iOS Battery Usage

Akhir-akhir ini masalah mengenai baterai iPhone yang cepat terkuras sedang banyak diberitakan. Dan kebanyakan laporan tersebut muncul setelah dirilisnya iOS 6/6.1, dan yang dicurigai sebagai penyebab utamanya adalah iOS 6/6.1 itu sendiri.



Sebenarnya masalah baterai ini bisa dipengaruhi banyak hal, mulai dari lama penggunaan, aktifitas menelepon/SMS, perilaku/fitur-fitur dari aplikasi (notifikasi, dll), Siri, konfigurasi standar seperti kecerahan layar, bluetooth atau Wi-Fi, push mail, location service dan lain-lainnya.

Aplikasi atau tweaks yang terinstall di iPod touch saya dan konfigurasinya belum tentu sama dengan iPhone atau iPad milik Anda, misalnya. Jadi, kalau saya merasa iPod touch saya cepat lowbat, belum tentu iPhone Anda juga akan mengalami hal yang sama hanya karena sama-sama menggunakan iOS 6.1, benar?

Meskipun sudah banyak laporan yang masuk ke forum diskusi Apple mengenai masalah baterai di iOS 6/6.1, tetapi ada juga beberapa pengguna yang merasakan adanya perbaikan pada daya tahan baterai dibanding versi iOS sebelumnya:

Prior to iOS6, my phone battery would consistently be between 10-20% every night by the time I went to bed. After iOS6, it’s between 50-60%. I’ve not changed my usage habits in the least. Anyone else notice dramatically better battery life?

twalker294

I’ve actually had better battery life today. I’ve a couple of 5-10 minute phone calls and have been texting pretty regularly and am currently at 96%. Check location services and see what stuff is running, I turned off quite a few things that serve no purpose to me and that probably helped a bit.

georgia10

Jadi, bagaimana dengan Anda? Apakah merasa ada peningkatan atau justru penurunan daya tahan baterai setelah melakukan upgrade ke iOS 6?

Oh ya, terima kasih buat @agungxploit.