Sebagai tombol yang paling besar perannya, tombol Home pada iPhone adalah tombol yang paling sering dipencet. Mulai dari menutup aplikasi, memunculkan multitasking bar, memunculkan spotlight, atau cuma sekedar menyalakan layar adalah beberapa tugas dari tombol Home. Maka tidak heran kalau tombol Home adalah komponen yang paling rentan rusak dibanding tombol yang lainnya.

Selain untuk penggunaan sehari-hari, tombol Home juga penting dalam proses jailbreak. Ini karena program jailbreak populer seperti Redsn0w mengharuskan iDevice untuk masuk ke DFU Mode terlebih dahulu sebelum bisa dijailbreak. Masalahnya, DFU Mode itu hanya bisa diaktifkan dengan tombol Home dan Power. Tanpa tombol Home maka mustahil masuk ke DFU Mode. Dan itu artinya, proses jailbreak tidak bisa berjalan.

Menyadari kondisi banyaknya iDevice yang mengalami kerusakan tombol Home (kebanyakan iPhone) maka Dev-Team merilis Redsn0w yang mampu membuat iDevice masuk ke DFU Mode tanpa tombol Home. Fitur ini bisa didapatkan mulai dari Redsn0w versi 0.9.14b2 (sebenarnya bisa dilakukan manual dengan sedikit trik).

Cara masuk ke DFU Mode tanpa tombol Home

Catatan:
Trik ini belum pernah saya coba sebelumnya. Jadi, kesalahan-kesalahan yang yang mungkin muncul selama proses ini belum pernah saya alami. Jika Anda mendapatkan masalah, silakan jelaskan pada kolom komentar di bawah. Tapi, pastikan kalau Anda sudah mencari referensi terlebih dahulu di situs lain sebelum mengeluh kepada saya.

  1. Download Redsn0w 0.9.14b2 dari halaman Downloads.
  2. Ekstrak Redsn0w yang sudah didownload, kemudian jalankan (Run as Administrator).
  3. Setelah Redsn0w terbuka, klik tombol Extras.
  4. Redsn0w

  5. Kemudian klik tombol Even More.
  6. Redsn0w

  7. Lalu pilih DFU IPSW.
  8. Redsn0w

  9. Akan muncul kotak dialog yang menginstruksikan Anda untuk memilih file .IPSW yang akan digunakan untuk restore.
  10. Redsn0w

  11. Lalu pilih file .IPSW yang dimaksud, misalnya iOS 5.1.1, lalu klik Open.
  12. Redsn0w

  13. Sekarang proses modifikasi dari file .IPSW sedang berlangsung.
  14. Redsn0w

  15. Jika sukses, akan muncul pesan seperti ini:
  16. Redsn0w

Sampai tahap ini, proses modifikasi .IPSW telah selesai. Lokasi di mana file .IPSW tersebut tersimpan akan ditampilkan pada kotak dialog Redsn0w di atas. Nama file dari file .IPSW yang baru ini memiliki prefix ENTER_DFU.

Selanjutnya adalah proses merestore iPhone/iPod touch dengan iTunes. Restore di sini bukan restore seperti biasanya, yang menaikkan versi iOS dan sebagainya, tetapi kita akan membuat iPhone/iPod touch masuk ke DFU Mode dengan proses yang sama dengan restore melalui iTunes.

Perlu diperhatikan, jika proses modifikasi .IPSW sebelumnya gagal, maka bisa jadi proses restore betul-betul dijalankan, dan DFU Mode akan terlewati. Tujuan kita di sini bukan restore iOS, tetapi hanya masuk ke DFU Mode saja.

  1. Jalankan iTunes
  2. Hubungkan iPhone/iPod touch Anda ke komputer. Setelah iPhone/iPod touch Anda terdeteksi oleh iTunes dan nama devicenya sudah muncul di panel kiri iTunes, klik nama nya sehingga informasi device Anda muncul pada bagian Summary.
  3. Kemudian, tekan dan tahan tombol Shift pada keyboard Anda lalu klik tombol Restore yang ada pada iTunes.
  4. Redsn0w

  5. Akan muncul jendela explorer, Anda harus mencari file .IPSW yang telah dimodifikasi tadi (nama depannya ENTER_DFU), lalu pilih Open.
  6. Redsn0w

Setelah itu, iTunes akan melanjutkan proses restore yang mirip dengan biasanya. Bedanya, proses restore ini akan membuat iPhone/iPod touch Anda masuk ke DFU Mode (layar hitam).

Jika iPhone/iPod touch Anda berhasil masuk ke DFU Mode dengan cara ini, Anda sudah bisa melakukan jailbreak seperti biasa.

Sumber:
[iClarified]