The coolest Beta I've seen

The coolest Beta I’ve seen

Ketika Apple mengumumkan iOS 7 pada WWDC 2013, dan menyampaikan bahwa iOS 7 baru akan tersedia untuk publik pada musim gugur (September), itu artinya, iOS 7 baru akan tersedia untuk publik pada musim gugur (September).

Dan ketika Apple merilis iOS 7 Beta 1 pada hari yang sama untuk developer saja, itu artinya, iOS 7 beta adalah untuk developer saja.

Jelas? Atau masih ada yang belum Anda mengerti?

  1. Apakah iDevice Anda menjalankan iOS beta saat ini?
  2. Apakah Anda developer?

Kalau Anda bukan developer dan menginstall iOS beta karena ingin mencoba-coba, Anda harus tahu konsekuensinya karena Anda telah menginstall versi iOS yang bukan ditujukan untuk Anda (pengguna biasa, yang tidak terlibat dalam pengembangan iOS).

Beta

iOS beta

Apa itu versi beta? Beta adalah versi di mana sebuah software masih dalam tahap pengembangan dan belum siap diluncurkan untuk publik. Orang-orang yang bertanggung jawab atas software tersebut disebut dengan pengembang, atau developer.

Namanya saja masih beta atau masih dikembangkan, jelas saja kalau masih banyak kecacatannya. Betul?

Menginstall software yang masih dalam tahap beta sama dengan pindah ke rumah yang masih setengah jadi. Atapnya masih bocor-bocor, dindingnya belum dicat, ubinnya masih lepas-lepas, kaca jendela masih belum dilap bersih, sisa-sisa semen masih menempel di lantai teras rumah, dan masih banyak masalah-masalah umum lainnya. Anda tidak seharusnya protes dengan masalah-masalah tersebut ketika Anda pindah ke rumah itu sementara Anda sebelumnya sudah paham kalau rumah tersebut masih setengah jadi. Betul?

Seorang developer, maksud saya, seorang real developer tahu bagaimana kondisi software yang masih dalam tahap beta. Sedangkan pengguna awam biasanya tidak tahu atau tidak mau tahu.

Apa yang terjadi kalau sebuah software “direview” oleh orang yang tidak terlibat dalam pengembangannya? Anda bisa lihat dari “bug report” di atas, kira-kira akan seperti itu. Sudah tahu beta tapi masih protes. Versi final saja kadang masih ditemukan bug, apalagi versi beta. Betul?

Saya tahu, dan paham, kalau pengguna awam atau non-developer itu sangat penasaran untuk mencoba software beta. Saya juga ngerti, ada beberapa orang yang akan bangga kalau dirinya yang pertama mencoba software beta. Tapi, tetap saja…

Pengguna awam yang menginstall software beta yang ingin melaporkan bug sebenarnya punya niat baik. Tapi, mereka tetap bukan developer, dan melaporkan, maksud saya, mengekspos bug ke Facebook atau Twitter bukanlah tindakan yang tepat. Ketika menginstall software beta, mereka secara naluri punya kewajiban untuk melaporkan bug. Tapi tenang bro, sudah ada orang lain dengan tugas seperti itu yang mengerjakannya. Dan mereka itu adalah developer, yang mereka tahu di mana tempat yang tepat untuk mendiskusikan atau melaporkan bug.

Developer Forums

Apple Developer Forums

Rene Ritchie dari iMore:

Stay away. And if you’re not going to stay away, be classy about it. Respect the NDA (non-disclosure agreement) you become part of when you install the software. Send bugs to Apple, not to the front page, and absolutely don’t post negative reviews for apps that don’t work or look well under iOS 7.

Apple Developer Forums

Jadi, kalau Anda bukan developer, dan iDevice Anda tidak sangat membutuhkan iOS beta, tidak perlu dipaksakan untuk menginstall iOS beta.

Sejauh ini, selain tanggapan positif tentang iOS itu sendiri, yang saya dengar kebanyakan cuma keluhan-keluhan seperti; “stuck di activation”, “minta register”, “gagal upgrade lewat iTunes” dan lain sebagainya yang sebenarnya itu keluhan yang tidak akan muncul kalau Anda adalah seorang developer.

Saran saya, kalau Anda developer, diskusikan keluhan atau masalah yang Anda temukan di developer forums, jangan di sosial media ya bro/sis. Kalau Anda temukan bug, jangan diekspos lah, teman-teman Anda tidak bisa membantu Anda, langsung saja buka https://bugreport.apple.com dan jelaskan secara rinci bug yang Anda temukan itu.

Tapi, kalau Anda bukan developer, dan Anda sudah terlanjur menginstall iOS beta, apa boleh buat, masalah Anda simpan dalam hati saja, dan install kembali versi standar yang tersedia. Tidak ada gunanya mempostingnya ke sosial media karena keluhan Anda itu tidak bernilai apa-apa.