Berbicara mengenai jaringan LTE, Anda pasti sudah tahu kalau iPhone 5 adalah smartphone pertama dari Apple yang telah mendukung jaringan LTE. Namun karena adanya fragmentasi pada jaringan 4G LTE, Apple terpaksa harus membuat tiga jenis iPhone yang berbeda untuk mendukung jaringan LTE tersebut. Dibandingkan dengan iPhone 4S yang merupakan world phone (bisa GSM dan CDMA) tetapi belum mendukung jaringan LTE, iPhone 5 yang sudah mendukung LTE dirilis untuk dua model GSM dan satu model CDMA.

Tiga model dari iPhone 5 tersebut adalah:

  1. GSM model A1428.
  2. GSM model A1429.
  3. CDMA model A1429.


GSM A1428 ditujukan khusus untuk operator AT&T di Amerika Serikat, karena AT&T menggunakan jaringan LTE 4 dan 17. Operator seperti Bell, Rogers dan Telus juga mendukung model ini karena sama-sama menggunakan LTE 4 dan 17, serta beberapa operator lain di Kanada. Tetapi jangan harap Anda bisa menggunakan layanan LTE di luar negara Amerika Serikat atau Kanada karena tidak ada negara lain yang operatornya menggunakan jaringan LTE 4 dan 17. Walaupun iPhone 5 model ini bisa menggunakan jaringan GSM manapun di dunia, tetapi khusus untuk jaringan LTE, model ini tidak tergolong “global”.

Oleh karena itu, Apple harus merilis iPhone 5 GSM (GSM+LTE) versi kedua yang bisa mendukung lebih banyak jaringan LTE untuk operator/negara lainnya. Maka dirilislah model A1429, yang mendukung jaringan pada sebagian besar operator pada Eropa dan Asia, tetapi tidak untuk negara seperti Amerika dan Kanada.

Versi ketiga, adalah versi CDMA yang juga model A1429. Versi ini termasuk dalam kategori global juga, karena mendukung jaringan LTE 1, 3 dan 5 serta jaringan LTE 13 dan 25 yang ditujukan untuk operator Verizon dan Sprint (CDMA) di Amerika Serikat atau operator KDDI di Jepang.

Jadi intinya, iPhone 5 ada tiga model:

  1. Yaitu GSM model A1428 (khusus AT&T dan beberapa operator lain di Amerika Serikat dan Kanada), yang hanya mendukung jaringan LTE 2, 4, 5 dan 17.
  2. Global model A1429 (bisa untuk Eropa dan Asia), yang mendukung jaringan LTE 1, 3 dan 5.
  3. CDMA model A1429 (bisa untuk Eropa dan Asia, serta meundukung jaringan LTE dari Verizon dan Sprint), yang mendukung jaringan LTE 1, 3, 5, 13 dan 25.

Masih bingung? Oke, singkatnya begini. Jika Anda membeli iPhone 5 dan tinggal di Indonesia yang belum ada jaringan LTE nya, mungkin ketiga model di atas cocok buat Anda karena fitur dan layanan LTE nya belum bisa Anda manfaatkan. Tapi jika seandainya bulan depan ada salah satu operator seluler di Indonesia yang mulai mengujicoba jaringan LTE nya, maka sebaiknya Anda beli yang GSM model A1429, ini disebut dengan versi “Global”. Kalau Anda beli yang model A1428 (entah karena salah beli atau barang hadiah) maka sudah pasti Anda tidak bisa menikmati layanan LTE nya, karena frekuensi nya tidak cocok.

Akibat dari adanya perbedaan hardware iPhone 5 di atas, maka ada dua jenis iOS berbeda untuk iPhone 5.

Versi pertama adalah versi GSM, yaitu untuk iPhone 5 model A1428 (iPhone5,1) yang jaringan LTE nya hanya bisa digunakan untuk operator AT&T dan beberapa operator di Amerika Serikat dan Kanada saja.

Versi kedua adalah versi Global (GSM+CDMA), yaitu untuk iPhone 5 model A1429 (iPhone5,2). Versi ini cocok untuk iPhone 5 GSM dan CDMA.

Anda bisa mengetahui negara atau operator mana saja yang mendukung jaringan LTE untuk iPhone dari halaman ini.

Jadi, Anda sudah tahu kan iOS versi mana yang harus Anda download untuk iPhone 5 Anda? Yup benar, download saja versi Global nya. Versi ini cocok untuk iPhone 5 CDMA serta GSM yang berada di luar Amerika Serikat.

Tambahan:
Meskipun di sini saya menjelaskan perbedaan versi Global dan GSM dengan menggunakan iPhone 5 sebagai contoh, tetapi pada prinsipnya perbedaan tersebut juga berlaku untuk iPhone seri di atasnya, dan juga sebagian untuk iPad.