Yay! Hari ini jailbreak (untethered) iOS 8.3 telah dirilis oleh @taig_jailbreak. Jailbreak yang merupakan rilis ketiga oleh tim TaiG dari Cina ini dirilis tepat sebelum iOS 8.4 dirilis yang menurut rumor akan muncul di minggu ini.

Kalau Anda baru saja ingin melakukan upgrade ke iOS 8.3, saya sarankan mendownload IPSW nya dari halaman Download ;)

Sebelum jailbreak

Jailbreak ini kompatibel untuk semua iDevices yang menjalankan iOS 8.1.3 sampai dengan iOS 8.3. Namun, sebelum Anda menjailbreak iDevice Anda ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan.

  1. Pada saat artikel ini ditulis, Cydia Substrate (dulunya Mobile Substrate) belum kompatibel untuk iOS 8.2 dan 8.3.
  2. Cydia Substrate adalah salah satu komponen penting yang mendukung tweaks Cydia. Tanpa Cydia Substrate, beberapa tweaks yang bergantung pada Cydia Substrate ini belum bisa diinstall.

    Kapan Cydia Substrate ini akan kompatibel untuk iOS 8.2/8.3? Menurut kabar, Saurik (pembuat/pengembang Cydia dan Cydia Substrate) telah berjanji untuk segera menyelesaikannya. Jadi, harap bersabar dulu.

  3. Sebelum jailbreak, pastikan kalau Anda membackup data-data iDevice Anda terlebih dahulu.
  4. Matikan passcode (hanya sementara).
  5. Settings > Passcode, masukkan passcode lalu Turn Passcode Off.

  6. Matikan Find My iPhone (hanya sementara).
  7. Settings > iCloud > Find My iPhone, matikan.

  8. Matikan Wi-Fi dan nyalakan Airplane mode.
  9. Tidak harus tetapi disarankan, matikan dulu aplikasi antivirus atau aplikasi firewall yang terinstall di komputer Anda sebelum jailbreak.

Langkah-langkah jailbreak

Setelah paham dengan penjelasan di atas, dan mengikuti syarat sebelum jailbreak, sekarang lanjut ke proses jailbreaknya.

  1. Download TaiG dari halaman ini (khusus Windows).
  2. Jalankan TaiG, disarankan sebagai Administrator dengan cara klik-kanan pada file .EXE nya dan pilih “Run as Administrator”. Kemudian hubungkan iDevice Anda ke komputer.
  3. Pastikan iDevice Anda terdeteksi, kemudian klik tombol Start untuk memulai proses jailbreak.
  4. TaiG Jailbreak
    Tim TaiG merekomendasikan untuk menginstall 3K Assistant (app store untuk pasaran Cina) dengan memberi tanda centang, tapi Anda boleh tidak menginstallnya. Yang wajib hanyalah Cydia saja.

  5. Setelah memulai jailbreak, tunggu sampai prosesnya selesai dengan sempurna. Jangan sampai ada interupsi (mati lampu, kabel tercabut, dll).
  6. TaiG jailbreak

  7. Kalau proses jailbreaknya sukses, iDevice akan reboot secara otomatis dan Cydia akan muncul pada Home screen.

Troubleshooting

Kalau Anda mengikuti sesuai dengan langkah-langkah di atas, termasuk mengikuti syaratnya, maka seharusnya proses jailbreaknya akan berjalan lancar. Tetapi kalau terjadi masalah, Anda bisa merujuk ke halaman ini untuk penyelesaian masalahnya.

Beberapa masalah yang dikenali, adalah:

  • “Apple Driver hasn’t been found”
  • Menurut beberapa sumber masalah seperti ini hanya dialami oleh pengguna Windows 64-bit saja. Kalau Anda adalah pengguna Windows 64-bit, disarankan menggunakan iTunes 12.0.1 atau iTunes 12.1.2.

  • Jailbreak nyangkut di 20%
  • Coba dulu dengan melakukan hard reboot (tekan dan tahan tombol home bersamaan sampai muncul logo Apple). Kalau masih belum bisa, coba install ulang iTunes di komputer Anda. Kalau tetap belum bisa, coba untuk restore ulang.