Mengatasi masalah “Waiting…” saat download aplikasi

iPhone apps

Masalah ini seringkali ditemui jika koneksi yang kita gunakan dari iPhone, iPad, atau iPod touch tidak stabil, atau tidak cukup kencang untuk mendownload sebuah aplikasi dari App Store. Jika tiba-tiba koneksi putus, biasanya proses download dan install akan berhenti dan akan berlabel “Waiting”.

Kita bisa saja melanjutkan proses downloadnya dengan meng-klik ikon aplikasi tersebut, tapi pada beberapa kasus aplikasi yang berlabel “Waiting” tersebut tidak bisa dihapus ataupun dilanjutkan (lihat cara hapus aplikasi pada iDevice di sini).

Untuk mengatasi masalah aplikasi yang tidak bisa dihapus/nyangkut di “Waiting…” tersebut Anda bisa mengikuti tips berikut ini:

Sign out dan Sign in dari App Store + Restart iDevices

Cara pertama adalah dengan mencoba sign out dari App Store dan lanjutkan dengan merestart iDevice, caranya:

  • Buka Settings > Store,
  • Tap Sign out.

Restart iDevice Anda dengan cara:

  1. Tekan dan tahan tombol Power sampai muncul Slide to power off
  2. Slide to power off

  3. Kemudian nyalakan kembali iDevice Anda,
  4. Buka Settings > Store,
  5. Tap Sign in dan masukkan Apple ID Anda dan passwordnya.
  6. Klik tombol Home untuk kembali ke Home screen dan cek apakah ikon aplikasi yang berlabel “Waiting” tadi sudah hilang atau belum.
  7. Kalau label “Waiting” nya sudah berubah menjadi “Loading” itu artinya proses download aplikasinya bisa dilanjutkan kembali, atau sekalian saja bisa dihapus.

Menggunakan iPhoneBrowser

Cara kedua ini adalah dengan bantuan komputer Windows dan sebuah aplikasi file manager yang bisa membaca file system dari iOS, namanya iPhoneBrowser.

  1. Download iPhoneBrowser dari halaman Downloads.
  2. Hubungkan iDevice Anda ke komputer (tidak perlu menjalankan iTunes).
  3. Jalankan program iPhoneBrowser yang telah didownload tadi dan tunggu sampai iPhoneBrowser mengenali perangkat Anda.
  4. Masuk ke direktori Download atau User/Media/Downloads, dan hapus semua file yang ada di dalamnya.
  5. iPhoneBrowser

  6. Restart iDevice Anda. Viola ! “Waiting…” nya akan menghilang.

Catatan:
Selain iPhoneBrowser, Anda bisa juga menggunakan program lain yang sejenis yang mampu membaca file system iOS, misalnya iFunbox, iTools, dan sebagainya. Yang penting, lokasi direktorinya tepat.

Sumber:
[iFans]

51 Replies to “Mengatasi masalah “Waiting…” saat download aplikasi”

  1. Saya ingin bertanya, beberapa waktu yang lalu saya tidak sengaja mendownload book yang berjudul ipad at work. Ternayata pas saya lihat ternyata file nya cukup besar sekitar 600an MB. Saya ingin mengcancel download tersebut tetapi bagaimana caranya? Icon buku tersebut bersarang di ibooks saya dan tidak mau di hapus. Saya sudah mengikuti petunjuk diatas tetapi sepertinya tidak berlaku untuk aplikasi book, terimaksih

    1. Halo…

      Kalau boleh tau, iPad Anda sudah di jailbreak atau belum? Coba baca ini: https://appbuntu.com/2011/09/mengenal-file-system-ios/ kemudian cari bagian Book nya.

      1. Belom saja jailbreak, ipad 2 saya sudah masuk versi 4.3.5 pada saat membeli. Nungu versi 5 kapan yaaa? Hahaha.
        Bagian book Ya? Sepertinya saya tidak menemukannya.
        Itu dibuka nya dari mana ya?
        Saya tidak mengerti untuk membuka nya, hehe 🙂
        Terimakasih

        1. Coba jalankan program iPhone Explorer (atau yang sejenisnya) kemudian telusuri folder
          /var/mobile/Media/Books atau User/Media/Books. Kemungkinan books hasil downloadan akan masuk ke situ.

