iTunes error 3194

Banyak pembaca Appbuntu yang mengeluh tentang masalah “Error 3194″ dan “Error 3002″ pada saat akan mengupdate iDevice ke iOS 5 atau iOS 6. Dari contoh beberapa kasus yang saya temui di beberapa forum dan blog rupanya masalah ini berkaitan dengan server Apple dan server Cydia (tempat menyimpan SHSH) milik Saurik.

Jika Anda salah satunya yang mengalami masalah error 3194 atau 3002 pada saat melakukan update iOS, Anda boleh mencoba tips berikut ini.

Mengatasi error 3194

Catatan:
Error 3194 seringkali disebabkan karena Anda berusaha mengupdate iDevice Anda ke versi iOS lama, alias bukan yang terbaru. Misalnya, update iOS 5.0 ke 5.1.1, iOS 5.1.1 ke 6.0, atau dari iOS 6.1 ke 6.1.2. Melakukan update ke versi-versi tersebut akan berujung error 3194. Solusinya cuma satu, yaitu update ke versi iOS terbaru yang tersedia saat ini.

Namun, jika Anda merasa Anda sudah mencoba untuk mengupdate ke versi terbaru dan tetap menemui error 3194, maka mungkin Anda perlu memeriksa file host pada komputer Windows Anda. Dan itulah yang akan saya bahas di sini.

Edit Hosts secara manual
Jika Anda adalah pengguna sistem operasi Windows, Anda bisa mengedit file hosts secara manual dengan cara:

  1. Buka Windows Explorer (Windows-E)
  2. Masuk ke C:\Windows\System32\drivers\etc\
  3. Anda akan menemukan sebuah file hosts, edit file tersebut dengan program text editor, misalnya Notepad.
  4. Setelah jendela program text editor telah terbuka, samakan file hosts di komputer (Windows) Anda dengan yang default:

    Jika file hosts di komputer Anda sudah sama dengan yang di atas, Save lalu tutup jendela text editornya.

  5. Selanjutnya, reboot komputer Anda dan coba lakukan restore dengan cara:
    • Dengan asumsi bahwa Anda sudah mendownload file iOS sebelumnya maka Anda tinggal menekan tombol Shift pada keyboard sambil mengklik tombol Restore pada iTunes.
      iTunes

      Sebuah jendela baru akan terbuka, carilah file iOS (ipsw) yang telah Anda download sebelumnya untuk direstore ke perangkat Anda.

    • Tunggu sampai proses update selesai.

Menggunakan program TinyUmbrella

  • Download program TinyUmbrella dari halaman Downloads.
  • Jalankan program TinyUmbrealla, masuk ke tab Advanced lalu hapus tanda centang dari Set Hosts Cydia on Exit.
  • Klik tombol Apply changes
  • Setelah mengklik tombol Apply changes dan menutup program TinyUmbrella, langkah selanjutnya adalah mereboot komputer Anda dan lakukan restre/update sekali lagi

Jika setelah menggunakan TinyUmbrealla masih belum berhasil, Anda harus melakukan flush cache DNS pada komputer yang Anda gunakan, caranya adalah:

  • Klik menu Start > Run dan ketik cmd lalu Enter.
  • Pada jendela command prompt, ketik ipconfig /flushdns lalu tekan Enter.
  • Selesai, Anda bisa mencoba melakukan restore/update sekali lagi.

Mengatasi error 3002

  1. Tenkan tombol Shift pada keyboard sambil mengklik tombol Restore pada iTunes.
    iTunes

    Sebuah jendela baru akan terbuka, carilah file iOS (ipsw) yang telah Anda download sebelumnya untuk direstore ke perangkat Anda.

  2. Tunggu sampai proses update selesai.

Mengatasi error 14

iTunes error 14 adalah salah satu kode error yang biasa muncul pada saat proses restore/update berjalan. Masalah ini sendiri sudah dijelaskan langsung oleh Apple pada halaman supportnya:

  1. Lakukan restore/update dengan menggunakan port USB yang berbeda
  2. Jika Anda menghubungkan perangkat Anda ke komputer menggunakan USB hub sebelumnya, cobalah untuk tidak menggunakannya dulu, hubungkan langsung antara iDevice dan komputer tanpa perantara.
  3. Cobalah untuk mengganti kabel USB yang Anda gunakan dengan yang lain, misalnya dengan meminjam kabel USB punya teman.
  4. Restart komputer Anda sebelum melakukan restore/update.
  5. Gunakan komputer atau jaringan internet lain.

Jika cara di atas masih belum berhasil mengatasi masalah error 14, mungkin Anda harus mencoba menginstall sebuah program kecil bernama Object Fix Zip. Program ini berguna untuk memperbaiki file ipsw hasil downloadan yang kemungkinan mengalami sedikit corrupt akibat mengalami perubahan ekstensi (dari ipsw > zip dan sebaliknya).

File HOSTS untuk Windows XP

File HOSTS untuk Windows Vista

File HOSTS untuk Windows 7