunes to restore your iPhone, iPad, or iPod to factory settings – Apple Support]