Cydia tweaked

Salah satu perubahan yang ada pada Cydia versi terbaru yang dirilis pada hari ini (1.1.19) adalah Cydia tidak lagi berjalan sebagai root seperti sebelumnya, tetapi sebagai mobile.

Kalau root adalah username atau akun yang memegang hak akses tertinggi yang mampu memodifikasi seluruh sistem, maka mobile adalah nama untuk user normal atau user biasa pada iOS. Sebagai perbandingan, beberapa aplikasi Cydia berjalan sebagai root sehingga dapat menjalankan fitur yang butuh akses root, sedangkan semua aplikasi yang berasal dari App Store berjalan sebagai mobile. Aplikasi mobile tidak se-powerful aplikasi root.

Lalu, apa sih efek dari perubahan ini?

Cydia now runs as “mobile” instead of “root”. This means that Cydia Substrate extensions (tweaks) can now modify Cydia, just like those tweaks modify other apps and iOS.

Menurut Saurik (@saurik), perubahan ini memungkinkan sebuah tweak (dengan bantuan Cydia Substrate, tentunya) dapat memodifikasi Cydia itu sendiri. Dengan kata lain, sebuah tema bisa mengubah tampilan Cydia seperti layaknya aplikasi-aplikasi lain yang bisa berubah tampilannya. Contohnya seperti di atas.

Nah, yang menarik adalah kalau Cydia adalah “mobile” lalu bagaimana kalau seandainya pengguna ingin menginstall sesuatu dari Cydia, atau bagaimana kalau Cydia harus menjalankan sebuah perintah yang butuh hak akses root? Apakah harus memasukkan “sudo” seperti distro Linux?

Nope. Rupanya Saurik telah membuat “secure sudo” yang memungkinkan Cydia (dan hanya Cydia) bisa mendapatkan akses root kapan saja. Jadi meskipun Cydia itu sendiri berjalan sebagai mobile tetapi Cydia tetap bisa menjalankan sebuah perintah atau tugas sebagai root.

Bagi sebagian orang mungkin ini hanyalah perubahan kecil saja, tetapi sebagian lagi terutama yang suka dengan perubahan tampilan, ini adalah berita baik karena kalau dulunya Cydia bisa luput dari perubahan tema, sekarang setiap developer bisa merilis tweak yang mampu mengubah tampilan Cydia. Nantinya perubahan tampilan Cydia mungkin tidak lagi bergantung sepenuhnya pada Saurik.