Apakah setelah beberapa hari menggunakan iOS 7 jailbreak beberapa aplikasi seperti Safari dan Mail pada iDevice Anda bermasalah? Saya sendiri tidak yakin apakah ini murni bug/kecacatan atau masalah yang disebabkan karena jailbreak dari evasi0n 7 atau efek dari apps atau tweak yang belum kompatibel dengan iOS 7. Tapi menurut hasil penelusuran saya sendiri dari beberapa website/forum, sepertinya masalah ini hanya dialami oleh orang-orang yang menginstall App Sync dari Cydia.

Whale whale whale…

Ternyata tweaks yang satu itu jadi sumber masalahnya. So, bagi Anda yang punya masalah yang sama (Safari, Mail, dll bermasalah/crash) ada baiknya periksa kembali daftar tweaks yang terinstall dari Cydia.

Kalau ternyata positif, App Sync telah terinstall sebelumnya, ikuti langkah berikut untuk memperbaiki beberapa aplikasi yang bermasalah tersebut:

  1. Buka Cydia.
  2. Buka menu “Manage” lalu “Package”, cari dan hapus App Sync.
  3. Install iFile dari Cydia.
  4. Telusuri direktori /var/mobile/Library/Caches.
  5. Kemudian hapus dua file berikut:
    • com.apple.LaunchServices-054.csstore
    • com.apple.mobile.installation.plist
  6. Tutup iFile dan reboot iDevice Anda.
  7. Kalau setelah menghapus file-file tersebut beberapa ikon aplikasi di Home screen menghilang, jangan khawatir, ikonnya akan segera muncul kembali.
  8. Setelah reboot, cek kembali aplikasi seperti Safari dan Mail, pastikan kalau kedua aplikasi tersebut sudah normal kembali.

Good luck. Semoga berhasil.

Sumber:
[Insanely]