iPad blank merah

Banyak juga pengguna iDevice yang mengeluhkan munculnya blank merah pada saat iDevice dinyalakan. Jujur saja, saya sama sekali belum pernah menemui masalah seperti ini jadi selama ini saya hanya bisa mengira-ngira seperti apa blank merah tersebut.

Contoh:

ipad 1 aku kalo dinyalain muncul logo apple 2 detik langsung blank merah, terus mati… klo direstart tetep kayak gitu.. kira2 masalahnya apaan yah mas? mohon bimbingannya.

Andi Ludiniy Diandra Israd


Setelah mencari-cari informasi, terutama di YouTube, saya akhirnya paham bagaimana blank merah yang dimaksud. Saya bisa simpulkan kalau masalah blank merah tersebut bisa muncul karena iDevice, terutama iPad pernah terjatuh sehingga menyebabkan sebuah komponen di bagian dalam iPad menjadi sedikit longgar.

Seandainya iPad Anda mengalami hal yang sama tetapi merasa tidak pernah menjatuhkan iPad Anda, saya tetap yakin kalau ada bagian hardware yang bermasalah pada iPad Anda.

Kalau iPad Anda mengalami masalah pada proses booting, dan sekaligus muncul blank merah pada layar, itu artinya iPad Anda bisa jadi bermasalah pada sisi software dan hardawarenya. Silakan baca “Mengatasi masalah iDevice pada proses booting” untuk mengatasi masalah bootingnya terlebih dahulu, karena saya yakin masalah booting dan masalah blank merah itu adalah hal yang berbeda.

Untuk masalah blank merah pada layar, solusi yang sedikit lucu tapi cukup bekerja adalah dengan memukul-mukul bagian belakang iPad, jangan terlalu pelan tapi jangan juga terlalu keras.

Berikut ini salah satu pengalaman pengguna iPad yang pernah mengalami hal yang sama:

After having been advised by support staff at a local Apple store to just have the unit replaced, I decided to tap the back of my iPad out of frustration. It wasn’t a light tap, but not a forceful one either. After several taps, the display normalized. Hard to believe, but it worked and now my iPad display has no signs of discoloration. It appears that dropping the iPad may have loosened or messed up something inside, which was somehow corrected by tapping the back of the iPad.

Dan ini adalah video bagaimana cara mengatasinya: