“Perangkat ini tidak lagi memenuhi syarat untuk membuat akun iCloud gratis”

Max free iCloud

Ada yang bertanya kepada saya kenapa iPhone miliknya tidak bisa lagi digunakan untuk membuat atau mendaftarkan akun iCloud baru, dan setiap kali dicoba akan muncul pesan seperti ini:

“Perangkat ini tidak lagi memenuhi syarat untuk membuat akun iCloud gratis”

atau

“Jumlah maksimum akun gratis telah diaktifkan di iPhone ini”

atau

“The maximum numbers of free accounts have been activated on this iPhone/iPad”

Jawabannya adalah, karena Apple membatasi pendaftaran akun iCloud pada setiap iPhone, iPad atau iPod touch hanya sebanyak tiga (3) kali saja. Setiap kali dipakai untuk mendaftarkan akun iCloud, Apple akan merekam ID dan identitas iDevice (misalnya dari IMEI atau UUID) yang dipakai. Dan kalau sudah lewat dari tiga kali, alias dipakai untuk mendaftarkan akun yang keempat, maka Apple akan menolaknya, makanya akan muncul pesan seperti di atas.

Masalah seperti ini kadang muncul terutama pada iDevice bekas/second kalau pemilik awalnya sudah pernah mendaftarkan akun iCloud sebanyak tiga kali.

Kalau ternyata Anda membeli iPhone atau iPad dengan kondisi seperti ini, apa boleh buat, Anda harus mendaftarkan akun iCloud dari iPhone atau iPad lainnya (yang masih bisa dipakai mendaftar) atau Mac lalu kemudian login ke iDevice Anda sendiri setelah jadi. iPhone Anda tidak bisa lagi dipakai untuk mendaftarkan akun iCloud baru, tetapi masih bisa diisi dengan akun iCloud yang sudah ada.

Catatan:
Mendaftarkan iCloud berbeda dengan mendaftarkan Apple ID. Apple ID yang baru saja jadi belum memiliki akun iCloud yang aktif, oleh karena itu pendaftaran akun iCloud dilakukan terpisah.

Tambahan

Bagaimana seandainya ada orang yang mau meminjamkan iDevice-nya untuk membuat akun iCloud? Caranya seperti ini (iOS 8):

  1. Sign out dulu Apple ID dari iDevice milik Anda.
  2. Sign out juga Apple ID dan iCloud dari iDevice milik teman/saudara Anda yang mau digunakan untuk membuat akun baru.
  3. Buka Settings > iCloud, scroll ke bawah lalu tap Sign Out. Setelah memilih Sign Out, akan muncul pesan pemberitahuan “Delete Account” untuk mengkonfirmasi apakah Anda akan menghapus data-data iCloud yang tersimpan pada iDevice (bukan di server iCloud).

    Pilih Keep untuk menyimpannya, dan pilih Delete untuk menghapusnya. Selanjutnya Anda perlu memasukkan password dari Apple ID yang ada pada iDevice tersebut (tanya ke pemiliknya), lalu pilih Turn Off.

  4. Setelah Apple ID dan akun iCloud dari iDevice pinjaman sudah dikeluarkan, selanjutnya buka kembali Settings > iCloud, dan buatlah sebuah akun iCloud baru dengan Apple ID yang Anda punya.
  5. Setelah akun iCloud Anda sudah jadi, ingat, jangan menggabungkan/merge data dari akun iCloud lama dengan akun iCloud yang baru Anda buat. Langsung saja Sign Out kembali akun Anda itu dan Sign in ke iDevice milik Anda sendiri.

85 Replies to ““Perangkat ini tidak lagi memenuhi syarat untuk membuat akun iCloud gratis””

  1. gan ane beli iphone second dan daftar icloud berkali-kali gak bisa, munculnya Perangkat ini tidak lagi memenuhi syarat untuk membuat akun iCloud gratis. ada opsi lain gak gan biar bisa masuk atau daftar icloud lagi… soalnya icloud yang lama gak tau id sama pasword nya?
    tks

      1. gan kalau pakai id apple yang lain bisa ga? jd ga bikin baru di idevice lain gitu. cuma pek id apple yg sdh lama ga dipakai saja.

  2. gan sama nih ane juga aku nya bilang maksimum tapi itu ga ada masalah kan sama yang nama nya lock icloud?dan ga masalah kan kalau minjem yang temen dan pasti seperti akun pertama yang baru beli kan?apa ada bedanya kalau kita minjem hp temen dan daftar di temen ? mohon bantuan nya gan makasih

  3. Gan, klo apple id yg lama yg sdh pernah ada pas mau login ke ipad yg sama kok gak bs juga yah? Keterangannya sama akun gratis sdh maksimum di ipad, kaya gitu! Tau gak knp tuh, solusinya ada gak? Thx

  4. Terus, gw kn mau ganti id baru utk ipad ini, tp id gw id amerika, sdh terdaftar tp blm gw verifikasi, krn kendala icloud yg maksimum itu. Yg gw pengen tanya, gmn caranya login di devices berbeda, apa kudu pake VPN yah utk login? Thx before

    1. ID sudah terdaftar tapi belum terverifikasi itu artinya akun iCloud nya belum ada, atau belum diaktifkan. Makanya waktu dimasukkan ke iPad yang sudah lewat dari 3 kali iPadnya akan menolak.

      Saya rasa VPN tidak membantu dalam kasus ini karena VPN tidak membuat akun iCloudnya jadi secara otomatis.

  5. Saya. Mengalami hal itu, beli iphone bekas, tapi kali ini yg jual menyertakan id pemakai sebelum nya. Bisa sih login. Tapi apabila pemilik id mengubah password, apa yg akan terjadi dengan hp saya. Terima kasih

    1. Itu id utama atau id yang dibuat-buat (untuk keperluan penjualan) saja? Kalau dibuat-buat saja mungkin saja cuma Anda sendiri yang pakai. Tapi kalau itu asalnya id dari orang lain juga, sebaiknya bikin sendiri saja daripada repot di belakang hari.

      Dan kalau masih bisa login sebaiknya langsung ganti saja.

      1. Sepertinya id pertama, sebab penjual sudah menyertakan id itu di dusbok, sedangkan penjual memiliki id sendiri, bisa login dan sebaiknya diganti, apakah maksudnya ke replace data id pemilik pertama dengan data saya ?dan mengganti paswordnya ?

        1. Iya, saran saya Anda buat sendiri Apple ID nya dengan email, data-data, dan pertanyaan keamanan yang Anda buat sendiri. Selagi masih sempat.

          1. Tapi sudah tidak memungkinkan mengganti apple id baru, sebab sudah pernah terisi 3 id , seperti topik yang Anda bahas. 😀

          2. Oh, iya. Jadi id yang sekarang sudah ada iCloud nya atau cuma id saja dan tidak ada iCloud? Kalau gitu pakai saja dulu sampai punya kesempatan buat id baru.

          3. iCloud atas nama dia, tapi status di activation lock , kondisi off, mungkin sebelum jual, dia nonaktifkan find my phone. saya cek di iCloud.com pake id dia , ya terdaftar iPad, bukan HP ini.

  6. Mw tanya gan,,kenapa kok waktu download aplikasi d appstore tidak lg d minta password itunes ya?
    Pdhl device blm d jailbreak…
    Wajar ga’?

  7. gan ane masuk icloud kok munculnya kayak gini ya :
    TIDAK DAPAT MASUK
    Jumlah Maksimum akun gratis telah diaktifkan di iphone ini.
    gmna solusinya gan?

      1. maaf gan…saya juga punya masalah yg sama, beli iphone 4 second.
        saya ga bisa masuk…saya udah buat apple id baru di device lain..jawaban nya masih sama..mohon bantuannya gan

        1. Device lainnya punya siapa? Percuma juga pakai device lain kalau di device itu sudah pernah dipake untuk buat akun iCloud selama 3x.

  8. Gan mau tanya ane punya id apple sendiri nah kbetulan gw bayarin iphone tmn yg second nih..pas ane masukin id ane muncul tulisan kyk yg agan sebut..berkali di coba tetep sama padahal ane coba di ipad ane gak ada masalah..mohon pencerahan gan..terakasih

  9. so, kalo misal kita mau search my iphone ga bisa donk? kan icloudnya ga bisa sign in soalnya uda pernah dibuat daftar icloud 3x

    mohon dibantu, makasi

    1. Setiap akun/Apple ID yang mau pake fitur Find My iPhone harus sudah diaktifkan terlebih dahulu iCloud nya. Jadi, untuk Apple ID yang belum aktif iCloudnya gak bisa pake Find My iPhone 🙁

      Kalau Apple ID nya sudah diaktifkan iCloud nya di device lain, dan mau pindah device lagi, iCloudnya tetap bisa di-sign in di device baru tersebut meskipun di device tersebut sudah pernah dipake daftar lebih dari 3 kali karena iCloud nya hanya sign in saja, bukan aktivasi/daftar baru.