  2. mas ivan, kalo saya download, malah selalu tulisannya waiting. gak loading sama sekali. saya belum berhasil download aplikasi dari app store ne. mohon pencerahannya cz saya pemakai baru. new ipad 5.1.1. mohon dijawab.

      1. stabi aja. saya sudah coba download sekitar 7 aplikasi, tapi semuanya cuma waiting. standar ukuran besar dalam app store itu berapa MB mas?

  3. Need Help – Saya pakai ipod gen4 32GB. Saat saya mengupgrade aplikasi ternyata koneksi terputus dan saya lihat ipod saya dalam kondisi lowbat sehingga saya pikir untuk menchargenya terlebih dahulu dan muncul permasalah setelah saya selesai charge ipod saya, saya tidak bisa masuk ke apple store (hanya loading yang lama sampai lampu di ipod saya meredup) dan ketika saya mencoba masuk ke aplikasi ternyata aplikasi saya tidak bisa di refresh (aplikasi seperti facebook, twitter dll berada di posisi terakhir kali ipod itu di gunakan) saat ini saya telah merestore ipod saya tetapi setelah semua aplikasi di ipod saya hilang tidak membuahkan hasil apapun, saya tetap tidak bisa masuk ke apple store. Huaaa…. Mohon bantuannya dan terimakasih sebelumnya.

    1. Mestinya, waktu aplikasinya dan app storenya lagi bermasalah, restore itu solusi paling akhir. Sebelum direstore sebenarnya bisa reset network atau reset settings dulu. Kalau reset belum sukses, baru deh coba restore.

      Dan saya rasa, setelah restore iPod Anda akan normal kembali, tapi ternyata belum. Sudah pernah coba dihubungkan ke jaringan wi-fi lain?

  4. minta bantuannya bro gua kan download game the sims 3 dari iphonecake.com

    trus udah gua instal dan bisa dimainkan tapi layar atas ama bawah kepotong bro

    trus gak bisa diupdate pake id gua bro, mintanya ID si tukang crack game nya bro, trus gimana dong solusinya??? please

  5. Bang ivan setiap mau download aplikasi d app store selalu ada gambar ini., trus udah d ok masih ga bisa download. Kenapa ya?? Jdi ga bisa download d app store.,

  6. Kak saya pake iPhone 4, terus kemarin saya upgrade OS 7, setelah saya upgrade kok sulit sekali utk mendownload applikasi? Sering gagal. Mengapa kak? Help. Thanks

  7. mau tanya kak, kok apps store di hape saya blank screen dan cuma loading aja, sudah coba reset network – sign out – sign in tetep saja masih begitu.. ios nya masih 6 belum di upgrade. ngaruh gak kak?

  8. Mau nanya ipad saya kalau download di appstorenya muter tp di screen nya ga kalau downloadnya selesai di screen ga ada tp di settings general usage ga ada namanya alias kosong tapi gambar nya ada itu kenapa ya ?.?.

  9. mau nanya kan saya pake i4. terus dirumah saya tidak ada wifi jadi pake celldata dan kartu saya 3. saya udah nyalain 3G berkali kali dan kalo download aplikasi suka bacaanya ‘cannot connect to itunes store/appstore’ kalau kayak gitu gimana?

  10. halo mas ivan selamat siang, maaf mau tanya lagi. oh iya kemarin udah berhasil upgrade ke 8.3. kali ini pertanyaan saya menyangkut artikel diatas. nah saya download di appstore tapi kok hanya waiting ya. sebelumnya saya instal salah satu aplikasi. tp nggak tau lengkap apa tidak, namun bisa dibuka setelah itu aplikasi tsb saya uninstal. kemudian saya mau instal aplikasi yang lain hanya waiting terus. nah saya udah coba hapus folder/file di folder download, namun setelah saya restart dan colok ke pc folder folder dalam folder download muncul lagi. oh iya saya hapus pake itools. mohon bantuannya. terimakasih

      1. Downloadnya di jaringan seluler atau wifi? Pastikan kalau koneksi internetnya stabil dulu.

        Coba hapus kembali file download yang corrupt itu, lalu sign out dari app store, reboot, dan coba sign in lagi dan tes download lagi. Mudah-mudahan berhasil.

  11. Mas ivan saya mau tnya
    Saya mau hapus app di home tapi kok muncul lagi yah..aku hapus applikasinya di home dngan tombol X,,tapi stlah itu malah muncul app nya lagi tapi dgan simbol blank..udah aku coba restart tapi ttp masih ada app nya…bagaimana yah caranya?? (Aplikai Twoo )
    Ini aku kirim tampilannya

  12. mas saya mau nanya bbm saya kan eror trs aku hapus aplikasinya dan mau download ulang tapi mlah ada tulisan : ” bbm could not be downloaded at this time “

    1. Coba masuk ke Settings > General > Date and Time > Set Automatically > Off dan set tahunnya satu tahun ke depan. Terus, coba lagi download aplikasinya. Kalau sudah bisa, kembalikan waktu/tahunnya.

      1. ttp gabisa mas aku udah ganti taun nya malah ga konek ke app store nya malah tulisan retry trs tpi download yang lain malah bisa aneeh

        *Regrads,*

        *Widia Fujiyanti*

        2016-01-02 16:14 GMT+07:00 Disqus :

      2. klo misalnya internetnya lagi gangguan otomatis gabisa download apa apa .. tpi ini bisa cuma pas aku downlod bbm malah ada tulisan Retry trs

        *Regrads,*

        *Widia Fujiyanti*

        2016-01-04 12:22 GMT+07:00 Widia Fujiyanti :

      3. tolong dong ma minta bantuan nya 🙁

        *Regrads,*

        *Widia Fujiyanti*

        2016-01-04 16:40 GMT+07:00 Widia Fujiyanti :

          1. Tinggal buka iTunes di komputer, terus login ke iTunes Store dengan akun Anda. Cari BBM lalu download. Setelah itu hubungkan iphone ke komputer dan install BBM yang sudah didownload ke iPhone.

          2. sudh sya buka iTunes di komputer tpi malah ga ada tuisan login ke iTunes malah gambar iphne dll nya mas
            saya kurang paham

            *Regrads,*

            *Widia Fujiyanti*

            2016-01-04 20:11 GMT+07:00 Disqus :

          3. apa harus buka iTunes di kompuer yang merk apple juga ?

            *Regrads,*

            *Widia Fujiyanti*

            2016-01-05 9:46 GMT+07:00 Widia Fujiyanti :

          4. sudah berhasil mas login nah tapi ttp pas aku cari bbm malah gbisa di download tpi klo yang lain nya bisa tulisan nya “get”

            *Regrads,*

            *Widia Fujiyanti*

            2016-01-05 9:50 GMT+07:00 Widia Fujiyanti :

          5. masih susah buat instal bbm mas apa harus ganti id iphone nya ?

            *Regrads,*

            *Widia Fujiyanti*

            Pada 5 Januari 2016 10.46, Widia Fujiyanti menulis:

          6. Saya rasa tidak perlu. Coba sign out dulu Apple ID nya dari App Store, terus sign in lagi dan coba download lagi BBM nya.

          7. sudah saya sign out trs mlagi udh dicoba brpa kalipun msi tetep

            *Regrads,*

            *Widia Fujiyanti*

            Pada 6 Januari 2016 19.56, Disqus menulis:

          8. sudah saya sign out trs masuk lagi udh dicoba brpa kalipun msi tetep sama
            *Regrads,*

            *Widia Fujiyanti*

            2016-01-07 9:03 GMT+07:00 Widia Fujiyanti :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *