Pada saat ingin menginstall aplikasi di Ubuntu, baik itu dari Terminal maupun Ubuntu Sofware Center (USC) Anda akan diminta untuk memasukkan password untuk bisa melanjutkan proses instalasi. Mungkin Anda bingung, password yang mana yang harus dimasukkan? Apakah password root atau password yang Anda buat sewaktu menginstall Ubuntu?

Secara default, Ubuntu tidak mengatur password untuk user root. Password untuk root memang sengaja tidak diset. Ubuntu menggunakan sudo (super user do) untuk mengubah hak akses user biasa menjadi admin. Makanya Anda akan langsung lupa ketika ditanya password root apa, karena yang Anda belum pernah mengaturnya.

Untuk mendapatkan akses root, Anda cukup memasukkan password sudo, yaitu password yang Anda buat sewaktu menginstall Ubuntu. Jika Anda ingin membuat password root, ketik perintah berikut pada Terminal:

Kemudian Anda akan diminta memasukkan password root sesuai dengan keinginan Anda, Anda perlu memasukkannya sebanyak dua kali.

Saran saya, Anda tidak perlu mengatur password root. Untuk menginstall aplikasi Anda cuma perlu memasukkan password sudo saja. Jika Anda ingin membatalkan pembuatan password root ini jalankan perintah berikut ini di Terminal:

Sumber:
[Ubuntu Documentation]