Setelah melakukan jailbreak pada iPhone, iPad atau iPod touch pada versi iOS tertentu, mungkin Anda merasa kalau baterainya agak cepat habis dari biasanya. Apakah ada hubungan antara jailbreak dengan kondisi baterai iDevice? Silakan baca beberapa penjelasan berikut ini.

Ada beberapa alasan mengapa baterai lebih cepat berkurang pada iDevice yang dijailbreak, berikut ini adalah penjelasannya.

  1. Penggunaan yang meningkat
  2. Tanpa disadari ini terjadi pada semua pengguna iDevice yang baru merasakan jailbreak pada perangkat mereka. Dengan bertambahnya fitur-fitur baru pada iDevice yang dijailbreak, banyak pengguna yang keasikan dan menghabiskan waktu lebih lama untuk mengutak-atik iDevicenya. Kalau ini adalah penyebabnya, selama beberapa hari mengutak-atik baterai iDevice Anda akan lebih banyak berkurang dari biasanya.

  3. Konfigurasi yang salah
  4. Pada saat proses jailbreak baru saja selesai, tugas pertama Cydia adalah memindahkan aplikasi-aplikasi bawaan (App Store) ke partisi user yang ukurannya lebih besar. Proses migrasi ini terkadang membutuhkan waktu yang agak lama tergantung pada banyaknya direktori yang dipindahkan. Pada saat proses itu berlangsung, terkadang timbul efek samping yang berdampak langsung pada stabilitas sebuah aplikasi.

    Beberapa aplikasi mungkin tidak terkonfigurasi dengan benar setelah melakukan jailbreak, sebagai contoh adalah aplikasi Mail. Mail yang konfigurasinya corrupt dapat menyebabkan komunikasi antara Mail (user) dan server terputus. Mail akan terus mencoba terhubung ke server untuk mengecek email, tetapi gagal dan terus-menerus mengulanginya sehingga cukup menguras baterai. Anda bisa mengujinya sendiri dengan cara menonaktifkan akun email Anda kemudian merestartnya, dan lihat apa yang terjadi selama beberapa saat. Kalau belum berhasil, mungkin Anda harus menghapus data-data email dan menambahkannya kembali (konfigurasi ulang).

  5. Aplikasi yang meningkatkan kinerja CPU atau menguras memory
  6. Ada beberapa jenis aplikasi yang kalau digunakan akan cukup menguras CPU atau Memori iDevice Anda. Contohnya adalah penggunaan game-game HD yang grafiknya tinggi, Video Wallpapers, lockscreen animasi, widget-widget yang butuh akses internet, dan lainnya. Kalau Anda pernah menginstall salah satu aplikasi tersebut, mungkin kini Anda perlu menonaktifkan nya dan tentukan aplikasi mana saja yang perlu dijalankan.

  7. Jailbreak itu sendiri
  8. Kadang-kadang tapi tidak selalu, penyebab utama dari penggunaan baterai yang meningkat adalah berasal dari jailbreak atau proses jailbreak itu sendiri. Para hacker yang mengembangkan jailbreak ini selalu berusaha untuk membuat program yang terbaik, akan tetapi mereka tidak selalu bisa mengetes atau mencoba jailbreak tersebut pada semua tipe iDevice (iPhone 4, iPhone 3GS, iPad, iPad 2, iPod touch 3G, iPod touch 4G, dll), dan itu mungkin penyebab dari munculnya bug yang mempengaruhi penggunaan baterai secara langsung.

    Kalau Anda sudah mencoba banyak cara, misalnya mematikan service yang tidak perlu, menghapus beberapa aplikasi yang dicurigai, menonaktifkan akun email, dll tetapi belum berhasil, maka bisa dipastikan kalau pelaku pemborosan baterai adalah jailbreak itu sendiri.

    Untuk memperbaiki masalah ini Anda bisa mencoba metode jailbreak yang lain, tetapi kalau tidak tersedia maka Anda harus menunggu sampai patch (tambalan) jailbreak berikutnya dirilis.

Sumber:
[JailbreakQA]