TaiGJBreak

Developer berbakat dibalik TaiG, perusahaan/tim yang tahun lalu digosipkan menjadi sponsor utama @evad3rs untuk merilis evasi0n7 kembali membuat gebrakan di tahun ini dengan merilis program jailbreak mereka sendiri, TaiG.

Walaupun perilisan TaiG ini juga mengundang kontroversi terutama soal sumber exploit yang digunakan, tapi beberapa jailbreaker senior seperti @saurik dan @MuscleNerd sudah memberikan lampu hijau kepada pengguna untuk menggunakan TaiG ini. Bahkan menurut MuscleNerd, TaiG ini lebih transparan dibanding Pangu.

Sudah siap jailbreak? Yuk…

Persiapan

  1. Pastikan kalau iDevice Anda terupdate ke iOS 8.1.1 tidak dengan cara OTA, tetapi melalui iTunes. Hal ini untuk menghindari kegagalan/error yang bisa terjadi selama proses jailbreak.
  2. Sebelum jailbreak, sebaiknya selalu membackup data-data Anda terlebih dahulu.
  3. Disarankan untuk melakukan jailbreak pada kondisi offline, yaitu dengan mengaktifkan Airplane Mode.
  4. Disarankan juga untuk menonaktifkan fitur passcode (Settings > Touch ID & Passcode, lalu Turn Passcode Off) dan juga menonaktifkan fitur Find My iPhone untuk sementara (Settings > iCloud > Find My iPhone).

Langkah-langkah jailbreak

  1. Download TaiG (TaiGJBreak) dari situs resminya di taig.com.
  2. Ekstrak file yang sudah didownload sebelumnya,
  3. Hubungkan iDevice dengan komputer (dan backup via iTunes kalau belum),
  4. Jalankan TaiGJBreak yang sudah didownload tadi,
  5. Begitu jendela program TaiG muncul, pastikan kalau iDevice Anda terdeteksi dengan baik (akan ditampilkan jenisnya dan versi iOS-nya).
  6. Anda akan melihat dua buah pilihan checkbox yang tersedia. Yang pertama adalah menu untuk menginstall Cydia, dan yang kedua adalah menu untuk menginstall app store khusus dari TaiG yang disediakan untuk pengguna dari Cina (app store pihak ketiga khusus Cina). Anda tidak perlu menginstall yang kedua ini, cukup Cydia saja.
  7. Klik tombol jailbreak (tombol paling besar dan hijau) untuk memulai proses jailbreak.
  8. Setelah proses jailbreak selesai, akan muncul gambar smilie hijau pada layar.
  9. Kemudian iDevice akan reboot secara otomatis dan akan muncul ikon aplikasi Cydia di Home screen setelahnya.
  10. Selamat iDevice Anda telah terjailbreak!

Catatan:
Setelah proses jailbreak selesai, dan setelah Cydia berhasil dijalankan pertama kalinya, cari paket bernama system-cmds dan reinstall paket tersebut, kemudian reboot iDevice Anda sekali lagi.