iPhone 3GS

iPhone 3GS by Scott Smith.

iOS 6.1.6 adalah versi iOS yang diharapkan menjadi versi terakhir yang akan diterima iPhone 3GS (dan iPod touch 4G). Jadi, bagi Anda pemilik iPhone 3GS atau iPod touch 4G dan belum melakukan update, iTunes akan menyarankan Anda untuk melakukan update ke versi terbaru dan terakhir ini ketika Anda menghubungkan iPhone 3GS/iPod touch 4G milik Anda ke iTunes.

Buat pemilik iPod touch 4G, cara updatenya mudah saja, tinggal colok ke komputer dan jalankan iTunes. Kalau ada pesan rekomendasi update, tinggal iyakan saja dan iPod touch akan diupdate otomatis oleh iTunes.

Namun buat pemilik iPhone 3GS, sebaiknya perhatikan dulu jenis iPhone Anda itu. Kalau factory unlocked (FU) yang artinya tidak terikat oleh operator, tinggal update saja. Tapi kalau iPhone nya non-FU alias locked-to-carrier (terikat kontrak dengan operator), Anda tidak boleh langsung main update via iTunes karena iPhone Anda akan locked/terkunci setelah proses update selesai (nyangkut di Activation Screen).

Kalau secara tanpa sengaja iPhone 3GS Anda terupdate ke iOS versi terbaru (iOS 6.1.6, -per artikel ini ditulis) dan ternyata terkunci, jangan sedih dulu. Saya punya kabar baik dan kabar buruk buat Anda. Kabar baiknya, iPhone 3GS Anda masih punya harapan untuk diselamatkan, bisa digunakan telepon dan SMS kembali seperti sedia kala. Dan kabar buruknya, solusi untuk menyelamatkan iPhone 3GS Anda ini agar bisa kembali menggunakan SIM card apapun dan bisa menerima sinyal tidak begitu mudah bahkan terbilang rumit, terutama kalau Anda pemula atau bukan orang yang biasa kerja di depan komputer (kecuali Anda mau ke tukang servis, lebih mudah, tapi tidak gratis).

Untuk “menormalkan” kembali alias meng-unlock (istilah untuk membuat iPhone Anda bisa aktif dengan SIM card apapun) iPhone 3GS yang terkunci, setidaknya ada beberapa langkah yang harus ditempuh:

  1. Jailbreak iPhone 3GS dan install iPad Baseband (upgrade baseband)
  2. Unlock iPhone 3GS

Dengan langkah-langkah sebagai berikut.

Perhatian:
Gunakan kabel USB yang normal/original agar menghindari hal-hal yang tidak dinginkan (misalnya susah konek, dll) dan pastikan kalau iPhone Anda baterainya di atas 60%.

1. Jailbreak iPhone 3GS

Langkah pertama adalah dengan melakukan jailbreak pada iPhone 3GS Anda terlebih dahulu. Ini adalah persyaratan utama sebelum iPhone Anda bisa diunlock (iPhone 3GS satu-satunya tipe iPhone yang saat ini masih bisa diunlock dengan metode Ultrasn0w). Adapun proses-prosesnya adalah sebagai berikut:

  1. Download iOS 6.0 untuk iPhone 3GS, dan simpan file .IPSW nya di tempat yang mudah Anda temukan.
  2. Download program Redsn0w versi terbaru (saat artikel ini ditulis, versi terbaru adalah 0.9.15b3) yang sesuai dengan komputer Anda, misalnya Windows. Filenya bisa Anda download pada halaman Downloads pada tabel “Jailbreak Tools”.
  3. Hubungkan iPhone 3GS ke komputer.
  4. Setelah Anda mendownload Redsn0w, jalankan programnya.
  5. Saat program Redsn0w terbuka, klik Extras > Select IPSW.
  6. Anda akan diminta untuk mencari file iOS 6.0. Carilah file .IPSW dari iOS 6.0 yang sudah Anda download sebelumnya.
  7. Setelah file .IPSW yang ada pilih sukses teridentifikasi, selanjutnya klik tombol Back untuk kembali ke menu awal Redsn0w.
  8. Pada menu awal, klik Jailbreak.
  9. Kemudian akan muncul beberapa pilihan yang bisa dicentang. Tapi, hanya beri tanda centang pada pilihan “Install Cydia” dan “Install iPad Baseband” saja. Selanjutnya klik Next.
  10. Pada tahap berikutnya, Anda akan diminta untuk mengatur iPhone Anda ke DFU Mode. Redsn0w akan memberikan instruksi kepada Anda, dan Anda hanya perlu membaca dan mengikuti langkah yang diberikan (instruksi dalam bahasa Inggris).
  11. Harap teliti saat mengikuti instruksi masuk ke DFU Mode ini, karena sangat banyak orang yang gagal melanjutkan ke proses berikutnya hanya karena gagal masuk ke DFU Mode. Meskipun tidak ada kerusakan yang akan ditimbulkan ketika Anda gagal pada proses ke DFU Mode ini, tapi sebaiknya jangan panik dan tetap ikuti instruksinya sampai berhasil.

    Kalau proses masuk ke DFU Mode telah berhasil, proses jailbreak akan dilanjutkan secara otomatis dan akan muncul beberapa baris kode-kode pada layar iPhone Anda. Tenang saja, intinya adalah, tunggu sampai muncul pesan sukses/Done pada layar Redsn0w yang artinya proses jailbreak sekaligus menginstall iPad baseband (upgrade baseband) selesai.

Selesai tahap ini, iPhone Anda berada pada kondisi tethered jailbreak (cari tahu artinya di halaman ini). Tapi, untuk proses jailbreak ini belum selesai. Anda masih perlu mengikuti langkah selanjutnya (menjadikannya untethered jailbreak).

Setelah iPhone Anda nyala dari reboot, masuk ke menu utama (Home screen) dengan melewati semua instruksi aktivasi (Activation Screen) pada iPhone Anda. Pada saat ini ikon Cydia belum nampak, itu wajar.

Buka Settings > General > About dan pastikan kalau versi iOS nya 6.1.6 dan versi Baseband (Modem firmware) tertulis 06.15.00 yang artinya sudah terupgrade.

  1. Matikan iPhone Anda.
  2. Tutup lalu jalankan Redsn0w kembali.
  3. Saat program Redsn0w terbuka, klik Extras > Select IPSW.
  4. Cari lagi file .IPSW untuk IOS 6.0 yang tadi.
  5. Kembali ke menu utama Redsn0w, lalu pilih Extras > Just boot.
  6. Ikuti instruksi untuk masuk ke DFU Mode sekali lagi, dan tunggu sampai iPhone Anda reboot.
  7. Setelah iPhone Anda nyala kembali, Anda sudah bisa melihat ikon Cydia.
  8. Buka Cydia (dalam kondisi telah terhubung ke interent). Kalau ditanya Anda siapa, pilih saja “Development”. Lalu tap Next.
  9. Setelah itu, tunggu sampai Cydia selesai loading (Reloading Data) atau tidak ada lagi aktivitas apapun pada Cydia. Jangan lakukan apa-apa sebelum selesai.
  10. Kalau ada pesan rekomendasi update dari Cydia, abaikan saja (Ignore).
  11. Buka menu Search, dan ketik “p0sixspwn” (tanpa tanda kutip, dan angka 0 (nol) dibelakang “p”)
  12. Setelah p0sixspwn ditemukan, install.
  13. Setelah p0sixspwn selesai terinstall, buka menu Changes dan upgrade semua yang perlu diupgrade dengan men-tap tombol Upgrade.
  14. Setelah proses upgrade di Cydia selesai, reboot iPhone Anda.

2. Unlock iPhone

Sampai pada tahap ini iPhone 3GS Anda telah sukses di jailbreak dan dengan versi Baseband yang telah diupgrade pula. Itu artinya langkah berikutnya adalah melakukan unlock.

Langkah-langkah install ultrasn0w:

  1. Buka Cydia.
  2. Masuk ke menu Search, dan ketikkan “ultrasn0w” (tanpa tanda kutip).
  3. Install Ultrasn0w dan tunggu sampai prosesnya selesai.
  4. Reboot iPhone Anda dan pastikan kalau iPhone Anda telah berhasil menerima sinyal dari SIM card yang Anda masukkan.

Video yang mungkin bisa membantu Anda…

Troubleshooting

Tutorial di atas adalah cara umum yang dilakukan untuk membuat iPhone 3GS Anda bisa digunakan kembali dengan SIM card apapun. Meskipun begitu, cara di atas bukanlah cara yang resmi, dan masalah atau error bisa saja terjadi selama prosesnya. Oleh karena itu berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan ketika menemukan masalah.

  • Bluetooth, Wi-fi dan modem firmware kosong (blank)
  • Tinggal ulangi langkah-langkah mengupgrade baseband seperti di atas.

  • Ultrasn0w telah terinstall tetapi belum mendapatkan sinyal/jaringan
  • Lakukan beberapa cara berikut ini secara berurutan (seperlunya, sampai sinyal/jaringannya muncul).

    • Buka Settings > Reset dan pilih Reset Network Settings, lalu reboot.
    • Buka Cydia dan cari “Cydia Substrate” dan install ulang (Modify > Reinstall > Confirm).
    • Cabut SIM card, install ulang Ultrasn0w dari Cydia lalu reboot iPhone.
    • Hapus Ultrasn0w dahulu, kemudian tambahkan repo repo.iparelhos.com dan install Ultrasn0w fixer. Setelah itu, install kembali Ultrasn0w.
  • SMS bermasalah, hanya menampilkan unknown/blank
  • Buka Redsn0w dan pilih menu Extras > Just Boot, seperti langkah di atas. Dan mungkin dibutuhkan 2-3 kali reboot setelah itu.

Good luck. Semoga berhasil. Kalau masih ada yang kurang jelas dari penjelasan saya di atas, atau ada yang ingin ditanyakan silakan saja. Atau seandainya ada yang ingin berbagi pengalaman dan solusinya, silakan :)