Masalah App Store yang lambat saat install atau update aplikasi

App Store

Masalah App Store yang melambat (bahkan sangat lambat) saat men-install atau meng-update aplikasi menjadi topik yang sering ramai jadi pembahasan.

Rata-rata keluhannya sama, browsing di situs lain normal dan cepat, tapi saat meng-install atau meng-update aplikasi malah lambat.

Kalau Anda juga mengalami masalah seperti ini, yaitu browsing dari aplikasi lain selain App Store tetap normal tetapi lambat dan sering gagal saat meng-install dari App Store, Anda bisa mencoba beberapa solusi yang mungkin bisa membantu App Store menjadi normal kembali.

Cari sumber masalahnya

Sebelum lanjut, pastikan terlebih dahulu penyebab lambatnya koneksi Anda. Apakah memang lambat hanya saat proses install atau update aplikasi terjadi, atau juga terjadi di semua aktivitas Internet yang Anda lakukan, misalnya browsing situs web, buka Twitter, Instagram, buka Spotify dan Netflix, dan lainnya.

Anda bisa mulai dengan melakukan restart atau reboot (matikan lalu nyalakan ulang) pada perangkat Anda untuk mencari tahu sumber masalahnya. Melakukan restart bisa membantu me-refresh semua aplikasi dan jaringan yang diterima perangkat Anda, khususnya kalau Anda hanya mengandalkan data seluler sebagai sumber Internet.

Selanjutnya, kalau Anda menggunakan Wi-Fi di rumah (atau kantor) dan punya akses ke router atau modem-nya, Anda bisa mencoba me-reboot-nya juga. Router sebenarnya adalah komputer kecil yang punya CPU, memory, dan sistem operasi (atau firmware) juga. Melakukan reboot pada router bisa membersihkan cache, memory, menyegarkan CPU, dan juga memperbaiki performa jaringan Internet yang tidak stabil.

Kalau lambatnya koneksi Internet terjadi di semua aplikasi dan bukan hanya di App Store saja, berarti masalahnya ada di penyedia layanan Internet (ISP) Anda. Mungkin memang sedang ada gangguan di daerah Anda.

Tapi, kalau lambatnya koneksi hanya terasa di App Store saja dan di aplikasi lain normal, berarti ada masalah antara koneksi Internet rumah Anda dan server Apple.

Untuk mengatasi masalah koneksi yang melambat atau bermasalah di satu aplikasi saja, Anda bisa mencoba melakukan modifikasi jaringan sebelum mengakses aplikasi atau layanan yang dituju. Modifikasi jaringan yang dimaksud adalah dengan mengubah DNS atau menggunakan VPN.

Ubah DNS

Cara mengubah DNS di iPhone dan perangkat iOS lainnya:

  1. Buka Settings atau Pengaturan
  2. Masuk ke Wi-Fi, kemudian pastikan perangkat Anda sudah terhubung ke salah satu jaringan Wi-Fi yang ada.
  3. Tap ikon ( i ) di samping nama jaringan Wi-Fi yang terhubung, dan scroll ke bawah sampai muncul menu Configure DNS.
  4. Buka menu Configure DNS dan ubah ke Manual.
  5. Kalau ada server DNS yang lama, hapus saja dan tambahkan yang baru.

Untuk server atau alamat DNS-nya, Anda bisa mencoba memasukkan server DNS yang populer digunakan orang-orang, yaitu Google DNS atau Cloudflare (pilih salah satu saja).

Google DNS:

  • 8.8.8.8
  • 8.8.4.4

Cloudflare DNS:

  • 1.1.1.1
  • 1.0.0.1

Setelah memasukkan dua baris server dari salah satu pilihan di atas, tap Save untuk menyimpannya.

Perlu diperhatikan, bahwa konfigurasi DNS yang baru ini hanya diterapkan dan aktif pada jaringan Wi-Fi yang dipilih saja, bukan untuk semua jaringan Wi-Fi.

Setelah itu Anda sudah bisa melakukan browsing dan membuka App Store kembali dan mengecek apakah ada perubahan.

Gunakan VPN

Selain mengubah DNS, menggunakan VPN adalah solusi populer dan paling direkomendasikan untuk mengatasi masalah-masalah yang berhubungan dengan jaringan dan koneksi Internet.

Seringkali ubah DNS sudah cukup membantu, tetapi kalau trik DNS ternyata masih belum mempan, maka VPN bisa dijadikan penyelamat terakhir.

Anda boleh mencoba aplikasi VPN yang banyak tersedia di App Store. Tapi kalau Anda bingung memilih aplikasi VPN yang bagus tapi gratis, saya rekomendasikan Windscribe (https://windscribe.com/) atau Guardian Firewall (https://guardianapp.com/)

Windscribe untuk iOS bisa di-download langsung dari App Store. Dan untuk Guardian bisa di-download dari App Store juga.

Tapi, bagaimana caranya install aplikasi VPN kalau App Store-nya sendiri lambat? Nah, kalau untuk itu saya sarankan Anda mencoba cara pertama terlebih dahulu, yaitu mengubah DNS, lalu kemudian mencoba cara VPN.

Anda bisa meminjam koneksi Internet orang lain dulu yang sumber Internet-nya berbeda dengan yang Anda gunakan sekarang (misalnya, kalau Anda pakai Telkomsel/Indihome Anda bisa meminjam koneksi hotspot dari pengguna XL). Yang penting Anda harus punya cara dulu untuk meng-install aplikasi VPN-nya sebelum mulai meng-install aplikasi App Store lainnya dari koneksi Internet Anda sendiri.

Semoga membantu!