Max free iCloud

Ada yang bertanya kepada saya kenapa iPhone miliknya tidak bisa lagi digunakan untuk membuat atau mendaftarkan akun iCloud baru, dan setiap kali dicoba akan muncul pesan seperti ini:

“Perangkat ini tidak lagi memenuhi syarat untuk membuat akun iCloud gratis”

atau

“Jumlah maksimum akun gratis telah diaktifkan di iPhone ini”

atau

“The maximum numbers of free accounts have been activated on this iPhone/iPad”

Jawabannya adalah, karena Apple membatasi pendaftaran akun iCloud pada setiap iPhone, iPad atau iPod touch hanya sebanyak tiga (3) kali saja. Setiap kali dipakai untuk mendaftarkan akun iCloud, Apple akan merekam ID dan identitas iDevice (misalnya dari IMEI atau UUID) yang dipakai. Dan kalau sudah lewat dari tiga kali, alias dipakai untuk mendaftarkan akun yang keempat, maka Apple akan menolaknya, makanya akan muncul pesan seperti di atas.

Masalah seperti ini kadang muncul terutama pada iDevice bekas/second kalau pemilik awalnya sudah pernah mendaftarkan akun iCloud sebanyak tiga kali.

Kalau ternyata Anda membeli iPhone atau iPad dengan kondisi seperti ini, apa boleh buat, Anda harus mendaftarkan akun iCloud dari iPhone atau iPad lainnya (yang masih bisa dipakai mendaftar) atau Mac lalu kemudian login ke iDevice Anda sendiri setelah jadi. iPhone Anda tidak bisa lagi dipakai untuk mendaftarkan akun iCloud baru, tetapi masih bisa diisi dengan akun iCloud yang sudah ada.

Catatan:
Mendaftarkan iCloud berbeda dengan mendaftarkan Apple ID. Apple ID yang baru saja jadi belum memiliki akun iCloud yang aktif, oleh karena itu pendaftaran akun iCloud dilakukan terpisah.

Tambahan

Bagaimana seandainya ada orang yang mau meminjamkan iDevice-nya untuk membuat akun iCloud? Caranya seperti ini (iOS 8):

  1. Sign out dulu Apple ID dari iDevice milik Anda.
  2. Sign out juga Apple ID dan iCloud dari iDevice milik teman/saudara Anda yang mau digunakan untuk membuat akun baru.
  3. Buka Settings > iCloud, scroll ke bawah lalu tap Sign Out. Setelah memilih Sign Out, akan muncul pesan pemberitahuan “Delete Account” untuk mengkonfirmasi apakah Anda akan menghapus data-data iCloud yang tersimpan pada iDevice (bukan di server iCloud).

    Pilih Keep untuk menyimpannya, dan pilih Delete untuk menghapusnya. Selanjutnya Anda perlu memasukkan password dari Apple ID yang ada pada iDevice tersebut (tanya ke pemiliknya), lalu pilih Turn Off.

  4. Setelah Apple ID dan akun iCloud dari iDevice pinjaman sudah dikeluarkan, selanjutnya buka kembali Settings > iCloud, dan buatlah sebuah akun iCloud baru dengan Apple ID yang Anda punya.
  5. Setelah akun iCloud Anda sudah jadi, ingat, jangan menggabungkan/merge data dari akun iCloud lama dengan akun iCloud yang baru Anda buat. Langsung saja Sign Out kembali akun Anda itu dan Sign in ke iDevice milik Anda sendiri.