Jailbreak iPod Touch 4G iOS 4.3.1 dengan RedSn0w (Windows)

iOS + Redsn0w

Akhirnya, jailbreak untuk iOS 4.3.1 muncul juga. Kemarin (4 April) iPhone Dev-Team telah merilis Redsn0w terbaru untuk jailbreak yang bersifat untethered :D.
Device yang support adalah:

  • iPhone 4
  • iPhone 3GS
  • iPod touch 4G
  • iPod touch 3G
  • iPad (iPad 1)
  • Apple TV 2
  • Sebelum memulai proses jailbreak, siapkan dulu yang diperlukan:

  • Download Redsn0w terbaru dari sini.
  • Download iOS 4.3.1 dari halaman ini. Pilih untuk iPodTouch(4G)
  • Download iTunes 10.2.1 dari sini
  • Setelah ketiga syarat di atas terpenuhi, kini saatnya kita lanjutkan ke proses jailbreak.

    Langkah-langkah jailbreak di bawah ini juga berlaku untuk iPhone 4, iPhone 3GS, iPod Touch 3G, dan iPad 1 karena sama-sama menggunakan RedSn0w sebagai tool jailbreak. Perbedaanya hanyalah pada versi iOS yang digunakan.

    Langkah 1
    Simpan file iOS bersamaan dengan RedSn0w yang telah didownload kedalam satu folder (agar mudah ditemukan beri nama foldernya Pwnage).

    Langkah 1

    Langkah 2
    Hubungkan iPod touch ke PC, kemudian jalankan iTunes (terbaru).

    iTunes

    Setelah iTunes terbuka dan iPod Touch telah terdeteksi di iTunes, tekan dan tahan tombol Shift pada keyboard lalu klik tombol Restore pada iTunes.

    Langkah 2a

    Kemudian sebuah jendela baru akan muncul, cari file iOS (.ipsw) yang telah Anda simpan tadi (yang tadi Anda beri nama Pwnage).

    Langkah 2b

    Sampai pada proses ini, iPod Touch Anda akan di update ke iOS 4.3.1 . Tunggu semua proses update selesai untuk melanjutkan ke proses selanjutnya.

    Langkah 3
    Setelah iPod Touch selesai di update/restore, jalankan Redsn0w yang tadi didownload.

    Langkah 3

    Langkah 4
    Saat jendela program Redsn0w telah terbuka, klik tombol Browse

    Langkah 4

    Langkah 5
    Cari file iOS (.ipsw) yang tadi Anda simpan pada folder Pwnage

    Langkah 5

    Langkah 6
    Selanjutnya file .ipsw akan diverifikasi oleh Redsn0w. Tunggu sampai muncul tulisan IPSW Successfully Identified lalu klik tombol Next, jika Redsn0w gagal melakukan verifikasi maka bisa dipastikan kalau file .ipsw yang Anda download corrupt.

    Langkah 6

    Langkah 7
    Selanjutnya Redsn0w akan mempersiapkan proses jailbreak

    Langkah 7

    Langkah 8
    Sampai pada langkah ini, Anda hanya perlu memberi centang pada Install Cydia.

    Langkah 8

    Langkah 9
    Hubungkan kembali iPod Touch ke PC, pastikan iPod Touch sudah dalam keadaan mati/OFF. Kemudian klik Next.

    Langkah 9

    Langkah 10
    Pada tahap ini, Redsn0w akan memberi petunjuk untuk membuat iPod Touch masuk ke mode DFU. Anda hanya perlu mengikuti petunjuk yang diberikan oleh Redsn0w.

    Tekan dan tahan tombol Power selama beberapa detik.

    Langkah 10a

    Kemudian (sambil tetap menekan tombol Power) lanjutkan dengan menekan tombol Home selama 10 detik.

    Langkah 10b

    Selanjutnya lepaskan tombol Home, dan tetap lanjutkan menekan tombol Power sampai Redsn0w mendeteksi iPhone telah masuk ke mode DFU dan siap melakukan proses jailbreak.

    Langkah 10c

    Langkah 11
    iPod Touch akan reboot

    Langkah 11

    Langkah 12
    Pada langkah ini Redsn0w akan memulai proses jailbreak, mengupload RAM Disk danKernel baru.

     

    Langkah 12

    Langkah 13
    Setelah proses di atas selesai, makan Redsn0w akan memberi informasi bahwa proses jailbreak sudah selesai. Klik tombol Finish.

    Kemudian iPod Touch akan reboot, waktu yang diperlukan sekitar 5 menit. Setelah itu ikon Cydia akan muncul pada homescreen iPod Touch.

    Langkah 13

    Proses jailbreak selesai, jalankan Cydia untuk mengupdate paket-paket terbaru.

    Perhatikan: Jika Anda menggunakan Windows 7, jalankan Redsn0w sebagai Administrator (klik-kanan > Run as Administrator).

    Sumber:
    [iClarified]

    42 Replies to “Jailbreak iPod Touch 4G iOS 4.3.1 dengan RedSn0w (Windows)”

    1. bro, saya mau tanya…dengan petunjuk di atas saya sudah bisa jailbreak ipod touch 4G saya dengan sukses. cuma kalau saya mau masukan game ke ipod tersebut tidak bisa. tertulis “The app “nama game” was nor installed on the iPod “……..”s ipod” because an unknown error occurred (0xE8008001)…

      bisa tolong dibantu, bagaimana caranya biar bisa installed game di ipod touch ?

      thank

      Rgds, AS

      1. Game yang Anda masukkan didownload diluar App Store/iTunes ya? kalau betul, itu memang wajar terjadi karena iTunes menolak menginstall apikasi bajakan/crackan. Tapi coba saja install aplikasi yang didownload dari iTunes/App Store yang menggunakan akun iTunes Anda sendiri, pasti sukses 🙂

        1. yups, tapi waktu gw jailbreak pertama beberapa bulan yang lalu masih bisa install game crack an… jadi gmn ? kalau udh di JB tapi gak bisa install game yang crack an sayang juga….xixixixixi

    2. Hi….
      Saya butuh bantuannya dong Bro.
      Saya menggunakan Ipod Touch 4th Gen IOS 4.3.1
      Mau Jailbreak dengan Redsn0w kok gagal terus ya?
      yg mau saya tanyakan, sebelum Jailbreak apakah sy harus Restore dulu di ITunes? Saya sudah coba restore ke IOS 4.3.1 (FW sudah sy download) tp gagal.

      Kmudian sy lanjut JB dgn Redsn0w, nah, waktu proses Reboot, layar I Touch saya blank putih lama sekali sekitar 10 menit, dan tampilan Redsn0w pun hang pada  “Please wait, your device is being processed………   waiting for reboot”. Setelah 10 menit, tampilan ITouch jd hitam dan muncul logo Apple, tapi setelah itu, ITouch seperti biasa lagi, tidak ada perubahan. Jalan seperti biasa.

      Menurut petunjuk seharusnya muncul logo CYdia…. Tapi ini tidak.
      Mohon bantuannya mas Bro sekalian. Thanks

      1. Yup, iOS terbaru untuk iPod touch 4G saat ini adalah 4.3.3 , kalau direstore ke 4.3.1 gak akan bisa karena Apple akan memblokir nya pada saat signing dari iTunes. Bisa sih restore ke 4.3.1 lagi tapi harus sudah ada SHSH bloobs sebelumnya, dan saya yakin Anda belum punya jadi cara ini mustahil.

        Saran saya, mending upgrade ke 4.3.3 dulu, kemudian jailbreak dengan redsn0w 0.9.6rc17. Download iOS 4.3.3 dan redsn0w nya ada di halaman Downloads, sedangkan untuk tutorialnya caranya sama saja seperti diatas.

        1. Oooo… gitu ya Bro…
          Hmm.. langkah-langkah upgrade ke iOS 4.3.3 nya susah gak ya?
          maaf masih newbie nih. Resiko terburuk kalo gagal Upgrade apa ya?
          btw, thanks buat infonya. sangat membantu

          1. Langkah2 upgrade ke iOS 4.3.3 (atau iOS berapapun) sama dengan langkah 1 sampai 2 diatas.

            Resiko terburuk hanya restore ulang, jangan takut “mati total”.

      1. untuk tips2 dan tutorial instalasinya di pending dulu, tunggu iOS 5 dan jailbreaknya resmi keluar baru deh tips2 nya di tambah :). Jangan lupa untuk subscribe atau follow twitternya ya 😉

    3. sori mau nanya masih awam banget nih, dulu itouchnya sempet di jailbreak tapi ngga sengaja mati akhirnya mati total terus mau jailbreak ulang iosnya masih 4.3.1 dan skrg lg download shs bloobs itu. jd mesti gimana? mohon bantuannya

      1. itouch nya masih pake iOS 4.3.1 dan gak bisa nyala? solusinya restore/upgrade ke 4.3.3 pake iTunes, karena iOS terbaru untuk itouch 3g/4g adalah 4.3.3* bukan 4.3.1.

        Setelah sukses upgrade ke 4.3.3, jailbreak pake redsn0w terbaru, tutorialnya sama saja dengan yang diatas cuma beda versi iOSnya.

        *) Download iOS 4.3.3 dari halaman Downloads

    4. gan yg pas proses di red snow
      yg “Kemudian (sambil tetap menekan tombol Power) lanjutkan dengan menekan tombol Home selama 10 detik” bukan na tombol power dan tekan tombol home 10 detik jadinya restar y gan…

      1. kalau tombol Home dan Power ditekan secara bersamaan, memang jadinya restart. Itu juga yang bisa dilakukan jailbreaker untuk keluar dari DFU mode, kadang disebut juga sebagai hard reboot.

        Tapi kalau tekan tombol Power duluan, lalu tekan tombol Home (menekannya tidak bersamaan), lanjut dengan melepas tombol Home, maka jadinya masuk ke DFU.

        Gak usah takut, itu intruksi dari RedSn0w sendiri kok, memang banyak orang yang gagal jailbreak pada tahap ini karena banyak yang bingung, antara hard reboot dan DFU. Dan kalaupun gagal, redsn0w tidak akan melanjutkan proses jailbreaknya.

    5. pas redsnow yg pertama ane teken powe 3 detik, lalu setelah 3 detik power + home 10 detik, ketika power + home tidak bersamaan dipencet slma 10 detik maka terjadi hard reboot gan,,,
      nah bagaimana untuk tidak terjadi hard reboot pada power + home tersebut,,, apa ada detik yg pas untuk tidak hard rebbot.

      jika power + home (tidak bersamaan menenkan nya) selama 10 detik ane msh terjadi hard reboot gan

      tolong pencerahan na gan

      1. apakah selama 10 detik itu tidak ditekan trus jadi berapa detik di tekan n delay na hnya beberapa 0.01 detik trus d pencet lg home nya,,,krna kl d pencet trus home walaupun tidak bersamaan dengan power bisa hard reboot gan

        1. Ini baru proses di langkah 10 (proses masuk ke DFU mode) ya? Sebenarnya kalau mengikuti langkah yang diberikan redsn0w cukup mudah kok, tapi saya coba terangkan ulang.

          Begitu sampai ke langkah 9, Sebelum menekan tombol Next, sebaiknya persiapkan diri dulu, lemaskan jempol dan telunjuk biar lebih leluasa.

          Setelah menekan tombol Next (sekarang masuk ke langkah 10):

          1. Tekan tombol Power selama 2-3 detik,
          2. Pas detik ke-3, segera tekan tombol Home selama 10 detik,

          jangan dulu lepaskan tombol Power-nya.

          3. Lepaskan tombol Home setelah detik ke-10.

          Sebenarnya gak perlu tepat detik ke-10, bisa saja di detik ke-9 atau malah detik ke-11, yang penting lihat petunjuk pada redsn0w. Kalau redsn0w sudah menginstruksikan untuk pindah langkah itu artinya proses yang Anda lakukan yang sudah tepat. Jangan terpaku pada waktu yang diberikan.

          jadi, di sini jari Anda harus sudah terlatih menekan tombol power/home, karena jari2 harus menekan tombol sementara mata harus didepan komputer. Kalau konsentrasi Anda terpecah, bisa2 gagal masuk ke DFU mode nya.

          4. Setelah melepaskan tombol Home, tetap lanjutkan menekan tombol Power-nya sampai redsn0w siap melakukan jailbreaking.

          Biasanya ditandai dengan bunyi dari komputer, oleh karena itu sebaiknya pasang speaker di PC Anda.

      1. kayaknya proses masuk ke DFU nya yang gak betul. Biasanya iPhone/iPad/iPod kalo masih terdeteksi sebagai kamera/scanner itu artinya masih dalam kondisi normal (belum masuk DFU / recovery mode).

        Btw, sewaktu menjalankan redsn0w iTunes nya dijalankan gak?

      1. Sorry, baru sempat dijawab 🙂

        iPhone 3GS itu walaupun harganya turun menjadi $50 tetap saja harus kontrak selama 2 tahun dengan AT&T.

        Apakah dapat dijailbreak? iPhone yang dibeli baru biasanya sudah dalam kondisi os terbaru, yaitu 4.3.5 saat ini. walaupun dapat di jailbreak, saya masih ragu apakah masih bisa di unlock.
         

    6. punten, saya udah selesaiin smua proses jailbreaknya…terakhir sampai kluar gambar `nanas kegigit` di ipod saya..tapi yang aneh adalah setelah itu ipod saya mati total, itunes bilang ipod saya dalam recovery mode..dan harus direstore..masa saya harus restore lagi? saya udah coba pencet home dan power berbarengan 10 detik, hasilnya nihil.mohon bantuannya, terimakasih.

    7. punten, saya udah selesaiin smua proses jailbreaknya…terakhir sampai kluar gambar `nanas kegigit` di ipod saya..tapi yang aneh adalah setelah itu ipod saya mati total, itunes bilang ipod saya dalam recovery mode..dan harus direstore..masa saya harus restore lagi? saya udah coba pencet home dan power berbarengan 10 detik, hasilnya nihil.mohon bantuannya, terimakasih.

    8. maw tanya: saya sudah melewati proses jailbreak ipod touch, sudah bisa maen game juga ..tapi beberpa jam kemuadian layar mati..tapi ipod masih bisa terdeteksi di itunes…sampai skrg blom bisa menyala…saya sudah lakukan restore ke 4.3.1 tapi tetep ga maw menyala…
      dan sempat saya liat sebenarnya ipod nya menyala dengan layar yang sangat gelap

      Mohon percerahan nya..saya ga taw harus bagaimana lagi.

      1. “tapi beberpa jam kemuadian layar mati…”

        Artinya iPod nya mati secara tiba2 pas lagi dimainin ya?
        Coba ingat2 dulu, sebelum iPodnya mati baterainya masih cukup atau sudah dibawah 20% ? Biasanya iPhone/iPad/iPod touch yang baterainya sangat lemah susah untuk dihidupkan seperti biasanya. Dan daya yang tersisah (<20%) hanya cukup untuk membuat layarnya menyala, tapi tidak cukup kuat untuk menyalakan iPod secara keseluruhan. Coba dihubungkan ke charger selama beberapa menit dan tunggu perubahannya.

        Kalau memang penyebabnya karena lowbat, walaupun Anda restore tetap gak ada gunanya, karena daya/power pada iPod sangat lemah. iPod yang mau direstore malah disarankan agar baterainya minimal 50%.

    9. Numpang tanya : tentang menekan shift , gunanya untuk ap y ??? lalu , it di restore dluan lewat itunes juga knapa y ??? bukannya akan menyebabkan data2 ny hilang ya ??? terimakasih , maaf banyak bertanya .. 

            1. JailbreakMe itu jailbreak paling mudah, gak perlu bantuan komputer, gak perlu restore, gak perlu download iOS. Jailbreaknya langsung dari situsweb.

              Downloadnya gak lama kok, yang penting 3G/Wi-FI nya stabil, sekitar 5-10 menit.

    10. mau tanya mas. Ipod touch saya sering sekali restart/reboot. saya curiga ada maslah di baterainya,benar atau gak ya mas?

      efeknya, jadi saya harus ngulang red-snow saya untuk boot thetered lagi, ada solusi gak mas? mohon bantuannyaa… 🙂

      1. Device nya apa? Kalau devicenya masih sanggup menjalankan iOS 5, saya sarankan diupdate saja ke iOS 5.0.1. Jailbreak untethered untuk iOS 5.0.1 juga sudah dirilis.

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *