iOS 8

Saya baru saja membaca sebuah artikel berjudul “Jailbreaking iOS 8: Will Apple’s update kill Cydia tweaks?” dari Phone Cruncher yang berisi komentar-komentar atau pendapat beberapa developer tweak Cydia soal masa depan jailbreak di iOS 8. Salah satu paragraf yang bisa saya kutip seperti ini:

Tennen discussed Apple’s obsession with jailbreaking, explaining: “With every [iOS] release, Apple takes the most popular features from the jailbreak community and implements them into iOS. This year, they took inspiration (for quick-reply texting) from Auki, along with keyboard tweaks such as Octopus Keyboard, Nin and BioLockdown”.

Pertanyaan “Apakah iOS X adalah akhir dari jailbreaking?” atau yang sejenis akan selalu muncul setiap kali sebuah versi baru iOS dirilis. Ini sudah biasa, TBH.

Saya sendiri antara percaya dan tidak percaya soal gosip bahwa Apple sengaja memasang bug di iOS di tempat tersembunyi untuk menguji para hacker. Tapi satu hal yang saya percayai, Apple memang bisa menutup semua celah keamanan (spesifik yang diperlukan untuk jailbreak) di iOS.

Tapi mengapa Apple tidak (dari dulu) melakukannya? Ini berkaitan dengan yang saya kutip di atas.

Apple bisa saja mencontek/mencuri (atau punya istilah lain?) fitur-fitur dari tweak Cydia dan mengaplikasikannya ke iOS, tapi ada satu hal yang bisa diberikan komunitas jailbreaking yang tidak kalah berharganya; minat pengguna.

Apple memang senang/butuh ide/fitur tambahan dari tweak Cydia, tapi minat pengguna terhadap tweak-tweak di Cydia-lah yang menentukan nasib iOS berikutnya.

Di mata Apple, komunitas jailbreaking itu bagaikan beta tester sukarela untuk fitur iOS selanjutnya, sedangkan para developer tweak bagaikan project leader kecil-kecilan.

Anda bisa saja membuat sebuah tweak Cydia dengan ide original, punya fitur unik serta desain yang indah dan menarik aka Apple-ish, tapi kalau pengguna tweak Anda itu sedikit, tidak populer, cuma gimmick, Apple tidak akan tertarik. Sebaliknya, meskipun ada sebuah tweak yang desainnya sederhana, apa adanya, tetapi fiturnya disukai dan banyak peminatnya, Apple mungkin akan menaruh perhatian ke situ.

Dan… hanya soal waktu saja sampai fitur dari tweak-tweak Cydia populer kesukaan para jailbreaker (kecuali theming, seriously) dimasukkan ke iOS.

Jadi, apakah Apple akan “memecat” para beta tester-nya ini? Saya tidak yakin Apple ingin kehilangan referensi berharganya.

TL:DR Apple tidak butuh ide fitur dari tweak Cydia, yang Apple butuh adalah informasi soal seberapa besar minat para pengguna (jailbreaker) terhadap fitur dari Cydia tersebut.