The FAQs

Basic

iDevice

iDevice adalah sebutan populer untuk perangkat-perangkat mobile buatan Apple yang namanya dimulai dengan huruf “i”. Istilah ini biasa digunakan untuk menyebut iPhone, iPad, atau iPod touch.

iOS

iOS yang dulunya bernama iPhone OS adalah sistem operasi mobile buatan Apple yang dikembangkan untuk perangkat-perangkat mobile Apple seperti iPhone, iPad, iPod touch serta Apple TV.

IPSW

Merupakan format file dari iOS (.ipsw). File IPSW digunakan untuk melakukan restore atau upgrade dari iTunes. Tersedia untuk iPhone, iPad, iPod touch, dan Apple TV dengan ukuran file yang bervariasi.

IPA

IPA adalah sebuah format file untuk aplikasi iOS (.ipa). File IPA adalah file arsip yang terenkripsi dan hanya bisa diinstall ke iDevice melalui iTunes saja.

Home screen

Home screen adalah tampilan awal atau halaman yang menampilkan aplikasi-aplikasi yang terinstall atau folder.
Pada iOS 6 ke bawah, jumlah maksimum dari aplikasi/folder yang bisa ditampilkan pada Home screen adalah 11 halaman saja. Pada iOS 7 ke atas jumlah maksimum halaman aplikasi menjadi tidak terbatas. Jumlah aplikasi dalam folder juga tidak terbatas, begitupun jumlah halaman aplikasi di dalam folder. Sedangkan jumlah aplikasi yang ditampilkan dalam satu halaman di dalam satu folder adalah 9 (3×3) pada iPhone, dan 16 (4×4) pada iPad.

SpringBoard

SpringBoard adalah komponen utama yang menampilkan antarmuka dari iOS, seperti Home screen, status bar, ikon, folder, dock, dan notifikasi ikon. SpringBoard seperti halnya GNOME untuk Linux, Explorer untuk Windows, dan Finder untuk Mac. Terkadang SpringBoard disebut juga dengan Home screen.

Tombol Power/Sleep

Adalah tombol yang berada pada bagian atas iDevice. Selain berguna untuk menyalakan dan mematikan iDevice, tombol ini juga berfungsi untuk menyalakan layar (wake) dan mematikan atau mengunci layar (sleep).

Tombol Home

Tombol yang berada tepat di bawah layar berbentuk lingkaran disebut tombol Home. Gunanya untuk membuka Home screen, menutup aplikasi, menampilkan aplikasi yang baru saja dibuka, dan memanggil Siri.

Status bar

Status bar adalah area yang menampilkan informasi tentang keadaan, fitur, atau aktifitas yang sedang berlangsung. Status bar pada iOS berada pada bagian atas dan menampilkan ikon-ikon yang memiliki arti tertentu.

Airplane mode

Menunjukkan bahwa fitur airplane mode atau mode pesawat terbang sedang aktif. Pada mode ini Anda tidak bisa menelepon, mengakses internet, atau mengaktifkan Bluetooth.

LTE

iDevice Anda terhubung pada jaringan LTE.

4G UMTS

iDevice Anda terhubung pada jaringan 4G UMTS.

3G UMTS

iDevice Anda terhubung pada jaringan 3G UMTS (GSM) atau EV-DO (CDMA).

EDGE

iDevice Anda terhubung pada jaringan EDGE.

GPRS

iDevice Anda terhubung pada jaringan GPRS.

Wi-fi

Menunjukkan bahwa iDevice terhubung ke sebuah jaringan Wi-Fi dan bisa digunakan untuk mengakses internet. Jumlah bar menunjukkan seberapa kuat jaringan yang diterima.

VPN

Menunjukkan bahwa iDevice sedang terhubung ke sebuah jaringan VPN (Virtual Private Network).

Do Not Disturb

Fitur “Do Not Disturb” sedang aktif. Beberapa jenis notifikasi mungkin tidak akan tampil saat fitur ini diaktifkan agar tidak mengganggu ada yang sedang tidak ingin diganggu. Info selengkapnya bisa dilihat di Settings > Notifications > Do Not Disturb.

Wi-fi

iDevice Anda terhubung dengan iDevice lain melalui jaringan Wi-Fi. Untuk mengaktifkan fitur ini masuk ke Settings > General > Cellular dan tap Set Up Personal Hotspot.

iTunes Sync

Menunjukkan bahwa iDevice sedang melakukan sinkronisasi dengan iTunes.

Network activity

Menunjukkan adanya aktifitas jaringan internet. Beberapa aplikasi pihak ketiga yang sedang terhubung ke internet juga menggunakan ikon ini sebagai pertanda adanya aktifitas yang berjalan.

Alarm

Alarm telah diaktifkan untuk waktu atau jam tertentu.

Orientation lock

Menujukkan bahwa orientasi layar dari iDevice Anda sedang terkunci. Orientasi layar yang terkunci pada posisi potrait (tegak) tidak akan berubah meskipun dimiringkan (landscape), begitupun sebaliknya.

Location services

Fitur layanan lokasi pada iDevice sedang diaktifkan. Fitur ini memungkinkan aplikasi berbasis lokasi seperti Reminders, Maps, Camera dan lainnya mengumpulkan informasi tentang lokasi Anda berada. Untuk mengaktifkan atau menonaktifkannya, masuk ke Settings > Privacy > Location Services.

iTunes, Restore, Update…

Hal-hal yang berhubungan dengan iTunes, dan layanan-layanan dari Apple.

iTunes

Aplikasi untuk mengelola musik dan video dari Apple. iTunes juga berguna sebagai aplikasi desktop untuk mengakses iTunes Store, menginstall aplikasi iOS, serta melakukan backup/restore dan sinkronisasi dengan iDevice.

iTunes Store

Toko online milik Apple yang bisa diakses dari iDevice dan iTunes. iTunes Store menawarkan berbagai macam konten digital seperti aplikasi untuk iOS, film, ebook, acara TV, serta musik.

App Store

App Store adalah toko online milik Apple yang merupakan bagian dari iTunes Store. App Store menyediakan aplikasi gratis (free) dan berbayar (paid) untuk iDevice.

iTunes Gift Card

iTunes Gift Card adalah voucher yang dikeluarkan oleh Apple. iTunes Gift Card adalah alat pembayaran selain uang, yang memungkinkan Anda untuk membeli (redeem) aplikasi, ebook, musik, film dan lainnya. iTunes Gift Card tersedia dalam beberapa nominal harga.

Apple ID

Apple ID atau akun iTunes adalah identitas atau akun pribadi yang digunakan untuk dapat mengakses layanan-layanan dari Apple seperti iTunes Store, App Store, iCloud, iMessage, FaceTime dan lainnya.

iCloud

Layanan berbasis cloud dari Apple untuk keperluan backup (cloud storage) dan sinkronisasi antar iDevice dan Mac yang tersedia untuk semua pengguna perangkat Apple yang memiliki Apple ID. Apple menyediakan ruang penyimpanan gratis pada iCloud sebesar 5GB untuk setiap pengguna.

Restore

Restore adalah proses menginstall iOS pada iDevice. Restore ke iOS versi terbaru atau menaikkan versi iOS disebut dengan update, sedangkan restore ke versi lama atau menurunkan versi disebut downgrade.

Update OTA

Update OTA (Over-the-Air) adalah proses update yang dilakukan langsung dari iDevice tanpa melalui iTunes. Proses update dengan cara ini lebih cepat dibandingkan melalui iTunes karena file yang didownload lebih kecil, dan hanya yang dibutuhkan saja. Update OTA baru diperkenalkan sejak iOS 5.

Aktivasi

Sebuah proses mengaktifkan sebuah iPhone baru atau yang baru saja direstore agar dapat digunakan. Proses aktivasi perlu dilakukan agar iPhone dapat mengenali SIM card yang terpasang.

Locked

Merupakan iPhone yang jaringannya terkunci pada jaringan operator seluler tertentu karena terikat kontrak. iPhone jenis ini hanya bisa digunakan dengan SIM card dari operator seluler asalnya.

Factory Unlocked (FU)

Istilah yang digunakan untuk iPhone yang tidak terikat kontrak terhadap sebuah operator seluler. iPhone jenis ini dijual bebas, bisa menggunakan SIM card dari operator mana saja, tanpa perlu berlangganan dengan pihak operator tertentu.

Jailbreak, Unlock, Hack!

Anda sudah mulai paham dan mengerti fungsi dasar dari iDevice Anda. Saatnya beralih ke istilah-istilah lain yang sedikit “underground”.

Jailbreak

Jailbreak bisa berarti:

  1. Sebuah proses memodifikasi iOS untuk mendapatkan hak akses penuh terhadap file sistem iOS.
  2. Sebuah proses memodifikasi iOS untuk menghilangkan batasan-batasan yang diberikan Apple agar pengguna dapat dengan bebas menginstall aplikasi tidak resmi (pihak ketiga) ke dalam iDevice.
Unlock

Unlock adalah proses untuk membuat iPhone (dan iPad) dapat menerima SIM card dari operator manapun. Proses unlock sendiri dapat dilakukan dengan berbagai metode atau cara, berbasis software (memerlukan jailbreak) maupun hardware.

Tethered Jailbreak

Tipe jailbreak yang tidak bisa bekerja setelah iDevice direboot. Untuk membuat jailbreaknya kembali bekerja iDevice yang bersifat tethered jailbreak harus dihubungkan ke komputer terlebih dahulu.

Untethered Jailbreak

Untethered jailbreak adalah kebalikan dari tethered jailbreak. iDevice Anda bisa dihidupkan dengan normal tanpa harus menghubungkannya ke komputer terlebih dahulu.

Semi-tethered Jailbreak

Semi-tethered jailbreak adalah pengembangan dari tethered jailbreak. Ketika iDevice dalam kondisi “semi-tethered”, iDevice akan menyala dengan normal tanpa harus dihubungkan ke komputer, tetapi memiliki fitur terbatas. Misalnya, Anda tidak bisa menggunakan aplikasi-aplikasi Cydia.

Recovery Mode

Recovery Mode adalah mode antar muka antara perangkat iOS dan iTunes. Sering juga disebut sebagia mode restore. Pada mode ini pengguna dapat melakukan restore.

DFU Mode

“Device Firmware Upgrade mode” atau yang disingkat dengan DFU Mode hampir sama dengan Recovery mode, pada kondisi DFU ini iDevice dapat direstore, update, maupun downgrade.

Pwned DFU Mode

Hampir sama dengan DFU mode biasa, hanya saja “pwnd” mode ini adalah bentuk khusus dari DFU mode di mana bootrom pada iDevice telah dieksploitasi sehingga iDevice dapat diinstall dengan custom firmware (firmware yang dimodifikasi).

Hacktivation

Jika sebuah iPhone tidak dapat melewati proses aktivasi secara resmi, maka perlu dilakukan “hacktivation” untuk membuatnya dapat masuk ke Home screen dan mengakses fitur di dalamnya. Dengan kata lain, hacktivation adalah proses untuk melewati proses aktivasi dengan jalan jailbreak.

Custom firmware

Custom firmware atau custom IPSW adalah istilah yang digunakan untuk menyebut file IPSW yang telah dimodifikasi untuk keperluan tertentu. File IPSW original, yang berasal dari Apple dapat dimodifikasi oleh program khusus (bukan dari Apple) untuk digunakan pada proses restore, update, maupun downgrade.

Hardware

Berikut ini merupakan istilah-istilah yang merujuk pada perangkat keras atau komponen dari iDevice.

Baseband

Baseband merupakan sebuah komponen (chip/prosesor) pada iDevice yang terpisah dengan CPU utama, yang mengelola semua fitur dan fungsi yang berhubungan dengan antena, misalnya penerimaan sinyal, Wi-Fi dan Bluetooth. Chip baseband memiliki RAM tersendiri dan firmware di dalamnya yang sering dikenal dengan “baseband firmware” atau “modem firmware”.

BootROM

BootROM atau bootrom, atau yang disebut juga dengan “SecureROM” oleh Apple adalah sebuah perangkat keras sederhana atau chip/prosesor yang dijalankan pertama kali pada saat proses booting. Bootrom ini mempunyai perangkat lunak atau firmware di dalamnya dan bersifat read-only.

iBoot

iBoot adalah bootloader tahap kedua yang dijalankan sebelum sistem operasi/iOS. Bootloader tahap pertama adalah bootloader dari baseband (baseband dan bootrom memiliki bootloader yang berbeda). iBoot menjalankan apa yang kita kenal sebagai Recovery mode.

Old & New bootrom

Beberapa iDevice memiliki versi bootrom yang berbeda. Perbedaan ini dikenal dengan istilah bootrom lama dan baru atau “old bootrom” dan “new bootrom”. iDevice yang memiliki old bootrom dirilis setelah 9 Sepetember 2009.

Jailbreak jargon

Istilah-istilah berikut perlu juga Anda ketahui, karena sebagian besar seringkali muncul dalam artikel-artikel yang berhubungan dengan iOS dan jailbreaking.

Cydia

Cydia adalah aplikasi iOS yang memungkinkan Anda untuk menginstall aplikasi-aplikasi pihak ketiga pada iDevice yang telah dijailbreak. Layaknya App Store, Cydia juga menyediakan aplikasi-aplikasi dan tweaks yang berbayar dan gratis, yang tidak ditemui di App Store.

Package

Package yang berarti paket, adalah bagian/potongan tertentu dari sebuah aplikasi yang bisa diinstall dan dihapus oleh sistem. Istilah package umum digunakan pada sistem operasi berbasis Linux. Cydia adalah contoh aplikasi yang berfungsi sebagai pengelola paket (package management).

Repositori

Repositori atau disingkat repo adalah sebuah lokasi (server) yang menampung paket-paket yang dapat didownload dan diinstall melalui Cydia. Alamat repo adalah alamat web yang terkadang hanya bisa diakses melalui Cydia saja.

SHSH blobs

SHSH blobs atau SHSH adalah istilah untuk sepotong data yang bersifat unik yang merupakan bagian dari protokol tanda tangan digital dari (digital signature) Apple untuk iOS, untuk keperluan restore dan update. SHSH didesain untuk mengontrol versi iOS yang bisa diinstall pada sebuah iDevice.

APTicket

Merupakan versi atau tipe baru dari SHSH. APTicket digunakan mulai sejak iOS 5 dan dirancang oleh Apple untuk mengamankan proses restore dan update pada iDevice.

Respring

Respring berarti melakukan restart terhadap SpringBoard (restart SpringBoard). Melakukan respring akan membuat iDevice memuat ulang interface dari iOS tanpa harus melakukan reboot.

Safe mode

Safe mode adalah “mode aman” yang merupakan fitur dari MobileSubstrate yang dapat mencegah iOS mengalami crash secara permanen dengan cara menonaktifkan aplikasi atau tweak Cydia yang bermasalah tanpa harus melakukan restore. Safe mode bisa diakses dengan cara menekan tombol Volume atas pada iDevice pada saat proses booting berlangsung.

GEVEY SIM

GEVEY adalah alat bantu yang berbentuk seperti SIM card tray yang berguna sebagai alat unlock untuk iPhone. GEVEY pada dasarnya adalah metode “SIM hack” yang biasanya bekerja dengan menipu MCC/MNC.

Exploit

Exploit (yang berasal dari kata keja eksploitasi) dalam istilah komputer berarti sebuah perangkat lunak, sepotong data, atau beberapa eksekusi perintah yang dapat mengambil keuntungan dari sebuah celah keamanan.

Dependensi

Artinya ketergantungan sebuah paket terhadap paket lainnya. Sebuah paket yang menjadi dependensi harus terinstall terlebih dahulu sebelum paket utama bisa diinstall.


Home screen

Cara menghapus aplikasi dari Home screen
  1. Tentukan aplikasi yang ingin dihapus
  2. Klik dan tahan pada ikon aplikasi yang ingin dihapus
  3. Tunggu sampai ikon aplikasi tersebut bergoyang-goyang dan muncul tanda (X) di sudutnya
  4. Klik tanda (X) tersebut untuk menghapus aplikasi tersebut
  5. Tekan tombol Home setelah selesai menghapus aplikasi.

Cara membuat folder pada Home screen
  1. Tentukan dua buah aplikasi yang nantinya akan ditempatkan secara bersama-sama dalam satu dolder
  2. Klik dan tahan sebuah aplikasi kemudian tarik keatas aplikasi yang satunya sehingga akan terbentuk sebuah folder yang berisi kedua aplikasi tersebut.

Cara mengatasi tulisan “Waiting…” yang muncul pada aplikasi

Jika masalah ini terjadi pada iDevice Anda, baca di sini cara mengatasinya.

Sewaktu memainkan musik atau video, kenapa suara yang keluar cuma dari satu speaker saja?

Karena sebenarnya, speaker pada iPhone di bagian bawah itu cuma satu saja, bukan dua. Walaupun kelihatannya ada dua, tapi sebenarnya yang satunya itu adalah microphone bawah (utama). Jangan tertipu, dan jangan berpikir kalau iPhone Anda speakernya “rusak satu”.

iTunes

Apa saja fungsi iTunes?

Fungsi utama iTunes adalah:

  • Sebagai pengelola musik dan video untuk iDevice.
  • Mengakses iTunes Store.
  • Melakukan backup, restore dan sinkronisasi iDevice.

iTunes terdiri atas tiga komponen utama, yaitu iTunes itu sendiri, QuickTime dan Apple Mobile Device Support (AMDS). QuickTime digunakan untuk pemutar audio/video, sedangkan Apple Mobile Device Support (AMDS) adalah komponen yang bertanggung jawab untuk melakukan sinkronisasi antara komputer dengan iDevices. Sejak iTunes 9, iTunes versi Windows juga disertakan komponen yang bernama Apple Application Support (AAS) yang pada dasarnya merupakan komponen WebKit. Komponen WebKit ini berfungsi untuk menampilkan iTunes Store pada jendela iTunes,serta iTunes LP dan iTunes Extras.

Apakah iTunes dibutuhkan untuk proses jailbreak?

Ya. Pada saat menginstall iTunes ke komputer Anda maka driver DFU dari iTunes juga terinstall. Driver DFU ini diperlukan oleh setiap iDevices agar bisa masuk ke DFU mode. Komputer yang tidak terinstall iTunes dan tidak memiliki driver DFU tidak bisa digunakan untuk jailbreak.

Di mana alamat untuk mendownload iTunes terbaru?

Silakan buka halaman Downloads dan temukan versi iTunes yang cocok untuk komputer Anda.

Bagaimana cara membuat Apple ID atau akun iTunes?

Anda bisa membuat Apple ID secara gratis tanpa membutuhkan kartu kredit pada tutorial ini.

Apa saja faktor penyebab gagal restore?
  • Anda menggunakan file IPSW yang tidak cocok dengan iDevice Anda (misalnya ingin merestore iPad dengan IPSW untuk iPod touch, dsb).
  • Anda menggunakan file IPSW yang corrupt. File IPSW yang corrupt bisa disebabkan karena filenya tidak terdownload dengan sempurna. Sewaktu mendownload sebaiknya Anda menggunakan koneksi internet yang cukup kencang, sehingga kemungkinan file IPSW yang corrupt bisa dikurangi.
  • Anda pernah menginstall program tambahan semacam PC suite untuk perangkat mobile lain. Program semacam ini bisa mengganggu arus data USB antara komputer dengan iDevice Anda.
  • Anda mungkin mencolok iDevice melalui USB hub, bukan langsung ke komputer.
  • Komputer Anda tidak terhubung ke internet atau mempunyai koneksi internet yang sangat lambat sehingga iTunes tidak bisa terhubung ke server Apple pada saat melakukan verifikasi firmware.
  • Anda menggunakan iTunes versi lama yang tidak mendukung iOS versi terbaru yang akan direstore.
  • Pada saat merestore Anda menggunakan custom firmware dan tidak mengubah iDevice Anda ke Pwned DFU mode terlebih dahulu.
Di mana file IPSW tersimpan ketika selesai didownload melalui iTunes?

Lokasinya tergantung sistem operasi yang Anda gunakan:

  • Windows XP: C:\Documents and Settings\Application Data\Apple Computer\iTunes\iPhone Software Updates\
  • Windows 7: C:\Users\AppData\Roaming\Apple Computer\iTunes\iPhone Software Updates\
  • Mac OS X: ~/Library/iTunes/iPhone Software Updates

Catatan: Lokasi setiap software berbeda-beda tergantung perangkat yang Anda gunakan, misalnya iOS untuk iPhone berada dalam folder iPhone Software Updates, iOS untuk iPad berada dalam iPad Software Updates, dan seterusnya. iTunes akan otomatis menghapus file iOS yang lama ketika selesai mendownload iOS yang baru. Jadi sebaiknya Anda menyalinnya terlebih dulu ketempat lain sebelum mendownload yang baru sebagai cadangan.

Gawat, iDevice saya kenapa tidak terdeteksi di iTunes ya?

iDevice yang tidak terdeteksi di iTunes bisa disebabkan karena berbagai alasan. Beberapa trik yang ada di halaman ini mungkin bisa membantu.

Saat ingin melakukan restore tiba-tiba muncul pesan error 3194 pada iTunes, maksudnya apa?

Secara umum pesan error 3194 bisa berarti dua hal:

  1. file hosts pada komputer Windows Anda telah termodifikasi, atau
  2. Anda mencoba melakukan restore ke versi iOS lama, atau versi yang sudah tidak diijinkan lagi oleh Apple.

Kalau masalahnya adalah yang pertama, solusinya cukup mudah, tinggal kembalikan isi dari file hosts tersebut ke keadaan awalnya. Tapi kalau masalahnya adalah yang kedua, tampaknya Anda hanya boleh melakukan restore ke versi terbaru (update) saja. Untuk lebih jelasnya silakan baca artikel ini.

iTunes di komputer saya seringkali bermasalah, bagaimana mengatasinya?

Kebanyakan masalah antara iDevice dengan komputer memang seringkali asalnya dari iTunes. Kalau iTunes benar-benar bermasalah dan jadi sumber masalah, apa boleh buat, tinggal hapus dan install ulang saja yang baru. Tapi ingat, jangan langsung main timpa, langsung install saja tanpa menghapus yang lama karena bisa saja penyakit di iTunesnya akan kambuh lagi. Untuk itu Anda yang menggunakan komputer Windows bisa mengikuti tutorial “Cara menghapus dan install ulang iTunes” dengan benar supaya komputer Anda bersih dari file-fila yang sudah lama.

iOS

Cara mengetahui versi iOS yang digunakan

Buka Settings, masuk ke General > About, scroll ke bawah sampai muncul tulisan Version.

Bagaimana cara update OTA?

Buka Settings > General > Software Update. Kalau versi terbaru telah tersedia, akan muncul pemberitahuannya pada halaman ini.

Apakah update iOS ke versi terbaru itu wajib?

Singkatnya, tidak wajib.

Update dari iOS 6.1.3 ke iOS 7 disebut dengan major update, sedangkan dari iOS 6.1.3 ke iOS 6.1.4 itu disebut minor update. Major update adalah update yang mengandung perubahan besar terhadap sistem, mulai dari fitur-fitur terbaru, sistem keamanan, peningkatan performa, dan semacamnya. Sedangkan minor update lebih kepada pemeliharaan sistem saja. Misalnya, memperbaiki kelemahan sistem, menutupi bug, dll. Pada minor update sangat jarang ada penambahan fitur terbaru, dan seringkali pengguna tidak menyadari apa perubahan yang terjadi pada minor update.

Maka dari itu, iDevice butuh diupdate jika:

  • Anda merasa perlu atau ingin mencoba fitur terbaru dari sebuah major update.
  • iDevice Anda memiliki masalah kecil, dan bisa diperbaiki dengan menginstall sebuah minor update.

iDevice harus diupdate jika:

  • Versi iOS pada iDevice Anda saat ini sudah terlalu tua, dan aplikasi-aplikasi yang berjalan di dalamnya membutuhkan versi iOS terbaru agar bisa diupdate.
  • iDevice Anda masih diberi dukungan update iOS terbaru dan Anda ingin menginstall sebuah aplikasi yang hanya bisa terinstall pada iOS versi terbaru.

Jadi, keputusan untuk melakukan update tetap ada di tangan Anda sendiri, dan tergantung pada kondisi iDevice Anda juga, apakah cuma butuh saja, atau harus diupdate.

Di mana alamat untuk mendownload file IPSW terbaru?

Silakan buka halaman Downloads dan temukan file IPSW yang cocok untuk iDevice Anda. Untuk pengguna iPhone 5, iPad 3, atau iPad 4 mungkin Anda perlu membaca artikel ini untuk mengetahui versi mana yang perlu Anda download.

Apa kegunaan atau fungsi dari membuat custom firmware atau custom IPSW?

Kegunaan atau fungsi dari custom IPSW ada beberapa, tapi yang paling utama adalah untuk mempertahankan versi firmware baseband pada iPhone agar tidak ikut terupgrade pada saat melakukan restore dari iTunes. Jika iPhone di restore/update iOS langsung dari iTunes dengan menggunakan IPSW original maka firmware baseband dari iPhone tersebut akan ikut terupgrade. Untuk mencegah hal itu maka kita harus merestore iPhone menggunakan custom IPSW agar firmware basebandnya tidak ikut terupgrade, sehingga para pemilik iPhone yang membutuhkan unlock masih bisa menggunakan GEVEY atau ultrasn0w untuk mengunlock nya.

