Sambungkan ke daya

Salah satu pertanyaan yang cukup sering muncul di antara para pengguna iDevices terkait masalah baterai adalah “apakah bisa nge-charge iPhone pakai charger/adapter iPad?”.

Kalau pertanyaannya seperti itu, maka jawabannya adalah… Ya, bisa saja.

Anda boleh menggunakan adapter atau kepala charger milik iPad untuk mengisi baterai iPhone milik Anda. Tentu saja dengan catatan adapter atau charger yang Anda gunakan harus asli atau bawaan dari iPad.

Sebagai referensi, berikut ini adalah keterangan dari beberapa jenis adapter dan dayanya:

Apple charger

Saat menggunakan charger iPad untuk mengisi baterai iPhone, Anda mungkin akan merasa kalau iPhone-nya akan lebih cepat penuh. Itu wajar karena Ampere (arus listrik) dari charger iPad (2.1A) lebih tinggi dibanding charger bawaan iPhone (1A). Intinya, akan ada arus listrik yang berlebih yang masuk ke iPhone ketika Anda menggunakan charger iPad.

Tetapi, meskipun diperbolehkan bahkan oleh Apple sendiri, tidak disarankan terlalu sering menggunakan charger iPad untuk iPhone, apalagi membiarkannya kelamaan penuh (begitu 100% penuh tidak langsung dicabut). Kalau terlalu sering, itu akan memperpendek usia baterai iPhone Anda.

Jadi, kalau ingin baterai iPhone Anda awet, selalu gunakan charger iPhone untuk mengisi baterai iPhone Anda. Tapi kalau lagi terdesak, ya apa boleh buat, silakan pakai charger/adapter iPad dengan kabel USB-nya (harus original).

Referensi:
[Mengisi baterai iPad]