Masalah baterai iDevice yang terkuras setelah jailbreak

Setelah melakukan jailbreak pada iPhone, iPad atau iPod touch pada versi iOS tertentu, mungkin Anda merasa kalau baterainya agak cepat habis dari biasanya. Apakah ada hubungan antara jailbreak dengan kondisi baterai iDevice? Silakan baca beberapa penjelasan berikut ini.

Ada beberapa alasan mengapa baterai lebih cepat berkurang pada iDevice yang dijailbreak, berikut ini adalah penjelasannya.

  1. Penggunaan yang meningkat
  2. Tanpa disadari ini terjadi pada semua pengguna iDevice yang baru merasakan jailbreak pada perangkat mereka. Dengan bertambahnya fitur-fitur baru pada iDevice yang dijailbreak, banyak pengguna yang keasikan dan menghabiskan waktu lebih lama untuk mengutak-atik iDevicenya. Kalau ini adalah penyebabnya, selama beberapa hari mengutak-atik baterai iDevice Anda akan lebih banyak berkurang dari biasanya.

  3. Konfigurasi yang salah
  4. Pada saat proses jailbreak baru saja selesai, tugas pertama Cydia adalah memindahkan aplikasi-aplikasi bawaan (App Store) ke partisi user yang ukurannya lebih besar. Proses migrasi ini terkadang membutuhkan waktu yang agak lama tergantung pada banyaknya direktori yang dipindahkan. Pada saat proses itu berlangsung, terkadang timbul efek samping yang berdampak langsung pada stabilitas sebuah aplikasi.

    Beberapa aplikasi mungkin tidak terkonfigurasi dengan benar setelah melakukan jailbreak, sebagai contoh adalah aplikasi Mail. Mail yang konfigurasinya corrupt dapat menyebabkan komunikasi antara Mail (user) dan server terputus. Mail akan terus mencoba terhubung ke server untuk mengecek email, tetapi gagal dan terus-menerus mengulanginya sehingga cukup menguras baterai. Anda bisa mengujinya sendiri dengan cara menonaktifkan akun email Anda kemudian merestartnya, dan lihat apa yang terjadi selama beberapa saat. Kalau belum berhasil, mungkin Anda harus menghapus data-data email dan menambahkannya kembali (konfigurasi ulang).

  5. Aplikasi yang meningkatkan kinerja CPU atau menguras memory
  6. Ada beberapa jenis aplikasi yang kalau digunakan akan cukup menguras CPU atau Memori iDevice Anda. Contohnya adalah penggunaan game-game HD yang grafiknya tinggi, Video Wallpapers, lockscreen animasi, widget-widget yang butuh akses internet, dan lainnya. Kalau Anda pernah menginstall salah satu aplikasi tersebut, mungkin kini Anda perlu menonaktifkan nya dan tentukan aplikasi mana saja yang perlu dijalankan.

  7. Jailbreak itu sendiri
  8. Kadang-kadang tapi tidak selalu, penyebab utama dari penggunaan baterai yang meningkat adalah berasal dari jailbreak atau proses jailbreak itu sendiri. Para hacker yang mengembangkan jailbreak ini selalu berusaha untuk membuat program yang terbaik, akan tetapi mereka tidak selalu bisa mengetes atau mencoba jailbreak tersebut pada semua tipe iDevice (iPhone 4, iPhone 3GS, iPad, iPad 2, iPod touch 3G, iPod touch 4G, dll), dan itu mungkin penyebab dari munculnya bug yang mempengaruhi penggunaan baterai secara langsung.

    Kalau Anda sudah mencoba banyak cara, misalnya mematikan service yang tidak perlu, menghapus beberapa aplikasi yang dicurigai, menonaktifkan akun email, dll tetapi belum berhasil, maka bisa dipastikan kalau pelaku pemborosan baterai adalah jailbreak itu sendiri.

    Untuk memperbaiki masalah ini Anda bisa mencoba metode jailbreak yang lain, tetapi kalau tidak tersedia maka Anda harus menunggu sampai patch (tambalan) jailbreak berikutnya dirilis.

Sumber:
[JailbreakQA]

15 Replies to “Masalah baterai iDevice yang terkuras setelah jailbreak”

  1. gan,,,
    (kali ini ga panik,berusaha tenang)
    🙂
    tentang batre nih..kl boros ud paham dah,,
    tp iDevice tiba2 panas bngt,,”SUHU MENINGKAT,DEVICE PERLU DIISTIRAHATKAN”
    kira2 bgtu warningnya,,
    stlh dicek (pk SBSETTING),,memang benar sprti yg dijelaskan diatas,,,
    ada bbrapa aplikasi yg trs aktif,,termasuk mail,,,mk lgsg sy shutdown
    nah,,,gmn cr ngatasin mslh sprti ini, atw adkh aplikasi untuk mengatasi mslh sprti ini…

    stlh ditunggu smp iDevice dingin,,
    sy cb reboot dgn langkah2 sprt yg kmrn,,
    ttp kok “waiting for reboot”nya lama gan,,
    smp ini email ini meluncur,,iDevice ttp bgtu,,,
    tlng pencerahannya gan..

    1. “ada bbrapa aplikasi yg trs aktif,,termasuk mail”.
      Beberapa aplikasi tersebut misalnya apa?

      Cara rebootnya bagaimana? Apakah dari SBSettings juga?

      Sebaiknya jangan reboot dari SBSettings, tapi tekan tombol power sampai muncul “Slide to power off” lalu di shutdown, setelah itu baru dinyalakan kembali.

      Kalau direboot dari SBSettings bisa saja ada aplikasi lain yang menginterupsi proses shutdown/reboot nya.

      1. diantara aplikasi : skype,YM,Nimbuzz,,

        sy reboot dgn menekan tombol power

        smp skrng blm hidup,,
        soalnya pas diidupin,cm smp “waiting to reboot”
        abs itu,cm keluar logo batre merah
        solusinya gan,,,

        1. skype,YM,Nimbuzz, semuanya aplikasi yang terhubung ke internet, pantas saja cepat panas.
          Devicenya di set ke DFU mode dulu, kemudian di “just boot” pake redsn0w. Sebelum jalankan redsn0w ikuti dulu tips di sini: https://appbuntu.com/2011/04/mengatasi-masalah-uploading-ramdisk-pada-saat-jailbreak-dengan-redsn0w/ kalau Anda menggunakan Windows 7.

  2. gan, mau nanya neh..
    kira klo ipod dalam keadaan tidak terpakai dan baterenya berkurang itu wajar/tidak ya?soalnya ipod saya klo sesudah saya isi full pada pagi hari dan pas saya cek mlmnya baterenya berkurang.

    terima kasih

    1. Kalau berkurang itu wajar, tapi seberapa besar? 
      iPod nya 3G atau 4G? Di jailbreak atau tidak? apakah banyak aplikasi (terutama social network) yang terinstall? Apakah fitur push mailnya di aktifkan? Notification nya bagaimana, aktif tidak?

      1. ipod 4G gan,social network kyk instagram,twitter seh terinstall gan..
        push email juga aktif.
        notification itu seperti apa ya gan?

        berkurangnya seh ga gitu banyak,tp klo dari isi full pasti keliatan berkurang walaupun ga dipake seharian. soalnya menurut saya kan ini bukan sepeti hp yg nyari sinyal, jd bingung klo batere nya berkurang gan.

        CMIIW
        tnx gan

        1. Notification itu semacam pemberitahuan yang muncul dari aplikasi2 tertentu. Misalnya Facebook, kalau ada yang beri komentar atau post di wall biasanya ada notification yang muncul.

          Push email kalau aktif bisa menguras baterai juga (baca postingan diatas bagian ‘Konfigurasi yang salah’).

          Untuk matikan notifikasi: http://www.proposedsolution.com/solutions/iphone-howto-disable-push-notifications/ atau http://www.simonblog.com/2009/07/13/10-tips-to-save-your-iphone-battery/

  3. saya berhasil melakukan jailbreak iPhone 3G saya iOS 4.2.1
    tapi setelah proses jailbreak batery tidak bisa dicharge dalam keadaan jaringan telephone hidup… batery bisa dicharge jika disetting pada Airplane Mode…
    setelah saya restore charge batery kembali normal… lalu saya jailbreak ulang dan batery kembali gak bisa dicharge normal…
    tolong bantu… bagaimana cara mengatasinya?

  4. saya mau tanya,, baterai ipod saya gampang sekali low padahal tidak dalam digunakan, apakah penyebabnya?? tapi sebelumnya baik” saja.
    tapi ipod’a panas sekali,,
    apa batrainya soak?
    mhon bantuannya, thx.

    1. Mungkina banyak aplikasi2 web yang masih berjalan di background. Misalnya Twitter, Facebook, YM, dll nya. Mending ditutup atau layanan push nya dimatikan supaya tidak terlalu menguras baterai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *