Atasi masalah boot loop pada iDevice tanpa harus kehilangan data berharga

iOS 7 boot screen
iOS 7 boot screen Via Chris Pirillo

Mengalami masalah-masalah seperti gagal booting, booting yang berhenti/stuck di logo Apple, ataupun booting yang berulang-ulang (boot loop) adalah kejadian yang paling tidak menyenangkan bagi siapapun. iDevice kita menjadi tidak tidak bisa digunakan, dan bagi kebanyakan orang, mereka tidak mengerti apa penyebab dan bagaimana cara mengatasinya.

Solusi tercepat untuk mengatasi semua masalah ini, adalah dengan melakukan restore ulang. Yup, itulah saran umum yang biasa diberikan orang lain. Lebih cepat, dan bersih. Dan bagi orang yang mengalami masalah ini, tanpa pikir panjang mereka akan langsung melakukan restore ulang.

Yang jadi masalah adalah kalau iDevice Anda menyimpan data-data penting atau berharga dan Anda sama sekali belum pernah membackup datanya lewat iTunes.

Membackup data-data itu sangat penting, baik itu untuk pengguna biasa-biasa saja, terlebih lagi bagi pengguna lanjutan yang ingin melakukan jailbreak.

So, kalau Anda atau teman Anda punya masalah yang sama, iDevicenya stuck di logo Apple atau kena boot loop karena gagal jailbreak plus lupa atau belum pernah backup data, kabar baiknya adalah masih ada cara untuk menyelamatkan data-data yang ada dalam iDevice Anda.

Caranya? Gampang.

Intinya begini, Anda perlu merestore ulang iDevice Anda yang bermasalah tersebut dengan sebuah file IPSW yang telah dimodifikasi* dengan sebuah program. Tapi jangan khawatir, karena proses restore ini tidak akan menghilangkan data-data penting dan berharga Anda (inilah tujuan utama tutorial ini dibuat).

Langkah-langkah:

  1. Siapkan komputer Windows.
  2. Siapkan file .IPSW terbaru yang cocok untuk iDevice Anda.
  3. Buka halaman ini dan download file make_noerase_ipsw_r1.exe. Karena program ini hanya berjalan di Windows, jadi harus pakai komputer Windows.
  4. Setelah filenya berhasil didownload, saya sarankan untuk menaruhnya dalam folder yang sama dengan file .IPSW yang akan digunakan untuk merestore. Untuk memudahkan saja 😉
  5. Drag dan drop file IPSW yang dimaksud ke ikon atau file .EXE dari make_noerase_ipsw yang telah didownload tadi, kalau cara Anda benar, akan muncul jendela command-prompt.
  6. Kalau berhasil, prosesnya akan menghasilkan sebuah salinan .IPSW baru.
  7. Gunakan file .IPSW tersebut untuk restore dari iTunes (tekan Shift + Restore) dengan cara mengatur iDevice Anda ke DFU Mode terlebih dahulu.

Seperti yang sudah saya jelaskan di atas, tujuan utama kita adalah mengembalikan data-data penting. Setelah proses restore berhasil pastikan untuk segera membackup data-data penting di dalamnya sebelum kejadian serupa terjadi kembali.

Kalau sebelumnya iDevice Anda dalam kondisi terjailbreak, maka setelah restore dengan cara di atas ikon Cydia di Home screen iDevice akan hilang. Kalau Anda ingin melakukan jailbreak kembali Anda harus merestore ulang iDevice Anda dengan file .IPSW yang original, yang belum dimodifikasi. Ini karena setelah restore dengan cara di atas program-program jailbreak (semisal evasi0n) masih mendeteksi iDevicenya berstatus sebagai “jailbroken”, yang artinya sudah dijailbreak sebelumnya. Dan biasanya program jailbreaknya akan menolak memprosesnya.

*Custom IPSW

Oh ya, mungkin ada yang heran mengapa di atas saya menyebut kata-kata modifikasi, padahal sejak iTunes 11.1 custom IPSW telah diblokir.

Apa yang terjadi?

Rupanya, program ini (make_noerase_ipsw) meskipun sederhana tetapi menjalankan tugasnya dengan baik;

  • Program ini mengekstrak file IPSW,
  • kemudian menghapus file Restore Ramdisk, yaitu file berekstensi .DMG yang berperan utama untuk memperbarui/mengupgrade iOS,
  • menulis ulang file Restore.plist dan BuildManifest.plist,
  • dan menggabungkan ulang semua file-file yang diekstrak sebelumnya.

Custom IPSW via Terminal

Yang dikerjakan make_noerase_ipsw cukup sederhana dan karena program ini sama sekali tidak menyentuh file-file penting yang diawasi oleh iTunes, yaitu file-file berekstensi .IMG3, maka proses restore bisa berjalan sukses meskipun file .IPSW tersebut sudah dibongkar sebelumnya.

Semoga berhasil.

Maaf, saya belum sempat mencoba langsung cara di atas karena belum penah mengalami atau menemui seseorang yang mengalami masalah di atas, khususnya sejak jailbreak iOS 7 dirilis.

Sumber:
[Digital Marketing Talk]

104 Replies to “Atasi masalah boot loop pada iDevice tanpa harus kehilangan data berharga”

  1. Saya udah coba dan berhasil. Stuck di logo apple setelah jailbreak iPhone 5 ios 7.0.4, kbetulan lupa backup 🙂

    Proses pembuatan custom ipsw lumayan cepat, namun saat nyoba restore pake dfu via itunes dapat error 3194. Diakalin pake edit hosts file spt biasa tetep error 3194. Namun berhasil setelah pake tss server via tinnyumbrella.

    MacHolic, Samarinda.

    1. Saya belum coba sih, tapi baru tahu kalau mesti pake TU dulu. Apakah ini berlaku untuk semua atau kira-kira cuma computer-specific aja?

      Thank konfirmasinya.

      1. Sepertinya wajib pake tinyumbrella, soalnya pernah nyoba di 2 laptop lain tetap error 3194 tanpa tss server.

        Dan juga proses restore akan gagal jika idevice sebelumnya terjailbreak dengan menggunakan Snowbreeze atau PwnageTool (custom ipsw). AKan muncul error 14.

      2. mas ivan iphone 4s sya ios 8.1.1 udah jailbreak stuck di logo apple, sya mau restore di itunes ga brani krna saya lupa paswod icloud nya. gimna yh solusi nya??

  2. Gan mohon bantuannya,iphone 5 ios 7.0.4 saya stuck di logo apple,iphone saya baru dijailbreak bbrp hari yang lalu,masalahnya iphone nya stuck di logo apple(nunggu sekitar 15detik) muncul layar utama(gambar jam sm slide to unlock) tetapi tidak bisa diapa2i tak lama kemudian layar kembali muncul logo apple begitu seterusnya,kerusakan terjadi ketika saya mendonlod celeste(bluetooth aplikasi),mohon bantuannya gan harus gimana

    1. Coba matikan iPhonenya, dan nyalakan sambil tekan tombol volume atas pada saat proses booting berlangsung. Ini gunanya untuk menonaktifkan tweaks yang ada. Kalau sudah berhasil masuk ke homescreennya, buka Cydia dan hapus tweak yang bemasalah.

  3. iphone 5 saya yg tidak dijailbreak, hari jumat lalu tiba2 drop & stuck di logo apple, loop seperti ini terus menerus, udah coba tekan tombol home+power engga ngefek, tekan tombol home engga ngefek cm keluar tampilan recovery & bisa masuk itunes untuk restore. saya engga pgn restore karena foto2 & data lain belum dibackup sama sekali. apakah dg cara ini bisa berhasil? sayang bgt kl data2nya ilang. pakai recboot, tinyumbrella, reiboot, dsb tetep engga bisa nembus exit/enter recovery. mohon bantuannya… terima kasih

    1. Coba biarkan sampai mati karena lowbatt terus dicharge tanpa dinyalakan. Tunggu sampai ada efeknya. Kalau tetap gak ada, apa boleh buat, daripada didiamkan saja pasti ujung-ujungnya ada satu cara yang mesti dicoba.

