Dengan dirilisnya iOS 6 ke publik beberapa waktu yang lalu itu artinya kalau signing SHSH untuk iOS 5.1.1 sudah dihentikan oleh Apple.

Anda yang sempat membackup SHSH untuk iOS 5.1.1 pasti sedikit lega karena berpikir bahwa walaupun sudah upgrade ke iOS 6, tapi dengan bantuan SHSH pasti selalu bisa downgrade ke iOS 5.1.1. Namun, buat pemilik iDevice yang belum sempat membackup SHSH untuk devicenya pasti kecewa, karena berpikir tidak akan ada kesempatan lagi untuk downgrade ke iOS 5.1.1 begitu iOS 6 sudah terinstall. Tapi, apakah memang begitu kenyataannya?

Dev-Team pernah merilis Redsn0w yang memiliki fitur downgrade untuk perangkat A5+ seperti iPhone 4S atau iPad 3. Sayangnya, fitur downgrade tersebut tidak bekerja lagi setelah signing SHSH untuk 5.1.1 ditutup.

Menurut Dev-Team:

A few months back we released a redsn0w feature that lets you downgrade A5+ devices from 5.1.1 to anything lower (if you had saved blobs). Unfortunately once the 5.1.1 window closes, redsn0w’s 5.x downgrade feature will no longer work. Most A5+ users will not be able to downgrade. So if you’re an A5+ owner up at 6.0 when the 5.1.1 window closes, you’ll be stuck there without a jailbreak for now.

Itu artinya, pemilik perangkat A5+ yang telah mengupgrade perangkatnya ke iOS 6 tidak akan bisa downgrade ke iOS 5.1.1 lagi.

Terkait permasalahan ini, Dev-Team kemudian menerangkan bahwa mereka telah menemukan sebuah kelemahan serius dari proses restore iOS 5.x yang tampaknya tidak akan bisa diperbaiki oleh Apple. Berikut ini rinciannya:

  • iPhone 3GS dan perangkat A4 (iPad, iPhone 4 dan iPod touch 4G) selalu bisa didowngrade dari iOS 6, selama memiliki SHSH.
  • Pemilik iPad 2 yang memiliki SHSH dari iOS 4.x dan iOS 5.x bisa mendowngrade iOS ke versi tersebut, walaupun sempat terupgrade ke iOS 6 dan SHSH untuk iOS 5.1.1 sudah tertutup. Tapi, Anda membutuhkan SHSH dari iOS 4.x dan 5.x untuk dapat melakukan downgrade ke iOS 5.x, walaupun Anda hanya berniat untuk downgrade ke iOS 5.x saja.
  • iPhone 4S dan iPad 3 bisa di restore ulang ke iOS 5.1.1 (yang sementara digunakan, bukan dari iOS 6) selama SHSH untuk 5.1.1 tersimpan. Jadi, misalnya iPhone 4S Anda saat ini masih menggunakan iOS 5.1.1 dan ingin melakukan restore ulang ke iOS 5.1.1 lagi (atau dari 5.0.1 ke 5.0.1), Anda bisa melakukannya selama SHSH untuk 5.1.1 sudah ada. Tapi, jangan pernah mengupgradenya ke iOS 6 karena Anda tidak akan bisa mendowngradenya, walaupun dengan bantuan SHSH.

Dengan mengetahui kelemahan-kelemahan dari proses restore iOS 5.x seperti di atas, Dev-Team akan merilis Redsn0w terbaru yang akan memanfaatkan kelemahan tersebut. Silakan bersabar dan tunggu perkembangan selanjutnya. Begitu versi terbarunya keluar, Anda bisa mendownloadnya dari halaman Downloads.