Apa program yang bisa digunakan untuk membuat custom IPSW?

Untuk mengetahui bagaimana cara membuat custom IPSW, silakan merujuk ke halaman ini.

File IPSW yang saya download tidak dikenali oleh iTunes, bagaimana solusinya?

Apakah file IPSW yang Anda download berubah formatnya menjadi .RAR? Kalau ya, itu artinya browser yang Anda gunakan untuk mendownload file IPSW telah mengubah formatnya. Jangan khawatir, Anda tidak perlu mendownload ulang karena Anda hanya perlu mengubah ekstensi dari file tersebut dengan cara mengubah namanya dari .RAR menjadi .IPSW.

Tampaknya iDevice saya bermasalah dengan Wi-Finya, kiri-kira apa solusi yang tepat untuk mengatasinya?

Semoga Anda bisa menemukan solusinya di halaman ini.

Jailbreak

Apakah jailbreak di iOS sama saja dengan rooting di Android?

Hmm… pada dasarnya sama saja, tapi ada beberapa hal yang membuatnya berbeda. Silakan baca “Jailbreak vs. rooting” untuk lebih jelasnya.

Apakah jailbreak ilegal?

Berencana untuk menjailbreak iDevice Anda tapi ragu-ragu dengan masalah legalitas jailbreak? Anda bisa membaca artikel “Jailbreak basic” untuk mendapat informasi yang lebih jelas terhadap masalah tersebut.

Program apa saja yang bisa digunakan untuk jailbreak?

Anda bisa membaca artikel di halaman ini untuk mengetahui program-program apa saja yang berguna untuk proses jailbreak.

Apakah kerugian yang ditimbulkan oleh jailbreak?

Dari pengalaman yang saya dapatkan, kerugian dari jailbreak adalah:

  • Garansi tidak berlaku lagi alias hangus.
  • Baterai menjadi sedikit lebih boros (ini relatif, bervariasi tergantung penggunaan)

Tapi, jangan takut iDevice Anda mati total, karena iDevice yang mengalami kegagalan pada saat proses jailbreak selalu bisa dikembalikan menjadi normal kembali melalui restore dari iTunes. Pembahasan lebih lanjut tentang kerugian jailbreak ada di halaman ini.

Apakah dalam kondisi terjailbreak bisa melakukan update OTA?

Tidak boleh. Proses update OTA pada iDevice yang telah dijailbreak akan gagal.

Benarkah iDevice yang sudah dijailbreak tidak boleh mati atau restart?

Ya, jika untuk iDevice yang masih tethered jailbreak, dan tidak benar untuk iDevice yang untethered jailbreak. Jika iDevice Anda masih berstatus tethered jailbreak, sebaiknya hindari mematikan atau mereboot iDevice Anda, terutama jika tidak ada akses ke komputer di dekat Anda. Tapi Anda tidak perlu panik, karena iDevice yang tethered jailbreak pun bisa dengan mudah dihidupkan dengan normal jika komputer sudah bisa Anda akses.

Kalau begitu, artinya tethered jailbreak itu berbahaya?

Tidak juga, tethered jailbreak tidak seburuk yang Anda kira. Bahkan kebanyakan orang justru tidak akan merasakan perbedaan dari tethered atau untethered jailbreak. Silakan baca “Tethered jailbreak, seburuk apa?” untuk lebih jelasnya.

Apa perbedaan utama antara tethered dan untethered jailbreak?

Pada dasarnya keduanya sama saja. Hanya saja, proses booting iDevice dengan kondisi tethered jailbreak akan terhenti pada logo Apple, sedangkan iDevice yang untethered jailbreak akan langsung masuk ke Home screen tanpa masalah. Untuk lebih jelasnya silakan baca “Tipe jailbreak

Bagimana cara menghilangkan jailbreak?

Mudah saja, Anda cukup melakukan restore dari iTunes dengan mengikuti panduan ini.

Apakah melakukan hard reset berbahaya?

Jika iDevice Anda sudah dalam kondisi terjailbreak, baik itu tethered ataupun untethered jailbreak maka tidak disarankan untuk melakukan hard reset. Hard reset melalui “Reset All Contents and Settings” hanya boleh dilakukan kalau iDevice Anda masih standar, belum dijailbreak.

Bagaimana cara membedakan iDevice yang sudah dijailbreak dan yang belum?

Untuk membedakan mana perangkat yang sudah dijailbreak dan mana yang belum adalah dengan melihat aplikasi-aplikasi yang terinstall. Biasanya, pada perangkat yang sudah dijailbreak akan ditemukan sebuah aplikasi bernama Cydia, berwarna cokelat tua. Selain itu, jika aplikasi Cydia tidak ditemukan, Anda bisa men-tap dan tahan sebuah aplikasi hingga bergetar. Jika ada aplikasi yang bukan bawaan iOS tidak memiliki ikon hapus (X), kemungkinan besar kalau itu adalah aplikasi yang berasal dari Cydia.

Apa perbedaan jailbreak dan unlock?

Unlock dan jailbreak adalah dua hal yang berbeda. Jailbreak memungkinkan kita untuk menginstal aplikasi pihak-ketiga yang tidak diperbolehkan oleh Apple, sedangkan Unlock adalah sebuah proses untuk membuat iPhone yang ter-locked bisa menggunakan SIM card dari operator apa saja.

Cara masuk ke DFU mode

Untuk masuk ke DFU Mode:

  1. Hubungkan iDevice ke komputer
  2. Matikan iDevice
  3. Tekan dan tahan tombol power selama 3 detik
  4. Tanpa melepaskan tombol power, Tekan dan tahan tombol Home selama 10 detik
  5. Lepaskan tombol power sambil tetap menekan tombol Home
  6. Tetap tahan tombol Home sampai muncul pemberitahuan dari iTunes yang artinya iDevices Anda terdeteksi sebagai Recovery Mode

iDevice yang masuk ke DFU mode memiliki layar hitam/gelap tetapi tidak mati, dan tidak ada logo apa-apa. iDevice yang gagal masuk ke DFU mode biasanya masuk ke Recovery msode, tandanya adalah muncul logo iTunes dan kabel USB.

Cara keluar dari DFU mode

Tekan dan tahan tombol Home dan tombol power secara bersamaan sampai logo Apple muncul.

Apa perbedaan antara DFU Mode dan Recovery Mode?

Perbedaan utama antara DFU mode dan Recovery mode adalah pada iBoot. iBoot adalah bootloader yang digunakan pada iDevice. iBoot akan memuat/mengaktifkan Recovery mode yang berguna untuk proses restore atau update. Sedangkan pada DFU mode, iBoot sama sekali belum dimuat, sehingga pada DFU Mode kita bukan hanya bisa melakukan restore dan update saja tetapi juga bisa melakukan downgrade iOS.

iBoot akan aktif selama Recovery mode berjalan, iBoot akan mengecek dan memastikan kalau iOS yang akan direstore harus memiliki versi yang lebih baru daripada yang terinstal saat ini, jika tidak maka iBoot akan menghentikan proses restore ini. Oleh karena itu, untuk melakukan downgrade kita harus memposisikan iDevice ke DFU mode terlebih dulu. Jadi, untuk melakukan restore dan update iOS kita hanya perlu memposisikan iDevice ke Recovery mode, tetapi kalau ingin melakukan downgrade atau update dengan custom firmware/IPSW kita perlu membuat iDevice masuk ke DFU mode atau Pwnd DFU mode.

Apakah iDevice yang sudah dijailbreak masih bisa mengakses App Store?

Ya, tetap bisa. iPhone yang sudah dijailbreak tetap bisa membuka App Store, mendownload aplikasi dan mengakses layanan Apple lainnya. iDevice yang sudah dijailbreak tidak sama seperti Microsoft Windows yang dibajak, yang akan ketahuan ketika Anda mengunjungi situs Microsoft. Membajak Windows itu adalah perbuatan ilegal, sedangkan melakukan jailbreak pada iDevice itu legal. Jadi, walaupun Anda mengunjungi situs-situs layanan Apple dari perangkat yang sudah dijailbreak perangkat Anda tidak akan terdeteksi “bajakan”.

Mengapa ada iDevice yang tethered jailbreaknya sudah tersedia dan ada yang belum sama sekali?

Beberapa iDevice seperti iPod touch 3G, iPod touch 4G, iPhone 3GS dan iPhone 4 memang selalu bisa dijailbreak, meskipun hanya tethered jailbreak saja. Ini karena iDevice lama seperti iPhone 3GS, iPod touch 4G, iPhone 4 dan lainnya yang memakai prosessor A4 memiliki exploit pada level bootrom. Karena bootrom exploit selalu bisa bekerja untuk iDevice tersebut, maka program-program seperti redsn0w bisa menyediakan tethered jailbreak dengan bantuan exploit dari limera1n (yang merupakan bootrom exploit).

Exploit yang ditemukan pada level boorom tidak bisa diperbaiki oleh Apple hanya dengan merilis update iOS saja. Exploit pada level bootrom hanya bisa diperbaiki hanya dengan pembaruan hardware, oleh karena itu iDevice terbaru tidak lagi mempan dengan exploit semacam limera1n karena kerentanan keamanan sudah ditutupi pada iDevice terbaru, seperti iPhone 4S, iPad 2, iPad 3, iPhone 5, iPod touch 5G dan lainnya. Mungkin Anda ingin membaca “Tipe-tipe exploit” agar lebih paham dengan tipe exploit yang umum digunakan untuk jailbreak.

Cydia

Bagaimana cara menghapus aplikasi Cydia?

Silakan merujuk pada halaman Cydia untuk mengetahui informasi dasar seputar Cydia.

Muncul error pada Cydia, apa artinya dan bagaimana cara mengatasinya?

Baca artikel “Pesar error Cydia” dan cara mengatasinya, mungkin Anda bisa menemukan solusi atas permasalahan yang Anda temui.

Apakah Cydia bisa didownload ke komputer?

Sebenarnya ada program yang bisa membuat kita mendownload paket-paket Cydia ke komputer, tapi bukan Cydia itu sendiri. Cydia itu hanya bisa dijalankan di iOS saja, tetapi karena konten-konten Cydia itu asalnya dari repositori maka kita bisa saja mendownload aplikasi atau tweaks dari sebuah repositori dengan program yang bisa membaca isi repositori tersebut. Nama programnya adalah Cyder 2, dan sudah ada tutorialnya di halaman ini.

Cydia tidak sengaja terhapus, bagaimana cara mengembalikannya tanpa jailbreak ulang?

Waduh. Mungkin Anda orangnya sangat cuek, atau mengabaikan fungsi dari Cydia ini, atau mungkin ada teman Anda yang iseng-iseng atau tidak tahu apa-apa tentang Cydia dan menghapusnya dengan tidak sengaja. Apapun itu, Anda masih bisa menginstallnya kembali tanpa harus melakukan jailbreak ulang.

Cara yang paling umum untuk menginstall ulang Cydia adalah:

  • Redsn0w: Bukan hanya untuk jailbreak, tapi Redsn0w bisa juga untuk menginstall Cydia saja. Jalankan Redsn0w, klik tombol Jailbreak, dan pilih atau centang “Install Cydia”.
  • iFile: iFile adalah aplikasi file manager khusus untuk iDevice yang telah dijailbreak. iFile bisa diinstall secara gratis dari Cydia (versi free). Jika sudah terinstall, melalui Mobile Safari buka link ini: http://apt.saurik.com/debs/cydia_1.1.8_iphoneos-arm.deb dan install melalui iFile.
  • Command-line / MobileTerminal: Pilihan lainnya adalah dengan menginstall melalui command-line atau MobileTerminal. Selain dari MobileTerminal, Anda juga bisa membuka koneksi SSH ke iDevice Anda dan menjalankan perintah apt-get install cydia lalu ketik su mobile -c uicache. Kemudian reboot iDevice dan seharusnya ikon Cydia sudah muncul lagi.
Apa itu file .DEB?

.DEB adalah ekstensi atau format dari paket-paket Debian yang umum digunakan pada Debian dan distro-distro Linux turunan Debian, seperti Ubuntu, Linux Mint, dan sebagainya. Karena pada dasarnya Cydia adalah front-end (antarmuka) dari Advanced Package Tool (APT), yang merupakan pengelola paket ( package management) dari Debian maka Cydia memiliki kemampuan menginstall, menghapus, memperbarui, menambah dan menghapus repositori layaknya APT pada Debian meskipun iOS bukanlah Linux.

Bagaimana cara menginstall file .DEB secara manual?

Jadi ingat, .DEB adalah format paket-paket Cydia. Menginstall file .DEB secara manual berati menginstallnya tanpa membuka Cydia, meskipun sebenarnya kita tetap saja menggunakan utiliti dari Cydia untuk memulai proses instalasi.

Cara umum untuk install file .DEB secara manual adalah:

  1. iFile: Tidak diragukan lagi, iFile adalah salah satu aplikasi wajib yang harus diinstall pada iDevice yang telah dijailbreak. Selain memiliki fitur untuk menjelajahi direktori pada iOS, iFile juga bisa menginstall file .DEB (dengan bantuan APT, tentunya). Jika sebuah file .DEB terdownload dari Mobile Safari, maka menu “Open in iFile” akan muncul yang artinya file .DEB tersebut bisa diinstall langsung.
  2. AutoInstall: Cydia mengenali sebuah direktori sebagai tempat install secara otomatis. Direktori tersebut adalah /var/root/Media/Cydia/AutoInstall/. Direktori ini tidak muncul dengan sendirinya, tetapi terkadang harus dibuat sendiri. Jika iFile sudah terinstall sebelumnya, telusuri direktori /var/root/Media/ kemudian buat sebuah direktori dengan nama Cydia, lalu masuki direktori Cydia tersebut dan buat direktori baru dengan nama AutoInstall. Taruh file .DEB di dalam direktori AutoInstall tersebut sehingga menjadi lengkap seperti /var/root/Media/Cydia/AutoInstall/namapaket.deb. Kemudian reboot iDevice untuk menginstallnya secara otomatis. Tanpa iFile, Anda juga bisa menggunakan program semacam iTools atau iFunbox untuk menelusuri direktori yang dimaksud.
  3. MobileTerminal: Cara terakhir adalah menggunakan MobileTerminal. Dari namanya saja, MobileTerminal adalah Terminal versi mobile. Artinya, Anda bisa menjalankan perintah-perintah Bash pada iOS layaknya pada Linux atau OS X, meskipun perintah-perintah yang tersedia terbatas. Dengan asumsi Anda sudah menginstall MobileTerminal dan OpenSSH dari Cydia, Anda bisa menginstall dile .DEB dengan MobileTerminal dengan perintah berikut:
    • Ketik su lalu Enter,
    • Kalau diminta masukkan password, masukkan apline (password standar iOS) lalu Enter,
    • Kemudian ketik dpkg -i namapaket.deb untuk menginstallnya.
    • Perlu diingat, “namapaket.deb” adalah nama dari paket yang ingin Anda install. Terkadang nama dari paket yang didownload lebih panjang dan lebih sulit untuk diingat namanya. Oleh karena itu kalau Anda berniat untuk menginstall file .DEB dari MobileTerminal, Anda harus mengubah namanya dulu biar mudah, misalnya “1.deb”, “aaa.deb” atau apapun itu yang jelas tidak menyulitkan untuk diketik.

      Selain itu, pada saat mengeksekusi perintah dpkg i-, pastikan kalau posisi Anda saat itu berada pada direktori yang sama dengan lokasi file .DEB berada. Misalnya, file .DEB yang Anda download disimpan di direktori /var/mobile/Documents, maka Anda harus mengetik cd /var/mobile/Documents terlebih dahulu agar dpkg bisa menemukan file .DEB yang Anda maksud.

Apakah kita bisa membuat repositori Cydia milik kita sendiri?

Bisa. Saya punya kumpulan tutorial yang bisa Anda ikuti untuk membuat sebuah server repo milik pribadi.

Jailbreak troubleshooting

Setelah jailbreak, tiba-tiba muncul ikon blank putih di Home screen dengan nama-nama yang tidak saya kenal, penyebabnya?

Ikon blank berwarna putih itu sebenarnya adalah aplikasi bawaan dari iOS juga, tetap karena fungsinya bukan untuk pengguna awam jadinya dihilangkan atau lebih tepatnya disembunyikan saja sama Apple. Dan karena sesuatu dan lain hal, proses jailbreak rupanya membuat aplikasi-aplikasi tersebut muncul kembali ke Home screen. Solusinya ada di halaman ini.

SpringBoard menjadi crash dan masuk ke Safe mode, bagaimana mengatasinya?

Biasanya, SpringBoard yang crash (masuk ke “Safe mode”) itu hanyalah masalah sementara saja. Ketika berada pada kondisi safe mode Anda bisa men-tap “Restart” dari menu awal dan iDevice akan reboot dan kembali ke Home screen dengan normal.

Namun jika seandainya setelah reboot iDevice Anda tetap masuk ke safe mode, itu artinya ada masalah pada aplikasi atau tweak yang terinstall dari Cydia. Solusinya, dalam kondisi safe mode Anda bisa membuka Cydia dan menghapus aplikasi atau tweak yang bermasalah tersebut, dan reboot iDevice Anda. Pastikan pula kalau aplikasi atau tweak yang Anda hapus adalah benar-benar sumber masalah. Kalau tidak, Anda mungkin harus menghapus satu-persatu aplikasi atau tweaks yang Anda install mulai dari yang terakhir kali Anda install.

Mengatasi Redsn0w yang crash saat melakukan jailbreak

Beberapa masalah yang sering ditemui pada saat melakukan jailbreak dengan komputer Windows:

  • Redsn0w tiba-tiba berhenti bekerja, muncul pesan redsn0w.exe has stopped working.
  • Proses jaibreak terhenti pada ‘uploading ramdisk’
  • Proses boot tethered terhenti/tersangkut pada logo nanas

Jika Anda mengalami hal-hal seperti di atas, ikuti tips di halaman ini untuk mengatasinya.

Tombol Home pada iDevice saya rusak, bagaimana cara masuk ke DFU mode?

Anda tetap bisa membuat iDevice Anda dalam kondisi DFU mode dan melakukan jailbreak dengan cara mengikuti tutorial pada halaman ini.

Cara mengatasi iDevice yang bermasalah pada proses booting

Silakan merukuk ke halaman ini untuk menemukan pemecahan masalah yang seringkali terjadi pada proses booting.

Setelah jailbreak, iDevice jadi lebih boros?

Ada beberapa alasan mengapa baterai pada iPhone, iPad atau iPod touch yang dijailbreak menjadi lebih boros. Anda bisa membacanya di halaman ini.

Unlock

Mengapa ada iPhone yang butuh diunlock dan ada yang tidak?

Jika Anda membeli sebuah iPhone yang dipaket dari sebuah operator seluler, maka kemungkinan besar iPhone Anda itu hanya bisa dipakai dengan SIM card dari operator seluler itu saja (tetapi tidak selalu). Ini karena Apple dan operator seluler sudah bekerja sama dalam penjualan iPhone, dan semua iPhone yang berasal dari setiap negara/operator seluler informasinya sudah ada di database Apple.

Semua SIM card menyimpan informasi yang berbeda-beda, tetapi yang paling umum diketahui yang berhubungan dengan sistem lock pada suatu operator seluler adalah IMSI.

Contoh IMSI: 310 150 987654321.

Bagian pertama dikenal sebagai Mobile Country Code (MCC) dan bagian kedua adalah Mobile Network Code (MNC). Berdasarkan contoh di atas berarti: SIM card tersebut berasal dari negara Amerika serikat (310) dan dari operator seluler AT&T (150). Pada proses aktivasi, MCC dan MNC akan dicek apakah cocok dengan operator jaringan aslinya. Jika sama, maka semua sistem radio (antena dan GPS) akan diaktifkan, sebaliknya jika tidak cocok maka iPhone akan ter-lock dan hanya bisa diaktifkan kembali jika SIM card yang berasal dari operator seluler aslinya dimasukkan.

iPhone SU dan iPhone FU? Apa itu?

FU adalah kepanjangan dari factory unlocked. Adalah iPhone yang ter-unlock (unlocked) dari pabrik, tidak terikat pada operator seluler apapun. Bisa menggunakan SIM card apa saja dengan bebas tanpa harus melakukan jailbreak dan unlock.

Kebalikan dari iPhone FU adalah iPhone non-FU, yaitu iPhone yang bersifat locked-to-carrie (terikat kontrak dengan operator seluler). iPhone non-FU inilah seringkali disebut dengan iPhone SU, padahal SU itu singkatan dari software unlocked, dan sudah tidak menjadi relevan lagi karena iPhone bisa diunlock meskipun tanpa bantuan software.

Biasanya (tapi tidak selalu), ketika Apple akan merilis iPhone ke suatu negara, Apple akan bekerja sama dengan salah satu atau beberapa operator seluler di negara tersebut. Bentuk kerjasama ini berupa penjualan iPhone yang memiliki kontrak. Pembeli harus terikat kontrak selama beberapa tahun (biasanya 2 tahun) untuk dapat membeli iPhone dari operator seluler tersebut.

iPhone yang dibeli berdasarkan kontrak tersebut hanya bisa digunakan dalam jaringan seluler dari operator aslinya saja (operator yang terikat kontrak). Dengan kata lain, iPhone tersebut ter-lock pada operator. iPhone jenis ini tidak bisa menggunakan SIM card lain. Dan ketika iPhone diaktifkan untuk pertama kalinya, yang terpasang pada iPhone haruslah SIM card original kalau tidak maka iPhone tidak akan bisa digunakan. iPhone yang seperti inilah yang dikenal dengan istilah iPhone SU. Namun, ada beberapa operator yang menjual iPhone tanpa kontrak. iPhone ini sebenarnya iPhone FU yang diedarkan melalui operator seluler. Kita bisa menggunakan SIM card apapun pada iPhone ini karena jaringannya tidak ter-lock pada operator seluler tertentu.

Apa perbedaan utama antara iPhone SU (locked) dan FU (unlocked)?

Kebanyakan orang berpendapat bahwa perbedaan utama dari iPhone FU dan iPhone SU adalah dari sisi softwarenya, atau sistem pendistribusiannya (ada yang dijual bebas dan ada yang carrier-based) saja, padahal tidak seperti itu.

Perbedaan utama dari iPhone FU dan iPhone SU adalah dari IMEI & basebandnya (hardwarenya). Inilah alasan mengapa pada awal-awal iPhone dirilis unlock yang tersedia hanya berbasis hardware (ganti chip), selain karena metode unlock pada waktu itu masih terbatas, ini juga sebagai bukti bahwa iPhone FU dan iPhone SU itu berbeda dari segi hardwarenya. Software sama sekali bukan pembeda. Memang betul, kalau kita bisa meng-hack iPhone SU sehingga bisa memakai SIM card apa saja, tapi ini sifatnya semu -tidak permanen. Berbeda dengan mengganti chip baseband iPhone secara langsung, itu adalah unlock permanen.

Jadi, sebaiknya saya beli yang locked tapi murah atau unlocked tapi mahal?

Meskipun mahal, saya tetap sarankan untuk tidak ceroboh membeli iPhone yang locked. Kecuali, iPhone locked yang Anda beli itu dipastikan bisa diunlock melalui unlock IMEI, misalnya, karena unlock IMEI itu sifatnya permanen. Meski begitu, beberapa iPhone dari operator seluler tertentu masih belum bisa diunlock meskipun dengan jalan unlock IMEI. Di sinilah Anda harus pintar-pintar membeli iPhone yang operatornya jelas.

Untuk iPhone bekas atau second, tetap pilih yang unlocked. Mungkin saja sewaktu Anda mencoba dari si penjual iPhonenya memang berfungsi normal, tapi selama unlocknya bukan permanen, penjualnya tidak akan pernah menjamin kalau iPhonenya akan normal terus, pasti ada saat di mana iPhone akan terlock kembali. Mendingan beli yang mahal sekali, daripada yang murah tapi harus diongkosi lagi dan bikin pusing di kemudian hari.

iPhone saya ini bertipe FU atau bukan? Locked atau unlocked?

Di Indonesia, iPhone yang dibeli dari Telkomsel dan XL ada iPhone bertipe FU (factory unlocked). Begitupun dengan iPhone yang dibeli dari gerai-gerai lokal di daerah Anda. Namun, jika Anda membeli iPhone dari luar negeri Anda harus tahu dulu, apakah iPhone yang Anda beli itu berasal dari suatu operator seluler atau dijual bebas tanpa kontrak. Anda bisa mengeceknya dari situs Apple (KBHT1937) untuk mengetahui operator seluler apa saja yang menjual iPhone dengan kontrak, dan operator seluler apa yang menjual iPhone tanpa kontrak (FU).

Oh ya, apakah ada cara yang lebih cepat dan mudah untuk mengetahui jenis iPhone saya ini?

Ada sebuah layanan indentifikasi iPhone berbasis web yang bisa Anda akses untuk mengecek tipe, serta operator asal dari iPhone Anda. Prosesnya cepat, dan hanya membutuhkan model number dari iPhone Anda. Tapi, meski terkadang hasil yang didapatkan benar, tapi saya tidak bisa menjamin kalau semuanya akurat 100%. Kalau Anda ingin coba, langsung saja kunjungi situs iPhoneFrom.

Mengapa harga iPhone locked dan unlocked berbeda?

iPhone FU (unlocked) harganya lebih mahal karena itulah harga sebenarnya dari sebuah iPhone (harga resmi dari Apple). iPhone SU alias iPhone locked-to-carrier lebih murah karena harganya sudah disubsidi oleh operator. Operator menawarkan iPhone yang lebih murah kepada pelanggan dengan syarat Anda harus terikat kontrak selama beberapa tahun/bulan.

Bagaimana cara melakukan unlock pada iPhone?

Silakan baca “Metode unlock” untuk mengetahui metode-metode apa saja yang bisa digunakan untuk mengunlock sebuah iPhone.

Unlock troubleshooting

Sebagai pemilik iPhone locked, apa yang harus saya hindari?

Dengan asumsi bahwa Anda adalah pengguna iPhone locked yang saat ini telah diunlock sementara, entah itu menggunakan GEVEY SIM atau ultrasn0w, maka saya sarankan:

  • Untuk pengguna GEVEY SIM, pastikan kalau Anda sudah mengetahui kompatibilitas GEVEY yang Anda gunakan dengan versi iOS. Cek, GEVEY yang Anda pakai itu mendukung sampai iOS versi berapa. Biasanya hanya support untuk beberapa versi iOS dan baseband saja, oleh karena itu Anda harus menghindari melakukan update iOS ke versi yang tidak didukung oleh GEVEY.
  • Jika GEVEY yang Anda pakai saat ini mendukung untuk iOS terbaru, tetapi hanya untuk baseband tertentu saja, saya sarankan untuk hanya menggunakan custom IPSW dengan mode “preserved baseband” untuk melakukan update iOS. Itupun kalau iPhone Anda mendukung.
  • Buat pengguna ultrasn0w, karena iPhone Anda tentunya dalam keadaan terjailbreak, maka sebaiknya jangan menginstall aplikasi atau tweaks sembarangan yang dapat mengakibatkan iPhone Anda crash dan harus direstore ulang.
  • Kalau baseband dari iPhone 3GS Anda masih versi lama, belum pernah diupgrade ke versi iPad, Anda harus menggunakan custom IPSW jika ingin update ke iOS terbaru. Jangan pakai file IPSW original, karena dapat mengakibatkan firmware baseband iPhone Anda ikut terupgrade, ujung-ujungnya mesti upgrade lalu downgrade baseband lagi. Unlock masih tetap memungkinkan, tapi lumayan repot.
Apa yang dimaksud dengan “Baseband iPad”?

Baseband iPad berarti versi baseband (firmware) yang dimiliki oleh iPad (1st gen). Firmware baseband versi awal untuk iPad adalah versi 06.15.00, sedangkan versi terbarunya adalah versi 07.11.01 yang datang dengan iOS 4.3.1 sampai ke versi terbaru (5.1.1). Dalam dunia jailbreaking dan unlocking, istilah “baseband iPad” berarti merujuk ke firmware baseband versi 06.15.00.

Mengapa harus melakukan upgrade baseband ke versi iPad?

Ultrasn0w, yang merupakan metode unlock berbasis software, hanya dapat mengunlock baseband tertentu saja, dan kebanyakan adalah baseband versi lama. Misalnya, Ultrasn0w hanya dapat mengunlock iPhone 3GS dengan baseband 05.15.04 saja, dan iPhone 4 dengan baseband 01.59.00 saja. Kebanyakan firmware baseband versi baru belum didukung oleh ultrasn0w, ini disebabkan karena exploit yang dulu bekerja pada baseband versi lama sudah tidak bisa lagi diterapkan pada baseband terbaru, sedangkan untuk menemukan exploit ini sangat sulit dilakukan.

iPhone Dev Team akhirnya merilis Redsn0w yang memiliki fitur untuk melakukan upgrade baseband. Upgrade baseband berarti menaikkan versi firmware baseband dari iPhone. Mengapa melakukan upgrade baseband? Karena setelah meneliti, iPhone Dev Team menemukan bahwa firmware baseband dari iPad (06.15.00) ternyata masih bisa diunlock dengan ultrasn0w. Dan untuk mendapatkan unlock dari baseband ini, iPhone harus di upgrade basebandnya terlebih dahulu.

Upgrade baseband hanya berlaku untuk iPhone 3G dan iPhone 3GS saja. Mengapa begitu? karena iPhone 3G/3GS menggunakan chip baseband yang sama dengan iPad (X-Gold 608), jadi perangkat yang bisa diupgrade basebandnya ke baseband versi iPad hanya iPhone 3G/3GS saja. Sistem keamanan Apple memang memperbolehkan instalasi firmware yang lebih tinggi, karena firmware baseband iPad pada waktu itu (06.15.00) lebih tinggi dari pada firmware iPhone 3G/3GS yang ada sekarang, maka semua iPhone 3G/3GS bisa diupgrade firmware baseband nya.

Jadi kesimpulannya adalah, jika iPhone Anda bertipe non-FU (locked) dan memiliki baseband yang tidak bisa diunlock dengan ultrasn0w (di atas 05.13.04), jalan satu-satunya untuk mengunlocknya adalah dengan mengupgrade basebandnya.

Apakah ada resiko dari melakukan upgrade baseband?

Dengan mengupgrade firmware dari baseband, iPhone Anda yang awalnya locked bisa diunlock dan digunakan untuk menelpon kembali. Tetapi disamping itu ada beberapa batasan-batasan untuk iPhone 3G/3GS yang telah diupgrade basebandnya. Kalau Anda akan mengupgrade baseband, perhatikan hal-hal berikut ini:

  • Jika Anda sudah terlanjut mengupgrade baseband iPhone 3G/3GS Anda ke versi 06.15.00, Anda tidak bisa melakukan restore/update iOS langsung dari iTunes menggunakan stock/official/original iOS. Anda hanya bisa mengupdatenya dengan custom iOS saja.
  • Fungsi GPS tidak akan bekerja dengan baik.
  • Push notification tidak akan bekerja dengan baik, atau malah tidak akan bekerja sama sekali.

Kalau Anda tidak peduli dengan hal-hal di atas dan lebih mementingkan unlock untuk iPhone Anda, silakan upgrade baseband iPhone 3G/3GS Anda!

Apakah bisa melakukan downgrade baseband?

Bisa. Tetapi tidak untuk semua iDevice, hanya berlaku untuk iPhone 3GS saja, dan ada syarat lainnya yang harus dipenuhi. Program yang bisa digunakan untuk melakukan downgrade baseband adalah Redsn0w yang tutorialnya bisa Anda lihat pada artikel “Baseband freedom“.

SHSH

Tentang SHSH, bisa diperjelas lagi?

SHSH blobs atau yang biasa disebut SHSH saja pada dasarnya adalah sebuah signature (tanda tangan digital) yang terenkripsi, atau unique key yang terdapat pada setiap perangkat iOS (iDevice), termasuk iPhone, iPad, dan iPod touch. SHSH dihasilkan berdasarkan keunikan hardware dari setiap iDevice dan hash dari iOS.
SHSH bersifat unik untuk setiap iDevice, artinya tidak ada SHSH yang sama untuk iDevice yang berbeda.

Apple memberikan semacam tanda tangan digital (signature) pada setiap versi iOS untuk mengamankan proses restore dan update dari server iTunes. Pada saat iPhone milik Anda direstore atau update melalui iTunes, iTunes akan melalui sebuah proses di mana ia akan menghubungi server Apple untuk mengecek “tanda tangan” yang tersedia untuk iPhone Anda. Jika tanda tangannya valid, maka proses restore akan dilanjutkan hingga selesai.

Apple tidak mengijinkan pengguna iDevice untuk melakukan downgrade, atau menurunkan versi iOS melalui proses restore. Oleh karena itu, untuk mencegah orang melakukan downgrade, Apple hanya membuka proses “tanda tangan” (proses “signing”) ini secara terbatas. Setiap kali iOS terbaru dirilis, maka versi iOS sebelumnya tidak akan ditanda-tangani lagi (proses signing dihentikan/tutup). Setelah proses signing ini ditutup, maka tidak ada cara lagi untuk melakukan restore ke versi iOS sebelumnya. Misalnya, setelah iOS 6.1.3 dirilis, maka Anda tidak akan bisa melakukan restore ke iOS 6.1.2 lagi.

Apa fungsi dari SHSH?

SHSH akan membuat iTunes berpikir bahwa proses signing untuk sebuah versi iOS masih terbuka oleh Apple. Pada saat proses restore berlangsung, SHSH akan bekerja sebagai signature dari Apple sehingga proses restore ke versi lama (downgrade) bisa terjadi. Meskipun sebenarnya proses signing ke versi tersebut sudah dihentikan. Dengan kata lain, SHSH berguna seperti tiket atau surat ijin untuk proses restore.

Apakah saya bisa menggunakan SHSH dari iDevice lain untuk melakukan downgrade?

Tidak bisa. SHSH atau SHSH blobs adalah sebuah unique key yang berguna untuk mengenali setiap iDevice. Setiap unique key dari satu perangkat sangat berbeda dengan unique key dari iDevice lain. Oleh karena itu, walaupun tipenya sama kita tetap tidak bisa menggunakan SHSH dari iDevice lain.

Cara menyimpan atau membackup SHSH

Anda bisa saja menyimpan atau membackup SHSH dari iDevice Anda. Program yang bisa Anda gunakan diantaranya adalah:

  • TinyUmbrella (PC/Mac)
  • Redsn0w (PC/Mac)
  • iFaith (PC)
  • iSHSHit (aplikasi Cydia)

SHSH bisa dihasilkan langsung dari iDevice Anda melalui program-program seperti TinyUmbrella, Redsn0w dan lainnya. Anda bisa menyimpannya secara lokal di komputer Anda, dan bisa juga langsung menguploadnya ke server Cydia secara otomatis. Tutorialnya ada di halaman ini.

Kapan sebaiknya kita menyimpan SHSH?

SHSH hanya bisa direquest dari server Apple untuk versi iOS yang masih di-signing saja, alias yang statusnya masih terbaru. Namun, Anda bisa menyimpan SHSH untuk iDevice Anda baik dalam kondisi terjailbreak ataupun belum terjailbreak.

Apakah menyimpan SHSH hanya bisa dilakukan setelah jailbreak?

Tidak harus. Menyimpan SHSH bisa dilakukan kapanpun, meskipun iDevice belum dijailbreak.

Kapan proses signing SHSH dari Apple berhenti?

Silakan lihat tabel status SHSH pada halaman Jailbreak untuk mengetahui informasi seputar SHSH.

BootROM

Cara mengetahui versi bootrom pada iDevice

Untuk mengetahui versi bootrom dari iDevice bisa dilakukan dengan 2 cara:

  1. Berdasarkan Model Number (iPod touch 2G)
  2. Jika karakter kedua dari Model Number adalah “B”, (misalnya FB533, MB533, atau PB533) berarti iPod touch Anda memiliki old bootrom. Tapi kalau karakter keduanya adalah “C” (misalnya FC086, MC086 atau PC086) itu berarti iPod touch Anda memiliki new bootrom.

  3. Berdasarkan Serial Number (iPhone 3GS)
  4. Digit ketiga dari serial number menunjukkan tahun pembuatan (misalnya 9=2009 atau 0=2010), sedangkan digit ke empat dan kelima menunjukkan minggu pembuatannya. Setiap iDevice yang dibuat pada minggu ke 40 tahun 2009 (??940?????? dan lebih tinggi) memiliki new bootrom.

Thanks for coming 🙂

998 Replies to “The FAQs”

        1. Betul, apa boleh buat, aplikasinya harus langsung download dari App Store. Tapi tenang, sudah gampang kok caranya buat akun iTunes gratis. Kalau gak mau buat sendiri bisa juga beli dari orang lain.

  1. mau tanya apa iPad 2 v 4.3.5 uda bisa di JB ?
    kalo blom bisa d downgrade ga ke 4.3.3 dengan petunjuk dari http://www.limera1n.cc/2011/07/downgrade-435-to-434-433-432-431-iphone.html ?

    1. Halo Joe…
      Saya sudah pernah baca tutorial tsb sebelumnya, tapi sengaja saya tidak bahas di sini karena belum ada yag bisa jamin itu akan 100% berhasil. 
      Coba Anda baca komentar2 dibawahnya, kebanyakan tanggapannya negatif. 
      Saya sendiri belum pernah coba langsung, tapi kalau Anda mau coba silakan..

  2. halo suhu,maaf saya mau nanya,apakah itouch 4th saya bisa d downgrade ke versi 4.3.3,saat ini saya restore ke 4.3.5 dan ga bisa unthetered,mohon panduannya agar saya bisa bisa downgrade ke versi 4.3.3,terimakasih

    1. Sabar dulu, jangan buru2 downgrade ke 4.3.3. Kemungkinan besar untethered jailbreak untuk iOS 4.3.5 dirilis setelah iOS 5 dirilis oleh Apple:  https://appbuntu.com/2011/09/tanya-jawab-seputar-jailbreak-ios-4-3-5/

  3. MasBro , saya ada ipad 2 3G +Wifi 32Gb 4.3.3 sudah terJB waktu belinya namun kondisinya kalau koneksi kompie tidak bisa didetect cuma terdetec IPAD saja tapi tidak bisa isi app,audio dan video.
    Apakah kondisi ini mengharuskan saya untuk merestore ke ipsw 4.3.3 (saya sudah download ipswnya 4.3.3_8J2) di Itunes (DFU mode)  kemudian baru diJB kembali ?
    Mohon Pencerehannya Bro Ivan.
    Thx

    1. Jangan di restore dulu bro + jangan juga di hard reset, walaupun Anda sudah download iOS 4.3.3. Kalau iPad nya tidak terdeteksi di PC, kecil kemungkinan kalau kesalahan ada pada iPad nya. Tes dulu pake komputer lain yang ada iTunes nya, apakah terjadi masalah yang sama?
      Kalau misalnya setelah pakai komputer lain masalanya hilang itu artinya iTunes nya yang bermasalah. Coba hapus iTunes yang lama sampai bersih, kemudian install ulang iTunes terbaru + reboot PC nya. Setelah itu coba hubungkan kembali iPad ke PC.

    2.  Ngisi aplikasi, audio dan video pake ipad 2 sudah dijailbreak..???? kalo sudah dijailbreak kenapa harus bingung…byk aplikasi untuk mengisi semua masalah diatas, ane anjurin kamu pake Iphone PC Suite bikinan china, tapi bahasanya bisa kita rubah ke Inggris, tinggal klik kanan ditampilan iphone pc suite ( taskbar ) pilih english..jadi deh bahasan English dan menurut saya  inilah Itunes versi Asia yang paling mudah digunakan, dan yang mengejutkan saya kemaren adalah kita tidak perlu lage masuk Iphone PC Suite ketika ingin menginstall aplikasi, kenapa ? apabila kita telah menginstall aplikasi Iphone PC Suite di PC atau Laptop, untuk aplikasi baik bajakan maupun itunes tinggal kita klik 2 kali pada aplikasi yang akan diinstall  maka aplikasi Iphone PC Suite akan langsung menginstall aplikasi di Iphone kita dan menurut saya inilah Iphone PC Suite yang paling mudah digunakan di Asia mirip dengan Itunes bahkan lebih lengkap dari itunes karna di sini kita juga bisa menginstall aplikasi dari Cydia, membackup, membuat ringtone, menyimpan shsh, dan banyak lage …!!! luar biasa negeri china, mereka tidak bisa membuat produk layaknya apple tapi bisa membuat solusi bagi penjailbreak dengan Iphone PC suite….yang lebih mengejutkan saya lage tidak ada batasan harus OS berapa yang digunakan, Iphone4 ane dari 4.3.5 hingga OS 5 dia kenali/baca dan bekerja sempurna…trims…dan sebelumnya mohon maaf kepada mas ivan karna saya harus memenuhi halaaman diskusinya ini sebagai rasa kebersamaan saya dan sharing bagi pengguna Apple ( Community )

  4. Sorry Bro , terdeteksi cuma hanya cuma keliatan serial number dan modelnya aja .
    tetapi capasitas tidak keliatan ? dan kita tidak bisa liat aplikasi ,audio dan videonya.
    sudah dicoba di 2 komputer pakai itunes terbaru sih sama aja hasilnya.
    tadi sudah sampai DFU mode (sesuai blog ini) 😀 , udah restore+shift udah pilih ipswnya tapi ragu2 :p akhirnya g jadi 🙂 soalnya ada info nanti verifikasi ke apple..

    1. Sabar bro, jangan terburu2 me-restore. Restore itu cuma kalau gak ada jalan lagi. Btw, sudah pernah simpan SHSH nya?
      Coba tips ini bro:
      1. Ganti kable data yang biasa dipakai
      2. Ikuti langkah di sini: http://support.apple.com/kb/TS1567 untuk merestart Apple Mobile Device Service (AMDS) ( driver nya Apple)
      3. Install ulang iTunes
      Kalau cara diatas masih gak bisa, coba ini:
      1. Download dan jalankan program iFunbox, iPhone Explorer atau iPhoneBrowser (pilih salah satu)
      2. Hubungkan iPad ke PC, kemudian telusuri direktori2 iPad. Masuk ke /var/mobile/Media
      3. Hapus direktori  iTunes_Control
      4. Restart PC dan iPad
      5. Hubungkan iPad ke PC
      Setelah menghapus direktori iTunes_Control iPad Anda akan dikenali sebagai iPad baru, jadi pastikan kalau Anda sudah pernah mem-backup nya sebelumnya. 

      1. Ok nanti di rumah saya coba , Kalau SHSH belum sempat simpan karena memang waktu beli itu sudah trima jadi, trus tinggal install2 dari instalous..
        Btw Pesan dari Itunes-nya :
        “iTunes cannot read the contents of the iPad “UserXP’s iPad” Go to the summary tab in iPad preferences and click Restore to restore this iPad to factory settings.”
        Begitu kira2 bro tapi di summary seperti saya tulis sebelumnya kita bisa lihat serial number & Software version.
        hehe.. btw thx buat advise2nya bro…
        Cheers,

          1. Ok Bro Ivan thx buat tutorialnya coz it really help 🙂
            btw buat kasus saya pada saat saya coba hapus “iTunesDB” pesan tersebut masih ada.. , akhirnya saya mencari tau kembali dan ternyata ada satu lagi yang harus dihapus yaitu “iTunesCDB” , setelah itu dihapus Ipad-nya bisa di-sync kembali :).
            Thanks.

          2. Problem Baru Muncul .. setelah terdeksi kemudian saya menghapus folder2 di folder “Music” , sekarang ipad-nya malah tidak muncul di Itunes T_T.
            ada solusi bro ?
            Thanks.

          3. Hehe iya bro memang itu tadi yang saya lakukan lansung merefer ke tips pertama dikau dan lansung tokcer… 🙂
            Baru mau buat filed report ternyata sudah di jawab lagi :p
            Thanks.

          4. Jadi sudah fix nih masalahnya? iPad nya sudah dikenali di komputer dan sudah bisa di Sync?
            Btw di sini http://www.skyrocketonlinemarketing.com/2008/10/05/itunes-cannot-read-the-contents-of-the-iphone/ (agak extrem) langsung main hapus folder Media (/private/var/mobile/Media , bukan cuma iTunes_Control nya saja.

          5. Yoi bro sudah sembuh iPad nya dan sudah bisa digunakan dengan baik hehehe… (^_^)v
            iya saya juga sempat liat link itu tapi ga saya ikutin :p . btw jika waktu itu saya restore sebenarnya gpp khan cuma semua settingan dan JB hilang saja khan ? trus itu pesannya sehabis restore mau diverifikasi ke apple apakah itu akan memblok ipadnya ke itunes ?

          6. Kalau seandainya waktu itu direstore, belum tentu bisa balik ke 4.3.3, bisa jadi ter/paksa ke 4.3.5. Kenapa? karena Apple sudah menutup signing shsh untuk iOS 4.3.3 sejak beberapa minggu yg lalu. Itu artinya kalau Anda belum pernah save shsh sebelumnya (sejak awal2 jailbreak) bisa dipastikan kalau restore ke 4.3.3 akan gagal.
            BTw, coba cek di Cydia, dibagian atas ada tulisan SHSH warna hijau gak? disitu ada versi berapa saja?

  5. nanya dong. saya beli iphone 4 ga di apple store (kehabisan) terus sama orang yg jual intinya imei yg dibelakang box diambil, katanya buat bukti ke telkomsel. eh ternyata sampe rumah saya baru nyadar kalo iphone saya di jail break. pertanyaan : kalo saya un-jail break dengan nge-restore apa keuntungan dan kerugiannya? terus apakah apple dan telkomsel masih memberlakukan garansinya? thanks 🙂

    1. Knapa beli sama orang lain? orang tsb memang penjual/reseller atau bukan? Setau saya gak ada istilah imei yang diambil2 kalau beli iPhone. Bukti ke Telkomsel? memangnya Telkomsel butuh bukti untuk apa? apa yang mau dibuktikan? Lagipula yang menyimpan box itu seharusnya pemilik iPhone nya, bukan orang lain.
      Kalau ternyata iPhone nya sudah dijailbreak itu artinya iPhone nya adalah iPhone 2nd, alias sudah lama dipake sebelum Anda membelinya. Kalau sudah lama dipake bisa jadi masa garansinya sudah berkurang (cuma 1 tahun). Selain itu, kalaupun masa garansinya masih lama, Anda tetap gak bisa klaim ke Telkomsel karena bukan dibeli dari telkomsel, kalau mau klaim ke retailnya Apple harus menyertakan bukti pembelian plus dos yang imeinya sama dengan imei di iPhone.
      iPhone yang sudah dijailbreak memang menghanguskan garansi, kalau mau garansinya kembali cukup direstore saja.
      Keuntungan unjailbreak: garansinya kembali
      Kerugian: gak bisa menikmati jailbreak <– tapi ini relatif, yang suka jailbreak cuma orang yang suka utak-atik gadget saja.

      1. oh bukan gitu. jadi saya belinya dikonter hp di suatu mall, soalnya sebelomnya saya ke apple store dan dia bilang udah ga re-stock lagi. trus saya ke selular shop dan dia bilang hal yg sama. nah di konter tempat saya beli ini, saya ga beli 2nd. itu iphone baru. saya liat sendiri waktu box pertama kali dibuka. tp karna saya ga begitu ngerti dengan ‘pen-jailbreak-an’ pas dia jelasin saya cuma ngerti kalau garansi tetep ada tapi ntar ngurusnya ke telkomsel. karna itu iphone yg di lock ya saya percaya aja. lalu dia minta waktu u/ menginstall aplikasi, saya tinggal makan dulu deh. eh pas balik saya liat dibox nya barcode imei nya udah ga ada. dia bilang buat bukti ke telkomsel. saya tny masalah perbaikan ke telkomsel dia bilang ntar ke dia aja dulu trus diurusin ke telkomselnya, tp dia jg bilang langsung ke apple jg bisa.
        nah menurut saya abang tsb jg tdk mengerti masalah ‘pen-jailbreak-an’ karna saya melihat bahwa konter lain lah yg menginstall-kan aplikasi2 saya. selanjutnya saat sampai dirumah barulah saya sadar kalo iphone baru saya tsb td di jailbreak. nah saya berpikir untuk me-restorenya kembali. saya takut terjadi sesuatu nantinya dan tdk ada garansi. kan kalo di restore garansi akan kembali kan? nah masalahnya adalah bagaimana dengan box saya yg tdk ada lagi barcode imeinya itu? saya berencana akan kesana lagi besok untuk meminta pertanggungjawaban masalah barcode
        satu lagi, memangnya kalo di jailbreak bisa donlot aplikasi banyak gitu? err this is the first time saya pake iphone. sebelomnya cuma ipod nano yg ga perlu pen-jailbreak-kan. mohon bantuannya. terimakasih 🙂

        1. oh ya satu lagi, apakah bagusnya saya me-restore nya aja sekarang? soalnya batrenya cepet habis. padahal saya udah nge-charge dalam keadaan mati sampe berjam-jam pas awal beli

          1. Kalau baterainya cepat habis, kemungkinan karena banyak aplikasi yg berjalan dibackground, atau banyak aplikasi yang notifikasinya aktif terutama aplikasi yg terkonek ke internet seperti Tweetdeck, twitter, facebook, dll.
            Gak perlu di restore, belum parah kan?

          2. hmm tadinya saya pikir gitu jg. terus saya close smua aplikasi dan cuma twitter aja yg aktip. yah ga separah sebelomnya sih, tapi tetep aja cepet berkurang. emang gitu ya normalnya iphone? maap banyak nanya gan, newbie nih hehe :p

          3. Sekedar membahkan kepada Putri perwira ….untuk battrey hati hati dalam penggunaan/pengchargean ..begini sekedar berbagi pengalaman buruk wkwkwkkww…
            dulu saat beli iphone4 saya sudah jailbreak dan memang battrey cepat berkurang tapi kita jgn terpancing yang kemudian membuat kita mecharge battrey terus terusan. saya pernah lalai membiarkan charge hampir 7 jam dan apa akibatnya….battrey saya langsung drop …kenapa ? battrey dari apple tidak seperti battrey hp seperti umumnya, coba anda liat saat mencharge…battrey sangat cepat mengisi..kan..!!! dan dia terus mengisi tanpa ada system batasan seperti hp lainnya. Setelah terjadi seperti diatas, saya panik dan mengira ini akibat dari jailbreak bahkan akhirnya versi OS saya jadi naek keversi 4.3.3 dari 4.2.1 karna saya sempat melakukan restore di itunes yang mengakibatkan itunes melakukan check terhadap iphone saya…nah begitu saya telaah kekejadian sebelumnya sudah jelas itu karna penchargean yang terlalu lama dan begitu saya ganti battrey iphone ternyata semua berjalan seperti semula. Sekedar informasi battrey iphone4 original saya pesan di jogjayakarta jalan kaliurang km. 10 namanya Toko Iphone…ada ko situsnya….silahkan cek di google ketik Toko Iphone Jogja. dan battreynya memang original. trims share dari saya semoga bermamfaat.

        2. Jailbreak itu berarti proses memodifikasi software iOS (sistem operasi yg dipake iPhone, iPad dan iPod touch) supaya bisa menjalankan aplikasi buatan pihak ketiga, atau dalam hal ini software2 yg asalnya bukan dari Apple. Apple membenci jailbreak, dan menyatakan kalau iPhone/iPad/iPod touch yg dijailbreak akan menghanguskan garansi dari perangkat tsb. Kalau “putri” bawa iPhonenya ke Telkomsel dalam kondisi ter-jailbreak mungkin gak ada orang2 disana yg tau, tapi kalo dibawa ke retailnya Apple pasti ketahuan dan pasti garansinya ditolak. Bagaimana caranya supaya garansinya berlaku lagi dan gak ketahuan kalo sebenarnya iPhonenya sudah pernah dijailbreak? jalan satu2nya cuma restore.
          Mas yg dikonter hpnya mencabut stiker yg ada ada imeinya buat klaim garansi? Hmm.. keyaknya masuk akal juga, mungkin supaya pemilik konter melapor ke Telkomsel, biar dicatat bahwa imei dengan nomer xxxxx telah diaktifkan. Dengan nomor imei tsb mungkin Telkomsel bisa tau kapan iPhonenya pertama kali diaktifkan dan garansi nya mulai dijalankan. Yang jelas, garansinya harus berjalan sejak tanggal pembelian di kwitansi/invoice nya., makanya konter hpnya cepat2 melapor ke Telkomsel, karena kalau terlambat melapor konter hp tersebut yg rugi.
          Kalau alasannya seperti itu, biarkan saja yg penting dosnya masih sama seperti waktu dibeli.
           
          Seperti yg sy bilang diatas, jailbreak mmg gunanya biar kita bisa bebas menginstall aplikasi, baik itu aplikasi resmi dari App Store ataupun yg bukan. Sewaktu putri membeli iPhone, mungkin mas yg jaga konter mau memberi sedikit bonus, bonus nya ya “free” aplikasi, biar pembelinya senang. Tapi sebenarnya, kebanyakan (mungkin semuanya) aplikasi yg diinstall itu adalah aplikasi bajakan yg didownload secara illegal dari situs2 penyedia aplikasi bajakan. Kasihan pembuat aplikasinya kalau program buatannya dibajak 🙁 .
          Oh ya, coba masuk ke Settings > General > About, dibagian Version nya tertulis apa? 4.3.3 atau 4.3.5 ?

          1. huwaaaa makasih banget udah dijawab :”)
            oh gitu, jadi intinya masalah garansi terselesaikan dengan restore ya. eh tapi terus klo misalnya saya udah restore, trus ga lama iphone saya bermasalah. nah apa di apple store nya tetep mau terima gt dengan kondisi box yg barcode imei nya udah ga ada? sejauh ini itu yang menjadi concern saya.
            oiya versionnya masih 4.3.2 tadi waktu nyolokin ke itunes ada instruksi huat upgrade tapi saya decline. soalnya pernah baca dimana gt kalo iphone yg jailbroken gaboleh di upgrade. bener gt? terus gmna dong? 😐
            makasih sebelomnya 🙂

          2. Kalo sudah direstore, berarti kembali baru lagi sama seperti waktu baru dibeli. iPhone non-jailbroken gak mungkin bermasalah, saya yakin itu :P. Kalau ada kerusakan kan tinggal lapor ke konter tempat beli dulu, nanti dia yang berurusan dgn telkomsel, tapi kalau mau klaim ke retailnya Apple boleh juga.
            Kalau muncul pemberitahuan upgrade diabaikan saja, kalau diupgrade nanti jailbreaknya hilang, toh fitur di iOS 4.3.2 dan 4.3.5 sama saja.

          3. wuoooh thanks banget ya bro, tertolong banget :”) 
            berarti intinya asal di restore, apple store mau aja terima ya, sebodo amat sama box yg udh ga ada barcode imeinya? sip! kalo gt besok saya coba tanyain lagi sama mas konter saya beli.
            soal version gausah di upgrade soalnya sama aja? baiklah kalo gitu sejauh ini insya allah ga ada masalah ya sama kondisi yg udh di jailbreak
            sekali lagi makasih ya, kalo ada apa-apa saya tanya kesini dulu deh 😀

  6. halo lagi mas ivan. ada yang mau saya tanya lagi nih, tp bukan masalah box/garansi/jailbreak lagi, soalnya kmren udah tanya bosnya mas konter trus dikasih wejangan ini itu. gini mas, masalah kali ini adalah batre. gatau kenapa batre saya boros bgt, saya masih berpikir batre boros karena di jb.
    jadi malamnya saya habis charge iphone sampai penuh. begitu penuh saya cabut dan tinggal tidur dlm keadaaan santai pas bangun udah sisa 60-an% aja batrenya. kan gak wajar ya. dalam sehari saya cuma aktifkan twitter (itupun gak selalu login), dan push email tidak saya aktifkan (untuk email saya pakai fetch hourly namun sudah menjadi manually skrg).
    pertanyaannya adlah, apakah kira-kira kalo di restore dan set as new hal ini dapat diatasi? makasih sebelumnya 🙂

    1. Kalau iPhone 4 nya di restore, mau tidak mau harus naik dari iOs 4.3.2 ke 4.3.5. Jailbreak iOS 4.3.5 masih tethered sampai saat ini (baca perbedaan tethered/untethered diatas).
      Coba ikuti dulu tips ini: http://geekbeat.tv/fixing-iphone-ios-4-3-battery-issues/ , saya yakin masih ada aplikasi yang terhubung ke internet secara otomatis.

      1. oh jadi kalo saya restore berarti saya mesti upgrade ios ke 4.3.5? err jadi rencananya setelah saya restore, saya gamau jailbreak dulu entah sampai kapan (kebetulan saya jg ga ngerti cara jailbreak sendiri). jd kalo seandainya saya restore, lalu upgrade, tanpa jailbreak memangnya akan kena masalah apa gitu mas? 😐
        oke ini mau cobain trik dari link yang mas kasih, ntar saya kabarin lagi perkembangannya. makasih mas 🙂

        1. Kalau restorenya naik (4.3.2 > 4.3.5) itu sama saja dengan upgrade. Kalau jailbreaknya mau dibersihkan cukup direstore saja dari iTunes. Kalau gak di jailbreak gak apa2 kok, justru lebih bagus lagi 😉

          1. oh gitu, berarti kalau gak di upgrade (cuma restore biasa dan tetep pada ios 4.3.2) ga masalah kan ya mas? hoo jd lebih bagus gak di jailbreak? siplah! jadi makin yakin!
            ini saya habis nyoba praktekin link yg mas kasih, klo besok ternyata masih berulah, positif saya restore. makasih banyak info2nya mas 🙂

          2. Nah, itu dia masalahnya, sekarang ini sudah gak bisa restore balik ke 4.3.2. Yang bisa hanya restore naik ke 4.3.5 saja. 
            Yang suka jailbreak itu orang2 yang: a) suka utak-atik sistem/tukang oprek atau b) suka install aplikasi bajakan. Kalau putri orangnya gak suka utak-atik, gak suka ganti2 tampilan iPhone, gak suka install aplikasi bajakan mendingan di restore saja untuk menghilankan jailbreaknya. 
            Kalau memang sudah positif mau restore, mendingan tunggu 3+ hari lagi sampai iOS 5 resmi dirilis. iOS5 lebih keren dari iOS 4.3.5 😉

          3. Oh tapi kan version ditempat saya emang dasarnya 4.3.2 mas, apa kalo direstore biasa tetep ujung2nya ‘harus’ atau ‘diarahkan’ naik ke 4.3.5? sebenernya ga masalah kan ya kalopun naik ke 4.3.5?
            iya mas, saya bukan tipe hitech yang suka utak-atik hehe seringnya digunain buat kebutuhan sehari2 aja 😀
            oh gitu mas? wah, bener juga ya. kalo gitu saya tunggu sampe ios 5 di release deh. toh walopun belom ada versi buat di jailbreaknya, kan saya jgt ga berminat di jailbreak lagi. sekali lagi makasih banyak ya infonya mas, membantu sekali loh 😀

  7. saya mau bertanya bro…. adakah app autotext pada iphone/ipad/ipod touch…? maksud saya autotext seperti blackberry ataupun android(yg menggunakan aplikasi “smart keyboard pro”)…. 

    1. autotext itu semacam custom shortcut ya? soalnya saya belum pernah pake langsung di Android atau di BB. Kalau di iPhone/iPad/iPod touch, fitur semacam custom shortcut biar kita bisa memasukkan shortcut teks -baru akan muncul secara default di iOS 5 nanti, kalau untuk aplikasi dari App Store kayaknya gak ada (atau sy yg belum pernah nemu). Kalau aplikasi Cydia, mungkin Anda bisa mencoba Xpandr.

      1. ooo..tp untuk aplikasi cydia yg “xpandr” itu berbayar yah bro? soal nya di saya berbayar (ada tulisan) “buy now”

        1. Iya bro, Xpandr di Cydia harganya $1.99, sedangkan aplikasi App Store yang mirip namanya TextExpander http://itunes.apple.com/us/app/textexpander/id326180690?mt=8 harganya $4.99. Dari review2 yg saya baca katanya lebih bagusan Xpander karena integrasinya yang bagus ke aplikasi2 lainnya.

  8. numpang tanya lagi bro ivan…. 🙂
    saya kemarin mau donlot aplikasi “appsize” melalui cydia,tetapi setiap saya mau donlot selalu tidak bisa dan selalu ada tulisan :
    “I WASN’T ABLE TO LOCATE FILE FOR THE PREFERENCELOADER PACKAGE. THIS MIGHT MEAN YOU NEED TO MANUALLY FIX THIS PACKAGE.”….!!!  Kenapa bisa seperti itu yah bro? mohon bantuan nya bro ivan….. hehehe
    ini salah satu contoh gambar tampilan nya;

      1. terimakasih bro ivan…maaf saya baru balas….!! kemarin lg sibuk2 nya….terimakasih sekali lg…. ohiya… bagaimana cara menggunakan imessanger….? saya agak kurang mengerti,,, thx bro

  9. wadoh mas ini masalah baru nih…iphone4 4.3.5 dah jailbreak redsnow kasusnya hampir sama dengan saudara shaquer78, 1 bulan lalu masih bisa mas di tethered setelah booting muncul gambar nenas masuk aja keiphone/jalan, tapi ko sekarang enggak bisa ya…caranya udah saya ikutin. Dan sama cara mas yang berikan dengan yang saya pake dulu sama baik awal jailbreaknya sampe tetherednya ..tapi sekarang ko tidak bisa ya…apa harus di restore ke itunes lage…!!!

    1. Sabar… sebelum masalah ini muncul, apa pernah Anda menginstall sesuatu dari Cydia yang mencurigakan? coba pikir2 dulu. Waktu menjalankan “Just boot tethered right now” Anda pake redsn0w versi berapa? COba download dulu yang terbaru dari sini: https://sites.google.com/a/iphone-dev.com/files/home/redsn0w_win_0.9.9b4.zip?attredirects=0&d=1 lalu dicoba lagi. Kalau Anda pake Windows 7 sebaiknya ikuti dulu tips2 di sini: https://appbuntu.com/2011/04/mengatasi-masalah-uploading-ramdisk-pada-saat-jailbreak-dengan-redsn0w/
      Good Luck.

      1. wkwkkw dah lambat mas…tapi enggak papa…saya sekarang sudah memegang OS 5 dan fiturnya sangat bagus walaupun tidak sebagus jailbreak ……wkkwkwkwwk tapi asli lo..hahahahhaha…kapan ya jailbreak untethered OS 5 dirilis….kalo sudah minta ijin sedot file pendukungnya mas…oke trims….

          1. Fitur OS 5 sudah mendekati jailbreak ada yang mirip sb setting, kemudian assistive touch, dan icloud dan masih byk lage, syns dengan itunes tanpa mencolokkan kabel tapi hanya menggunakan via wifii, kelebihan fungsi assistive touch “kita tidak perlu takut akan kerusakan pada tombol home karna dia berfungsi mengembalikan semua jalan ke arah home tanpa menekan tombol home, dan didalam assistve touch juga ada beberapa fungsi lage seperti rotation dan jauh berbeda dengan yg ada dijailbreak (SB Rotation) di OS 5 beberapa fungsi yang diinginkan para pengguna jailbreak dibuat lebih mantaf walaupun masih beberapa saja…dan yang pasti asli atau system aplikasi dari apple tidak berbenturan dengan dengan system aplikasi laen….karna satu sumber kan…dan disayangkan fitur download aplikasi canggih berbayar yang belom dibuat gratis ..hahahahahahhahah..trims…mungkin iphone4 saya jailbreak setelah ada untetherednya…trims mantaf sharingnya dari yang laen…hahahah…

          2. Betul, aplikasi cydia yang fiturnya mirip dengan yang ada di iOS 5 ada banyak, misalnya:
            MobileNotifier < sistem notifikasi di iOS 5, pembuatnya adalah seorang developer di Cydia yang direkrut sama Apple.
            Wi-Fi Sync < sinkron iDevice dengan pc via wifi, sudah ada di Cydia sejak lama: http://cydia.saurik.com/package/com.ghughes.wifisync ($9.99)
            Custom keyboard < mirip dengan Xpandr
            dll sebagainya.
            Semakin banyak fitur yang dibawa iOS 5 bukan berarti akan membunuh jailbreak apps, tapi sebaliknya, pada developer semakin bisa menggali potensi dari iOS 5 dan menciptakan lebih banyak lagi fitur2 yang mungkin tidak disangka2 -lebih inovatif, dll. Yang jelas kedua pihak tetap untung.

  10. mas ivan. pertanyaan kali ini agak memalukan. err… gimana caranya donlot aplikasi berbayar mas? kan katanya kalo jailbroken bisa, nah saya mau donlot whatsapp yg kebetulan udah ga gratis lagi, caranya gmna ya mas? thanks 🙂

      1. saya udah coba lewat installous mas. di laptop sama di iphone tulisannya ‘successfully installed” tapi pas dibuka gabisa, crash mulu gitu. kalo misalnya mas nemu link lain atau punya cara sendiri boleh dishare ya mas, thanks

        1. oke saya coba jawab buat putriperwira…karna saya pernah mengalami seperti anda…
          setelah anda install file whatsapp kemudian anda keluar dari installous dan ternyata aplikasi tidak jalan/crash.. anda harus masuk lage ke installous….pilih download…nah didalam kolom download tade pasti masih ada file tersebut itu kalo anda tidak menghapusnya …kalo masih ada,..tekan lage file tersebut dan muncul beberapa pilihan salah satunya install dan lakukan install ulang… biarkan semua proses install selesai dan jgn keluar dari installous dulu…oke apabila dah selesai kamu keluar dari installous kemudian lakukan respring …oke sudah….sekarang masuk lage dan liat pada page iphone anda biasanya ada dipage 2 paling bawah/geser page keatas untuk melihatnya..saya yakin pasti sudah ada dan berjalan…soallnya pengalaman ini saya alami setelah menjailbreak iphone4 saya pada saat OS4.3.5 yang masih tethered/blom sempurna.

  11. Hallo butuh bantuan nech
    Saya memiliki iPhone 4 dengan iOS 4.3.5 kemudian saya downgrade ke 4.3.3 Dan wal hasil iPhone tidak bisa keluar sinyal Dan Saya Harus menggunakan gevey untuk bisa keluar signal telpon , apakah kondisi ini bisa dikembalikan ke Asal ? Trimaksih

    1. iPhone 4 milik Anda pasti SU. iPhone yang direstore pasti akan terlock karena IMSI pada simcard Anda tidak cocok dengan informasi operator seluler yang ada di database Apple. Kalau mau fungsi teleponnya aktif lagi harus di unlock, unlock itu bisa dengan 2 jalan:
      * unlock berbasis Software: Dengan cara menginstall ultrasn0w tetapi membutuhkan jailbreak terlebih dulu.
      * unlock berbasis hardware: menggunakan gevey
      Sekali iPhone ter-lock maka seterusnya harus bergantung pada unlocker -baik itu unlock melalui software (ultrasn0w) atau hardware (gevey).

  12. Met siang..numpang tanya bro, sy uda jailbreak ios 4.3.5 (iohone 4), tp koq ga bisa restore atau uograde ke ios 5 ya?? mohon sarannya.. Makasi.

  13. Pada saat restore dari itunes, sy sudah menggunakan DFU mode (redsnow 0.9.9b4), dan di itunes ada pemberitahuan “the iphone could not be restored. An unknown error occurred (3194)” Ada solusi ya bro?

  14. halo Mas.. sorry nih q msh awam ttg iphone kbetulan dpt second 3G s dan sdh dijb,mau dihilangkan jb nya nih.. trus wktu hbs direstore simcardnya g trdeteksi(terkunci)… tindakan slanjutnya gmn Mas…

    1. simcard gak terdeteksi + muncul emergency call? iPhone Anda terkunci/locked karena iPhone Anda itu iPhone SU. iPhone yang sudah diupgrade ke iOS 5 pasti basebandnya juga naik. Satu-satunya cara adalah iPhone 3GS Anda harus dijailbreak dulu menggunakan redsn0w, kemudian basebandnya di upgrade ke versi iPad dan install software unlock untuk iPhone 3GS Anda.
      Baca2 ini dulu sebagai dasar:
      https://appbuntu.com/jailbreak/faq/#unlock
      https://appbuntu.com/jailbreak/faq/#program-unlock
      https://appbuntu.com/jailbreak/faq/#iphone-unlock
      https://appbuntu.com/jailbreak/faq/#jailbreak
      https://appbuntu.com/jailbreak/faq/#unlock-jb

      1. pantas az mas.. q pk simcard dr operator bawaannya tetep g mau kbuka.. ok Mas nih masih dunlud tools unlock… lg proses Mas  sblumnya trims buanget Mas 

    1. Jelaslah, walaupun punya simcard aslinya tapi kalau gak bisa nangkap sinyal dari simcard tersebut sama saja, tetap ter-lock.
      Redsn0w itu program untuk jailbreak, bukan untuk unlock. Coba cari tutorial “upgrade iPhone 3GS baseband”, setelah berhasil jailbreak + upgrade baseband Anda tinggal menginstall ultrasn0w untuk mengunlocknya.

      1. waduh Mas lum brhasil kliatannya yg prtama nyoba ada gbr nanas bckgrnd biru
        yg kedua nyoba lg cm gbr nanas doank
        akhirnya tak bikin just boot az…

          1. sdh Mas.. tp knp pas di ultrasn0w lum berhasil
            minta pencerahannya ya Mas… thanks banget sbelumnya…

          2. Sekarang basebandnya versi berapa? Coba baca2 ini dulu: https://appbuntu.com/unlock/ untuk mengecek baseband.
            Sudah install ultrasn0w 1.2.4 ?

          3. terus knp Mas kok lum bs terdeteksi simcardnya… sekali lagi sorry Mas nih msh awam ttg iphone.. apa perlu install ulang ultrasnownya??

          4. Gak masalah, sy akan coba bantu sebisa saya.
            Coba perjelas dulu:
            * Sekarang iOS nya versi berapa?
            * Jailbreaknya pake software apa, versi berapa?
            * Sudah coba masukkan beberapa simcard yang berbeda?

  15. numpang tanya lagi bro ivan yg baek….hehehe
    saya lg mencari aplikasi untuk iphone yang bisa untuk melacak nomor telephone atau sejenis nya…hehehe 
    soal nya kemarin pernah beberapa kali download itu hanya bisa melacak keberadaan kita saja….. bisa minta tau nama aplikasi nya apa yah bro…? 
    dan untuk aplikasi2 iphone yg lucu dan aneh apa aja yah….hehehe
    maaf jika pertanyaan saya merepotkan ….!

    1. Hi. thanks 🙂
      Memang kebanyakan cuma bisa melacak keberadaan karena basisnya dari maps/gps, findmyiphone saja masih berbasis maps/gps http://itunes.apple.com/us/app/find-my-iphone/id376101648?mt=8&ign-mpt=uo%3D4 . Maaf, kalau yang berbasis no hp saya belum tau 🙂

          1. entertainmet bro…..yang aneh2 aja….!! buat lucu-lucuan aja bro….. mohon maaf bro, tanya nya yg aneh2 neh…hehehe…. lagi santai soal nya….. maaf yah ^_^

          2. Sip, gak apa2.
            Coba beberapa apps ini (semuanya berbayar):
            * Scary Phone: http://itunes.apple.com/us/app/scary-phone/id367211436?mt=8&ign-mpt=uo%3D2
            * Can’t Touch This: http://itunes.apple.com/us/app/cant-touch-this/id464876542?mt=8&ign-mpt=uo%3D2 
            * Cleverbot: http://itunes.apple.com/us/app/cleverbot/id383010873?mt=8&ign-mpt=uo%3D2
            * Halloween Soundlab: http://itunes.apple.com/us/app/halloween-soundlab/id332388427?mt=8&ign-mpt=uo%3D2
            * Roll It Up: http://itunes.apple.com/us/app/roll-it-up/id399010506?mt=8&ign-mpt=uo%3D2
            * IMPOSSIBLE QUIZ!: http://itunes.apple.com/us/app/the-impossible-quiz!/id334503000?mt=8&ign-mpt=uo%3D2
            * SexyBooth+: http://itunes.apple.com/us/app/sexybooth/id409997521?mt=8&ign-mpt=uo%3D2
            * Tap DJ: http://itunes.apple.com/us/app/tap-dj-mix-scratch-your-music/id405088414?mt=8&ign-mpt=uo%3D2
            * Akinator: http://itunes.apple.com/app/akinator/id325822882?mt=8

          3. betewe iphone 3Gs saya maseh belom bisa mendownload melalui cydia kenapa yah….? kasus nya maseh sama seperti dulu… muncul gambar begini terus (lihat gambar)
            kenapa yah…?

          4. Bro, masih ingat dulu kira2 apa aplikasi Cydia yang terakhir kali diinstall sebelum error ini muncul?
            Kayaknya instalasi paket sebelumnya yang bermasalah.

          5. saya dulu di jailbrake dengan teman saya mealui counter toko hape….. sudah lama sekali….mungkin sudah lupa kali tuh orang bro…!!! saya baru tahu bahwa download melalui cydia bisa justru dari forum utubuntu ini bro…hahaha kuper saya….. jadi saya meski gemana neh bro supaya bisa download melalui cydia…? terimakasih sebelum dan sesudah nya….

          6. Coba re-install Cydianya. Download filenya dari http://apt.saurik.com/cydia-3.7/debs/cydia_1.1.1_iphoneos-arm.deb , kemudian transfer ke iPhone dan install dari iFile.

          7. file sudah saya download dan sudah saya masukan ke ifile tapi tidak bisa di instal yah bro ivan….? saya masukan file yg barusan saya download dr link tersebut ke aplikasi “ifile explore” melalui itunes…tp tidak bisa

  16. @dd0320a7dcd6a93e93973e26c59ff9f9:disqus , pertama install dulu iFile dari Cydia: http://cydia.saurik.com/package/eu.heinelt.ifile , lalu file Cydia yang sudah didownload tadi (http://apt.saurik.com/cydia-3.7/debs/cydia_1.1.1_iphoneos-arm.deb) ditransfer ke iPhone menggunakan program windows iPhone Explorer, terserah mau di masukkan ke direktori mana, yang penting mudah ditemukan. Selanjutnya buka iFile yang sudah diinstall dan cari file Cydia tadi (ekstensinya .deb), tinggal di klik -dan install.
    Mungkin butuh reboot setelah menginstall Cydia ini.

  17. maaf Om, nanya lagi:
    ane kan beli iPhone second yg udah dijailbreak. terus pas ane download itunes terus iPhonenya ane sambungin ke itunes, tiba2 secara otomatis terestore. terus app cydianya jadi ga ada.. apakah perlu di jailbreak lagi biar muncul app cydia nya? thanks… urgent banget Om

    1. Otomatis terestore? kayaknya gak mungkin tersetore tanpa ada konfirmasi dari usernya dulu. Kalau ter-restore (kemungkinan langsung ke iOS 5) sudah jelas Cydia dan isi dari iPhonenya akan hilang, kembali seperti baru. Kalau mau Cydia nya muncul lagi sudah jelas harus dijailbreak. Tapi ingat, jailbreak iPhone iOS 5 masih tethered.

          1. ane udah jailbreak pake firmware iOS 4.2.1 redsnow 0.9.6rc17
            terus di sudah ada keterangan “done” tapi cydia nya masih tetap putih.. knp ya om?

          2. Coba jailbreak ulang, tapi hanya beri centang pada opsi “just boot tethered now”, Install Cydianya gak perlu dicentang,
            Sudah coba pake greenpois0n atau redsn0w terbaru belum?

          3. “just book tethered now” sudah di centang dan sudah ada keterangan “done”…
            ane pake redsnow yg 0.9.6rc17. itu yg terbaru bukan?

    1. Halo @d7509a8288969df845788beac96ca647:disqus , kalau mau jailbreak iPhone 4 dengan versi iOS 4.3.5 bisa dilihat tutorialnya di sini: https://appbuntu.com/jailbreak/redsn0w/ , kalau mau download software redsn0w bisa dari halaman ini: https://appbuntu.com/downloads/.

      1. Mas… website yg mas ajar tu kok pada versi 4.3.3? apakah dengan cara itu masih bs digunakan di versi 4.3.5 n tmn gw ajar pake redsnow 0.9.8b4, sedangkan yg mas ajar hrs pake redsnow 0.9.9b7b. dengan cara apa yg lebih bagus untuk menjailbrake ip 4.3.5? thankss…

        1. halo lagi, ternyata Anda orangnya teliti, sy senang 🙂
          Saya pake 4.3.3 itu hanya sebagai contoh saja, kalau Anda punya iDevice dengan iOS 4.3.5 Anda tetap bisa mengikuti tutorial itu. Redsn0w versi 0.9.8b4 dan versi 0.9.9b7b itu berbeda dari segi tampilan dan fitur, saya mengajarkan yang versi 0.9.9b7b karena orang yang menggunakan iOS terbaru pasti carinya redsn0w terbaru juga. Redsn0w 0.9.9b7b bisa digunakan untuk iOS 5 dan 4.3.5.
          Btw, iPhone nya FU atau SU ?

          1. Thankss banget mas… mgkn iPhone gw FU cos gw belinya dr Singapore n dibawa plg lgsg bs dipake dgn kartu simpati gw…

          2. Kalau yakin iPhone nya FU sukur deh, gak usah takut ter-lock.
            Btw, daripada jailbreak ios 4.3.5 mendingan langsung di upgrade+jailbreak di iOS 5.0. Lumayan, banyak fitur barunya.

          3. Oooo.. emang klo salah jailbrakenya iphone bs terlock ya? karena gw ga yakin sih iphone gw FU or SU, karena waktu gw beli dah bs pake, ga tau di unlock dulu oleh orgnya atau ga…
            Gimana caranya upgrade+jailbreak di iOS 5.0? Lebih bagus di 5.0 ya? apakah ada efek terhadap iPhonenya…
            Thankss n sorry telah banyak nanya…

          4. Nope. iPhone ter-lock itu bukan karena jailbreak, tapi karena proses restore iOS. Waktu iPhone nya direstore/upgrade, iTunes akan menghubungi server Apple dan mengecek iPhone Anda, apakah menggunakan simcard yang cocok (yang bundle dengan operator) atau bukan, kalau simcardnya valid, maka proses restore sukses + simcard bisa dipakai. Tapi kalau setelah di cek ternyata simcardnya invalid (tidak memakai simcard bawaan operator) maka akan terlock, dan tidak bisa menerima signal gsm.
            Sedangkan jailbreak itu proses setelah restore/update, jadi tidak ada hubungannya dengan proses locking.
            Kalau iPhone Anda setelah dibeli belum pernah dijailbreak atau di unlock, kemungkinan besar itu FU.
            Untuk update iOS bisa baca di sini: https://appbuntu.com/jailbreak/guide/

          5. Thankss.. atas informasinya, ntar gw coba jailbrake,klo ada yg kurang ngerti, gw nanya lg ya… 🙂

  18. mas mau tanya, saya rencananya mo beli iPh 4G, terus ada keterangan Garansi “operator Plat merah” tapi tertera kalo versinya FU, yg saya bingung FU ko garansi operator ya? bukannya bundlingan berarti yg SU? sdh dilock sama operator tertentu? trims. soalnya takut salah beli,,hhee

    1. Menurut beberapa informasi yang sya dapat, kalo beli dari Telk*msel memang dapatnya iPhone FU bukan SU. Kalau iPhone SU biasanya pake kontrak 2 tahun + garansi (ini sudah pasti). Sedangkan kalau operator (dalam hal ini Telk*msel) menawarkan garansi saja kayak itu wajar2 saja. 

    1. Jailbreak itu cuma pilihan, bukan kewajiban. Ada juga orang yang cuma mau mencoba-coba jailbreak pada awalnya, tapi lama-lama ketagihan. Tapi ada juga orang yang gak terlalu senang dengan jailbreak, dan lebih pilih upgrade tapi gak di jailbreak lagi.

      1. sekarang saya menggunakan iphone4 32gb versi 4.2.1 dan telah di jailbrak saya pengen melakukan upgrade ke versi yg lebih tinggi mohon saran versi yg disarankan dan bagaimana caranya upgrade?

        1. iPhone Anda FU atau SU? Kalau SU caranya upgradenya agak lain.
          Kalau mau upgrade ke versi yang lebih tinggi (iOS 5) caranya mudah saja, tinggal hubungkan iPhone ke iTunes dan cek software terbarunya lalu restore, tapi setelah direstore semua data2 akan hilang (kembali seperti semula).
          Kalau misalnya nanti setelah pake iOS 5 Anda berniat untuk jailbreak, saya beritahu, jailbreak iOS 5 itu masih tethered: https://appbuntu.com/jailbreak/faq/#tethered.

          1. saya menggunakan iphone 4 32gb SU menggunakan sebuah simcard tray yang bernama Gevey saya ingin upgread ke versi 4.3.5 aja dulu,mohon saran dan langkah-langkahnya om biar ga salah…..

          2. Kalau pakai iPhone SU harus pake custom ipsw untuk merestorenya, gak boleh pake stock ipsw (ipsw yang didownload langsung dari Apple).
            Saat ini restore ke iOS 4.3.5 sudah gak bisa lagi, harus ke iOS 5, kalau dipaksa ke 4.3.5 pasti muncul error.
            Untuk mengupgrade + jailbreak iPhone 4 SU Anda bisa menggunakan sn0wbreeze, caranya ada di sini: http://www.ijailbreak.com/how-to/preserve-iphone-baseband-on-ios5-sn0wbreeze/
            Referensi: https://appbuntu.com/jailbreak/programs/

          3. Gak harus jailbreak kok, jailbreak itu hanya opsional. Kalau menggunakan sn0wbreeze pilih saja Preserve Baseband mode.
            Baca tentang sn0wbreeze di sini: https://appbuntu.com/jailbreak/programs/

  19. Om tanya lagi dong… kemaren pas abis jailbreak cydianya udah normal lagi… tapi saya melakukan kesalahan,,, saya buka sim card sementara iphone masih menyala stand by… awalnya cuma kartu simpati aja yg ga kedetek… eh sekarang semua kartu jadi ke detek… gmn nih Om???? basedband iphone saya :05.15.04 

    1. Baseband 05.15.04 ? ini iPhone 3G/3GS ya?
      iPhone nya FU atau SU? Kalau FU Coba masuk ke Settings > General > Reset, dan pilih Reset Network Settings, ini akan mereset setelan semua jaringan di iPhone Anda. Lakukan ini sambil sim yang terpasang.
      Good luck.

  20. bro ane kan bli iphone 2g secon udh jailbreak, seandainya ane ngirim aplikasi ke iphone ane apakah bisa menyebabkan jailbreak hilang?

      1. ngirim lewat itunes di computer saya, otomatis khan gamenya hilang smua, gmn dengan jailbreaknya,,apkah juga akan hilang,, thx boz,,

  21. Mas, aku punya iPhone 3gs FU baseband 06.15.00. selama ini melakukan upgrade dari FW. 3.1.3 sampai di FW. 4.3.3 semua tidak ada masah bawakan sy melakukan downgrade kesemua FW juga ga ada.. Tapi setelah saya nik ke iOS 5 malah iPhone sy tidak membaca SIM Card sama sekali dan saya melakukan downgarde ke semua FW. yg selama ini biasa saya lakukan pun sama no service dan ICCID no SIM . Saya juga sdh melakukan reset pun sama, saya berpikir iPhone saya mungkin berubah ke SU dan saya coba pakai ultras0w  juga tidak berhasil dan saya coba flashing baseband tapi iPhone ku tetap aj NO SERVICE
    Kira – kira penyebabnya  ini sehingga iPhone bisa seperti demikian. Mungkin  mas bisa di bantu saya, sebelunya ucapakan banyak terima kasih..

      1. Tidak ada iPhone 3GS dengan baseband 06.15.00. kalau punya saya ada ( pada saat di iOS 4.2.1 saya upgarde ke baseband saya ke ke 06.15.00 pakai redsnow ) semuanya berjalan baik2 saja. tapi setelah naik ke iOS 5 saya mengalami hal seperti ini..
        saya juga sudah coba pakai custom iPSW ( Build iPSW pakai sn0wbreeze-v2.8b8 ) juga sama yang muncul di iTunes ” There is no SIM Card insttaled in the iPhone your are attempting to active”
        saya juga sdh downgrade ke  iPSW 4.0, 4.2.1, 4.3, 4.3.1, 4.3.2, 4.3.3 dan 4.3.5 semua sama saj.. mau pakai Custom juga sama saja.
        Kira2 kenapa sampai demikian ..  saya juga sudah kehabisan akal nie.
        Thanks.

        1. Maksud saya tidak ada iPhone 3GS yang defaultnya pake baseband 06.15.00, kalau ada itu berarti basebandnya sudah diupgrade (bukan bawaan dari Apple). iPhone Anda FU? kenapa basebandnya di upgrade ke 06.15.00? Biasanya hanya iPhone SU yang butuh unlock saja yang basebandnnya di upgrade ke versi 06.15.00 supaya ultrasn0w bisa bekerja.
          Mungkin komentar dari @Blackgers https://appbuntu.com/jailbreak/#comment-354426402 bisa membantu.

  22. mas iphone q 2g secon udh jailbreak, klo aq mw download lewat itunes q apakah smua aplikasinya hilang,apakah jailbreaknya juga hilang,apakah cydianya juga hilang,,,, tolong pencerahanya mas… ty sbelumnya mas…

  23. mas saya ko gak bisa buka iTunes store yg di PC ya? kira2 kenapa mas? sudah saya tunggu lama2 tp yg muncul cma tulisan “iTunes Store”

  24. halo bro,
    mau tanya tadi nyoba restore jailbreak iphone 4 (ios4.3.5) tapi sudah nunggu di itune tiba2 gak bisa restore (failed to restore) bisa bantu kenapa bro?
    thanks sebelumnya

  25. saya udah dari 3hr mau jailbreak tp tetep ga bisa, pake greenpoi0n pas lima detik terakhir prepare DFU selalu bunyi kyk flashdisk dicabut, alias minta try again lg…pake redsnow stuck di prepare to reboot…mohon solusinya om.

    1. Halo bro @5e80c7eae45c56e2c12424b5133adf9e:disqus , maaf terlambat di balas 🙂
      Sebelum jailbreak coba tips ini:
      Ganti port USB,
      Ganti pake PC lain
      dan ikuti langkah di sini: https://appbuntu.com/2011/04/mengatasi-masalah-uploading-ramdisk-pada-saat-jailbreak-dengan-redsn0w/
      Good luck.

  26. Gan,, mungkin gak sih Iphone 3Gs iOs 4.3.5 itu untethered? atau belum pernah JB gitu mungkin gak sih? atau kalau enggak cara untuk ngetahui itu untethered atau tethered gimana? atau pasti kalo Os 4.3.5 itu tethered? terima kasih sebelumnya?

  27. mo nanya ni boss, iphone 3gs 32gb saya dari ios 3 dah di upgrade ke ios 4, lalu saya upgrade ke ios 5, tapi setelah ios5nya terinstal iphone saya ga bisa dioperasikan,home nya muncul tapi searching jaringan terus knp ya om? terima kasih

      1. bener bos bukan fu, tpi dari ios3 ke4 ga maslah .udah saya coba resetnetwork masih ga bisa bos, kmn lg harus di perbaiki boss, terima kasih

  28. mw tanya dong… sya punya ipod 4gen IOS5 baru beli trs saya mw jailbreak di ios4.3.3 tp pas sy mau downgrade ke 4.3.3 ada pesan “bla3x…. error 3194 …. bla3x” dan akhirnya tidak bisa downgrade…
    sy mau tanya kenapa tidak bisa downgrade ke 4.3.3?? apakah krn SHSHnya ato gmn??
    thx buat jawabannya

    1. Sekarang sudah gak bisa upgrade ke 4.3.3, karena versi terbaru sekarang adalah iOS 5.0. Kalau pernah save SHSH untuk 4.3.3 pasti bisa upgrade ke 4.3.3, tapi kalau belum pernah maka harus ke 5.0.

      1.  jadi mksudnya klo bawaan ios ipodnya pas pertama kali beli ios5 tidak bisa downgrade ke 4.3.3 ya
        tp klo bawaanya ipod nya pertama kali beli ios4 trs di update ke ios5 selama masih ada SHSHnya masi bisa downgrade ke ios4 ya..
        gtu bukan mas mksudnya?? saya takut salah ngerti. thx.

        1. Yup, kalau bawaannya sudah iOS 5, kita tidak bisa lagi mendowngradenya. Kalau bawaannya masih iOS 4.0, terus mau di upgrade, maka upgradenya harus naik ke iOS versi paling baru (yaitu iOS 5).
          Untuk masalah SHSH, sebaiknya Anda baca dulu statusnya dari halaman ini: https://appbuntu.com/jailbreak/

          1. Mas Ivan nanya nih…itunes saya terlanjur  terupdate ke versi OS 5.0.1, gimana ya balekin ke versi OS 5.0. ???

  29. gan,,,ipod touch ( 4.3.5 ud di JB )ane kena restart,lupa kl ga blh drestart,jd cm muncul logo apple,,,tlng solusinya gan..jd panik nih……..

  30. bro ivan, nanya nih:
    – iP4cdma inject smart IOS v4.2.8(8E401) kalau mau upgrade ke iOs 5 bisa ngga y? kalau bisa apakah software upgradenya sama dg yg GSM? dan kalau bisa apakah hasilnya berpengaruh pada koneksi inject-nya (phone maupun data network/internetnya)
    -kalau sdh inject apakah artinya juga sdh di JB lebih dahulu?
    tq

    1. Hmm.. saya belum pernah berurusan dengan iPhone CDMA bro, jadi belum paham dengan proses inject nya, apakah terhapus pada saat melakukan upgrade atau tidak.
      Saya sarankan Anda konsultasi dulu ke orang yang lebih paham tentang itu, misalnya di tempat service iPhone dll.

  31. halo, saya sukses menjailbreak ipad iOS 5 tapi kok banyak aplikasi yang gagal waktu saya sinc aplikasi yah? tolong bantuannya. terimakasih

      1. itu aplikasi yang saya dapat dari jailbreakan sebelumnya di 4.3.5 bisa berfungsi, apa ada trik atau cara biar aplikasi ini bisa di instal di device?

  32. tanya prof. ivan…sy barusan beli iphone 3Gs bekas dulu belinya di amerika…ios terakhir seingat saya 4. berapa..krn tidak tau langsung sy upgrade ke 5 via itune 10.5 trus gagal..muncul backup jg gagal…saya restore juga muncul error…skrg yg muncul di layar adalah gambar kabel data dicolok ke itunes….apa yg harus saya lakukan..???
    makasih berat prof….

  33. mau tanya dong bro ivan….. sebelumnya sudah download ios 5 di itunes tanpa update iphone 4 nya, nah permasalahannya sekarang ceritanya mau upgrade ke ios 5 tapi diitunes upgradenya ke ios 5.0.1 btw bisa gak upgrade ios 5 saja tanpa upgrade ke ios 5.0.1
    terima kasih banyak ya sebelumnya :))
    PS: oh iya ios iphone 4 saya 4.3.5 

          1. yaaaa….. kucewa euy…. :(( nyesel tdk upgrade dulu2 ke ios 5.0…
            btw thanks alot ya bro sudah dijawab….

    1. Wah jelas saja Anda tidak dilayani di Apple Store karena jailbreaking itu tidak disukai oleh Apple: http://support.apple.com/kb/ht3743
      Jailbreak itu dikerjakan sendiri oleh pengguna, tutorialnya pun sudah banyak, yang penting mengerti dulu tentang jailbreak. Kalau mau upgrade iOS pun begitu, upgrade bisa dilakukan lansung dari komputer yang sudah terinstall iTunes.
      Kalau mau jailbreak yang gak susah ya ke tempat service iPhone, atau kalau mau belajar sendiri bisa dari tutorial yang ada di internet.

  34. Bos Ivan, saya mau tanya donk..
    saya  game ke ipad 2 yg menggunakan IOS 4.3.5 ( blom di JB )
    trus keluar ketererangan error 0x-E8008001
    masalah nya di ipad 1 saya bisa IOS 5.0 ( JB )
    sedangkan di ipad 2 ini ga bisa
    tolong di bantu donk solusi nya.. trims sebelumnya

    1. Error 0x-E8008001 muncul kalau kita berusaha menginstall aplikasi baj*akan/cra*ck ke iPad melalui iTunes. iTunes memang tidak mengijinkan kita untuk menginstall aplikasi yang didownload bukan dari App Store (resmi).
      Kalau iPad nya bisa diinstall games baja*kan, mungkin itu karena sudah dijailbreak, sedangkan iPad 2 yang belum dijailbreak tidak bisa sama sekali.
      Solusinya? Install aplikasi yang Anda download sendiri dari App Store.

  35. bos saya punya iPhone 3Gs.. versi 4.3.3 trus mau update iOS 5… yg saya download adalah iOS 5.0 downloadnya via link lain bukan dari itunesnya… trus klik shift restore muncul error 3149…. saya coba update  iTunes jadi 5.0.1 restart kompi muncul erro 3002… gemena tuh gan ??

    1. Kalau update nya ke 5.0 pasti akan muncul error 3194. Untuk error 3002 nya coba ikuti tips di sini: https://appbuntu.com/2011/10/mengatasi-error-3194-dan-3002-pada-saat-update-ios/ 

  36. maksih gan infonya
    sekalian neh mau tanya masalah yang 3194
    dari 4.3.5 upgrade ke 5.0 keluar error 3194
    lalu saya melakukan langkah2 yang gan kasih, masih tetep keluar gan..
    apa ada solusi lain nya ga?
    trims

  37. mau tanya dong, iphone kk saya lupa lock passwordnya. pengennya di restore, cuma takut, soalnya basebandnya udah 4.10.11, ntar malah naik..
    suhu2 di sini bisa bantu ga? gmn caranya buka kuncinya iphone tanpa restore?
    soalnya td dibw ke pc mac, eh dsuru bayar 🙁 dia udah tau passnya tp dsuru bayar baru dikasi tau passwordnya

          1. sudah gan, langsung di disable passwordnya 😀 wkwk
            oya lagi 1, ta liat di firmwarenya dia kok 1.0.13 ya? padahal iphone 4.. nubi jadi ga tau :p

          2. makanya bingung, ini ta liat di iphonenya dia 😐 gan ivan ada ym/email ga? saya ada bbrapa hal yg ingin ditanya sbnernya, agak susah dsni 😀 biar bs japri

  38. mas bisa bantu saya , tadi malam saya mengganti nama aplikasi sesuai dengan nama games nya di iexplorer , rupanya saya baru tahu akibat menukar nama tersebut , aplikasi nya pada springboard berubah menjadi kotak kosong dan tidak bisa di mainkan , yang ingin saya tanyakan apakah bisa mengembalikan nama aslinya supaya aplikasi tersebut dapat kembali di mainkan , mohon mas beri petunjuk ,, soalnya sudah banyak aplikasi yang saya tukar nama nya ,,
    trima kasih

  39. Thanks berat dengan informasinya, komplit…
    mau tanya gan, cara reset apple ID di ipad 1 gmana gan, saya lupa waktu pake cydia mau download beberapa kali salah terus, buat baru di mobile me tapi larinya ke yang pertama. gmana gan caranya? thank you.

  40. Gan numpang tanya dong, ane pake iphone 4 tidak di Jailbreak..
    mau update software sendiri lewat itunes ke OS5 bisa kan gan? atau harus saya bawa ke toko HP??
    saya belinya baru masih Ori nih.. takut ke kunci gan.. tolong yaa..
    email : [email protected]:disqus .com
    thanks

    1. Kalau mau update software sendiri sih boleh2 saja, malah disarankan. Kalau ke toko hp cuma untuk update software saja sepertinya terlalu berlebihan (sayang ongkosnya). Kalau belum ada pengalaman update sendiri bisa belajar dari internet, sudah banyak tutorialnya.
      Takut ke kunci? iPhone Anda beli dimana? beli diluar negeri ya (SU)?

      1. kalau mau update tinggal pilih download aja di itunes kan gan..
        kalo iphonenya belinya sih di sini, cuma ane kurang ngerti aja.. abis ditakut2in sama orang2 di toko HP..
        jadi bisa ya gan.. gak ada resiko ke kunci ya?

  41. mas mau tanya, saya punya iphone4 dari UK,untuk mengaktifkan saya menggunakan gevey simcard dan kemarin saya upgrade ios5 dan sekarang iphone saya tidak bisa digunakan lagi….dia muncul notification yang berbunyi seperti ini (only compatible sim card from a supported carrier may be used to activate iphone. please insert the sim card that came with your iphone or visit a supported carriers store to receive a replacement sim card.) tolong di bantu…sedangkan sim card yang asli sudah hilang….

    1. iPhone yang Anda beli dari UK tsb pasti SU (bundle dengan operator setempat). Kalau sudah terlanjur terupdate iOS nya ke versi 5.0 berarti basebandnya juga naik, sedangkan baseband yang terbaru belum disupport oleh Gevey, makanya muncul pemberitahuan seperti itu.
      Saya kurang yakin apkah simcard originalnya bisa membantu dlam kondisi seperti ini, apakah harus terhubung ke sinyal dari operator asli atau cukup dengan memasukkan simcard nya saja.
      Jalan satu2 nya, jailbreak dulu dan tunggu sampai Gevey terbaru dirilis untuk mensupport versi baseband dari iPhone Anda.

          1. Mas iPhone saya sudah pernah jailbreak sebelumnya Dan sudah terinstall cydia juga,Lalu apakah saya harus menjailbreak lagi dengan keadaan iPhone saya saat ini? Thanks before

          2. Kalau sudah pernah dijailbreak (dan gak ada masalah apa2) sebaiknya gak usah di jailbreak lagi. Mending sabar menunggu sampai unlock nya keluar (gak bisa jamin kapan).

          3. Mas Ivan yang di maksudnya saya harus menunggu unlock itu Bagaimana? Atau saya harus menunggu keluaran gevey simcard terbaru dan baru bisa menggunakan iPhone saya seperti sedia kala? Atau nunggu unlock Dari apple,thanks before

          4. Nunggu unlock itu maksudnya kalau bukan ultrasn0w terbaru ya gevey terbaru. Apple tidak mengeluarkan program/software unlock untuk iPhone. Para hacker yang membuatnya.

  42. gan ivan, saya mau tanya saya sudah jb iphone saya (4.3.5) tapi saya mau install app dari situs lain tetep ga bisa yah di sync dr itunes? kenapa ya?

  43. gan numpang tanya…. saya coba downgrade ipod touch 4G dari 5.0.1 ke 4.3.3. tanpa SHSH blobs awalnya berhasil, tapi masalahnya springboard tak bisa nyala, di colokin ke itunes masih terdeteksi dengan firmware 4.3.3. kalo saya off, harus dipancing pake redsnow 0.9.6rc16 baru bisa nyala lagi. padahal kan belum saya JB. cydia pun belum terinstal.???

    1. Berhasil? baguslah kalau begitu.
      Yakin belum ada shsh blobs nya? sudah pernah dicek pakai redsn0w atau TinyUmbrella? Springboard tidak bisa nyala itu maksudnya gimana?
      iOS 4.3.3 yang digunakan untuk downgrade download dari server Apple atau custom ipsw?

          1. iya mas, saya juga pernah mengalami. iphone 4, mulai dari ios awalnya sampe terakhir di ios 5, blm pernah di jailbreak.. pada saat dlm progres jailbreak di ios 5, gagal.. file iosnya corrupt krn saat jailbreak laptop hang..  iphone jadi tidak mau di restore.. waktu itu ios 501 blm keluar.. dah di coba dgn pc / laptop yg berbeda beda, dan  mencoba memakai berbagai macam program jailbreaknya.. tetep gak bisa kembali normal.. akhirnya salah satu cara biar bisa hidup iphonenya, saya nekat lah walaupun info yg beredar mengatakan tidak bisa downgrade tanpa save shsh.. ternyata berhasil mas.. saya downgrade ke 433, jb untetherednya yg saya incar.. 

          2. Berhasil downgrade, tapi apakah pernah ada masalah seperti yang dialami oleh @google-b53801fbb811ab596d5eb637a06b6abf:disqus ? Misalnya tidak bisa masuk ke springboard, dll. ?

  44. Mas,..
    bagaimana caranya mengetahui iphone tersebut su apa fu ? ( iphone dlam kondisi stuck, di logo apple. stuck saat di lakukan downgrade ), bisakah kita mengetahui bahwa iphone tersebut su atau fu, bila melihat dari serial number nya atau dari seri modelnya.. 
    trimas kasih mas ivan.. atas waktu dan jawabannya… 

  45. Mas saya mau tanya mengenai masalah penggunaan Unique Certificate untuk Push Notification dan hubungan nya dengan Battery draining.
    begini mas iphone ane adalah 3GS SU yg tentu saja Push notification nya tidak jalan, lalu saya merasakan kalo iphone SU saya ini baterai nya sangat cepat habis padahal tidak bisa push notification. saya tidak melakukan aktifitas yg berlebih pada iphone saya.saya diamkan dalam posisi sleep saja dalam 5 jam bisa hilang 20%.lalu saya mulai mencari bagaimana memperbaiki battery draining ini, akhirnya saya menemukan link ini http://www.redmondpie.com/fix-battery-drain-issue-after-unlocking-iphone-3gs-3g-with-ultrasn0w-1.2-on-baseband-6.15.00/ disana ada statement kalau borosnya batre disebabkan oleh iphone yg terus mencari valid push certificate sepanjang waktu. di situs itu dijelaskan dalam salah satu metode untuk mengatasi issue battery draining dengan mengaktivasi iphone dengan SIM card official nya melalui itunes.
    nah yang saya ingin tanyakan :
    1. apakah borosnya baterai pada iphone saya ini disebabkan oleh iphone yg terus mencari valid certificate itu?
    2. apakah kalau saya melakukan aktivasi SIM card Official nya melalui itunes dapat menyelsaikan masalah borosnya baterai sekaligus melancarkan push notification?
    3. saya melihat di FJB kaskus, ada yg menawarkan jasa untuk melancarkan push notif pada iphone SU dengan memberikan IMEI kita ke dia, dia memberikan penjelasan singkat nya seperti ini “setiap iphone akan gwe berikan push-apple-id yg berbeda (push-apple-id inilah yg perlu anda bayar)..sedangkan klo yg di cydia.. semua iphone2 mempunyai push-apple-id yg sama dipake oleh ratusan ribu iphone, tentu hasilnya menjadi jelek… ” , 
    apakah yg ditawarkan oleh penjual tersebut prinsip nya sama dengan melakukan aktivasi SIM di itunes, sehingga saya juga bisa mengatasi masalah borosnya baterai saya ini?
    demikian pertanyaan saya mas, terima kasih sebelumnya karena telah membaca pertanyaan nya, saya sangat mengharapkan jawaban dari mas…..makasi yaaa.

    1. 1. iPhone 3GS SU yang sudah upgrade baseband ke versi 06.15.00 selain bermasalah dengan GPS memang bermasalah juga dengan sistem notifikasinya.
      Kalau masalah borosnya baterai, seperti yang dijelaskan dari RedmonPie (saya kutip):

      […] seem to keep looking for valid push certificates all the time, […]

      Seperti nya penjelasannya betul, iPhone yang SU akan meminta mengaktifkan dirinya terus menerus. Kalau  Anda sudah mengecek pemakaian internetnya dan memang betul2 meningkat walaupun tidak dipakai, berarti penyebab borosnya memang karena masalah push certificates ini.
      2.  Ya,

      So to resolve this, u either:
      A) try to activate the phone using the official sim if u have it
      (even if the sim itself is old and not working) , or borrow it from a
      friend if it’s possible, by any means, try to have an access to one and
      use it

      3. Saya tidak yakin ini berhasil. Kalau threadnya ramai, dan sudah banyak yang mencobanya coba Anda hubungi mereka yang sudah pernah coba dan tanyakan secara detail prosesnya (tanya langsung ke pelanggan jangan ke penjualnya). Tanya juga, apakah ada yang punya problem sama (cepat lowbat), dan apakah setelah membeli push-apple-id tersebut iPhone nya jadi normal kembali atau tidak.
      Dari link yang Anda berikan diatas, ada satu link sumber yang bisa Anda coba:
      http://www.bingner.com/SAM.html
      http://www.addictivetips.com/mobile/fix-imessage-facetime-push-notifications-on-hacktivated-iphone-4-3gs/

      1. terima kasih mas jawaban nya, setelah saya tanya ternyata penjual tersebut menggunakan pushfix berbayar http://www.pushfix.info/purchase .
        bagaimana menurut mas, apakah  ini prinsip nya sama dengan aktivasi official SIM card untuk generate certificate?

        1. Pusfix:

          If you have activated your iPhone (original,3G,3GS,4) without an authorized SIM card (i.e. Hacktivated) and are running OS 3.x or iOS 4,
          then your push functionality is probably not working. The existing
          fixes haven’t worked because there is only one certificate that many
          people are sharing. For the push notification service to work, every
          device needs a unique 1024 bit certificate. The certificate does not
          contain any information about your device, so I can provide certificates
          without any information from your phone.

          sama dengan yang dikatakan oleh BigBoss (http://thebigboss.org/ultrasn0w-battery-drain-temp-solution)

          The 4.1 and 4.2.1 ipsws unlike their old ancestors, seem to keep looking
          for valid push certificates all the time, either thru your wifi, or
          thru your cellular data network (which u only have after installing
          ultrasn0w and hence u accuse it)

          Kalau dilihat dari testimonial yang ada pada situs web pusfix sepertinya memang meyakinkan, karena banyak tanggapan positif.
          Gak ada salahnya dicoba.

          1. ternyata Pushfix itu belum support OS 5 mas, sedangkan 3GS saya sudah OS 5.
            brarti metode yg tersisa tinggal menggunakan official SIM card nya.
            kalo cara aktivasi dengan official SIM itu caranya bagaimana ya mas?apa tinggal nyalain iphone dengan SIM official sambil connect ke itunes nya?

  46. mas aku punya masalh nih ama iPhone 3gs ku… abis jailbreak unthetered dari jailbreakme.com.  iPhone nya jadi nge restart melulu.. ga bisa masuk ke Home.  trus pas maw restore lewat iTunes  muncul  “error 1602”  . ntolong kasi solusinya.. makasi mas

  47. Nanya mas ivan…kalo itunes terlanjur update ke versi 5.0.1, gimana ya balekin ke OS 5.0. lage…??? soalnya iphone4 saya masih di OS 5.0 apa nanti kalo restore + ship masih bisa, trims….

    1. Kalau sudah di 5.0.1 tidak bisa lagi di downgrade ke 5.0. Makanya selama masih menggunakan iOS 5.0 sebaiknya hati2 kalau menerima pemberitahuan update dari iTunes.

  48. gan mau nanya iphone saya 3Gs SU ios 4.1 mau upgrade ke Ios 5 tp gabisa trs? kenapa ya
    baseband nya udah 6.15 
    kira” gimana ya, makasih.

  49. Om Ivan mw Tanya Kalo dilihat dr penjelasan ttg SU Dan FU diatas,apakah iPhone 3GS saya termasuk yg dinamakan FU Krn saya bs pake sim card yg lainnya?Krn sy msh ragu byk org blg iPhone sy adalah SU? Pertanyaannya apakah ad ciri2 lain selain penjelasan di atas.thx om

      1. iy kata “dia” bhw iphone saya adalah SU krn iphone saya pada saat dinaikan versi harus diunlock dl..benar ga?btw maaf om newbie nih pake apple mohon pencerahannya..

        1. om ivan kayanya udh terjawab melihat dikaskus bhw iphone 3gs saya adalah SU,saya melihat dr perbedaan dr model device yg diawali dengan “MD” (FU) sedangkan yg diawali dgn “MB” or “MC” adalah (SU)..(mohon diralat apabila ad kesalahan)..
          satu lagi om saya mw upgrade ke versi IOS 433 caranya gmna ya?mwnya sih ke IOS versi 5 tp katanya klo SU belum untreted ya?anyway IOS saat ini saya pake 4.1 dengan Baseband 06.15.00.mohon pencerahannya om.thx..

          1. Kalau SU sebaiknya bertahan di 4.1, apalagi basebandnya sudah diupgrade ke versi iPad. Kalau misalnya Anda upgrade pasti harus ke 5.0.1, tidak bisa ke 5.0 lagi padahal ultrasn0w 1.2.4 (terbaru saat ini) hanya support sampai iOS 5.0 saja. Itu artinya kalau iPhone Anda di upgrade, kemungkinan besar akan ter-lock.

  50. alo gan, maaf klo itunes sy udh pake yg terup to date, tp ipad sy msh ios 5.0, klo sy mo restore ipad sy bs gak mas pake itunes yg udh ter up to dare tsb??

    1. Justru kalau mau upgrade ke iOS 5 dianjurkan untuk menggunakan iTunes terbaru. Kalau iTunes nya masih versi lama ada kamungkinan iOS 5.x nya tidak dikenali oleh iTunes, atau kadang2 menyebabkan error ditengah proses restore.

  51. gan mohon bantuan nya…versi iphone saya sekrg 5.0..
    sedangkan saya mau downgrade ke versi 4.3.3..
    saya sudah pernah menyimpan SHSH nya waktu 4.3.3..
    mohon bantuannya gan..

    1. Kalau di jailbreak bisa, tapi kalau di unlock sih tergantung basebandnya. Buka halaman https://appbuntu.com/unlock/ untuk mengecek apakah iPhone Anda bisa di unlock atau tidak.

  52. gan tolong bantuannya iphone aku 3gs awalnya ios-nya 4.0.1 di upgrate 5.0.1 dan tidak sempat save SHSH-nya. setelah di upgrate ada masalah lg di iphone ter tulis untuk mengaktikan iphon sambungkan ke itunes atau pilih jaringan wifi tp sdh aku coba beberapa kali ke jaringan wifi tidak bisa jg.
    AKU MOHON BANTUANNYA GAN

    1. GAN,
      Ini sudah dibahas kemarin bukan? Apakah iPhone Anda itu carrier-locked ? kalau ya berarti iPhone Anda itu ter-lock.
      Mungkin Anda perlu baca ini supaya tdak berulang2 membuat pertanyaan yang sama:
      https://appbuntu.com/jailbreak/faq/#iphone-su
      https://appbuntu.com/jailbreak/faq/#iphone-carrier
      https://appbuntu.com/jailbreak/faq/#unlock
      https://appbuntu.com/jailbreak/faq/#unlock-program
      https://appbuntu.com/jailbreak/faq/#unlock-iphone
      https://appbuntu.com/jailbreak/faq/#baseband
      https://appbuntu.com/jailbreak/faq/#jailbreak-unlock
      ANDA MAU DIBANTU? TOLONG BACA LINK DIATAS

      1. Pertama saya mohon maaf yah gan 🙁
        setelah aku baca di atas aku agak bunggung apa yang harus di lakukan dan yang berikut saya sdh coba untuk download *TinyUmbrella (*program yang digunakan untuk merequest SHSH dari versi iOS yang terinstall pada device Anda)* tp nda mau jalan di komputer aku*
        Pada 10 Desember 2011 11:28, Disqus
        menulis:

      2. gan aku sdh ikut saran dari gan dan iphone aku sdh bisa masuk ke MENU dan yang laiinnya. namun signalnya masih g dapat jg. cara apa yang bisa aku lakukan untuk mendapatkan signalnya kembali.
        terima kasih
        Pada 10 Desember 2011 11:53, Eka Irianto Armyn Tahir eka menulis:

          1. aku mohon maat sebelumnya nih gan
            mengingat koneksi internet di t4 aku lemot bisa nda gan aku minta nomor Hp gan. agar lebih mudah berkonsultasi dengan gan.
            2011/12/12 Disqus

          2. iphone sebelumnya menggunakan ios 5.0.1 dan mendapat masalah yaitu nda bisa masuk di menu dan yang lain2.
            setelah aku membaca saran dari gan ivan akhirnya aku mencoba Downgrade menggunakan ios 4.2.1 dengan frimware modem 05.15.04 setelah aku mencoba ios 4.2.1 menu dan yang lainnya sudah bisa k buka tetapi signalnya yg belum bisa.
            pertanyaan saya ke gan apakah aku masih bisa Downgrade ke versi 4.0.2 frimware modem 05.13.04
            sesuai dengan yang saya baca di sini https://appbuntu.com/unlock/
            Pada 12 Desember 2011 13:42, Eka Irianto Armyn Tahir eka menulis:

          3. Nda bisa masuk ke menu2 yang lain? bisa dijelaskan lebih spesifik masalahnya seperti apa? Bukannya sudah bisa cek versi modem firmware ya? Itu kan artinya sudah bisa masuk ke menu, dll.
            Saran dari saya? Kapan tuh saya memberikan saran ke Anda untuk downgrade?

          4. maaf gan aku nongol lagi nih 🙂
            teman aku punya masalah sama iphone 3g 8g yaitu WIFI udah nga bisa lagi di gunakan udah hampir seminggu. menurut gan solusinya apa?
            Pada 12 Desember 2011 19:01, Disqus
            menulis:

          5. tiba2 aja udah g berfungsi lagi. sebelumnya teman aku menggunakan ios 313 dan sdh di coba untuk di repair namun sama aja wifinya g bisa di gunakan apakah ada solusi lain dari agan?
            Pada 4 Januari 2012 09:23, Disqus menulis:

          6. Kalau secara “tiba2” sih sulit nebak dimana masalahnya. Coba tanya dulu deh teman Anda, sebelum Wi-Fi nya rusak dia install atau utak-atik apa.

          7. terakhir temanku instal GPS namun penginstalan tidak berhasil. gan tolong di postingin cara merawat wifi iphone aku jg sdh mulai ketakutan dengan kejadian yang di alami iphone temanku.
            Pada 4 Januari 2012 09:32, Disqus menulis:

          8. gan di iphonenya tidak ada nomor modem tp kl nomor model ada
            ini MC133X mohon bantuannya yah gan
            Pada 12 Desember 2011 11:27, Eka Irianto Armyn Tahir eka menulis:

  53. gan….mo nanya nich…klu iphone yg dijual di korea (made in china) apakah bisa dpake di indonesia mngingat sistem di korea sama di indonesia itu tidak sama…???? trimakasih

  54. gan….mo nanya nich…klu iphone yg dijual di korea (made in china) apakah bisa dpake di indonesia mngingat sistem di korea sama di indonesia itu tidak sama…???? trimakasih

  55. mas bro sampai brapa lama biasa nya menunggu waiting for divice pada ibooty kok kayak nya lama banget
    mohon bantuan nya.. thank’s

  56. gan numpang tanya dong,,,
    kemaren aku sempet downgrade iphone 3gs dari ios 5.0.1 ke 4.1 dan udah save shsh lewat TU
    di TU diliatin shsh yang uda saved (4.1 dan 5.0.1)
    misal aku pengen upgrade k 4.3.3 butuh shsh ga ya gan?
    kan menurut tabel shsh agan untuk ios 4.3.3 uda k close…
    kira2 masi punya harapan ga gan buat upgrade dari 4.1 ke 4.3.3 tnpa shsh tersimpan?
    matur suwun uda baca n mau jawab
    salam,

  57. mau nanya lagi om saya udah jailbreak ios 5.0.1 dan rencana pengen semi-tethered saya udah instal aplikasi semitether nya setelah selesai saya coba restart device keluar tampilan awal yg harus di geser tapi loading trus dan kembali ke tampilan awal dan loading lagi dan trus berulang2 tanpa bisa masuk tampilan aplikasi. itu knp yah?

    1. Kalau iPhone nya di reboot tanpa boot-tethered apakah masih bisa masuk ke homescreen? Kalau bisa artinya SemiTether nya masih bekerja normal. Tapi kalau misalnya tidak bisa, itu artinya semitether nya tidak cocok.
      Kalau penyebab masalahnya adalah SemiTether, coba matikan iPhone nya, kemudian hidupkan boot-tethered dari redsn0w. Kalau sudah berhasil masuk ke homescreen mendingan semitether nya dihapus saja.

  58. mas ivan, numpang tanya nih
    iphone 3gs 5.0.1 saya kok gak bisa di jailbreak ya, saya sudah download redsnow 0.9.9b8 dan sudah download ipsw restore nya
    tetapi ketika di jailbreak muncul gambar itunes di iphone saya
    mohon bantuan nya mas

  59. dear mas ivan..mo tnya,knpa ya iphone 3GS stlah d upgrade to iOS 5.0.1 gx bs d jailbreak infonya sidik jari tdk d knal…help gan….

      1. gan,,skrg dah bs d JB,tp kndalanya ini device SU jd ter “lock” networknya krna Baseband nya terupgrade..pncerahan nya gan..????

        1. Knapa tidak bilang dari awal kalau iPhone nya SU !?? Seharusnya iPHone SU dijailbreak/unlock pakai sn0wbreeze. Yah.. mau tidak mau basebandnya harus di upgrade ke baseband iPad dan di unlock pakai ultrasn0w.

          1. Cek dulu iPhone nya, new bootrom atau old bootrom?
            Baca2 dulu tutorial di sini: http://www.tipb.com/2011/12/01/unlock-iphone-3g-3gs-ios-5-501/ sebelum mengunlocknya.

  60. bro ivan minta sarannya dong….mending beli iphone4s trus di downgrade biar bs di JB apa mending beli iphone4 yg sdh bs JB ? tq

    1. Yang paling Anda butuhkan dari i4S itu apanya? apakah fitur2 yang Anda inginkan masih tersedia di i4? 
      iPhone 4S dirilis dengan iOS 5.0/5.0.1, jadi tidak mungkin didowngrade ke versi 4.3.3 atau dibawahnya, karena tidak ada versi iOS yang tersedia untuk iPhone 4S selain iOS 5.0.1. iPhone 4S sampai sekarang belum bisa dijailbreak, tapi bisa saja 1-2 minggu kedepannya sudah bisa, yang jelas saya tidak bisa jamin kapan keluar JB nya. Yang penting, biarpun bisa di JB, iPhone 4S tetap tidak bisa didowngrade.

  61. mas ivan,mau nanya klo ipad 1 kan ios 5 da keluar versi unthetered-na,kalaumau upgrade tap save”-an game yang uda dimainin tidak hilang gmn caranya ya?tks…

  62. bang ane mau nanya, ane kan mo coba install applikasi cydia dri PC (windows) pake cyder 2, mo masukin sourcenya jg. tapi pas dah colokin iDevice (ipod touch 4G iOs 5.0.1 jailbreaked) pas loading data base di cyder 2 muncul tulisan pertama “the procedure entry point sqilite3_wal_checkpoint could not be located in the dynamic link library SQLite3.dll” lalu pas tekan ok muncul “could not load iTunesMobileDevice.dll, check your iTunes installation” dan ada pilihan retry or cancel. ane dah pake iTunes terbaru jg bang. itu kenapa yah bang, mohon pencerahan bang? makasih. 

    1. Untuk masalah ” SQLite3.dll” kayaknya Cydernya perlu didownload ulang. Untuk masalah iTunesMobileDevice.dll, itu sering terjadi, abaikan saja. Ini karena driver itunes tidak terbaca dengan baik oleh Cyder. terpaksa pake2 yang sudah didownload harus ditransfer dan diinstall manual ke iPod touchnya.

  63. tolong dibantu ya,q mau upgrd ri 421 ke 501 di itunes nemu eror1602 gmna solusinya,q dh pkai itunes terbaru n instal ulang itunes jga tpi tetap nemu eror 1602 nya? iphn 4 fu

    1. Hapus dulu Apple mobile devices support sampai bersih. Bersihkan juga registrynya. Setelah itu install lagi iTunes terbaru lalu restore. Kalau masih tidak bisa, coba di komputer lain.

  64. dear bang ivan 
    mau nanya nih gan, about ssh 
    misal ane punya 3gs nih, mau upgrade langsung dari ios 4.2.1 ke iOS 5.0
    apakah masih bisa downgrade ke 4.3.3/4.3 ?
    mohon bantuannya 🙂

    1. Maksudnya SHSH?
      Sekarang sudah tidak bisa lagi downgrade ke 5.0, harus langsung ke 5.0.1.
      Bisa downgrade ke 4.3.3, yang penting pernah save SHSH. Memangnya untuk apa downgrade? untethered untuk iOS 5.0.1 kan sudah dirilis.

      1. pengen tau aja bang ivan 
        soalnya saya mau upgrade ke ios 5.0.1 tanpa mampir dulu ke iOS 4.3.3
        apakah ssh 4.3.3 ter save apabila saya save ssh dari iOS 5.0.1
        takutnya ntar udah nyoba iOS 5.0.1 berat, kan masih bisa downgrade gitu bang 

        1. Tidak, save SHSH untuk iOS 4.3.3 sudah tidak dimungkinkan lagi. Yang tersave hanyalah versi yang masih aktif sekarang, yaitu iOS 5.0.1 dan 5.1 beta.
          Silakan cek tabel SHSH di https://appbuntu.com/jailbreak/shsh/ untuk tau status tiap2 versi iOS.

  65. halo suhu iphone 
    mau nanya nih saya habis restore iphone saya dan sudah selesai, sekarang sedang sesi aktivasi iphone. tapi itunes store lagi error, apa ada cara lain untuk aktivasi iphone ane ? 
    iphone ane i3G FU (MB489ZA)

      1. we could not your itunes store request. An unknown error occurred (-9808)
        there was an error in itunes store.please try again later.

          1. udah bener kok gan
            kalo andaikata saya jailbreak langsung bisa ga gan ? 
            apakah ada masalah ? 

          2. Apanya yang udah bener? iPhone 3G nya sudah bisa direstore?
            Setelah direstore bisa langsung dijailbreak, yang penting gunakan saja tools jailbreak yang tepat.

          3. tanggalnya yang sudah benar gan ivan
            iphone sekarang lagi stuk di logo apple yang ada emergency call nya itu lho
            pada saat sesi itu bisa langsung jailbreak ga ?

        1. coba bantu saudara Barusndtigan….itunes saya sebelumnya seperti itu, tapi saya temukan caranya …gini coba kamu hapus tanda centang di itunes dalam prefences kemudian kolom parental…. buang semua centang, kecuali show content rating in library (jgn dibuang centangnya)….kemudian anda keluar/logout dan masuk lage menggunakan ID, karna itunes saya dulunya juga seperti itu enggak bisa menampilkan itunes store. Setting prefences berikutnya saya kasih tau kemudian hari….anda coba itu dulu…  

  66. pny q ipod touch 2g ios 4.2.1 jailbreak untethered pk greenpois0n,,, tp setelah kemarin install gestured di cydia pas q reboot jd stuck di logo apple kayak tethered,,, bisa ksh solusi gak boz??? matur nuwun banget sebelumnya,,,

  67. Mas Ivan, saya udah selesai apdet ke iOS 5.0.1 pake sn0wbreeze.. abis itu kok notification buat twitter,facebook,instagram dll nya kok ha jalan ya? itu bisa dibenerin ga mas? terus shortcut camera yang ada di lockscreen itu juga ga ada.. apa di 5.0.1 emang ga ada? atau cuma buat di iOS 5 aja? makasih mas 🙂

    1. iPhone nya 3G/3GS ? FU atau non-FU (SU) ? Kalau SU, memang bermasalah dengan push-notification. Cari aja di Google: “fix notification iPhone 3GS iOS 5.0.1”.

  68. Gan, mau tanya.
    Setelah saya update Ios ke 5.0.1 lewat i Tunes, kok file ipsw nya g ketemu ya?
    Saya liat di Lokasi i Tunes, g ada.
    Kira2, dimana lokasinya?
    THanks

      1. sama mas ivan itunes ku juga engga ketemu tempat nyimpan file IPSW nya, windows 7 RTM Black Edition ……jadi jailbreak kemaren pake IPSW download tan…dimana ya tempat nyimpannya mohon petunjuk ….trims…

  69. Mas ivan saya usul saran nih dan mungkin bisa dipertimbangkan tapi maaf kalo mungkin terlalu lancang…gene …apa sebaiknya diskusi ini dipisahkan menjadi 2 bagian, maksudnya antara diskusi Iphone 3G dengan Iphone 4, ada tempatnya masing masing, dan terima kasih byk sebelumnya diskusi ini dari awal memang sangkat membantu bagi kami pengguna idevice….!!!

    1. Hmm.. semacam forum gitu ya? ide bagus sebenarnya, tapi yang seperti sekarang saja saya sudah mulai kewalahan membalas komentar.
      Thanks masukannya ya 🙂

      1. wkwkwkwk….thanks….mau jailbreak OS 5.0.1 pake windows 7 bisa kasih petunjuk setting laptopnya yg bener….agar berhasil..trims byk…kalo berhasil very very very much..!!

          1. Oke mas berhasil dengan Windows 7…wkwkwkwkwk…setelah beberapa setting penting seperti petunjuk yg dikasih sebelum jailbreak……trimss 100.000 x….!!!

          2. sukses jailbreak OS 5.0.1 dan  saya sukses install spire di iphone merasakan siri cangkokan cydia kwkwkwkw serasa megang iphone 4S ….

  70. permisi mau numpang nanya ini aku lagi sedih gara gara ngerusakin ipod tgmenku.i pod nya yg biasa  8 gb apple ipodnya rusak gara-gara kemarin mau masukin lagu di laptop trus salah pilih .ipodnya daa data nya semua ilang sama itu data ipodnya juga ilang jagi ndak bisa masuk menu kayak ipodnya ndak bisa idup cuma bisa muncul logo apple tolong di bantuin saya dongk..saya ndak tau mau nanya siapa lagi….

  71. gan mau nanya…..
    kok iphone 4 SU saya setelah di update ke ios 5.0.1 tidak ada sinyal nya..
    kira2 ada solusinya ga??

    1. Namanya juga SU, kalau diupdate pasti akan terlock, kecuali updatenya dulu pake custom ipsw pasti basebandnya tida naik. Baseband 04.11.08 belum ada solusi untuk sekarang.

  72. broo ivan..mau nanya nih.., gw bru punya iphone 3G second,tapi udah di jailbreak OSnya 4.2.1 (8C148) rencana mau gw normalin sperti bawaan aslinya. nah caranya itu cuma di restore via itunes? atau gimana… soalnya push notificationnya ga fungsi,trus batree rada boros..,kira2  sebelumnya gw harus download apa dulu ya..? ( mohon bantuanya maklum baru pake iphone ).tq broo ivan.

      1. SU broo..udah pernah install SAM ga broo ivan… gw masih bingung cara milih carrier nya itu . apa pilih bawaan iphone nya( usa MB704LL ) / operator indonesia misal telkomsel…mohon penjelasanya.tq

  73. mas maav mau nanya…saya punya i phone 4 SU IOS 5.o.1 saya udah nyoba di bandung tp gak pada bisa unlock. minta solusi nya dong mas ?

  74. mau tanya ni..saya sudah dapat menjalan jailbreak snowbreeze sampai restore dengan itunes dengan menggunakan ipsw costum tp setelah restore selesai iphone 3gs SU  saya terus berada dalam moduDFU? bagaimana cara mengatasinya?

    1. Hidupkan dengan iBooty. iBooty itu muncul sendiri di komputer Anda setelah selesai membuat custom ipsw dengan sn0wbreeze. Sudah dijelaskan di sini deh kayaknya: https://appbuntu.com/jailbreak/sn0wbreeze/

        1. Bisa, yang penting baseband nya disupport oleh Gevey. Untuk iPhone 4, baseband yang disupport adalah 02.10.04, 03.10.01 dan 04.10.01. Baseband 04.11.08 belum bisa di unlock karena belum disupport oleh Gevey.

        2.   klu iphone 4 SU pakai Gevey bisa ga mas untuk ios 5.0.1??
          punya saya baseband “tiada layanan”.
          klu di Jailbreak bisa ga????mohon infonya

          1. Jailbreak bisa.
            Pake Gevey juga bisa, yang penting baseband nya disupport oleh Gevey. Untuk iPhone 4, baseband yang disupport adalah 02.10.04, 03.10.01 dan 04.10.01. Baseband 04.11.08 belum bisa di unlock karena belum disupport oleh Gevey.

      1. wkwkwkwk tapi tutorialnya mas ivan pasti lebih tau…wkwkkw selamat menjailbreak bagi pemegang Iphone4 S kalian beruntung tidak menunggu lebih lama, enggak kayak kami kami pemegang Iphone4.

          1. Wooow….hahahha…bisa share dikit infonya mas…kenapa jadi lama utk ipad2 …??? sumber info soal jaibreak sampean dari awal hingga sekarang diakui para jailbreaker paling oke dan top ….termasuk saya pribadi…

  75. mas ivan, mau nanya…..
    saya pake iPhone 4, tp ada masalah sama iPhone saya, waktu saya connect iPhone saya ke comp. iTunes langsung kebuka,
    waktu devicenya sync, saat step backup, “progress bar” nya cuman sampai posisi dibawah tulisan “S” dari “sync” dan tidak berlanjut lagi, pernah saya diamkan, karena saya pikir itu mungkin butuh waktu lama, tapi setelah saya biarkan semalaman, ternyata progress bar nya, masih tetap tidak bergerak,
    mohon pencerahannya, karena saya jadi tidak bisa membacup data ke comp saya,, 

      1. kalau directory file backup nya biasanya ada di mana ya? yang di dalam sub folder  “Backup” di “C:Userssyamsul.FORGINGAppDataRoamingApple ComputerMobileSync” bukan ya??
        kalau yang didalam folder itu saya sudah hapus, tapi masih tetap tidak bisa,,
        mohon bantuannya,,

  76. HELP ME!
    jd gini critanya., iphone di restore karena suka mati mendadak gara2
    download “Youtube downloader” lupa app namanya via instalous/Cydia.,.
    ternyata sesudah di restore tetep pnykitnya kaya gtu., malahan
    brtambah., iphone nyala+stuck di logo apple, tp hrs tetap nyolok juga k
    listrik., klo dipindah ke PC via usb., langsung mati total dan hanya
    bisa ter-detect via DFU mode., di jailbreak via redsnow pun stuck nyampe
    “waiting for reboot”.,. asli super bingung., hehee., mohon pencerahan
    agan-agan dan para suhu terkait., maklum saya baru pake 1 bulan yang
    lalu.,. udah googling kesana kemari blum dapet solusi nya.,.,
    :

  77. dear mas ivan 
    jadi gini ceritanya.. saya kan mau upgrade iphone 3gs ke ios 5.0.1 setelah berhasil simcard gak mau contact cuma ada tulisan “tiada layanan” sama “mencari” saya pake kartu halo mohon pencerahannya

  78. ear mas ivan 
    jadi gini ceritanya.. saya kan mau upgrade iphone 3gs ke ios 5.0.1 setelah berhasil simcard gak mau contact cuma ada tulisan “tiada layanan” sama “mencari” saya pake kartu halo mohon pencerahannya

  79. mas,,,iphone 3gs aq kok g bisa menampikan logo apple waktu update di fb,,,,tulisannya melalui seluler…
    seharusnya kan muncul logo apple,,,bagaimana mas cara memunculkan logo apple??

  80. thx FAQnya nih mas. berguna bgt apalagi buat yg newbie. Mau tanya nih, utk iPhone yg FU, saya baca cuma bisa bertahan pada satu versi iOS
    dimana dia di Unlock. Nah, ini gmn maksudnya ya? kalo nanti ke-lock lg masih bisa di-unlock ga ya? Maklum masih newbie.. 🙂

      1. oh, i c. jadi kalo FU ga ada masalah ya mslh unlockingnya? hehee…soalnya aku liat di page Unlocking, itu utk yg iOS 5 kok ga bisa di unlock. itu gmn mas maksudnya? sori nih bnyk nanya. newbie.. 😀

  81. bos, saya mau tanya..saya beli i phone 4s di luar negeri, tpi saya bingung untuk mengoperasikannya. apakah iphone bisa diinstal ulang? n lau dsemarang dimana alamat yg bisa instal ulang iphone..mksh

  82. gan saya ada yg nawarin iphone 4 SU.dengan harga yg murah.
    kira2 bisa gak di aktifin (di jadiin FU) tu iphone SU???
    trus bisa gak setelah di aktivin iphone SU tadi.jadi aktiv permanen?plis help me gan

  83. mas ivan,tolong dong jelasin cara mengupgrde baseband iphone 3GS soalx iphone milk kawan sy ini gak bs mencari sinyal sy pun gak tw ini iphone SU ato FU..skrng IOSnya 5.0.1..sy dah coba pake ultrsnow tp gak bs jg..firmwre nya..06.15.00…smua sim card sdh sy coba tp hasilx gak ada jg..ato klo ada cara lain,carax gimn mas biar bs aktif kembli..makasih….

    1. iPhone 3GS milik kawan Anda itu sudah diupgrade baseband nya, buktinya baseband nya sudah versi 6.15.00. Coba dulu install ultrasn0w dari repo sinful (www.sinfuliphonerepo.com)

  84. mas ivan, mau tanya lg ni sy dah restore lagi ipad1 saya mau jailbreak ios5.0.1 pake redsnow  0.9.10b4 pake windows. pas masuk jailbreak lgsg stop muncul tulisan redsnow has encounterd problem. bantu solusinya ya mas. oiya kemarin tu dah jb pke redsnow 0.9.10b3 berhasilstrims

  85. Mas iVan barusan saya  abis Jailbreak iPod Touch 5.0.1    pake Redsnow 0.9.10b4   dan Sukses…
    Pertanyaan Saya, Apakah ini Sudah Unthetered???
    Apakah Perlu Lagi Menginstall Tweaks Conora Unthetered??
    sebelumnya   Terima Kasih

    1. iOS yang sekarang pake versi berapa? Kalau masih dibawah 5.0.1 sebaiknya diupgrade dulu ke 5.0.1, tapi Anda harus menggunakan custom ipsw supaya baseband nya tidak naik + masih bisa diunlock.

      1. ios yang skarang masih 3.1.2 itu aman ndak kalo langsung dijailbreak pake redsnow versi b3?
        firmware yg saya pake iphone 3gs ios 5.01(9a406) dari http://www.felixbruns.de/iPod/firmware/ itu uda custom ipsw kan mas?masuknya dari extras>custom ipsw ya?
        kalo bukan dari link di atas dimana link untuk ndapetin custom ipsw tsb mas?
        dan apakah kalo sy jailbreak iphone 3gs sinyal GSM sy ga drop kayak beberapa kasus jailbreak iphone?tks

      2. ios yang skarang masih 3.1.2 itu aman ndak kalo langsung dijailbreak pake redsnow versi b3?
        firmware yg saya pake iphone 3gs ios 5.01(9a406) dari http://www.felixbruns.de/iPod/firmware/ itu uda custom ipsw kan mas?masuknya dari extras>custom ipsw ya?
        kalo bukan dari link di atas dimana link untuk ndapetin custom ipsw tsb mas?
        dan apakah kalo sy jailbreak iphone 3gs sinyal GSM sy ga drop kayak beberapa kasus jailbreak iphone?tks

      3. ios yang skarang masih 3.1.2 itu aman ndak kalo langsung dijailbreak pake redsnow versi b3?
        firmware yg saya pake iphone 3gs ios 5.01(9a406) dari http://www.felixbruns.de/iPod/firmware/ itu uda custom ipsw kan mas?masuknya dari extras>custom ipsw ya?
        kalo bukan dari link di atas dimana link untuk ndapetin custom ipsw tsb mas?
        dan apakah kalo sy jailbreak iphone 3gs sinyal GSM sy ga drop kayak beberapa kasus jailbreak iphone?tks

      4. ios yang skarang masih 3.1.2 itu aman ndak kalo langsung dijailbreak pake redsnow versi b3?
        firmware yg saya pake iphone 3gs ios 5.01(9a406) dari http://www.felixbruns.de/iPod/firmware/ itu uda custom ipsw kan mas?masuknya dari extras>custom ipsw ya?
        kalo bukan dari link di atas dimana link untuk ndapetin custom ipsw tsb mas?
        dan apakah kalo sy jailbreak iphone 3gs sinyal GSM sy ga drop kayak beberapa kasus jailbreak iphone?tks

        1. Ternyata iOS nya sudah out-of-date banget, sudah waktunya diupdate 😀
          Yang dari felixburn itu masih original, belum dicustom sama sekali. Lihat saja link nya, masih dari server Apple. Kalau mau buat custom ipsw bisa  buat sendiri dengan sn0wbreeze terbaru: https://appbuntu.com/jailbreak/sn0wbreeze/ (tutorialnya masih belum diupdate ke v2.9 tapi sebagian besar mirip).
          Saya tidak bisa jamin bro, apakah nanti sinyalnya drop atau tidak. Lagipula ini keinginan Anda sendiri untuk menjailbreak bukan? jadi resikonya Anda sendiri yang tanggung, saya hanya menyediakan fasilitas.

          1. makasih ams pencerahannya..
            btw sy sudah custom kan ipsw original dan kalo itu dijailbreak pake redsnow bisa ndak?kalo di tutorialnya mas kan pake snowbreeze..
            jadi di redsnow masuk ke custom ipsw trus pwd mode..itu sama aja ngga mas?

          2. Kalau pake sn0wbreeze itu kan ada pilihannya, ada yang expert mode, dll. Nah, dari beberapa pilihan itu kita bisa mengaturnya agak siap jailbreak, artinya begitu iPhone nya di restore menggunakan custom ipsw tsb iPhone nya sudah terjailbreak otomatis.

          3. gan ane uda masuk mode DFU lewat iREB trus ga mau restore via itunes kenapa ya?itu uda ngeload custom ipsw padahal..tks

          4. Master iVan, iphone saya iphone 4g ios4.3.3 jailbreak. Saya mau upgrade ke ios 5.0.1 via itunes, tp selalu freeze di backup (tdk bs backup). Dan tdk berlanjut. Mohon petunjuknya.

  86. Mas, mau tanya nih, maaf pertanyaan diluar diskusi jailbreak, tapi sapa tau mas ivan bisa tau jawabannya, gini :
    kenapa ya iphone4 saya setelah install spire ( siri versi jailbreak ) ada beberapa aplikasi yang hang/crash/tidak mau bekerja…??? contohnya facebook begitu diaktifkan langsung keluar..?? bisa bantu saya master !!!

  87. mau tanya, kalau di-jailbreak kan hilang garansi ya?
    terus klo mau mengembalikan / restore tanpa jailbreak bisa ya? jadi kondisinya seperti sebelum di-jailbreak.
    dan bagaimana garansinya? apakah meskipun sudah tidak lagi di-jailbreak, garansi tetap hilang?
    Jadi sebaiknya waktu kita beli, di-jailbreak atau tetap sesuai originalnya?
    Butuh pencerahan.
    Makasih…

    1. Kalau iPhone dijailbreak, memang garansi nya akan hilang karena menurut Apple, memodifikasi sistem operasi mereka (iOS) akan menghilangkan garansi. Nah, karena jailbreak itu sendiri adalah modifikasi berbasis software, jadi kita tidak perlu takut garansi nya akan hilang selamanya. Karena kalau di restore ulang maka jailbreaknya akan hilang dan sistem operasinya menjadi original kembali. Dengan begitu garansinya bisa kembali. Beda halnya kalau modifikasinya pada bagian hardware, itu bisa menghanguskan garansi selamanya.

  88. mas ivan saya semalam mencoba jb sendiri tp ipin malah eror,,cuman ada gambar kabel data sama itune,,itu kenapa yah mas ivan,,mohon bimbingannya

  89. hai mas.. saya baru aja dapet iPhone pertama saya. Masih newbie.. Jd mungkin bisa sharing, apa aja yg hrs saya lakukan pertama2 nih? Thanks mas. 🙂 

    1. Dilap2 dulu, terus di beliin case yang cakep2, terus disimpan didalam pouch biar aman dan awet ^_^. 
      Jst kddng :D. Kalau mau jailbreak ya silakan, kalau masih takut silakan tanya2 ke orang lain dulu bagaimana pengalaman pertama mereka saat melakukan jailbreak.

  90. Gan sorry nubi numpang tanya…
    Saya punya ipun 4s te*komsel baru mau di jailbreak
    Tapi yg ane bingung
    -Katanya kalo di jailbreak,garansi ilang
    -Tapi katanya kalo di jailbreak trus direstore ipunnya,garansinya jadi ada lagi
    Trus katanya kalo jailbreak salah / SW jadi rusak,tinggal restore.jadi ipun ga bakal rusak gara” jailbreak.
    Tapi katanya kalo salah jailbreak,tar malah ngerusak ipun.(digaransi bilang kerusakan karena jailbreak tidak termasuk dalam garansi)
    yang bener yg mana gan??
    sory pertanyaaan ane nubi 🙁 🙁 🙁 🙁

    1. Betul jailbreak itu menghilangkan garansi, karena jailbreak itu sama dengan memodifikasi softwarenya. Kalau softwarenya dikembalikan ke original (di restore) berarti garansi nya bisa berlaku lagi, karena jailbreak itu tidak permanen (kan hanya software).
      Intinya gini, jailbreak = modifikasi software = tidak permanen.

  91. Mas ivan, mau nanya sy mau jailbreak ipad kk sy ke ios 5.0.1 pake itunes di pc sy ( yg biasa sy pk utk ipad sy ) trus bisa ga mas sy back up smua aplikasi penting di ipad nya via itunes sy punya? Supaya bisa di kembalikan ke ipad nya sesudah di jb? Tq b4 mas ivan

  92. Bang Ivan, sang master yg baik…
    Ane mau nanya nih, knapa iPod and iPAD tidak bisa konek via bluetooth ya? Ane pengin nyoba keynote remote dari iPAD pakai iPod, tapi gagal terus ga bs konek, padahal iPod sdh terinstal keynote remote.
    mohon pencerahannya…
    makasih

    1. Hahaha, makasih sudah disebut sang master yang baik (tapi-belum-tentu-tahu-semuanya).
      Saya belum pernah test remote keynote ipad-iphone bang, sudah merujuk kesini >> http://support.apple.com/kb/HT3325 gak ? 
      Mungkin Video bisa membantu http://www.youtube.com/watch?v=8YlQVtA31qU

    2. sekedar sharing dari saya, untuk bluetooth apple hampir semua tidak cocok baik itu iphone dengan ipad, ipad dgn ipod, iphone dengan iphone,  bluetooth iphone hanya berfungsi bila dikoneksikan dengan perangkat laen seperti : bluetooth headshet (seperti jabra, tapi yang bukan kode berawalan BT……..karna barusan tade malam saya coba tapi untuk jabra dengan kode lain bisa), bluetooth wireless keyboard ( walaupun made in china bisa nyambung lagian murah ), bluetooth mouse tapi yang asli untuk mac tapi memang mahal. Bluetooth iphone bisa dikoneksikan dengan sesama device harus pada OS 4.2.1 itupun dibantu dengan aplikasi bluetooth dari cydia namanya “Caleste Bluetooth File Sharing”. coba aja, ada yang gratis kok di cydia asal pada OS 4.2.1. Trims. Apple Borneo Community.

  93. Kang ivan maap mau nanya…
    Klo dijailbreak kan garansi hilang…klo garansinya udah kadaluarsa brarti gak perlu takut tentang garansi lgi kan lha wong udah habis juga…
    Lalu pertanyaan yg kedua…setelah ipad dijailbreak, trus utk balikin ke awal hrus lewat restore di itunes…apa semudah itu cuma klik restore di itunes doang trus semua jailbreak ilang and balik ke settingan awal…
    Tengkiu so much kang..
    GBU

  94. sy nubie dlm ipin
    ipin 4 fu sy baru naek ios 5.01 dah ikutin tut jb assal nya 4.3.3 game dan app lancar jaya, nah sy mu nanya setelah naek k 5.01 ko jd g bs instal app yah d itune malah kluar ” itunes sync failed ” ato emang g smua app bs d ios 5.01??????
    makasih 🙂

  95. Mas Ivan, Mau nanya nihhh….
    Saya punya iPod touch 4g, iOS 5.0.1
    Pengen di jailbreak,,,,
    Pertanyaanya nih..
    Kalo Mau jailbreak yg bagus, pakek
    Snowbrzz ato redsnow?
    Thanks 🙂

  96. mas ivan…. mao tanya, kalo kita mao JAILBREAK iphone,dan iphonenya itu adalah iphone su (software unlock) apakah akan mengakibatkan iphone itu terlock??? sedangkan yang saya tau penyebab iphone terlock itu  dikarenakan oleh proses upgrade . mohon pencerahannya  terima kasih 🙂

    1. Kalau hanya jailbreak saja sebenarnya tidak apa. Sebuah iPhone ter-lock itu baru ditentukan setelah iTunes melakukan verifikasi iPhone kita dengan servernya Apple. Kalau FU, biasanya langsung aktif, tapi kalau non-FU (SU) pasti akan ter-lock. Nah, proses verifikasi ini biasanya dilakukan iTunes hanya setelah melakukan restore atau update iOS. Jadi, pemilik iPhone SU sebaiknya tidak sembarangan melakukan update iOS.

  97. Mas Ivan, mau nanya nih…
    Di salah satu forum ada yang post spt di bawah ini. Apakah ini berarti kita tidak perlu lagi menyimpan SHSH secara manual (pake Redsn0w maupun TinyUmbrella) lagi?
    Thanks…
    ====================================================================================================================
    SHSH Blobs now saved automatically by Cydia
    It would appear as though Saurik has made a change to the latest version of Cydia (1.1.2) which will no longer prompt you to “make my life easier”, which was “code” for saving your SHSH Blobs.
    Now, it appears as though the process is automatic, so you no longer get asked if you want them saved (of course you do!), they just appear.
    This happend to me and several friends as well as being confirmed by other members of the forum.
    If the top line of the home page in Cydia lists your SHSH on file, such as 4.3.3, then your blobs are safe of Sauriks server and can be used in the future to restore…

  98. mas ivan, boleh minta tutorial menggunakan ifunbox please? dah coba ikutin tutorial yg lain tp blom jg berhasil saat copy from pc ke ipad. tq b4

  99. mas ivan, saya mau tanya.. ipod 4g sy udah terinstall ios 4.3.5 , dan ternyata pas jailbreak 4.3.5 masi terthered. Sy ingin jailbreak yg untertherd. Jadi rekomendasi langkah2nya gmn ya ?
    Sy masi bingung untuk mengganti2 versi jailbreak untuk versi lbh tinggi atau rendah untuk ipod yg usah di jailbreak.. Trims..

    1. 1. Sebenarnya tergantung program jailbreaknya. Kalau pake Redsn0w iya.
      2. Ganti versi JB? Maksudnya gimana versi JB? Jailbreak itu tergantung versi iOS nya.

  100. halo mas.. saya newbie niih..
    saya baru punya ipad 2, mau jail brake tp masih takut karena ada yang bilang bisa matot (mati total)..
    apa bener?.

  101. pagi mas…saya mau tanya nih solusi buat mengembalikan fitur camera dan safari di iphone 3gs yg udah di jailbreak sesuai tutor di web ini. soalnya pas udah beres JB nih icon camera dan safari ngga ada…ane cari2 juga ga ketemu 🙁 maklum newbie. mohon bantuanya ya,itu gmna? makasih mas

  102. mo tanya neh. gimana cara upgrade software untuk iphone 3GS SU?
    Soalnya banyak apps yg gak bisa di download pake versi yg lama.

  103. maaf, mo tanya Gan, kan saya abis jailbreak iphone 3G, terus saya restore dengan cara manual yang dari Setting terus Erase all and setting, terus abis gitu, kenapa skarang IPHONE 3G jadi cuman keluar gambar Apple doang, dan nggak mau masuk ke menu Iphone, pokoknya stuck di gambar Apple tersebut, terus saya restore di Itunes, tetep nggak mau jalan malah dikasih pesan error nomer 1305 kalo nggak salah, mohon solusinya Gan, terima kasih sebelumnya
    oh iya Iphone saya 3G, terus model firmwarenya 4.3.2.1

    1. iPhone 3GS, iPhone 4, 
      iPad, iPod touch 3G dan iPod touch 4G iOS 5.0.1 jailbreaknya pake redsn0w (download yang terbaru).
      iPad 2 dan iPhone 4S jailbreaknya pake Absinthe.

  104. Mas…ada yang bilang klo saya download applikasi lgs dari App Store yang FREE, itu hanya Trial. Jadi lebih baik di Jailbreak saja. Apakah benar?

  105. mas, mau tanya nih. Saya coba update iOS utk iphone 4 saya. dari 4.3.3 ke 5.0.1. Saya udah coba bbrp kali di itunes tp selalu gagal pas processing file. Padahal bar downloadnya sudah full. Ada tulisan network timed out. Tp koneksi internet saya lancar dan ga lemot kok. Ini knp ya mas?

  106. saya punya iphone 3g dengan os 4.2.1 ( 8C148 ) tetapi saya tidak bisa menaikkan os nya ke os 4.3 dari iTunes
    bagaimana caranya saya bia menaikkan os nya
    trimakasih

  107. siapa tau ,please tolong.IPHONE 4 AT&T(versi 5.0.1) YANG LOCK.KALAU DIUNLOCK DI AMERIKA ,1.apakah bisa digunakan di indonesia dan kalau bisa apakah bisa diupgrade/ diupdate.lalu mis kalau diunlock di amerika lalu bawa ke indonesia ngak bisa pakai di indonesia ,apakah kalian ada kenalan buat saya yang bisa unlock permanen di jakarta atau pun dimana lalu bisa diupdate/diupgrade juga?soalnya kemarin aku nanya di roxy harganya sampai 2 juta  lebih .thanks so much sahabat2.

  108. mas ivan saya mau tanya, iphone saya 3gs, dan saya upgrade ke os 5.0.1 lewat itunes, setelah berhasil iphone saya selalu no service, di koneksikan ke itunes ada tulisan seperti ini ” “There is no SIM card installed in the iphone you are atempting to activate” itu knapa yah mas, terima kasih

          1. mas ivan, setelah aku baca2 berati hrus update basebandnya, dan aku liat juga iOS 5.0.1 tretera tidak bisa di unlock, apa kira2 seperti itu mas, mhon maav jika salah, terima kasih

          2. Untuk unlock iPhone 3Gs memang hanya bisa dengan jalan upgrade baseband ke versi iPad. Setelah di upgrade, baru deh di jailbreak ulang + install ultrasn0w supaya bisa di unlock.

          3. mmav tanya lagi mas, cara upgrade baseband ke versi ipad itu ada caranya tidak, apa pakai redsnow,,,atau yg lainnya…terima kasih

  109. gan mo nanya nii,,
    ane kan baru beli iphone 2g,,ios 3.1.3
    nah pas ane mo sync aplikasi dari itunes di PC ke iphone ane,semua aplikasi yang udah ada sblumnya pada ilang kaya facebook,twitter ma yang laen2,,,
    nah pertabyanya..1.apa bisa dibalikin laggi semua aplikasinya gan??
    2 klo misalkan gk bisa beratikan ane harus download lagi aplikasi sedangkan setau ane versi terbaru facebook cuman buat ios 4.0 keatas
      jadi g bisa ane instal…tolong dibantu y gan!!

    1. Aplikasi yang ada di iPhone menghilang karena tidak ada di library iTunes sebelumnya. iTunes tidak menganggap aplikasi2 tsb sebagai aplikasi milik Anda (dibeli/download langsung dari App Store menggunakan akun Anda sendiri), makanya semua aplikasi yang ada di iTunes langsung menimpa aplikasi2 yang ada di iPhone.
      Kalau masih mau menggunakan facebook, apa boleh buat iPhone 3G nya di update saja ke iOS 4.2.1.

  110. Siang Bro Ivan,
    Sebelumnya saya sudah membaca seluruh FAQ dan beberapa panduan lainknya seputar iPad 2, dari JB, SHSH, FAQ, dan Program. Namun, saya masih ingin bertanya beberapa hal seputar JailBreak dan SHSH iPad 2:
    1. Saat ini iPad 2 sudah diposisi iOS 5.0.1, SHSH back-up dilakukan sebelum atau sesudah JailBreak ya?
    2. Jika sudah JailBreak, nanti ada versi iOS 5.1 terbaru, bolehkah diupdate langsung dari iTunes dalam kondisi iPad 2 masih JB?
    3. Jika posisi iPad 2 sudah JB, dan ingin direstore tetap pada iOS 5.0.1, sedangkan SHSH 5.0.1 masih terbuka sampai sekarang, artinya tidak perlu sebelumnya BackUp SHSH dulu ya?
    4. Seputar SHSH lagi, jika saya tidak pernah ada rencana untuk Downgrade, perlukah BackUp SHSH? (Kondisinya: Jika saya JB 5.0.1 dan jika ada iOS baru 5.1 belum bisa di JB maka saya tidak mempermasalahkan iPad 2 non-JB)
    5. Bisakah saya membackup Game dan Aplikasi dari iPad 2 sebelum di JailBreak kemudian di Restore from BackUp ke iPad 2 setelah di JB?
    6. Ada yang bilang kalau di JailBreak kerugiannya iPad 2 tidak bisa di Update iOS dan juga Game dan Aplikasi-nya, bisa dijelakan kebenaran yang seharusnya?
    Maaf jika pertanyaan saya cukup banyak, saya masih awam dan baru dengan produk Apple.
    Terima Kasih

    1. Malam bro  ,
      1. Tergantung tools yang Anda gunakan sebenarnya. Tapi dengan tools seperti TinyUmbrella atau Redsn0w itu bisa dua2nya. Bisa sebelum jailbreak atau sesudah jailbreak.
      2. Kalau di update dari iTunes sih boleh, tapi otomatis jailbreaknya akan hilang dan butuh waktu lama menunggu jailbreak untuk iPad 2 dirilis berikutnya. Walaupun sudah save SHSH tapi sebaiknya jangan bergantung penuh dengan itu, lihat dulu perkembangannya nanti.
      3. Ya, SHSH dibutuhkan untuk restore ke iOS yang sudah ditutup.
      4. Tentu saja, SHSH itu bukan kewajiban sebenarnya. Seperti yang sudah sy sebutkan diatas, SHSH hanya dibutuhkan untuk restore ke iOS yang sudah ditutup oleh Apple.
      5. Bisa, tapi sebelum dibackup sebaiknya hapus dulu apps/tweaks Cydia yang mengubah tampilan Homescree. Misalnya, hapus tweaks yang mengubah lockscreen, homescree, ikon, statusbar, dll. Kalau apps/tweaks itu sampai ikut terbackup, biasanya (menurut pengalaman sy) hasil restore from backup nya itu kuran baik hasilnya.
      Jadi,sebaiknya alurnya gini:
      Hapus tweaks/apps (Cydia) yang berlebihan > Backup > Restore/update > JB > Restore from backup.
      Mengapa saya sarankan hapus apps/tweaks yang berlebihan/memodifikasi homescreen? karena setelah di restore from backup, file2 dan datanya itu ikut masuk kembali, dan kalau Anda tidak menginstall aplikasi apps/tweaks yang sejenis, maka file2 atau data2 apps/tweaks tsb hanya jadi sampah.
      6. Oke, pertanyaan ini nanti saya jawab pada postingan khusus.

      1. Siang Bro,
        Sebelumnya terima kasih karena penjelasannya begitu lengkap dan sangat informatif. Namun masih ada beberapa pertanyaan lagi ya, mohon sekiranya di tanggapi:
        1. Untuk jawaban nomer 2 dari Anda, tentang “sebaiknya jangan bergantung penuh dengan itu” yang apa maksudnya?
        2. Untuk jawaban nomer 5, bisa juga kah BackUp dari iPad 2 ter-JB dan di restore ke iPad 2 setelah di restore?
        3. Untuk jawaban nomer 5 kembali, Apps / Tweak dari Cydia bisa di download darimana ya? Saya biasanya lihat di Apple Store saja soalnya.
        4. Untuk jawaban nomer 6,terima kasih atas postingannya yang cukup jelas, namun masih kurang sedikit, kalau saya download tetap dengan Apple ID saya, maka walau sudah di JailBreak, aplikasi tetap bisa di support update oleh App Store ya?
        5. Jika saya JB iPad 2 dengan Absinthe , kemudian ada kondisi Mati / Blank, dapatkan dengan mudah di restore sendiri? Saya takut kalau tanya di iBox, kalau mati total karena JB tidak diterima claim garansi.
        6. Pada dasarnya, JailBreak bisa menembus keamanan untuk menginstal aplikasi berbayar dari App Store ya?
        Terima kasih 🙂

  111. Mas ivan saya mau upgrade ke OS 5.0.1 iPhone 3Gs FU nih. OS sekarang dipake 4.2.1 dan sudah di jailbreak. Apakah sebelum di jailbreak harus update OS 5.0.1 dulu via iTunes dengan klik “update” pada itunes? Saya pingin coba tapi saya takut gagal nanti iphone saya ke lock dah hehehe mohon pencerahannya mas.

    1. Kalau FU tidak perlu takut terlock. Mending gini; download manual iOS nya, save ke komputer, buka iTunes, hubungkan iPhone, tekan Shift + Restore, dan pilih iOS yang sudah Anda download. Selamat menunggu sampai prosesnya selesai.

        1. lalu coba custom ipsw ios 6.0.1 pake snowbreeze….hasilnya lancar cuma.., muncul ” there no sim ..attempting activate.”
          solusinya gimana om..( Iphone 4 FU.)…

  112. Terima kasih kembali untuk jawabannya ya Bro Ivan,
    Semakin jelas saja rasanya.
    Kemudian, saya ada mau bertanya sedikit hal lagi ya, maaf jika saya cukup banyak meminta informasi, namun saya rasa di sini tempat yang paling tepat dibanding forum lainnya yang jawabannya tidak seinformatif di sini.
    1. Untuk jawabanan nomer 3, Cydia berarti hanya ada pada iPad ter-JB ya? Apakah iPad non-JB bisa menginstal aplikasi dari Cydia?
    2. Kemudian, masalah sinkronisasi, terkadang banyak masalah karena buka Apple ID-nya maka tersinkronisasi dan data ada iPad hilang. Sebenarnya file mana yang lebih kuat posisinya, pada Komputer iTunes atau file pada iPad?
    (Maksudnya di sini,
    Kasus pertama jika ada yang file yang hilang di Komputer (iTunes) maka data di iPad hilang, ataukah
    Kasus kedua jika data di iPad hilang, maka data di komputer hilang, atau
    Kasus ketiga, ada salah satu data antara di iPad atau di komputer yang hilang maka akan muncul pesan untuk memilih men-sync data sesuai iTunes atau iPad untuk disamakan.)
    3. Mungkinkah jika pada iTunes dan iPad menggunakan Apple ID yang sama, akan adanya menimbulkan kehilangan data pada iPad?
    4. Apakah file BackUp pada iDevice iPad 2 bisa di pindahkan (restore from backup) pada iPad 2 lainnya?
    Untuk permasalahan iDevice yang tidak ada mati total, saya sangat terbantu, jadi bisa mulai bereksperimen bila kondisi seperti ini.
    Maaf sekiranya jika terlalu banyak informasi yang saya ingin tanyakan. Sekian dan terima kasih 🙂
    Salam sukses.

    1. 1. Jelas itu. Jailbreak = menginstall Cydia. Cydia = tandanya sudah terjailbreak. Selengkapnya: https://appbuntu.com/cydia/
      2. Nanti saya buatkan postingan baru.
      3. Jelas bisa, dan memang harus begitu. 
      4. Bisa.

      1. Terima Kasih.
        Saya tunggu untuk permasalahan sinkronisasi data pada iTunes dengan iPad ya, Bro Ivan.
        Saya masih rancu soalnya, hal apa saja yang dapat mengakibatkan data pada iPad hilang, terlebih jika pada Apple ID yang sama.
        Sekaligus jika berkenan, ada trik dan tip agar iTunes tidak sembarangan sync ketika mencolok iDevice pada Komputer.
        Terima Kasih atas jawanbannya 🙂

  113. Mas ivan, Sy dah beli dan install music control pro 1.1.3 dari cydia tapi ketika saya activate, muncul tulisan Error: Time mismatch. Your phone’s time is inaccurate and needs to be fixed to use music control pro. Padahal sy dah coba install ke ipad teman saya, link dgn account saya dan activate nya berhasil. Ada solusi ga mas? Tq b4

  114. Mas ivan, mau tanya lg ne heheee…
    1. Tahun 2012 ini, apa jailbreak sudah di ilegalkan?
    2. Mw jailbreak ipad 2 versi 4.3.3 pake jailbreakme apa masih bisa? Tanpa upgrade ke 5.0.1 krn sesuatu alasan tertentu

    1. 1. Sebenarnya tahun ini kelegalan dari jailbreaking akan expire, tapi sampai saat ini belum ada kabar terbaru jadi anggap saja masih masih legal.
      2. Masih bisa 🙂

  115. Mas ivan, mau nanya lg ni, ipad 2 saya dah jailbreak versi 5.0.1. Ibooks crash total. Minta solusinya mas. Please

      1. Sudah coba tapi tetap aja ga bisa mas, ibooks app nya sendiri ga bisa di hapus dari springboard, saat di tap dan wiggle ga muncul tanda x

  116. mas ivan, kenapa ya setiap proses tekan tombol power dan home gak pernah berhasil? jadinya gak pernah bisa masuk ke DFU.

  117. Siang gan… 
    Ane mau bertanya, ane ada iPhone 4 iOS 5.0.1 sudah dijailbreak dengan Redsnow 0.9.b3, namun tiba-tiba tidak ada sinyal pada iphone ane. Ane coba restart spring board tapi ga bisa juga, trus ane coba restore dan ganti kartu sim card baru bisa. 
    Nah setelah itu tiba-tiba lagi iphone ane mati, dan ga bisa hidup sama sekali,, setelah itu ane coba colok ke itunes juga tidak bisa gan, ane restore juga ga bisa gan, pernah sekali coba restore bisa gan lewat itunes tapi ketikan kabelnya dicopot iphonennya mati.. 
    Jadi sampai sekarang iphone tidak bisa hidup lagi,.. kalau dicolok lagi baru bisa hidup, kadang bisa masuk springboard kadang hanya masuk recovery mode, dan tidak dapat direstore sekalipun ke iOS 5.1, 
    Mohon bantuannya gan.. 
    terima kasih

    1. Waktu “tiba-tiba” tidak ada sinyal itu terjadi sewaktu didiamkan ya? Terus tiba-tiba mati juga waktu di diamkan? gak ada kegiatan apa?
      iPhone nya lowbatt atau full baterai? Kalau lowbatt biarkan saja di charge, gak usah dinyalakan dulu. 
      Maaf, blum bisa kasih solusi apa untuk sekarang ini. Soalnya saya kurang paham dengan istilah “tiba-tiba”.

  118. Selamat sore bung ivan.
    Saya mau tanya nih soal iphone n ios nya..
    Saya pakai iPhone 4 CDMA 16GB versi Verizon (jadi bisa di injek smart).
     iOS yg dipakai 5.0.1..
    Pertanyaan nya.. kenapa yah iphone saya sering restart sendiri, dan di diagnostic & usage data nya ada panic.plist. baca2 sih kata nya kerusakan hardware, tp ada juga yg bilang ios nya. jadi binggung n ada cara fix nya kah? krn ga mgkn ke amrik tuker divice.
    Thank u so much

    1. Itu restartnya secara tiba2 ya? Apa gak ada aplikasi yang mencurigakan? Coba ingat2 dulu.
      Jarang ada yang tanya2 iPhone 4 CDMA ke saya, tapi saya usahakan coba bantu dulu. Coba masuk ke paste.ubuntu.com dan paste isi dari panic.plist, setelah itu link nya post kesini.

      1. iyah tiba2 restart nya.. app sih ga ada yg mencurigakan, karena app di close semua.
        maap ga bs pake paste.ubuntu jd copy kesini. =p
        Incident Identifier: 42F67DA5-2BC2-420E-8F93-04108872E10F
        CrashReporter Key: fa5389d3d67042788eaa73a3f7188bfe22f53334
        Hardware Model: iPhone3,3
        Date/Time: 2012-03-09 17:17:11.160 +0700
        OS Version: iPhone OS 5.0.1 (9A405)
        panic(cpu 0 caller 0x8007f5e8): kernel abort type 4: fault_type=0x1, fault_addr=0x54
        r0: 0x8153fe00 r1: 0x00ca0000 r2: 0x00ca1000 r3: 0x801e8a51
        r4: 0xc09c1a00 r5: 0x00000000 r6: 0x00000000 r7: 0xd2673f48
        r8: 0x80020c49 r9: 0xffffffff r10: 0x00000000 r11: 0x94ebb1c0
        12: 0xf8b7ca08 sp: 0xd2673f28 lr: 0x801e89d5 pc: 0x80647c2e
        cpsr: 0x00000033 fsr: 0x00000005 far: 0x00000054
        Debugger message: panic
        OS version: 9A405
        Kernel version: Darwin Kernel Version 11.0.0: Tue Nov 1 20:33:58 PDT 2011; root:xnu-1878.4.46~1/RELEASE_ARM_S5L8930X
        iBoot version: iBoot-1219.43.32
        secure boot?: NO
        Paniclog version: 1
        Epoch Time: sec usec
        Boot : 0x4f594bba 0x00000000
        Sleep : 0x4f59d6e5 0x0008508e
        Wake : 0x4f59d81e 0x00000010
        Calendar: 0x4f59d878 0x0007667c
        Task 0xc0890d20: 11636 pages, 94 threads: pid 0: kernel_task
        thread 0xc095fca0
        kernel backtrace: d2673c88
        lr: 0x8007cc6b fp: 0xd2673cb4
        lr: 0x8007d26f fp: 0xd2673ce4
        lr: 0x800165f7 fp: 0xd2673d04
        lr: 0x8007f5e8 fp: 0xd2673dc0
        lr: 0x800795bc fp: 0xd2673f48
        lr: 0x80647c95 fp: 0xd2673f58
        lr: 0x8021d779 fp: 0xd2673f68
        lr: 0x8021ccaf fp: 0xd2673f88
        lr: 0x8021cd3f fp: 0xd2673fa8
        lr: 0x8007b37c fp: 0x00000000
        Task 0xc0890ac0: 275 pages, 3 threads: pid 1: launchd
        Task 0xc08903a0: 591 pages, 7 threads: pid 21: UserEventAgent
        Task 0xc0890600: 228 pages, 3 threads: pid 23: notifyd
        Task 0xc0890140: 158 pages, 4 threads: pid 25: syslogd
        Task 0xc088fee0: 495 pages, 9 threads: pid 27: configd
        Task 0xc088fc80: 10688 pages, 18 threads: pid 29: SpringBoard
        Task 0xc088f7c0: 1649 pages, 12 threads: pid 31: CommCenter
        Task 0xc088fa20: 569 pages, 2 threads: pid 41: lockdownd
        Task 0xc088e980: 260 pages, 2 threads: pid 45: powerd
        Task 0xc088e000: 482 pages, 4 threads: pid 51: wifid
        Task 0xc1108ac0: 566 pages, 7 threads: pid 53: ubd
        Task 0xc1106980: 1935 pages, 17 threads: pid 67: mediaserverd
        Task 0xc1106720: 387 pages, 2 threads: pid 68: mediaremoted
        Task 0xc11064c0: 366 pages, 3 threads: pid 69: mDNSResponder
        Task 0xc1106260: 1198 pages, 9 threads: pid 70: locationd
        Task 0xc1167d20: 850 pages, 5 threads: pid 72: imagent
        Task 0xc1167ac0: 791 pages, 4 threads: pid 73: iapd
        Task 0xc1167600: 204 pages, 4 threads: pid 75: fseventsd
        Task 0xc11673a0: 922 pages, 2 threads: pid 76: fairplayd.N92
        Task

        1. Kayaknya memang betul masalah hardware https://discussions.apple.com/message/16718605#16718605
          Sayangnya belum ada solusi untuk masalah ini, saran yang ada cuma “minta pengganti” dari Apple. iPhone nya dibeli di US ya? wah susah juga karena itu pasti contract.

  119. Mas ivan, di ipad saya icon apps dah penuh di springboard sampe 11 pages karna blom di masukin dalam folder. Td saya install lg applikasi tp ga bisa muncul di springboard lagi, sy pikir akan otomatis di isi di halaman baru sepertibiasanya. jadi terpaksa sy cari di spotlight aja, tp saya ttp ga bisa taruh aplikas itu di springboard meskipun dah ada halaman yg sy kosongkan. Ada solusi ga mas?

        1. Coba cara ini:
          0. Semua halaman harus sudah penuh dengan apps, tidak ada space yang kosong satupun.
          1. Pilih sebuah apps default, misalnya youtube/calendar yang posisinya ada di halaman 1
          2. Drag apps default tsb ke halaman 11 ke sudut kanan bawah
          3. Ambil sebuah apps dari halaman 10, drag ke halaman 11 sampai apps youtube/calendar tertimpa dan bergeser ke halaman 12 alias menghilang.
          4. Buka App Store, install aplikasi apa saja. Nanti aplikasi ini akan mengisi sebuah ruang kosong yang ada di halaman 1
          5. Respring atau reboot untuk menerapkan perubahan. Setelah itu halaman 12 akan terbentuk.
          6. Kalau mau halaman 13, lakukan hal yang sama.
          Ingat, cara ini baru saya uji di iPod touch saya. Kalau Anda mencobanya di posisi landscape jangan di ubah dulu ke potrait sebelum apps nya setengah page.

          1. Udah saya coba mas tp ga berhasil, restart/ reboot ttp jg ga bisa malah icon youtube nya skrg ga muncul di springboard tp that’s ok mas.. Kan msh bisa di cari dari spotlight.. Kalo ada cara kabarin ya mas..
            Next question mas, ipad 2 teman saya ga bisa display ke infocus pake VGA ADAPTER sementara ipad2 teman yg lain nya bisa, kondisi ipad 2 kedua-duanya non-jailbroken dan pengaturan di setting kedua2 nya sama

  120. gan mau nanyak apabila saya pass menginstal IOS 5 di  iphone 3Gs saya tiba” mati lampu gan 
    siap itu  ngga bs mati berhenti di logo apple yg lagi booting 
    gmn yah ni gan tolong bgt uda stress bner help me gan 

  121. bos, mohon panduannya.  jailbreak kan membuat void garansi. nah, saya mau merestore iphone 4s milik saya. yang ingin saya tanyakan, ketauan nggak ya, kalau iphone 4s saya itu pernah di jailbreak?
    iphone 4s saya FU garansi resmi indo,

  122. halo mas, saya mau tanya nih, saya punya iPad 1 dengan iOS 4.3.3 yang sudah dijailbreak untethered. saat ini iPad mau saya upgrade ke iOS 5, dan setelah itu mau saya jailbreak lagi, bisa ga ya? apakah aplikasi2 yang sudah saya download akan hilang (saat di-upgrade)? urutannya lebih baik gimana? haruskah jailbreak di-restore dulu sebelum saya upgrade? oya sekalian mau tanya mengenai cara backup agar apps tidak hilang.. thanks before ya, mas

  123. mas Ivan.. SN 3GS saya digit ke tiganya 1 digit ke empat dan ke lima 2 dan 3 … itu old atau new ya? katanya kalau old, JB pake redsnow terbaru itu udah untether bener gak mas Ivan?
    mohon pencerahannya.. terima kasih 🙂

      1. kak ivan kalo jailbreak new bootrom apakah berbeda caranya .. kog aku pake redsnow di windows belum sempet instal cydia baru pathcing file udah close program redsnownya..
        mohon panduannya… thx

  124. Bro Ivan, mau tanya kalau saya update iPad 2 ke iOS 5.1 dari 5.0.1, apakah perlu backup dulu atau tidak ya? Kemudian download langsung dari iDevicenya masalah ga ya? (Tidak JB iDevice ini) Thanks

  125. Bro ivan… Sy menggunakan iphone4 ios 5.01 , Knp yah kalo hp mati atau restart smua JB nya hilang? Kalo di charge JB nya normal lg, Padahal sy menggunakan redsnow yg sdh untether. Apa punya sy termasuk untether JB nya? Apa sy mesti install corona? Mohon pencershsn nya. Terima kasih

  126. salam…
    mas bulan januari tgl 02 2012 sy baru beli iphone 4 FU baru/segel di toko hp itc garansi telkomsel 1 tahun
    yg sy mau tny,setelah cek di website http://www.apple.com garansi iphone 4 sy hny smp bulan agustus tgl 31 2012
    trus sy cek Pada Settings – General – About – Legal halaman paling bawah tertulis license to: Tom Wu Rev. 8-29-11 iOS ni maksudnya apa mas?
    apakah iphone sy ini bukan barang baru ya mas dan sudah pernah di aktivasi orang lain sebelumnya?
    berarti iphone 4 sy gak ada 1 tahun dong garansinya?
    apa sy ditipu mas?
    setelah beli memang sy dikasi bonus aplikasi resmi bkn JB ya dari penjual iphonenya
    mohon bantuannya mas alna sy newbie di produk apple
    trm ksh

  127. Mas IVAN, saya masih newbie untuk urusan jailbreak, pas pertama kali beli ipod 4G  sudah di jailbreak dengan ios 4.3.2, dan kemarin saya baru update IOS 5.1 dan saya coba jailbreak ipod touch 4G IOS 5.1 dengan redsnow 0.9.10b6, tapi sering muncul pesan Error SHSH blobs !, dan saya coba berulang kalipun tetap gak bisa? Mohon Pencerahan nya? 

  128. siang mas IVAN, kemarin saya baru update ipod4G dari ios 4.3.2 ke 5.1 dan sekarang saya mau jailbreak menggunakan Redsnow 0.9.10b6 tapi sering muncul Error SHSH Blobs !, mohon pencerahannya? 

      1. Loh mas, apa ios 5.1 udah bisa di JB unthetered?
        Cz ipad2 saya bru di upgrade k ios 5.1 dan pngen sgera saya JB
        Hehehe thanks mas ivan

      2. Cara tuk ngedapetin ios 5.1 official, gimana mas ivan, mgkn ada site download tertentu? karena saya update ipod4g itu langsung dari itunesnya..!  thanx…!!!

          1. sudah saya coba bro, tapi tetap saja 
            sering muncul Error SHSH Blobs..! apakah masih ada solusi yang lain…??? Thanx.

  129. mas, saya habis di-jailbreak-in gitu, kenapa yah, masuk itunes, app yang udah di itunes gak bisa dipindahin ke ipodnya?

  130. Pakabar mas Ivan?…mas pernah terima keluhan tentang home button ipad yang kurang respone atau not working ?…hal ini disebabkan oleh software atau hardware yaa?…adakah solusi ? mohon pencerahannya. Thanks before.
    Sukses selalu tuk mas Ivan:)

    1. Mungkin home buttonnya selalu kerja keras, atau mungkin bagian dalamnya banyak kotoran jadi begitu dipencet kurang responsif. Di bersihkan saja di tukang service.

  131. halo mas ivan saya menggunakan iphone 3gs iOS 5.0.1 dan firmware modemnya 06.15.00
    kemarin idevice saya, saya backup selesai saya back up trus i device saya sudah tre-lock lagi..
    apa yang harus saya lakukan ???
    apa harus saya jB lagi..
    mohon pencerahan nya….maklum gabtek..