PIXMA MG2270

Kalau Anda juga pemilik printer merek Canon PIXMA MG2270 (detailnya) sama seperti saya, Anda bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini agar printer Anda tersebut bisa berjalan di sistem operasi GNU/Linux khususnya distro Ubuntu.

Printer

Untungnya, di Ubuntu 14.04 LTS yang saya pakai sekarang ini Anda tidak perlu lagi menginstall apa-apa untuk bisa menjalakan printer tipe ini. MG2270 ini sudah dikenali langsung, out of the box.

Yang perlu Anda lakukan hanyalah, colok printer dan buka System Settings dari Ubuntu, kemudian cari menu Printers seperti gambar di bawah ini.
Ubuntu System Settings

Kondisi awalnya akan seperti gambar di bawah, “There are no printers configured yet.” Klik tombol Add untuk menambahkan.
Ubuntu printers setting

Kemudian tunggu (yup, cuma menunggu) sampai printer dikenali. PIXMA MG2270 akan dikenali sebagai MG2200 series, tak apa. Itu normal. Selanjutnya klik namanya dari daftar Devices dan klik Forward untuk melanjutkan.

Ubuntu printers setting

Ubuntu printers settings

Semua sudah OK? Lanjut dengan mengklik Apply.

Saat printernya berhasil ditambahkan, Anda akan diminta untuk melakukan print test page. Oke kan saja untuk mencetak selembar halaman tes.

Ubuntu printers settings

Hasilnya adalah…

Ubuntu print test page

:P

Selamat, printer ini sudah bisa bekerja (nge-print) di Ubuntu.

Catatan: Seandainya Anda tidak seberuntung saya yang printernya langsung dikenali, mungkin Anda perlu menempuh cara biasa; install drivernya. Driver seri MG2270 ini bisa Anda dapatkan di halaman resmi Canon.

Scanner

PIXMA MG2270 ini juga dilengkapi dengan scanner. Tapi meskipun fitur scan ini tidak bisa langsung dikenali secara out of the box, Anda tetap bisa membuatnya bekerja di Ubuntu dengan menginstall driver yang sudah disediakan Canon.

Download driver untuk scannernya (MG2200 series ScanGear MP Ver. 2.00 for Linux) dari halaman ini. Setelah itu ekstrak, dan install file .DEB yang ada di dalam folder /packages dengan urutan scangearmp-common_2.00-1_i386.deb dulu baru scangearmp-mg2200series_2.00-1_i386.

Setelah sukses terinstall, jalankan dengan mengetik scangearmp dari Terminal.

Dan… sukses!

Ubuntu printers setting

PIXMA MG2270 kini sudah bisa digunakan untuk print dan scan di Ubuntu :)