Komunitas jailbreaking adalah quick reference bagi Apple

iOS 8

Saya baru saja membaca sebuah artikel berjudul “Jailbreaking iOS 8: Will Apple’s update kill Cydia tweaks?” dari Phone Cruncher yang berisi komentar-komentar atau pendapat beberapa developer tweak Cydia soal masa depan jailbreak di iOS 8. Salah satu paragraf yang bisa saya kutip seperti ini:

Tennen discussed Apple’s obsession with jailbreaking, explaining: “With every [iOS] release, Apple takes the most popular features from the jailbreak community and implements them into iOS. This year, they took inspiration (for quick-reply texting) from Auki, along with keyboard tweaks such as Octopus Keyboard, Nin and BioLockdown”.

Pertanyaan “Apakah iOS X adalah akhir dari jailbreaking?” atau yang sejenis akan selalu muncul setiap kali sebuah versi baru iOS dirilis. Ini sudah biasa, TBH.

Saya sendiri antara percaya dan tidak percaya soal gosip bahwa Apple sengaja memasang bug di iOS di tempat tersembunyi untuk menguji para hacker. Tapi satu hal yang saya percayai, Apple memang bisa menutup semua celah keamanan (spesifik yang diperlukan untuk jailbreak) di iOS.

Tapi mengapa Apple tidak (dari dulu) melakukannya? Ini berkaitan dengan yang saya kutip di atas.

Apple bisa saja mencontek/mencuri (atau punya istilah lain?) fitur-fitur dari tweak Cydia dan mengaplikasikannya ke iOS, tapi ada satu hal yang bisa diberikan komunitas jailbreaking yang tidak kalah berharganya; minat pengguna.

Apple memang senang/butuh ide/fitur tambahan dari tweak Cydia, tapi minat pengguna terhadap tweak-tweak di Cydia-lah yang menentukan nasib iOS berikutnya.

Di mata Apple, komunitas jailbreaking itu bagaikan beta tester sukarela untuk fitur iOS selanjutnya, sedangkan para developer tweak bagaikan project leader kecil-kecilan.

Anda bisa saja membuat sebuah tweak Cydia dengan ide original, punya fitur unik serta desain yang indah dan menarik aka Apple-ish, tapi kalau pengguna tweak Anda itu sedikit, tidak populer, cuma gimmick, Apple tidak akan tertarik. Sebaliknya, meskipun ada sebuah tweak yang desainnya sederhana, apa adanya, tetapi fiturnya disukai dan banyak peminatnya, Apple mungkin akan menaruh perhatian ke situ.

Dan… hanya soal waktu saja sampai fitur dari tweak-tweak Cydia populer kesukaan para jailbreaker (kecuali theming, seriously) dimasukkan ke iOS.

Jadi, apakah Apple akan “memecat” para beta tester-nya ini? Saya tidak yakin Apple ingin kehilangan referensi berharganya.

TL:DR Apple tidak butuh ide fitur dari tweak Cydia, yang Apple butuh adalah informasi soal seberapa besar minat para pengguna (jailbreaker) terhadap fitur dari Cydia tersebut.

6 Replies to “Komunitas jailbreaking adalah quick reference bagi Apple”

  1. untuk tweak saya sendiri sih ga sampai main2 ke themes dan macem2nya,sebenernya yg paling di butuhin itu(di luar req system) tweak activator,jadi ga perlu annoying assistive touch,tapi gatau,apakah activator bakal jadi tweak apple untuk iOS 8?,tapi balik lagi,klo home button rusak,mau gamau pake annoying assistive,bagi saya mengganggu,ketimbang gesturenya activator,tapi di situlah dia bisa dapet duit lagi dari service home button 🙂
    gimana mas ivan? ini cuma menurut saya loh mas, thanks juga buat bimbingan websitenya yg setiap hari saya buka hehehe

    1. Activator itu bagus, tapi iOS 7 itu bagaikan tanda larang besar bagi Activator.

      Alasannya?

      1. Di iOS7 banyak diperkenalkan fitur2 yang bisa diakses dengan touch gesture. Setiap gesture sudah dipastikan jadi standar, dan tidak bisa/boleh diubah-ubah lagi.

      Dengan adanya Activator, user bisa meng-override touch gesture yang sudah diset tersebut dan itu tidak disukai oleh Apple.

      2. Ingat, touch gesture itu tidak nampak. User harus mempelajarinya sendiri, dan kebanyakan hanya tahu kalau fitur A, B, C itu ada hanya ketika diberi tahu atau kalau usernya baca dokumentasi. Apple tidak bisa serta merta merilis aplikasi yang touch-gesture based kecuali semua usernya paham dan tahu bagaimana cara menemukan fitur tersebut. Kalau tidak, touch gesture akan useless.

      1. iya juga sih,memang udah banyak apps yg pakai touch gesture.
        untuk jailbreaking berikutnya sih yg saya butuh Activator aja kyknya mas,itu yg paling keren dari si ryan petrich hehehe,tapi nunggu JB untuk 7.1.1 (pengalaman kemarin kebanyakan tweak,iPod jadi berat hehehe)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *