Pernah merasa kalau Ubuntu di komputer Anda terasa berat ketika dijalankan? Atau free space semakin berkurang tapi program yang terinstall sudah dikurangi? Hal tersebut bisa diakibatkan karena banyaknya paket-paket sisa yang tidak terpakai yang memenuhi sistem atau yang disebut junk files.

Tips berikut ini adalah bagaimana mengurangi atau menghilangkan file-file sampah tersebut agar sistem semakin ringan dan menambah free space harddisk.

Catatan:
Lakukan langkah demi langkah secara hati-hati, saya tidak bertanggung jawab seandainya terjadi masalah yang diakibatkan oleh kelalaian/ketidaktelitian pengguna.

Jika Anda belum menginstall Synaptic Package Manager, saya sarankan untuk menginstallnya terlebih dahulu, karena sebagaian besar tutorial berikut bergantung pada Synaptic Package Manager (SPM).

Menghapus paket Residual Config

Synaptic Package Manager secara default sudah menyediakan fitur untuk menghapus Residual Config. Untuk mengakses fitur ini buka Synaptic Package Manager. Pada panel kiri bagian bawah, klik tombol Status kemudian pilih Residual config.

Synaptic Package Manager

Jika seandainya tidak ada tombol Residual config, itu berarti tidak ada residual config yang tersisa, tapi jika ada maka bisa dipastikan ada atau banyak paket Residual config yang tersisa dan dianjurkan untuk dihapus.

Untuk menghapus paket-paket tersebut, klik-kanan pada paket yang ingin dihapus lalu pilih Mark for Complete Removal.

Synaptic Package Manager

Setelah semua paket residual config diberi tanda untuk dihapus, klik tombol Apply (pada toolbar) untuk menghapus.

Menghapus file cache

File cache adalah paket-paket yang terdownload oleh APT (dan juga Synaptic Package Manager) yang tersimpan pada direktori /var/cache/apt/archives/. Fitur ini juga sudah bawaan pada Ubuntu, bedanya adalah fitur ini hanya bisa di akses dari Terminal.

Untuk menggunakannya, buka Terminal, Kemudian jalankan perintah ini:

Autoclean
Lalu masukkan password dan tekan Enter. Jika berhasil maka akan muncul nama-nama dari paket yang terhapus pada Terminal.

Menghapus locale data yang tidak penting

Localepurge adalah sebuah script sederhanya yang berfungsi untuk mengembalikan space harddisk yang terbuang dengan cara menyingkirkan file localizations (file-file terjemahan) yang tidak dibutuhkan. Localepurge akan aktif secara otomatis ketika instalasi APT sedang aktif.

Sebelumnya install dulu program localepurge, langsung dari Terminal menggunakan perintah:

Ketika proses penginstalan berjalan maka akan muncul sebuah jendela baru “Configuring localepurge“,

Localepurge

pilih localizations yang ingin Anda pertahankan, misalnya en untuk English (Inggris) kemudian klik Forward untuk melanjutkan ke proses selanjutnya.

Proses kerja localepurge dari Terminal jika ada paket yang terinstall:

Localepurge

Menghapus paket orphaned

Install dulu paket yang dibutuhkan, yaitu deborphan, langsung dari Terminal dengan perintah:

Penjelasan:
Deborphan mencari paket-paket yang bersifat “orphaned” (yatim piatu) atau paket yang tidak memiliki ketergantungan (dependencies) pada paket tersebut, lalu menampilkan daftar paketnya.

Untuk langsung menghapus paket yang berstatus orphaned buka Terminal kemudian jalankan perintah ini:

Selain menjalankan deborphan dari Terminal, Anda juga bisa menginstall versi GUI dari deborphan dengan menginstall gtkorphan:

Untuk menjalankannya, jalankan gtkorphan dengan akses root:

maka jendela program dari gtkorphan akan terbuka dan menampilkan seua paket-paket yang bersifat orphaned.

Menambahkan fitur pencarian paket orphaned pada Synaptic

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, deborphan hanya bisa dijalankan dari Terminal, atau bisa dijalankan dari versi GUI dengan menginstall program tambahan pula. Tapi bagaimana jika kita ingin mengintegrasikan deborphan langsung pada Synaptic? Ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Buka Synaptic Package Manager, kemudian klik Settings > Filters<
  • Setelah jendela Filters terbuka buatlah sebuah filter baru dengan mengklik tombol New, lalu beri nama dari filter yang Anda buat misalnya “Orphaned”
  • Klik tombol Deselect All dan beri centang pada pilihan Orphaned seperti pada gambar di bawah:
  • Synaptic Package Manager

  • Setelah semua siap, klik OK untuk melanjutkan.
  • Masih pada Synaptic Package Manager, klik tombol Custom Filter yang ada pada panel kiri-bawah dan klik pada Orphaned (sesuai dengan nama filter yang tadi dibuat), maka akan tampil semua paket yang berstatus oprphaned.
  • Synaptic Package Manager

Untuk menghapusnya, lakukan seperti biasa yaitu: klik-kanan pada paket yang akan dihapus, lalu pilih Mark for Complete Removal. Setelah semua paket orphaned diberi tanda untuk dihapus, klik tombol Apply (pada toolbar) untuk menghapus.

Tapi ingat, sebelum menghapusnya perhatikan baik-baik paket-paket apa saja yang akan Anda hapus, perhatikan deskripsi paketnya dengan hati-hati.

Synaptic Package Manager

Paket dengan ukuran “0 B” atau berstatus “transitional package” atau “dummy package” aman-aman saja untuk dihapus.

Pada saat ingin menghapus, perhatikan juga apa saja pesan dari Synaptic. Kalau tidak ada pemberitahuan error, lanjutkan.

Synaptic Package Manager

Menggunakan Ubuntu-Tweak

Salah satu fitur dari Ubuntu-Tweak yang sangat saya sukai adalah Janitor. Janitor adalah tools untuk menghapus paket-paket yang tidak lagi dibutuhkan sistem misalnya thumbnails, history, cache, kernel, dan juga bisa untuk menghapus (purge) PPA.

Ubuntu Tweak

Download Ubuntu-Tweak: Di sini.

  1. Setelah Ubuntu Tweak terinstall, buka tab Janitor
  2. Pilih kategori yang ingin dibersihkan. Kalau saya biasanya cuma menghapus System yang terdiri dari paket-paket sisa APT dan kernel tua.
  3. Setelah itu, klik tombol Clean dan masukkan password Anda untuk melanjutkan.

Setelah mengikuti semua langkah-langkah di atas, Insya Allah system Anda akan semakin ringan dijalankan dan freespace harddisk juga bertambah.