iOS 7

Ingin memperbarui atau mengupdate versi iOS pada iPhone, iPad atau iPod touch Anda? Tenang, Anda tidak perlu khawatir karena proses update iOS pada iPhone, iPad ataupun iPod touch cukup mudah dilakukan. Anda sendiri bisa melakukannya tanpa harus menggunakan jasa toko dan mengeluarkan biaya mahal. Syaratnya, Anda punya komputer pribadi, dan koneksi internet.


Ada dua cara umum untuk melakukan update iOS:

  1. Via OTA (wireless)
  2. Via iTunes

Mulai sejak iOS 5 Apple sudah mengimplementasikan delta update untuk iOS. Itu artinya, proses update iOS dari iDevice menjadi lebih cepat karena Anda hanya perlu mendownload sejumlah kecil file-file update yang dibutuhkan saja. Anda tidak perlu mendownload file sebesar +800 MB seperti yang biasa dilakukan ketika mengupdate via iTunes.

Update via OTA

Update via OTA artinya update langsung dari iDevice Anda secara wireless, tanpa harus terhubung ke komputer.

Caranya sebagai berikut:

  1. Buka Settings, masuk ke General > Software Update (Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak).
  2. iOS akan secara otomatis memeriksa apakah ada update yang tersedia.

  3. Jika ada update yang tersedia, tap “Download and Install” untuk mengupdate iOS.
  4. iOS Software Update
    iOS Software Update
    Proses ini berlangsung selama beberapa menit, dan iDevice Anda akan otomatis reboot ketika proses update telah selesai. Jika menu “Download and Install” tidak tersedia (berwarna abu-abu), coba untuk menghapus beberapa file pada iDevice Anda untuk membuat ruang kosong. Untuk memulai update via OTA setidaknya harus tersedia ruang kosong sebesar 2 sampai 3 GB.

Update via iTunes

Ini adalah cara paling umum, dan saya sendiri lebih suka update via iTunes dibandingkan via OTA.

Sebelum melakukan update:

  • Pastikan Anda sudah menginstall iTunes versi terbaru pada komputer Anda. Kalau belum, akan muncul pemberitahuan pada iTunes dijalankan dan komputer Anda terhubung ke internet.
  • Sebelum memulai proses update, sebaiknya backup terlebih dahulu data-datanya ke komputer Anda. Pastikan kalau ruang kosong pada harddisk komputer Anda mencukupi untuk menampung file-file backup dari iDevice Anda.

Langkah-langkah:

  1. Hubungkan iDevice ke komputer.
  2. Jalankan iTunes, dan klik pada nama iDevice Anda.
  3. Pada saat iDevice Anda terhubung, iTunes akan secara otomatis mendeteksi versi iOS yang terinstall. Jika ada versi terbaru, iTunes akan menampilkan pemberitahuannya. Namun jika tidak, Anda bisa mengklik tombol “Check for Update” pada iTunes untuk mengecek update yang tersedia.
  4. iOS Software Update via iTunes

  5. Jika ada update yang tersedia, akan muncul dialog yang berisi pesan untuk melakukan update.
  6. iOS Software Update via iTunes

    • Download Only: Hanya mendownload iOS terbaru (.IPSW) saja.
    • Download and Update: iTunes akan mendownload iOS terbaru dan akan memulai proses update iOS pada iDevice Anda.
  7. Setelah proses update selesai, iDevice Anda akan reboot secara otomatis.

Catatan:
Jika Anda memilih Download Only atau Download and Update, itu artinya iTunes akan mendownload file iOS (.IPSW) dari server Apple, dan menaruhnya pada direktori C:\Users\AppData\Roaming\Apple Computer\iTunes\iPhone Software Updates\ (untuk Windows 7) kemudian melakukan update. Menurut pengalaman saya, mendownload iOS dengan menggunakan iTunes ini lebih lambat jika dibandingkan dengan mendownload iOS secara terpisah, misalnya melalui browser atau program download manager.

Anda bisa mendownload file iOS dari halaman Downloads dan menyimpannya pada komputer Anda.

Melakukan restore

Melakukan restore artinya membuat iDevice kembali ke pengaturan awal, dan juga memperbarui versi iOS di dalamnya dengan cara menginstall sebuah versi terbaru iOS.

Restore hampir sama dengan update pada langkah sebelumnya, sama-sama akan memperbarui versi iOS pada sebuah iDevice, bedanya, proses restore akan menghilangkan data-data di dalamnya dan membuatnya normal seperti sebelumnya. Meski begitu, Anda tetap bisa melakukan backup sebelum melakukan restore.

Untuk proses restore sendiri, saya menyarankan untuk mendownload file iOS yang berformat .IPSW secara terpisah (bukan dari iTunes) untuk memaksimalkan kecepatan download.

Jika Anda sudah menyiapkan file .IPSW yang cocok untuk iDevice Anda, lakukan langkah-langkah berikut untuk melakukan restore:

  1. Hubungkan iDevice ke komputer.
  2. Jalankan iTunes.
  3. Jika muncul pemberitahuan untuk update, abaikan saja.
  4. Tekan Shift sambil klik tombol “Restore iPhone…” pada iTunes. Akan muncul jendela baru, selanjutnya cari file .IPSW yang sudah Anda download sebelumnya.
  5. iOS Software Update via iTunes

  6. Klik Restore kambali untuk mengkonfirmasi langkah ini.
  7. iOS Software Update via iTunes

  8. Update, dan tunggu sampai prosesnya selesai.
  9. Setelah proses restore selesai, iDevice Anda akan restart dan Anda akan melihat halaman awal “Slide to set up”. Ikuti saja instruksi yang diberikan untuk mengaktifkan iDevice Anda sehingga dapat mulai dipergunakan.
  10. iOS 7 welcome screen

Referensi:
[Apple Support]