      1. sudah sampai mati malahan, trus kl dicharge cuma nongol apple logonya, looping, & engga ada arus yg masuk sama sekali 🙁

      2. sekarang dicharge pakai charge iphone engga ngfek sama sekali, tp kl dikasih charger ipad mau kluar looping logo apple artinya masih stuck

      3. jadi kemungkinan yg kena batrainya/hardwarenya atau os nya ya? karena sebelum jadi kayak gini, sempet nyolok bentar ke power bank temen trus dicabut lg krn panas, abis gitu aktifin airplane mode, masih panas jg smp akhirnya mati trus jadi kayak gini, stuck di looping logo apple. kl konek ke macbook dg tekan home lama dia bisa kontak ke itunes tp engga bisa langsung update, jd ketika mau update tp distop keluarlah menu restore…

        1. Makanya dari awal sy sarankan charge dulu agak lamaan. Dari ngecharge itu bisa ketahuan penyakitnya.

          Dulu ada iPhone 4S yg saya tangani bermasalah dibaterai, efeknya iPhone sama sekali gak mau nyala, bahkan logonya gak muncul. Nanti setelah ganti baterai baru normal.

  4. sekedar konfirmasi mas ivan
    ane berhasil pake cara diatas di 2 device (dua2nya i4) & itunes 11.1.5 (x64)
    device yg permata jailbroken, yg kedua tanpa jailbreak

    terimakasih bnyak sharenya
    smoga webnya tambah rame 😀

    salam

      1. mas ivan, untuk iphone 5 saya setelah tanya2 di sini waktu itu, saya bawa ke tempat service resmi dibilang kena mesinnya, dan harganya hampir sama ky beli iphone baru.

          1. setelah taruh ke servis, ditinggal bbrp hari untuk tanya updatenya, dibilang kena mesinnya. trus tanya gmn kalo diganti batre aja, dia bilang kl mesinnya udah kena diganti batre jg engga ngefek. sebenernya masih engga percaya jg sih. ada saran? thanks before

          2. Saran saya, pindah tukang servis dan langsung minta ganti baterai (kalau gak lama, tunggu saja proses lepas-pasangnya). Jangan bilang kalau tukang servis sebelumnya sudah mendiagnosa “rusak mesin”.

          3. Diagnosa dari servis resmi adalah, udah ganti batre ga bisa, mesin short, regulator gosong karena pakai power bank. Tp sbnrnya masih penasaran pgn ganti batre di tempat servis lain…

          4. Iya sepele bgt, cm krn colok powerbank tmn, tiba2 overheat trus ngedrop batrenya, trus ya ky yg pernah saya cerita di bawah

          5. Oouch, ini harusnya diceritakan dari awal 🙂 Powerbank itu bukan masalah sepele. Semua yang berhubungan dengan baterai itu penting. Apalagi kalo charge di mobil, itu paling bahaya kalo listriknya gak stabil.

          6. Bener bgt, bahaya emang kl asal ngecharge. Mau di mobil, di kereta atau di pesawat, listriknya ga ada yg stabil. HTC temen jg bernasib sama.

    1. cintia, apakah ada masalah di iphonenya sehingga stuck di logo apple ky gini?
      untuk yg idevice tanpa jailbreak gimana caranya?

  5. saya berhasil restore pake cara ini, datanya juga ga ada yang hilang 😀
    makasih banyak min, semoga web nya makin berkembang. ijin share cara nya juga ya 🙂 nanti saya credit

  6. Saya mengalami kasus ini gan, sudah gunakan cara diatas, masih nemu error. Devices saya Ipad 4 dan belum JB. Terakhir IOS di 7.0.1. Pas melakukan proses restore dengan cara diatas saya menggunakan IOS 7.1.1 tapi ketemu error file not supported. Mohon pencerahan gan..

      1. Maksih mas sebelumnya udah direspon. Jadi gini, pertama saya donlot dan gunakan IOS 7.0.6 dari halaman download center. kemudian saya pake cara diatas untuk bikin IPSW nya yang baru lalu saya restore pke itunes, hasilnya error 3194 mas (jadi kesimpulan saya mungkin karena IOS 7.0.6 ud ditutup). lalu saya lanjut donlot yang 7.1.1 GSM (Ipad saya GSM), trs bikin IPSW baru pake make noereas ipsw. setelah jadi saya lakukan restore, nah pas restore ketemu eror file not supported mas ivan, begitu terimakasih..

          1. Ternyata ipad ane Global mas ivan, makasih pencerahannyaa.. sekarang coba donlot IOSnya dulu.. makasi gan responya..

          2. Mas ivan, saya sudah download IOS 7.1.1 yang benar tapi masih ketemu eror 3194 pda proses restore, mohon pencerahan. terimakasih.

  7. maaf mas, saya punya problem pada ipad 3 saya… jadi tiba” mati dan pas saya hidupkan ada bacaan itunes dilayar, saya udah coba service .. perintahnya pulihkan perangkat lunak naum pada saat memulihkan perangkat lunak di itunes. itunes mendektesi ada eror 14 ?? itu gimana solusinya mas ?

  8. makasih gan, tutorialnya masih berfungsi dengan baik 😀 akhirnya Iphone 4 saia kembali seperti semula….

    Good JObs!

  9. Mas ivan tolong pencerahannya donk, iphone 4 cdma saya dalam kondisi lock icloud, setelah proses bypass sukses, iphone sy dlm kondisi bootloop, saya dah ikuti cara2 yg ada seperti fix boot pake ireb -7 dll.. tp masih ga da perubahan mas,,, trims sebelumnya

      1. saya pake aplikasi dr forum flasher mas… udah pernah restore and update otomatis di itunes mas, terus saya pake aplikasi itu lagi untuk bypass nya dan untuk bootloop problem ny saya pakai ireb-7, masih tidak ada perubahan mas… tolong dong mas solusi nya trims mas

  10. mas ivan mau tanya kemaren saya JB iphone 4s ios 7.1.2 terus cydia nya ilang ga brp lama terus hp nya stcuck di logo, ga bisa hidup iphone nya cara mengatasinya gmna ya mohon pencerahannya.

  11. Mas ivan saya mengalami masalah pada saat saya ingin merestore iphone 4s saya. 1. saya suda mendownload update terakhir dari iphone 4s saya 2. saya suda menambah di file hostnya 74.208.105.171 gs.apple.com tapi ttp masi mucul error 3194 kira” apanya lagi yang salah eh ia iThunes yang paling baru juga mohon pencerahannya mas ivan

    1. Sudah direstore ke iOS 8.1.2? Coba hapus saja baris tambahan yang di hosts itu. Kalau updatenya ke versi terbaru tidak perlu tambah apa2 lagi ke file hosts.

      2014-12-13 10:57 GMT+08:00 Disqus :

      1. mas ivan saya suda download ios 8.1.2 tapi error yang saya ketemui error lain lagi 4013 baca ” artikel katanya kabelnya usbnya saya suda ganti kabel ganti komputer pake ituns baru tapi ttp aja ga bisa mohon bantuannya kang ivan

        1. Maksud dari error 4013 ialah “Connection to device is lost after the “Preparing iPhone for Restore” step but before the phone is actually wiped causing it to boot normally. Check USB connections and try again.” Artinya bukan hanya sisi kabelnya yang bisa bermasalah, tetapi bisa jadi karena port pada iPhonenya atau port USB di komputernya.

          Kalau sudah coba restore pake DFU mode, kemungkinan besar port di iPhone (dock connector) yang bermasalah. Saya curiganya masalah ini sering terjadi pada iPhone 4/4S karena model portnya yang gampang aus kalau terlalu sering di-colok-lepas-colok.

  12. mas ivan iphone 5s saya ios 8.1 jailbreak tiba2 mati saat main game. trus tiap start up habis muncul logo apple layarnya hitam saja. saya coba restore slalu muncul error 27. itu masalahnya hardware atau softwarenya ya. mohon pencerahan

      1. pangu gan dari evaders. tadi coba saya restore pake file ipsw 8.1.2 modifikasi noerase munculnya error 27, kalo yg dr ipsw 8.1.2 tanpa modifikasi noerase munculnya error 9

  13. Mas mau tanya, hp saya iphone 4s ios 8.1.1 sudah di jailbreak TaiGJailbroke. Lalu saya mau reset eraser all data supaya jailbraeknya hilang. Tapi kok malah boot mulu ya udah gitu bootnya gak penuh2. Gimana dong mas? Pakai cara yg diaatas bisa? Thx

    1. Waduh, harusnya kalo dijailbreak gak boleh reset langsung dari iPhone nya, harusnya lewat iTunes.

      Kalau bootloopnya disebabkan karena reset, saya kurang yakin kalau cara di atas bisa, karena saya gak tau proses resetnya sudah sampai tahap apa.
      Tapi gak apa-apa dicoba dulu sebelum direstore langsung dari iTunes.

  14. maf MAS mu tnya ipHONE4 saya g hidup DAN BLM di JB ,,sy coba carger hanya sampai logo aple dan restart lagi trus begitu..sy cba restore pke itunes terbaru dngn dfu mode ,proses exrak file jlan samapai waiting iphone,,,reboot kn iphonenya dan TIDAK bisa BERJANJUT LAGi PROseS restorenya KRNA IPHOne resTAR dI logO TERUS ..MOHON PENCERAHANNYA trims

  15. Mas Ivan. iPhone saya 4S (Tidak Jailbreak) dan sejak 2 hari yang lalu setelah saya main game tiba-tiba mati dan ketika dinyalakan kembali muncul logo apple lalu mati kembali dan muncul kembali logo apple dan begitu seterusnya (bootloop), ini terjadi ketika saya melakukan charging pada iphone saya. ketika charging dicabut maka iPhone saya mati total. Saya sudah coba melakukan restore menggunakan iTunes setelah file di extract keluar pemeberitahuan “Error 4003” lalu iPhone saya tidak bisa direstore dan bootloop masih belum terselesaikan pada iPhone saya. Apakah error ini muncul akibat storage yang tersisa pada iPhone saya cuma <3GB? atau ada permasalahan yang lain yang menyebabkan iPhone saya tidak dapat direstore secara sempurna? saya sudah melakukan restore seperti cara diatas tetapi tetap sajapemritahuan "Error 4003" dan iPhone saya tidak dapat melakukan restore secara sempurna.

  16. Maaf mas…Saya punya iphone 4s stuck di “CONNECT TO ITUNES” pada saat restore..sudah di restore melalui itunes tetap gagal..sudah ikut tutor diatas tetap gagal…pesan kesalahan di iTunes “terjadi kesalahan iphone “iphone” yang tidak diketahui…terima kasih sebelumnya

  17. gan, mohon bantuannya.. iphone5 ane restart terus, dah coba saran agan di atas, tp ane punya ios masih ios7, di link tadi adanya ios 8, waktu shift+restore ternyata ga kompatible.. ada saran gan? thanks

  18. Mas Ivan mau tanya dong, Iphone 5 saya setelah di up ke ios 8.1.3 stuck di logo apple aja mas..solusi nya bisa pake cara diatas ga mas ?

    1. Dulu updatenya via iTunes atau OTA?

      Kalau dari iTunes, silakan dicoba dulu. Tapi saran saaya jangan berharap 100% karena bisa jadi data2nya sudah tereset sama iTunes.

  19. mas Ivan, iphone 5 saya pertama-tama kadang mati sendiri. layarnya mati perlahan dari pinggir ke tengah, abis itu blank total dan lgsg auto reboot. setelah sering kaya gini, sekarang pas lagi reboot malah ga jalan jalan, stuck di logo apple, layar mati, dan gitu-gitu lagi. saran dong? thx sebelumnya

  20. Mas Ivan, saya lagi coba nih cara ini, tapi waktu di waiting respond ipod ketolak, The iPod “iPod” could not be restored. An unknown error occurred.

    bingung apanya yg salah ya mas T.T

  21. mas ivan, ini bsa d coba d iOS versi 7.1.3 ngga? kareana saya mengalami hal ini, dimana layar iphone saya ada gambar kabel colokin ke logo itunes. dan saya ga mau khilangan data saya yng d iphone 4s saya. makanya saya ga mau restrore, ada cara lain ga byar data saya yng d iPhonee 4s tetap aman dan kembali normal iOS nya??
    mohon bngt bantuaannya ya mas ivan
    trims salam hangat

  22. kemarin saya coba update ke ios 8.4, cuma hbs itu iphone saya tiba tiba recovery mode, saya coba perbaiki liat artikel yg sama kyk saran mas ivan, berhasil, cuma hbs iitu ip 4s sy stuck di logo apple terus, dan tidak mau ke home. saya coba restore ulang di itunes versi baru, sudah sampai logo apple nya yg ada loadingngannya dibawah (maaf sy gatau nama prosesnya apa) tiba tiba layar hp saya seperti gangguan (kayak konsllet gitu) lalu mati kemudian ngulang lagi dari awal (recovery mode). Tolong bantuan nya mas ivan?

    1. Coba set ke DFU dulu terus coba lagi restore lagi via iTunes. Di iTunes nya ada kode error waktu proses restorenya gagal?

      Atau coba restore dari komputer lain.

  23. mas, masalah saya sama seperti @brigitaolivia:disqus, pas saya coba di itunes ggl dan keluar code error 14. saya bingung harus ngapain. mohon bantuannya ya

        1. Koneksi internetnya lancar? Pastikan juga pakai kabel data yang original. Kalau masih gagal, coba reboot PC nya dan ganti colokan usb sampai dapat yang pas.

  24. mas ivan,minta solusinya gan. ane punya ipad 3 jailbreak cyidia. setelah dinyalakan langsung restart ulang & gak mau booting, layang cuma tampilan lingkaran berjalan.

      1. dibantu donk iphone 4s ane boot loop blm sembuh sembuh dah berbagai cara ttp aja gagal di restornya,,, apa ada perangkat yg rusak ya mas???

  25. Saya coba mengatasi boot loop pada iPhone 5 (sebelum boot loop keadaan batere habis (batere juga sudah agak drop), mau dibackup dicolok ke laptop, ketika muncul konfirmasi “trust”, iphone ngerestart dan boot loop sampai sekarang) dengan cara yang tertulis dalam post ini. sampai saat ini belum berhasil, selalu muncul error 3194 ketika proses restore

    File IPWS : iPhone5,2_9.0.2_13A452_Restore.ipsw
    No erase : make_noerase_ipsw_r1.exe
    IPWS + No erase : UPG_iPhone5,2_9.0.2_13A452_Restore.ipws
    Iphone : iPhone 5 (global)

    Sudah coba edit” file host dan menambahkan/mengaktifkan dan menonaktifkan (tambah hapus tanda #) :

    #74.208.10.249 gs.apple.com
    #127.0.0.1 gs.apple.com
    #74.208.105.171 gs.apple.com

    sudah coba matikan anti virus dan firewall
    sudah coba 2 laptop (windows 7 semua), itunes semuanya sudah versi terbaru (saat ini)
    kabel usb – iphone ori

    tapi masih tetap gagal dengan error yang tetap sama, code 3194

    Ada yang tahu kenapa dan bagaimana supaya berhasil mengatasi boot loop iPhone saya?

      1. Iya betul mas. Pake ipsw 9.1 bisa. Tapi sekarang ada masalah baru error code 9. Mungkin karena baterai yang sudah harus diganti ya?

  26. selamat pagi mas ivan,, mohon pencerahannya,,
    posisi saat ini: iphone 5 dinyalain mentoknya di layar yang ada colokan usb menuju itunes,,

    berawal dari:
    1. telat ngecharge, hp mati baru dicharge, terjadi beberapa kali,,
    2. ane coba restore via itunes,, mentok di menunggu iphone.. g ada kemajuan di loading bawah logo apple di layar iphone,,
    3. posisi terakhir kurang paham ada di ios berapa, yang megang istri soalnya,,
    4. pernah make ifunbox, karena gagal paham make itunes buat transfer file,,

    mohon pencerahan supaya iphone bisa bekerja lagi, daa kehapus tidak masalah,,
    terimakasih sebelumnya,,

    1. Itu namanya recovery mode biasanya muncul karena gagal restore atau baterainya gak kuat buat nyalakan sistem. Coba dicharge dulu agak lamaan biar baterainya minimal bisa tahan saat direstore di iTunes.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *