Definisi root

root adalah username (nama pengguna) dari akun yang memiliki akses ke semua perintah dan file pada Linux atau sistem operasi lain yang berbasis UNIX, atau Unix-like. root juga sering disebut sebagai root user atau superuser.

Kata root juga memiliki beberapa makna tambahan ketika digabungkan dengan istilah lain, dan inilah yang menjadi salah satu sumber kebingungan bagi orang-orang yang baru (newbie) menggunakan sistem operasi berbasis GNU/Linux atau turunannya.

root directory

root directory atau direktori/folder root adalah direktori tingkat teratas pada sistem operasi.

Direktori ini adalah direktori di mana semua direktori berada. Direktori root dituliskan sebagai /, disebut “slash“.

Direktori yang berada di dalam /, atau direktori yang berada di dalam sebuah direktori disebut dengan sub direktori.

/root

Root yang berikutnya adalah /root, yang dibaca sebagai slash root.

Pada sistem berbasis Unix (termasuk GNU/Linux dan turunan-turunannya), setiap user memiliki home directory atau direktori rumah tersendiri. Direktori home untuk user biasa (non root) atau user normal adalah /home (dibaca slash home). Sedangkan sub direktori yang merupakan direktori home untuk user root adalah /root. Direktori ini berisi file-file dan semua konfigurasi standar/default yang dimiliki oleh user root.

Root access

Root privileges atau hak istimewa root adalah kekuasaan yang dimiliki oleh user/akun root pada sebuah sistem.

Akun root (atau superuser) adalah akun yang paling istimewa dan memiliki kekuasaan tertinggi (memiliki akses ke semua perintah dan file-file). Di antara kekuasaan yang dimiliki akun root, salah satunya adalah kemampuannya untuk memodifikasi sistem sesuai keinginannya dan juga mengijinkan atau membatalkan access permissions atau hak akses (kemampuan untuk membaca, modifikasi dan mengeksekusi file dan direktori). Untuk user lainnya, kemampuan tersebut tidak dimiliki.

Root is your Spider-Man costume. It gives you great power but requires great responsibility. It’s there in the closet whenever you need it, so you don’t have to wear it all the time.

Penggunaan istilah root sebagai user paling berkuasa berasal dari sifat user root yang merupakan satu-satunya akun yang memiliki write permissions atau ijin tulis pada direktori root (/). Sedangkan nama direktori root sendiri berasal dari fakta bahwa model filesystem (struktur direktori) dari sistem operasi berbasis Unix berdesain seperti pohon, di mana semua sub direktori berasal dari / yang merupakan root (akar).

Jadi, kesimpulannya…

  • root, adalah username atau akun yang memiliki hak akses istimewa/paling tinggi.
  • /, adalah direktori root, yaitu direktori paling atas dari file system yang berasal dari Unix atau Unix-like, termasuk GNU/Linux, Android, macOS dan iOS.
  • /root, adalah direktori home untuk akun root.