Beberapa pengguna iDevice seringkali mengalami hal ini terutama bagi pengguna yang pernah memasukkan akun iTunes lebih dari satu. Jika Anda sering menggonta-ganti alamat email pada settingan Store di iPhone/iPad/iPod touch maka kemungkinan besar Anda akan menemui masalah ini dikarenakan kegagalan server iTunes membaca email baru dan yang lama.

Contoh kasus:
John punya teman yang baru saja membeli iPhone, namanya Lee. Karena iPhone nya masih baru, jadi Lee belum punya akun iTunes. Karena mau segera mendownload aplikasi dari App Store maka John dengan “baik hati” meminjamkan akun iTunes miliknya, dan kemudian login ke App Store.

Setelah beberapa hari, akhirnya Lee sudah memiliki akun iTunes sendiri, berkat tutorial ini. Lee lalu mengganti akun John yang dulu dengan akun miliknya sendiri dari Settings.

Nah, saat Lee ingin mendownload aplikasi dari App Store muncul masalah. Ternyata login yang diminta oleh App Store adalah akun milik John, bukan milik Lee padahal jelas-jelas sudah diganti.

Bagaimana mengatasi masalah ini?

Jika Anda mengalami masalah yang sama dengan di atas, solusinya adalah dengan melakukan sinkronisasi (sync) iPhone Anda dengan iTunes:

  1. Colok iPhone ke komputer
  2. Jalankan iTunes.
  3. Buka iTunes Store kemudian Sign in.
  4. Masukkan email dan password dari akun iTunes Anda yang sekarang/aktif, kemudian klik tombol Sign in.
  5. Buka settingan Store di iPhone Anda, dan pastikan akun iTunes Anda sudah dimasukkan dengan benar.
  6. Sync iPhone dengan iTunes agar iTunes bisa membaca informasi akun pada iPhone Anda.
  7. Lepas iPhone dan cek kembali apakah masalahnya sudah fix

Catatan:
Beberapa aplikasi yang Anda download menggunakan akun iTunes yang lama mungkin masih memerlukan akun iTunes yang lama tersebut jika seandainya aplikasinya perlu di update.