Atasi masalah ‘iPhone is disabled’ atau ‘iPhone dinonaktifkan’

iPhone is disabled

Entah karena salah pencet, atau karena iPhone-nya diacak-acak sama anak kecil atau habis dipinjamkan ke orang lain, atau mungkin Anda sendiri sudah lupa dengan passcode atau kode sandinya, iPhone bisa terkunci atau nonaktif kalau pengguna salah memasukkan passcode berulang kali.

Kalau passcode-nya salah yang dimasukkan berulang kali, layar iPhone akan terkunci dan akan muncul pesan seperti ini:

  • iPhone is disabled
  • iPhone dinonaktifkan

… yang artinya Anda diminta untuk menghubungkan iPhone-nya ke iTunes.

Kalau Anda tidak bisa lagi mengingat passcodenya dan sudah terlanjur muncul layar disabled/nonaktif di layar iPhone seperti pada gambar di atas, satu-satunya cara untuk menormalkan perangkat Anda kembali adalah dengan menghapus passcode-nya melalui proses restore melalui iTunes, atau reset dari Find My iPhone.

Namun, ada dua hal yang perlu Anda perhatikan.

  1. Apakah iPhone yang disabled/nonaktif ini sudah pernah di/backup atau tersinkronisasi dengan sebuah komputer sebelumnya?
  2. Kalau pernah, Anda bisa sambungkan iPhone-nya ke komputer tersebut dan lakukan pencadangan data sebelum lanjut ke proses restore.

  3. Apakah iPhone yang disabled/nonaktif ini belum pernah di-backup atua tersinkronisasi komputer sebelumnya?
  4. Kalau belum pernah, iPhone-nya hanya bisa di-restore tanpa di-backup. Dan kalau itu terjadi maka setelah proses restore selesai semua data-data yang ada sebelumnya akan hilang.

iTunes

Kalau sebelumnya pernah disinkronisasi dengan sebuah komputer, hubungkan kembali iPhone Anda ke komputer itu dan restore melalui iTunes.

Caranya:

  1. Hubungkan iPhone ke komputer.
  2. Jalankan iTunes. Kalau iTunes menanyakan passcode, itu artinya komputer tersebut bukanlah komputer yang pernah disinkronisasikan dengan iPhone Anda itu. Kalau belum pernah sama sekali disinkronisasikan, cobalah pakai cara recovery mode di bawah.
  3. Saat iTunes berjalan, iTunes akan secara otomatis menyinkronkan iPhone Anda dan membuat backup.
  4. Kalau proses backup tidak terjadi secara otomatis, klik-kanan pada nama iPhone (munculkan sidebar/panel kiri terlebih dahulu dengan menekan CtrlS pada keyboard) dan pilih Back Up.
  5. Setelah proses sinkronisasi (dan backup) selesai, Anda bisa melanjutkan dengan restore.
  6. Begitu proses restore selesai, iTunes akan memandu Anda mengatur iPhone Anda yang baru saja di-restore. Pilih “Restore from iTunes backup”, dan pilih nama iPhone Anda dan tentukan file backup mana yang akan dikembalikan ke iPhone Anda.

Recovery mode

Cara recovery mode ini sebenarnya dilakukan dari iTunes juga, hanya saja cara ini ditempuh kalau iPhone belum pernah disinkronisasikan dengan komputer sebelumnya. Proses ini berlangsung tanpa proses backup, dan hasilnya nanti iPhone akan bersih, kembali seperti baru.

Cara masuk ke Recovery Mode untuk berbagai model perangkat:

iPad dengan tombol Utama/Home, iPhone 6s atau yang lebih lama, dan iPod touch (generasi ke-6) atau sebelumnya

  • Hubungkan perangkat ke komputer.
  • Tekan dan tahan tombol home dan tombol power (tombol samping) secara bersamaan.
  • Tetap tahan tombol-tombol itu hingga Anda melihat layar Recovery Mode.

iPhone 7, iPhone 7 Plus, dan iPod touch (generasi ke-7)

  • Hubungkan perangkat ke komputer.
  • Tekan dan tahan tombol power (tombol samping) dan volume bawah secara bersamaan.
  • Tetap tahan tombol-tombol itu hingga Anda melihat layar Recovery Mode.

iPhone 8 atau versi lebih baru

  • Hubungkan iPhone ke komputer.
  • Tekan dan lepas cepat tombol volume atas.
  • Tekan dan lepas tombol volume bawah dengan cepat.
  • Kemudian, tekan dan tahan tombol power (tombol samping) hingga Anda melihat layar Recovery Mode.

Setelah perangkat berhasil masuk ke Recovery mode, lanjutkan dengan proses restore:

  1. Sambungkan perangkat ke komputer.
  2. Tunggu sampai perangkat dikenali oleh iTunes.
  3. Pada saat Anda melihat pilihan Pulihkan atau Perbarui, pilih Pulihkan.
  4. iPhone Recovery

  5. iTunes kemudian akan men-download perangkat lunak (format IPSW) untuk iPhone Anda.
  6. Tunggu sampai proses download dan proses instalasi iOS selesai. Begitu selesai, Anda perlu mengatur ulang perangkat Anda sesuai dengan Apple ID dan password Anda.

Find My iPhone

iPhone yang terkunci karena lupa passcode juga bisa direset dari jarak jauh alias secara remote (remote erase) melalui iCloud.com. Cara ini sangat berguna kalau iPhone Anda terkunci dan sedang tidak berada dekat dengan komputer pribadi Anda.

Catatan:
Fitur Find My iPhone ini hanya bisa digunakan kalau iCloud-nya sudah diaktifkan sebelumnya pada iPhone Anda. Kalau iPhone Anda masih sangat baru, belum sempat diaktifkan iCloud-nya sebelumnya, maka iPhone Anda tidak akan bisa direset dengan cara ini, harus menggunakan iTunes/komputer secara langsung.

Cara reset dari iCloud/Find My iPhone:

  1. Pastikan terlebih dahulu kalau iPhone yang akan direset terhubung ke Internet, karena perintah reset/erase dari iCloud membutuhkan koneksi Internet.
  2. Anda juga bisa mengakses Find My iPhone dari perangkat Anda yang lain, atau punya teman Anda, atau melalui halaman web iCloud.com.
  3. Kalau melalui Find My iPhone dari perangkat lain, buka aplikasinya dan login dengan Apple ID Anda (kalau milik Anda sendiri, seharusnya tidak perlu login lagi).
  4. Kalau melalui halaman web, buka www.icloud.com/#find, dan login dengan Apple ID dan password Anda.

    Kalau seandainya iCloud menolak Apple ID Anda padahal ID dan password yang dimasukkan sudah benar, kemungkinan besar itu terjadi karena fitur iCloud belum diaktifkan pada iPhone Anda tersebut. Kalau seperti itu, maka reset hanya bisa dilakukan melalui iTunes saja (restore).

  5. Klik “All Devices” atau “Semua Perangkat” dan pilih nama iPhone Anda kemudian klik “Erase iPhone” untuk mereset iPhone Anda beserta passcode-nya.
  6. Masukkan Apple ID dan password Anda untuk melakukan proses reset.
  7. Setelah proses reset berjalan sukses, Anda bisa mengembalikan data-datanya dari iCloud Backup (hanya kalau fitur backup diaktifkan sebelum proses reset dilakukan) atau iTunes Backup.

Tambahan informasi

Terlalu panjang? Tenang, saya persingkat saja (tetapi sangat mengharapkan agar Anda tetap membaca penjelasan saya di atas)\

  • Apakah selain untuk iPhone, cara di atas juga cocok untuk iPad dan iPod touch?
  • Ya. Cocok. Bisa.

  • iPhone pernah disinkronisasikan ke komputer?
  • Bagus. Cari komputernya dan sinkronisasikan dari situ, lalu backup data-datanya, dan restore kemudian masukkan lagi data-datanya (restore from backup namanya).

  • iPhone pernah disinkronisasikan sebelumnya, tetapi komputernya sedang tidak ada, atau lupa komputernya siapa, atau komputernya sudah dijual, atau mungkin lagi rusak?
  • Anda bisa reset (erase) dari Find My iPhone kalau memungkinkan. Atau kalau seandainya belum ada data-data di dalamnya, atau data di dalamnya tidak begitu penting, Anda bisa saja merelakannya terhapus dan lakukan restore. Pilih mana yang Anda anggap lebih mudah.

  • iPhone belum pernah disinkronisasikan dengan komputer sebelumnya?
  • Restore dari iTunes, ikuti cara recovery mode di atas.

  • iPhone masih sangat baru, belum pernah diaktifkan iCloud-nya?
  • Restore dari iTunes, cara recovery mode seperti di atas.

Good luck. Selamat mencoba.

Kalau ada yang belum jelas, perlu ditanyakan, keraguan, kegelisahan, dll, silakan ajukan pertanyaan Anda melalui kolom komentar di bawah.

Yang mau kirim pulsa, ajak nonton, makan siang, dll, silakan mention dulu @ivanfzy.

Bye.