Masalah App Store yang lambat (bahkan sangat lambat) ketika mendownload atau mengupdate aplikasi menjadi topik yang lagi ramai didiskusikan dalam beberapa hari terakhir, setidaknya dalam radar saya.

Rata-rata keluhannya sama, browsing cepat tapi download/update aplikasi lambat.

“Wi-fi di rumah saya bisa download film blueray dalam 5 menit tapi kok download aplikasi dari App Store butuh waktu 4 jam??”

Yang baru merasakan masalah ini sejak update ke iOS 9 menuduh kalau iOS 9 adalah penyebabnya. “Sebelum update ke iOS 9 gak gini”, katanya.

Ada juga yang mengaitkan masalah ini dengan kasus App Store yang kebobolan baru-baru ini. Tapi menurut saya bukan itu penyebabnya. Dan saya juga merasa kalau iOS 9 tidak bersalah karena setelah saya telusuri lebih lanjut masalah ini sudah dirasakan beberapa pengguna lain (di seluruh dunia) sejak awal Agustus dari halaman support Apple.

Jadi, apa penyebabnya? Saya belum tahu pasti. Semoga masalah ini semakin banyak didiskusikan dan topiknya diangkat oleh media mainstream sehingga bisa menarik perhatian Apple untuk memberikan konfirmasi.

Untuk saat ini, kalau Anda juga mengalami masalah seperti ini, Anda bisa mengikuti beberapa solusi sementara yang sudah saya kumpulkan:

  1. Ganti regional akun
  2. Ada yang melaporkan bahwa masalah lambat download/update dari App Store terjadi setelah akun miliknya diubah dari regional US ke non-US. Dan baru kembali normal setelah dikembalikan ke US. Mungkin Anda bisa mempertimbangkan mencoba trik ini.

  3. Ganti DNS
  4. Anda bisa mencoba mengubah alamat DNS dari koneksi internet Anda ke DNS public milik Google, yaitu 8.8.8.8 dan 8.8.4.4, atau dari OpenDNS yaitu 208.67.222.222 dan 208.67.220.220.

  5. Gunakan VPN
  6. Saat artikel ini ditulis, VPN adalah solusi paling populer dan paling direkomendasikan untuk mengatasi masalah lambat download/update ini.

    Anda bisa gunakan aplikasi VPN semacam Vpn One Click atau Hotspot Shield (download dari… ahem, App Store) dan mengatur servernya ke US.

    Kalau saat pertama kali VPN belum berhasil, coba lagi dengan kombinasi reboot + on/off berulang kali sampai koneksi internetnya lebih stabil dan kencang.

Oh ya, Anda juga bisa mempertimbangkan mendownload aplikasi melalui iTunes, lalu diinstall ke iDevice Anda ;)

Good luck! Semoga bisa membantu.