Terminal

root adalah username (nama pengguna) dari akun yang memiliki akses ke semua perintah dan file pada Linux atau sistem operasi lain yang berbasis UNIX, atau Unix-like. root juga sering disebut sebagai root user, user root atau superuser.

Kata root juga memiliki beberapa makna tambahan ketika digabungkan dengan istilah lain, dan inilah yang menjadi salah satu sumber kebigungan bagi orang-orang yang baru (newbie) menggunakan sistem operasi berbasis Linux atau turunannya.

Salah satunya adalah root directory atau direktori/folder root, yang merupakan direktori tingkat teratas pada sistem. Direktori ini adalah direktori di mana semua direktori berada. Direktori root dituliskan sebagai “slash” (/). Direktori yang berada di dalam /, atau direktori yang berada di dalam direktori disebut dengan subdirektori.

Root yang lain adalah /root, yang dibaca sebagai slash root. Pada sistem berbasis Unix (termasuk Linux dan turunan-turunan) setiap user memiliki home directory atau direktori rumah. Direktori home untuk user biasa (non root) atau user normal adalah /home (dibaca slash home), sedangkan /root adalah subdirektori yang merupakan direktori home untuk user root. Direktori ini berisi file-file dan semua konfigurasi yang dimiliki oleh user root.

Root privileges atau hak istimewa root adalah kekuasaan yang dimiliki oleh akun root pada sebuah sistem. Akun root adalah akun yang paling istimewa dan memiliki kekuasaan absolut (memiliki akses ke semua perintah dan file-file). Di antara kekuasaan yang dimiliki akun root salah satunya adalah kemampuannya untuk memodifikasi sistem sesuai keinginannya dan juga mengijinkan atau membatalkan access permissions atau hak akses (kemampuan untuk membaca, modifikasi dan mengeksekusi file dan direktori). Untuk user lainnya, kemampuan tersebut tidak dimiliki.

Root is your Spider-Man costume. It gives you great power but requires great responsibility. It’s there in the closet whenever you need it, so you don’t have to wear it all the time.

Penggunaan istilah root sebagai user paling berkuasa berasal dari sifat user root yang merupakan satu-satunya akun yang memiliki write permissions atau ijin tulis pada direktori root (/). Sedangkan nama direktori root sendiri berasal dari fakta bahwa model filesystem (struktur direktori) dari sistem operasi berbasis Unix berdesain seperti pohon, di mana semua subdirektori berasal dari / yang merupakan root (akar).

Jadi, intinya…

  • root, adalah username atau akun yang memiliki hak akses paling tinggi/istimewa.
  • /, adalah direktori root, alias direktori teratas dari filesystem yang berasal dari Unix atau Unix-like, termasuk GNU/Linux, Android, Mac OS dan iOS.
  • /root, adalah direktori home untuk akun root.