iPhone 4

iPhone 4 milik Anda pernah mengalami masalah dengan ciri-ciri sebagai berikut?

  • Tombol volume (+/-) ketika dipencet tidak menampilkan indikator volume (hanya logo).
  • Suara musik/video tidak terdengar ketika dimainkan kecuali menggunakan headset.

Itu artinya iPhone 4 Anda sudah mau diganti dengan yang baru :P

Bad Connector

Mengapa ini bisa terjadi? Penjelasan yang paling masuk akal adalah karena ada sedikit kerusakan pada dock connector (tempat colok dock/kabel data) pada iPhone 4 Anda, sehingga iPhone Anda menganggap bahwa dirinya sedang dihubungkan ke dock charger atau speaker external.

Ketika sedang terhubung ke perangkat tersebut (dock/speaker external), iPhone akan menyalurkan setiap audio yang dikeluarkan iPhone melalui connector-nya ke speaker external dan bukan ke speaker internal, tetapi karena iPhone tidak sedang benar-benar terhubung, makanya iPhone-nya hanya diam saja.

Selain menyalurkan audionya, iPhone juga memberikan hak kontrol pada speaker external tersebut, makanya indikator volume pada iPhone tidak akan muncul karena untuk mengontrol volume harus dari dock/speaker external tersebut.

Solusinya?

Kalau reset dan restore ulang tidak membantu, cobalah untuk membersihkan lubang jack audio, dan connector pada iPhone 4 Anda dengan cairan pembersih. Kalau tidak membantu, Anda bisa mencoba mengganti connector-nya dengan dengan yang baru.

PS: Masalah ini muncul umumnya pada iPhone yang jam terbangnya tinggi (restore, dsb) dan terlalu sering charge-lepas-charge, dan tidak menutup kemungkinan juga adalah cara pasang atau mencabut yang kasar.