iOS 7 boot screen

iOS 7 boot screen Via Chris Pirillo

Mengalami masalah-masalah seperti gagal booting, booting yang berhenti/stuck di logo Apple, ataupun booting yang berulang-ulang (boot loop) adalah kejadian yang paling tidak menyenangkan bagi siapapun. iDevice kita menjadi tidak tidak bisa digunakan, dan bagi kebanyakan orang, mereka tidak mengerti apa penyebab dan bagaimana cara mengatasinya.

Solusi tercepat untuk mengatasi semua masalah ini, adalah dengan melakukan restore ulang. Yup, itulah saran umum yang biasa diberikan orang lain. Lebih cepat, dan bersih. Dan bagi orang yang mengalami masalah ini, tanpa pikir panjang mereka akan langsung melakukan restore ulang.

Yang jadi masalah adalah kalau iDevice Anda menyimpan data-data penting atau berharga dan Anda sama sekali belum pernah membackup datanya lewat iTunes.

Membackup data-data itu sangat penting, baik itu untuk pengguna biasa-biasa saja, terlebih lagi bagi pengguna lanjutan yang ingin melakukan jailbreak.

So, kalau Anda atau teman Anda punya masalah yang sama, iDevicenya stuck di logo Apple atau kena boot loop karena gagal jailbreak plus lupa atau belum pernah backup data, kabar baiknya adalah masih ada cara untuk menyelamatkan data-data yang ada dalam iDevice Anda.

Caranya? Gampang.

Intinya begini, Anda perlu merestore ulang iDevice Anda yang bermasalah tersebut dengan sebuah file IPSW yang telah dimodifikasi* dengan sebuah program. Tapi jangan khawatir, karena proses restore ini tidak akan menghilangkan data-data penting dan berharga Anda (inilah tujuan utama tutorial ini dibuat).

Langkah-langkah:

  1. Siapkan komputer Windows.
  2. Siapkan file .IPSW terbaru yang cocok untuk iDevice Anda.
  3. Buka halaman ini dan download file make_noerase_ipsw_r1.exe. Karena program ini hanya berjalan di Windows, jadi harus pakai komputer Windows.
  4. Setelah filenya berhasil didownload, saya sarankan untuk menaruhnya dalam folder yang sama dengan file .IPSW yang akan digunakan untuk merestore. Untuk memudahkan saja ;)
  5. Drag dan drop file IPSW yang dimaksud ke ikon atau file .EXE dari make_noerase_ipsw yang telah didownload tadi, kalau cara Anda benar, akan muncul jendela command-prompt.
  6. Kalau berhasil, prosesnya akan menghasilkan sebuah salinan .IPSW baru.
  7. Gunakan file .IPSW tersebut untuk restore dari iTunes (tekan Shift + Restore) dengan cara mengatur iDevice Anda ke DFU Mode terlebih dahulu.

Seperti yang sudah saya jelaskan di atas, tujuan utama kita adalah mengembalikan data-data penting. Setelah proses restore berhasil pastikan untuk segera membackup data-data penting di dalamnya sebelum kejadian serupa terjadi kembali.

Kalau sebelumnya iDevice Anda dalam kondisi terjailbreak, maka setelah restore dengan cara di atas ikon Cydia di Home screen iDevice akan hilang. Kalau Anda ingin melakukan jailbreak kembali Anda harus merestore ulang iDevice Anda dengan file .IPSW yang original, yang belum dimodifikasi. Ini karena setelah restore dengan cara di atas program-program jailbreak (semisal evasi0n) masih mendeteksi iDevicenya berstatus sebagai “jailbroken”, yang artinya sudah dijailbreak sebelumnya. Dan biasanya program jailbreaknya akan menolak memprosesnya.

*Custom IPSW

Oh ya, mungkin ada yang heran mengapa di atas saya menyebut kata-kata modifikasi, padahal sejak iTunes 11.1 custom IPSW telah diblokir.

Apa yang terjadi?

Rupanya, program ini (make_noerase_ipsw) meskipun sederhana tetapi menjalankan tugasnya dengan baik;

  • Program ini mengekstrak file IPSW,
  • kemudian menghapus file Restore Ramdisk, yaitu file berekstensi .DMG yang berperan utama untuk memperbarui/mengupgrade iOS,
  • menulis ulang file Restore.plist dan BuildManifest.plist,
  • dan menggabungkan ulang semua file-file yang diekstrak sebelumnya.

Custom IPSW via Terminal

Yang dikerjakan make_noerase_ipsw cukup sederhana dan karena program ini sama sekali tidak menyentuh file-file penting yang diawasi oleh iTunes, yaitu file-file berekstensi .IMG3, maka proses restore bisa berjalan sukses meskipun file .IPSW tersebut sudah dibongkar sebelumnya.

Semoga berhasil.

Maaf, saya belum sempat mencoba langsung cara di atas karena belum penah mengalami atau menemui seseorang yang mengalami masalah di atas, khususnya sejak jailbreak iOS 7 dirilis.

Sumber:
[Digital Marketing Talk]