Sudah banyak pengguna iPhone (dan iPad) yang melaporkan masalah tidak bisa update aplikasi dari App Store karena munculnya Apple ID yang berbeda.

Kenapa bisa sampai App Store meminta Apple ID yang berbeda dengan milik pengguna pada saat akan mengupdate sebuah aplikasi?

Berikut penjelasannya.

Pada iOS, aplikasi-aplikasi pihak ketiga hanya boleh didownload melalui dua cara saja; yaitu dari App Store pada perangkat iOS (iPhone, iPad dan iPod touch), dan melalui iTunes Store (PC/Mac). Itulah cara resmi yang ditetapkan oleh Apple. Apple tidak mengijinkan adanya sideloading, yaitu cara menginstall aplikasi yang tidak melalui cara resmi, misalnya menginstall aplikasi secara manual dari file format IPA yang didownload dari internet (blog/website). Sebenarnya di iOS bisa saja sideloading, tapi dengan syarat Anda adalah seorang developer aplikasi iOS terdaftar, atau melalui jailbreak.

Dengan alasan tersebut, setiap aplikasi yang didownload dari App Store pastilah terhubung dengan sebuah Apple ID, karena untuk mendownload aplikasi dari App Store/iTunes Store kita membutuhkan akun iTunes/Apple ID.

Tapi bagaimana dengan file-file IPA yang bertebaran di internet? Sebenarnya walau file mentahnya (dalam format .IPA) bisa Anda download dengan bebas ke komputer Anda, tapi tetap saja file IPA tersebut tidak akan bisa diinstall ke iPhone Anda karena iTunes akan menolaknya. Di dalam file IPA tersebut terdapat informasi khusus yang menandai siapa pemilik ID yang mendownloadnya. Dan iTunes tidak akan menginstallnya ke perangkat Anda kalau iTunes mendeteksi kalau Anda bukan pemilik sahnya dari aplikasi/file IPA yang Anda download tersebut.

Sedangkan pada perangkat-perangkat iOS, sideloading sama sekali tidak bisa, kecuali dijailbreak dulu. Anda tidak bisa mendownload file IPA dari blog/website ge-je dan mentransfernya ke iPhone Anda lalu kemudian menginstallnya langsung seperti layaknya menginstall file APK di Android (Unknown sources). Tidak ada fitur bawaan yang memungkinkan proses instalasi IPA tersebut di iOS.

Masalah utama munculnya Apple ID yang berbeda saat ingin melakukan update aplikasi seperti yang saya sebut di awal adalah karena ada sebuah atau beberapa aplikasi yang didownload dari Apple ID yang berbeda dengan Apple ID yang terdaftar pada sebuah iPhone/iPad.

Apakah Anda pernah mengupdate sebuah aplikasi dan muncul dialog yang meminta Anda memasukkan password dari Apple ID yang sama sekali tidak Anda kenali? Yup, itu yang saya maksud.

Kenapa itu bisa terjadi?

Ada beberapa kemungkinan:

  • Anda membeli iPhone/iPad dari seseorang (bekas/2nd) tetapi iPhone/iPad tersebut masih berisi data-data dari pemilik sebelumnya, termasuk aplikasi-aplikasinya, yang artinya iPhone/iPad tersebut belum direset/direstore sebelum jadi milik Anda.
  • Anda menggunakan jasa orang lain (toko/counter hp) untuk mengisi aplikasi-aplikasi ke iPhone milik Anda, dan Apple ID yang digunakan untuk mendownload aplikasi tersebut punya toko yang kemudian di-sign out lagi dari iPhone Anda tersebut sebelum diserahkan kembali ke Anda.
  • Seseorang pernah menginstall aplikasi bajakan ke iPhone/iPad milik Anda.

Intinya, kalau muncul Apple ID yang berbeda alias bukan punya Anda pada saat ingin mengupdate aplikasi, itu artinya aplikasi tersebut didownload bukan dari Apple ID milik Anda, tetapi oleh Apple ID orang lain.

Sayangnya, Anda tidak bisa mengupdate aplikasi bermasalah tersebut kecuali Anda tahu password dari Apple ID yang muncul itu. Anda juga tidak bisa mengubah kepemilikan dari aplikasi tersebut.

Kalau memang Anda suka aplikasi dengan tersebut dan mau supaya aplikasi tersebut tetap bisa diperbarui, satu-satunya cara setahu saya adalah Anda harus menghapus aplikasi tersebut dan menginstallnya kembali dengan akun/Apple ID milik Anda sendiri.

Semoga penjelasan di atas bisa membantu. Kalau ada yang mau ditanyakan, silakan isi kolom komentar di bawah ini.