Kenapa saat update aplikasi dari App Store muncul Apple ID yang berbeda?

Sudah banyak pengguna iPhone (dan iPad) yang melaporkan masalah tidak bisa update aplikasi dari App Store karena muncul permintaan untuk Apple ID yang berbeda.

Kenapa bisa sampai App Store meminta Apple ID yang berbeda dengan yang ada di perangkat pengguna pada saat akan meng-update sebuah aplikasi?

Berikut penjelasannya.

Di iOS, aplikasi pihak ketiga hanya boleh di-download melalui dua cara saja, yaitu:

  1. Dari App Store pada perangkat iOS (iPhone, iPad, dan iPod touch)
  2. Melalui iTunes Store (PC/Mac)

Itulah cara resmi yang ditetapkan oleh Apple.

Apple tidak mengizinkan adanya side loading, yaitu teknik meng-install aplikasi secara tidak resmi dengan cara meng-install aplikasi secara manual dari file berformat IPA yang di-download dari Internet. Sebenarnya secara teknis di iOS bisa saja orang melakukan side loading, tapi dengan syarat Anda adalah seorang developer aplikasi iOS terdaftar, atau melalui jailbreak.

Dengan alasan tersebut, setiap aplikasi yang di-download dari App Store sudah pasti terhubung atau terasosiasi dengan sebuah Apple ID, karena untuk men-download aplikasi dari App Store/iTunes Store kita membutuhkan sebuah akun iTunes/Apple ID.

Lalu bagaimana dengan file-file berformat IPA yang bertebaran di Internet? Sebenarnya walau file mentahnya (dalam format .IPA) bisa Anda download dengan bebas ke komputer Anda, tapi tetap saja file IPA tersebut tidak akan bisa di-install begitu saja di perangkat Anda karena iTunes akan menolaknya. Di dalam file IPA tersebut mengandung informasi khusus yang menandai siapa pemilik Apple ID yang men-download-nya. Dan iTunes tidak akan meng-install-nya ke perangkat Anda kalau iTunes mendeteksi kalau Anda bukan pemilik sah dari aplikasi/file IPA yang Anda download tersebut.

Pada perangkat-perangkat iOS, side loading sama sekali tidak diizinkan. Anda tidak bisa men-download file IPA dari blog/website ge-je dan mentransfernya ke iPhone Anda lalu kemudian meng-install-nya langsung seperti layaknya meng-install file APK di Android (Unknown sources). Tidak ada fitur bawaan yang memungkinkan proses instalasi IPA tersebut di perangkat iOS.

Masalah utama munculnya Apple ID yang berbeda saat ingin update aplikasi seperti yang saya jelaskan di awal adalah karena adanya sebuah atau beberapa aplikasi yang sebelumnya di-download dengan menggunakan Apple ID yang berbeda. Apakah Anda pernah mencoba meng-update sebuah aplikasi dan muncul dialog yang meminta Anda memasukkan password dari Apple ID yang sama sekali tidak Anda kenali? Yup, itu yang saya maksud.

Kenapa itu bisa terjadi?

Ada beberapa kemungkinan:

  • Anda membeli iPhone/iPad dari seseorang (bekas/second) tetapi iPhone/iPad tersebut masih berisi data-data dari pemilik sebelumnya, termasuk aplikasi-aplikasinya, yang artinya iPhone/iPad tersebut belum di-reset/di-restore.
  • Anda menggunakan jasa orang lain (toko/counter hp) untuk mengisi aplikasi ke perangkat milik Anda, dan Apple ID yang digunakan untuk men-download aplikasi tersebut punya toko yang kemudian di-sign out lagi dari perangkat Anda tersebut sebelum diserahkan kembali ke Anda.
  • Seseorang pernah meng-install aplikasi bajakan ke iPhone/iPad milik Anda.

Intinya, kalau muncul Apple ID yang berbeda alias bukan punya Anda pada saat ingin meng-update aplikasi, itu artinya aplikasi tersebut di-download bukan dari Apple ID milik Anda, tetapi oleh Apple ID orang lain.

Sayangnya, Anda tidak bisa meng-update aplikasi bermasalah tersebut kecuali Anda tahu password dari Apple ID yang muncul itu. Anda juga tidak bisa mengubah kepemilikan dari aplikasi tersebut.

Kalau memang Anda suka aplikasi dengan tersebut dan mau supaya aplikasi tersebut tetap bisa diperbarui, satu-satunya cara setahu saya adalah Anda harus menghapus aplikasi tersebut dan meng-install-nya kembali dengan akun/Apple ID milik Anda sendiri. Memang merepotkan, tapi itulah kebijakan yang sudah ditetapkan Apple untuk menjaga keamanan perangkat dan akun pengguna.

Semoga penjelasan di atas bisa membantu. Kalau ada yang mau ditanyakan, silakan isi kolom komentar di bawah ini.