Jailbreak untethered iOS 6 dengan evasi0n

evasi0n

Evaders (@evad3rs), grup hacker iOS yang terdiri dari @pod2g, @planetbeing, @MuscleNerd dan @pimskeks telah resmi meluncurkan evasi0n, jailbreak untethered untuk iOS 6.

Evasi0n dipastikan dapat bekerja dengan baik untuk semua iDevice yang mendukung iOS 6 hingga 6.1.1, diantaranya:

  • iPhone 3GS
  • iPhone 4
  • iPhone 4S
  • iPhone 5
  • iPad mini
  • iPad 2
  • iPad 3
  • iPad 4
  • iPod touch 4G
  • iPod touch 5G

Update:
Buat pengguna iPhone 4S dengan iOS 6.1.1 sudah bisa mendapatkan jailbreak untethered dengan menggunakan evasi0n 1.3.

Sebelum jailbreak:

  • Pastikan Anda telah melakukan backup dari iTunes ataupun dari iCloud.
  • Sebelum menggunakan evasi0n, nonaktifkan passcode pade iDevice Anda terlebih dahulu.
  • Saat proses jailbreak berlangsung, harap bersabar, jangan menjalankan iTunes, dan jangan menjalankan program apapun di komputer Anda yang bisa mengganggu proses jailbreak. Lebih baik, jangan menyentuh komputer sama sekali.
  • Buat pengguna iPhone 4 (khusus FU) dan iPod touch 4G yang masih menggunakan iOS 6.1 dengan jailbreak tethered, disarankan untuk melakukan fresh restore ke iOS 6.1.

Perhatian!:
Dengan mengikuti tutorial di bawah ini, berarti Anda tahu Apa yang sedang Anda kerjakan. Resiko kerusakan ditanggung oleh Anda sendiri.

Jailbreak iOS 6 dengan evasi0n

  1. Download evasi0n dari halaman Downloads.
  2. Pastikan Anda memilih yang sesuai dengan sistem operasi yang Anda gunakan.
  3. Ekstrak kemudian jalankan evasion dari komputer Anda.
  4. Hubungkan iDevice ke komputer Anda, dan tunggu sampai evasi0n berhasil mendeteksinya. iDevice boleh dalam keadaan nyala.
  5. Jika berhasil dideteksi, tombol Jailbreak pada evasi0n akan aktif. Silakan tekan tombol Jailbreak tersebut untuk memulai proses jailbreak.
  6. evasi0n

  7. Selanjutnya proses jailbreak akan dimulai, ada banyak tahap-tahap yang dilalui dan semuanya otomatis dikerjakan oleh evasi0n.
  8. Setelah proses awal tersebut selesai, evasi0n akan berhenti sejenak untuk meminta Anda membuka kunci layar pada iDevice.
  9. evasi0n

  10. Setelah Anda membuka kunci layar dan masuk ke homescreen, akan muncul sebuah ikon putih berlogo evad3rs. Tap ikon yang bernama “Jailbreak” tersebut satu kali untuk melanjutkan proses jailbreak. Pastikan hanya men-tap ikon ini sekali saja, bukan berkali-kali.
  11. evasi0n

  12. Kemudian proses jailbreak evasi0n akan berlanjut di komputer Anda dengan beberapa tahap final. Harap bersabar.
  13. Jika proses jailbreak berjalan lancar, evasi0n akan menampilkan pesan “Done!”.
  14. iDevice Anda secara otomatis akan melakukan reboot, proses ini mungkin sedikit agak lama.
  15. evasi0n

  16. Kemudian pada layar iDevice Anda akan muncul logo evasi0n dengan background putih, diikuti dengan rebootnya iDevice Anda untuk menyelesaikan proses jailbreak.
  17. Setelah iDevice Anda reboot beberapa kali secara otomatis, Anda sudah bisa masuk ke homescreen dan membuka Cydia.
  18. Cydia

Selamat! iDevice Anda telah berhasil dijailbreak.

Video tutorial

Troubleshooting

Walaupun sebelum dirilis secara resmi ke publik evasi0n telah melalui beberapa tahap uji coba, tetapi beberapa masalah bisa saja terjadi. Berikut ini adalah beberapa masalah yang mungkin saja terjadi pada saat atau setelah melakukan proses jailbreak.

Patching Kernel

Patching kernel ini adalah salah satu tahap dalam proses jailbreak. Tahap ini memang cukup memakan waktu sampai beberapa menit, namun jika Anda merasa tahap patching kernel ini sudah terlalu lama, Anda bisa melakukan reboot paksa dengan menekan sambil tahan tombol Home dan Power secara bersamaan sampai iDevice Anda reboot, kemudian mengulangi proses jailbreak.

Cydia error

Dikarenakan padatnya trafik Cydia, maka beberapa repositori mungkin akan menampilkan pesan error sewaktu Anda akan menginstall apps/tweaks. Ini wajar dan sudah sering terjadi setiap kali sebuah jailbreak dirilis. Anda cukup bersabar hingga trafik ke Cydia mulai menurun.

