Elementary OS memang sudah menyertakan Files (Pantheon Files) sebagai file manager default, tapi saya tetap saja menginstall Nautilis di eOS sebagai file manager alternatif. Dan nyatanya, Nautilus justru menjadi file manager utama saya baik itu untuk mengakses data atau file, ataupun me-mount/unmount harddisk.

Nah, meski sudah diatur menjadi pilihan utama, Nauitlus tetap belum berubah statusnya menjadi file manager default. Terbukti ketika membuka file hasil download dari browser (misalnya “Open downloads folder” pada Google Chrome), maka yang terbuka adalah Files. Alhasil, saya hanya menutupnya dan membuka Nautilus secara manual. Menyianyiakan fitur yang diberikan browser.

Setelah 5 menit googling, saya berhasil menemukan caranya mengubah file manager bawaan elementary OS dari Files ke Nautilus dan saya pikir tidak ada salahnya untuk membagikan berita hebat ini kepada pembaca :)

Dengan asumsi Anda sudah menginstall Nautilus sebelumnya, berikut ini adalah perintah yang harus Anda jalankan di Terminal (entah itu bawaan Pantheon atau Gnome-terminal).

  1. Mengecek file manager apa yang dijadikan sebagai file manager default:
  2. Mengubah Nautilus menjadi file manager default:

Hasilnya kira-kira begini:

Terminal

Setelah menjalankan perintah kedua di atas, Nautilus akan memperoleh status default file manager. Silakan dicoba ;)

Sumber:
[Unix & Linux Stack Exchange]