evasi0n

Evaders (@evad3rs), grup hacker iOS yang terdiri dari @pod2g, @planetbeing, @MuscleNerd dan @pimskeks telah resmi meluncurkan evasi0n, jailbreak untethered untuk iOS 6.

Evasi0n dipastikan dapat bekerja dengan baik untuk semua iDevice yang mendukung iOS 6 hingga 6.1.1, diantaranya:

  • iPhone 3GS
  • iPhone 4
  • iPhone 4S
  • iPhone 5
  • iPad mini
  • iPad 2
  • iPad 3
  • iPad 4
  • iPod touch 4G
  • iPod touch 5G

Update:
Buat pengguna iPhone 4S dengan iOS 6.1.1 sudah bisa mendapatkan jailbreak untethered dengan menggunakan evasi0n 1.3.

Sebelum jailbreak:

  • Pastikan Anda telah melakukan backup dari iTunes ataupun dari iCloud.
  • Sebelum menggunakan evasi0n, nonaktifkan passcode pade iDevice Anda terlebih dahulu.
  • Saat proses jailbreak berlangsung, harap bersabar, jangan menjalankan iTunes, dan jangan menjalankan program apapun di komputer Anda yang bisa mengganggu proses jailbreak. Lebih baik, jangan menyentuh komputer sama sekali.
  • Buat pengguna iPhone 4 (khusus FU) dan iPod touch 4G yang masih menggunakan iOS 6.1 dengan jailbreak tethered, disarankan untuk melakukan fresh restore ke iOS 6.1.

Perhatian!:
Dengan mengikuti tutorial di bawah ini, berarti Anda tahu Apa yang sedang Anda kerjakan. Resiko kerusakan ditanggung oleh Anda sendiri.

Jailbreak iOS 6 dengan evasi0n

  1. Download evasi0n dari halaman Downloads.
  2. Pastikan Anda memilih yang sesuai dengan sistem operasi yang Anda gunakan.
  3. Ekstrak kemudian jalankan evasion dari komputer Anda.
  4. Hubungkan iDevice ke komputer Anda, dan tunggu sampai evasi0n berhasil mendeteksinya. iDevice boleh dalam keadaan nyala.
  5. Jika berhasil dideteksi, tombol Jailbreak pada evasi0n akan aktif. Silakan tekan tombol Jailbreak tersebut untuk memulai proses jailbreak.
  6. evasi0n

  7. Selanjutnya proses jailbreak akan dimulai, ada banyak tahap-tahap yang dilalui dan semuanya otomatis dikerjakan oleh evasi0n.
  8. Setelah proses awal tersebut selesai, evasi0n akan berhenti sejenak untuk meminta Anda membuka kunci layar pada iDevice.
  9. evasi0n

  10. Setelah Anda membuka kunci layar dan masuk ke homescreen, akan muncul sebuah ikon putih berlogo evad3rs. Tap ikon yang bernama “Jailbreak” tersebut satu kali untuk melanjutkan proses jailbreak. Pastikan hanya men-tap ikon ini sekali saja, bukan berkali-kali.
  11. evasi0n

  12. Kemudian proses jailbreak evasi0n akan berlanjut di komputer Anda dengan beberapa tahap final. Harap bersabar.
  13. Jika proses jailbreak berjalan lancar, evasi0n akan menampilkan pesan “Done!”.
  14. iDevice Anda secara otomatis akan melakukan reboot, proses ini mungkin sedikit agak lama.
  15. evasi0n

  16. Kemudian pada layar iDevice Anda akan muncul logo evasi0n dengan background putih, diikuti dengan rebootnya iDevice Anda untuk menyelesaikan proses jailbreak.
  17. Setelah iDevice Anda reboot beberapa kali secara otomatis, Anda sudah bisa masuk ke homescreen dan membuka Cydia.
  18. Cydia

Selamat! iDevice Anda telah berhasil dijailbreak.

Video tutorial

Troubleshooting

Walaupun sebelum dirilis secara resmi ke publik evasi0n telah melalui beberapa tahap uji coba, tetapi beberapa masalah bisa saja terjadi. Berikut ini adalah beberapa masalah yang mungkin saja terjadi pada saat atau setelah melakukan proses jailbreak.

Patching Kernel

Patching kernel ini adalah salah satu tahap dalam proses jailbreak. Tahap ini memang cukup memakan waktu sampai beberapa menit, namun jika Anda merasa tahap patching kernel ini sudah terlalu lama, Anda bisa melakukan reboot paksa dengan menekan sambil tahan tombol Home dan Power secara bersamaan sampai iDevice Anda reboot, kemudian mengulangi proses jailbreak.

Cydia error

Dikarenakan padatnya trafik Cydia, maka beberapa repositori mungkin akan menampilkan pesan error sewaktu Anda akan menginstall apps/tweaks. Ini wajar dan sudah sering terjadi setiap kali sebuah jailbreak dirilis. Anda cukup bersabar hingga trafik ke Cydia mulai menurun.

Tombol Jailbreak pada evasi0n berwarna abu-abu/tidak bisa diklik
Jika Anda mengalami masalah ini, pastikan kalau iDevice Anda tidak terlindungi dengan passcode. Matikan passcode terlebih dahulu sebelum menghubungkan iDevice Anda ke komputer. Setelah proses jailbreak selesai, Anda boleh mengaktifkan passcode kembali.

Ikon ekstra


Setelah proses jailbreak selesai, Anda mungkin akan melihat beberapa ikon aplikasi tambahan yang muncul di homescreen. Ini wajar. Abaikan saja aplikasi ini, atau Anda bisa menyembunyikannya kembali dengan bantuan SBSettings dari Cydia.

Good luck!

Sumber:
[iClarified]