iPhone 4 restored

iPhone 4 restored by Stephen Mok

Cara termudah untuk menghapus semua aplikasi-aplikasi yang bermasalah, file system yang kacau karena terlalu banyak modifikasi, serta menghilangkan segala permasalahan yang ditimbulkan pasca jailbreak, adalah dengan melakukan restore dari iTunes. Tapi sayangnya, cara restore ini juga akan menghilangkan jailbreak yang sebagian besar orang masih membutuhkannya (misalnya untuk unlock, dll).

Nah, bagaimana caranya agar iDevice menjadi segar kembali seperti semula tapi tanpa kehilangan jailbreaknya? Semi-Restore adalah jawabannya.

Semi-Restore adalah solusi jika Anda ingin membersihkan iDevice Anda dengan cara merestorenya tanpa harus kehilangan jailbreak.

Program yang dibuat oleh @coolstarorg ini akan merestore iDevice Anda sampai ke kondisi hampir sama jika direstore ulang dari iTunes. Bersih, kecuali jailbreaknya.

Fitur-fitur

Apa yang bisa dilakukan oleh Semi-Restore ini?

  • Menghapus semua paket-paket Cydia yang telah terinstall
  • Memperbaiki masalah file hosts
  • Menghapus semua data-data pengguna
  • Memperbaiki masalah permissions
  • Memperbaiki masalah aktivasi
  • Mengatasi masalah iMessage/FaceTime
  • Mengatasi masalah Safe mode yang kadang-kadang terjadi
  • Menginstall ulang Cydia (jika seandainya telah terhapus)

Selain itu, perlu dicatat bahwa Semi-Restore tidak memiliki kemampuan untuk melakukan downgrade iOS, dan jailbreak.

Kompatibilitas

Semi-Restore kompatibel untuk iDevice (iPhone, iPad dan iPod touch) yang menjalankan iOS 5.0 sampai dengan iOS 8.1.2, yang tentunya sudah terjailbreak dan terinstall OpenSSH.

Download Semi-Restore.

Langkah-langkah

Perhatian!
Saya tidak bertanggung jawab untuk setiap kerusakan yang terjadi selama proses restore dengan Semi-Restore ini. Do it at your own risk. Jika seandainya Semi-Restore gagal, cara satu-satunya untuk membuat iDevice Anda normal kembali adalah dengan melakukan restore biasa dari iTunes.

Semi-Restore adalah program yang sangat mudah digunakan, karena hanya dengan sekali klik maka Semi-Restore akan menjalankan tugasnya.

Semi-Restore berjalan di Windows XP SP3 dan di atasnya. Pastikan juga iTunes dan .NET 3.5 atau yang di atasnya telah terinstall di komputer Anda.

Anda hanya perlu memastikan bahwa iDevice Anda menjalankan versi iOS yang didukung dan telah terjailbreak. Hubungkan iDevice ke komputer, jalankan Semi-Restore dan tunggu hingga iDevice Anda terdeteksi.

Setelah iDevice terdeteksi, klik tombol SemiRestore dan proses restore akan dimulai. Tahap pertama adalah membackup file-file, merestore, dan membersihkan file-file. Semua tahap-tahap ini hanya berlangsung sekitar 5 sampai 10 menit saja dan diselingi dengan reboot beberapa kali. Jangan panik ketika iDevice Anda reboot berulang-ulang.

Info

  • Untuk masalah-masalah kecil seperti Cydia yang menampilkan pesan error, Anda bisa merujuk pada halaman ini untuk solusi mudahnya, tanpa harus restore.
  • Untuk masalah permission atau masalah SpringBoard, buka halaman ini.
  • Seperti halnya restore dengan cara biasa, Semi-Restore akan menghilangkan data-data pengguna. Untuk itu, pastikan Anda sebelumnya telah membackup data-data pada iDevice Anda sebelum menjalankan Semi-Restore.
  • Selama proses berlangsung, hindari menggunakan program iTunes atau XCode.
  • Semi-Restore tidak membutuhkan SHSH.

Good luck!