OS Linux

Linux adalah nama kernel yang diciptakan/dikembangkan oleh Linus Torvalds. Kebanyakan orang ketika mengatakan “Linux” yang sebenarnya mereka maksud itu adalah “GNU/Linux”, nama formal untuk sistem operasi tersebut.

Sebenarnya Linux bukanlah kernel yang direncanakan untuk digunakan GNU pada awalnya, tetapi GNU Hurd. GNU Hurd adalah kernel yang dikembangkan sebagai kernel GNU tetapi karena dulunya Hurd belum siap, maka kernel Linux lah yang digunakan (artikel yang membahas sejarahnya sudah cukup banyak). Maka lahirlah GNU/Linux.

GNU/Linux berarti program-program GNU (aplikasi, library,dll) yang menggunakan kernel Linux. Sedangkan GNU yang menggunakan kernel Hurd disebut GNU/Hurd.

Selain GNU/Linux, ada juga varian GNU lainnya, misalnya GNU/kFreeBSD. Huruf “k” di sini berarti “kernel of”, karena FreeBSD adalah nama sistem operasi, bukan kernel. Jadi, GNU/kFreeBSD berarti sebuah sistem operasi yang terdiri dari program-program GNU yang menjalankan kernel dari OS FreeBSD.

Lalu ada juga Debian GNU/kFreeBSD. Mirip Debian biasa hanya saja kernelnya bukan Linux, tetapi kernel dari FreeBSD. Jadi, Debian GNU/kFreeBSD berarti distro Debian dengan program-program GNU yang menjalankan kernel dari FreeBSD.

GNU/Linux tidak ditulis GNU/kLinux karena Linux adalah nama kernel, bukan sistem operasi seperti FreeBSD, misalnya. Kalau GNU/Linux ditulis GNU/kLinux itu akan memiliki arti “GNU yang menggunakan kernel dari Linux”, padahal Linux tidak punya kernel -Linux lah kernelnya.

Ubuntu menggunakan kernel Linux. Ubuntu adalah GNU/Linux. Android juga menggunakan kernel Linux, tetapi Android bukan GNU/Linux, karena tidak terdapat sistem GNU di Android. Kenapa aplikasi Android tidak bisa berjalan secara native di Ubuntu padahal sama-sama menjalankan kernel Linux? Karena Android adalah Android, bukan GNU.

GNU/Linux dan Android sama-sama menggunakan Linux sebagai kernel. Porsi Linux di GNU/Linux dan Android sama banyaknya. Tetapi Android tidak disebut “Linux”, karena itu tidak tepat. Oleh karena itu GNU/Linux pun tidak tepat kalau disebut “Linux”.

Ubuntu = Linux + GNU.

Android = Linux tanpa GNU.

Jadi, “Linux OS” bukanlah nama formal, Linux adalah kernel. Cara yang tepat untuk menuliskan/menyebutkannya adalah GNU/Linux.

#TheMoreYouKnow