Tombol Jailbreak pada evasi0n berwarna abu-abu/tidak bisa diklik
Jika Anda mengalami masalah ini, pastikan kalau iDevice Anda tidak terlindungi dengan passcode. Matikan passcode terlebih dahulu sebelum menghubungkan iDevice Anda ke komputer. Setelah proses jailbreak selesai, Anda boleh mengaktifkan passcode kembali.

Ikon ekstra


Setelah proses jailbreak selesai, Anda mungkin akan melihat beberapa ikon aplikasi tambahan yang muncul di homescreen. Ini wajar. Abaikan saja aplikasi ini, atau Anda bisa menyembunyikannya kembali dengan bantuan SBSettings dari Cydia.

Good luck!

Sumber:
[iClarified]

64 Replies to “Jailbreak untethered iOS 6 dengan evasi0n”

  1. punyaku udah tak jailbreak tapi kenapa kok aplikasi default ios hilang semua termasuk cydianya hilang..??
    use : ios 6.0.1 on ipad 2 gsm

  2. Jadi ini iDevice nya harus udh running iOS 6.x dulu ya baru jalanin evasi0n nya. (?)
    Kalau yang iDevice SU kan blom bisa masuk homescreen ( di iOS-iOS sebelumnya, gak tau klu iOS 6.x). Ane sendiri belum coba sih. Nunggu pencerahan master-master dulu.. :p
    Btw, klu udh JB iOS 6.1 di iPhone 3GS SU, nanti bisa diunlock pake ultrasn0w gak ya?

          1. caranya abis restore buka cydia,cari evasi0n 6.x untether, install
            trus reboot baru dicolok lagi
            agak lama recognize nya gan,tp bisa kok

          2. Kalau habis downgrade kenapa gak bisa pake ultrasn0w? Justru downgrade bb itu gunanya untuk mengatasi masalah sinyal drop dan masalah gps :).

      1. confirmed! iPhone 3GS old bootroom, iOS 6.1 dan ultrasn0w 1.2.8 bisa jalan. 🙂

        Tapi penyakit lama masih ngikut yaitu sinyal ngedrop waktu GPS aktif. 🙁
        soal gk kebaca di itunes blm nyoba, lagi restore dr iCloud.

  3. bang nanya nih ios skarang di 6.0.1,trus stiap tersambung wifi knapa otomatis download update ke 6.1 ya bang??gmn tu cara cancel.nya 🙂

  4. Terimakasih, saya telah berhasil jailbreak dg sukses di iPad 2 saya berkat tutorial ini… Dan di forum lain sy sempat baca katanya buat iPhone 5 masih bug ya… Soalnya saya belum mencobanya sendiri buat iPhone 5 saya, baru test di iPad… Apa itu benar mas Ivan? Atau mungkin pembaca lain yg sudah coba di iPhone 5 mohon pencerahan dan kebaikannya… :))

  5. adakah tips untuk mengurangi konsumsi RAM di 3GS 6.1??
    padahal tweaks yang saya pakai cuma tweaks standard (SbSetting, evasi0n, ultrasn0w)
    ga ada aplikasi jalan, free memory cuma 50an MB :s

    1. Buat iPhone 3GS kayaknya standar free RAM nya sekitaran 50-70 MB pas startup. Belum lagi ditambah sama aplikasi yang running pas startup atau apps yang notifikasinya aktif di background.

  6. mau tanya bang ivan, saya baru jailbreak iphone4 FU, os 6.0.1 dan sukses, tp knpa ga bs install game atau aplikasi ya?install nya via ifunbox, failed terus, update evasion untether yg di cydia jg sudah, mohon pencerahan nya , trima kasih

  7. mas ivan, tolong tanya. saya punya iphone 3gs IOS 6.1 yang sudah d jailbreak dengan evasi0n, tapi kenapa ada beberapa applikasi yang tidak bisa d instaal dengan menggunakan ifunbox.. termasuk “whatsapp”. mohon bantuan nya.. terima kasih..

  8. Bang ivan,saya udah coba download di situsnya evasi0n 1.5.3 tapi setiap selesai download dan diekstrak selalu corrupt, ini dari sourcenya atau gimana ya. Saya pake wind 8 untuk 64 bit. Thanks

  9. mas ivan saya coba jb dengan redsnow, bootrom lama. error 3194 , setelah itu reboot sendiri.. ada tutor step by step mas ivan agar phone 3Gs ios 6.1.3 saya bisa di jb,, thanks

  10. gan ivan ane dah ikutin tutorial tp kenapa ada error 1479 ya??? appstore n map jadi hilang?? apa yg saya harus lakukan??

  11. Please help… mas dilayar iphone 5c saya cuman ada gambar itunes aja… kalau dicolokin di PC di itunes kebaca terus kalau di restore malah ditengah2 jalan muncul “the iPhone could not be restored. an unknown error occurred (1)” sudah dicoba terus masih sama dan secara online dan manual jg… terus di evasi0n7 idevicenya tidak kedeteck… mohon solutionnya mas…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *