Speedtest

Untuk mengetahui kecepatan koneksi internet yang saya gunakan biasanya saya mengandalkan Speedtest.net untuk mengukurnya. Tapi setelah mengetahui ada cara cepat untuk mengukurnya, akhirnya saya putuskan untuk menggunakan Speedtest-cli saja.

Speedtest-cli adalah program berbasis command-line yang fungsinya untuk mengukur kecepatan koneksi internet menggunakan Speedtest.net. Alasan utama saya memilih ini adalah, saya tidak perlu lagi membuka halaman Speedtest.net yang berat dan mengandalkan flash untuk bisa dijalankan.

Wget

Cara pertama adalah menggunakan downloader berbasis command-line yang merupakan program default untuk Linux (dan tersedia juga di OS X), namanya wget.

Dengan perintah ini Wget akan mendownload file test10.zip yang disimpan di server Speedtest ke /dev/null. Ukurannya tidak begitu besar, sekitar 11 MB (seperti pada gambar di atas). Tetapi jangan khawatir masalah harddisk karena file hasil download ini tidak akan membuat harddisk Anda penuh. Ini karena hasil target penyimpanan adalah /dev/null, sebuah file yang sering digunakan untuk “membuang” sesuatu dalam proses.

Tapi ada satu kelemahan dari pengukuran kecepetan internet melalui wget ini, Anda tidak bisa melihat hasil ping dan kecepatan upload karena pada dasarnya Wget adalah downloader biasa.

Speedtest-cli

Speedtest-cli bisa dikatakan sebagai alternatif dari Speedtest.net. Memiliki fitur-fitur dari Speedtest.net namun berjalan di Terminal.

Install
Speedtest.net bukanlah program bawaan seperti Wget, dan juga tidak tersedia di repo utama. Anda bisa menginstallnya dengan mendownloadnya terlebih dahulu dari GitHub, caranya seperti ini:

Penggunaan

Jalankan:

  • speedtest-cli --h untuk memunculkan bantuan.
  • speedtest-cli --simple untuk menguji ping, kecepatan download dan upload.
  • speedtest-cli --list untuk memunculkan daftar server berdasarkan jaraknya.
  • speedtest-cli --share untuk menguji ping, kecepatan download dan upload serta menampilkan URL yang berisi gambar hasil pengujian, layaknya pada Speedtest.net.

Conntoh:

Hasil dari speedtest-cli --simple
Speedtest simple

Hasil dari speedtest-cli --list
Speedtest list

Hasil dari speedtest-cli --share
Speedtest share

dan ini hasilnya:
Speedtest

Bagaimana, mudah bukan? Selamat mencobanya.

Sumber:
[OSXDaily]