  10. Pelajaran banget buat aq,, beli ipin second bilangnya icloud aman. tp aq ga ngerti klo ternyata ipin ada maximal memberna, dan baru baca artikel ini . kebanyakan seller2 ga pernah bilang ttg masalah ini ya,,, hikz, oke la yg penting icloud aman,, skrg tgl pikirin gmn cara bikin icloudna karena ga ada tmnyg pake ipin,,,

  11. kasus saya sama, tapi saya coba buat email baru id baru via pc bukan apple lainnya, cuma ko masih ga bisa, apa memang haru buat id nya via apple (iphone, mac, ipad) tapi yang kuotanya dibawah 3x?

    1. Kalau cuma buat Apple ID bisa di mana saja, bisa di PC/Mac atau iPhone/iPad. Hanya saja kalau sudah buat Apple ID iCloudnya harus diaktifkan terpisah. Nah, untuk aktifkan iCloud ini yang harus di iPhone/iPad yang masih punya kuota di bawah 3x.

  12. gan, rencananya ane mau beli ip5 second, tp si penjual ane tanya i cloud nya aman apa ngga doi ngga tau gan i cloud itu apa.. ane tanya pernah aktifin i cloud atau blm, di bilang kayanya blm. gmn ya gan. mgkin ga klw si penjual emng blm pernah aktifin icloud nya, berati ga ada masalah dong ya gan? mohon bantuannya gan

  13. Halo agan2, aku mo ngasih info seputar icloud. Teman aku barusan beli iPad, trus akun icloudnya udah 3x pake ( jelas utk daftar akun ke4 kalinya uda ngga bisa ). Nah, aku cman ngkalin dengan cara; minjem iMac milik teman yg lain utk daftarin akun iCloud. And,…jadi deh akun [email protected].

    Setelah itu, login di iPad temnku. Jadi deh,…

  14. Misi gan mau tanya. Kalau icloud belum diverif tapi mau delte account karena email gabisa dibuka (untuk verif), kira kira datanya ilang gak ya?

  15. Gan misalnya kawan ane mau ngasih pinjam utk aktifasi iCloud baru di iPhone nya…cara nya bijimana Gan..( dari iPhone kita daftarin nya )…mksh sblumnya…step by step di hp nya Gan…nubie gan ..hehehe

  16. Gan, ane udah daftar dari itunes nih, tapi gak bisa login ke iphone ane, maksimum akun gitu juga katanya,, gimana ya solusinya? trims ya..

  17. Gan. Kalo sy pemberitahuannya,.. tidak dapat membuat akun icloud gratis lagi. Ini hp sy beli bekas, tapi org.nya riset uland semua jadi sy masukaan id apple baru. Tapi icloud.nya tdk mau terbuka atau membuat baru?

  18. Gan Mau Tanya Ini.. ane beli iphone second tapi pasdinyalain terkunci gitu sipenjual udah menghilang gitu aja gimana solusinya ? kan sayang kalo tuh barang dibuat temen tidur aja mohon info nya dong.. klo masuk dengan ID Apple baru bisa gk ?

  19. Iphone 3gs saya percis kaya gitu,
    Tapi pas udah daftar id iphone dihp lain trus loggin di hp saya disuruh isi data” saya, pas udah di isi, ada tulisan kaya gini
    “Maaf anda tidah bisa mendaftar dengan kartu kredit, coba lagi nanti” pokonya kaya gitu,
    Trus gmn dong?
    Kalau ada yg bisa sms ya 089673995845
    #summarecon bekasi / harapan indah bekasi

  20. gan mohon pencerahan,ane baru bli iphone
    diminta memasuk kan ID apple,ane ga punya tp langsung bikin dan jadi,tp pas ane masukin udh bisa udh ada ketentuan dan ane setujui,ada tulisan “butuh beberapa menit untuk mengatur id apple anda” nah lama” ada tulisan “Tidak Dapat Masuk” itu kenapa ya ??? udh ane cobain bolak balik gabisa :3
    maaf gan ane baru pegang iphone,mohon pencerahan nyaaa :”((((

  21. gan. ane udah biikin id apple di apple.com soalnya di Iphone 4s ane udah ga bsa buat id baru
    tp pas ane login di icloud Iphone ga bisa .. keterangannya “Jumlah maksimum akun gratis telah diaktifkan di Iphone ini” ..

    tp kalo login di Icloud.com via pc bisa kok gan .. Tq ya ,,

  22. Haii aku mau nanya kalo misalnya aku jadi yang mau minjemin device untuk bikin icloud baru apakah setelah logout icloud aku bisa masuk lagi dgn icloud yg sama?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *