iTunes Gift Card

iTunes Gift Card atau yang sering disingkat IGC adalah sebuah voucher yang bisa digunakan untuk berbelanja di toko online milik Apple. iTunes Gift Card bisa dipergunakan untuk membeli konten-konten digital dari iTunes Store seperti musik, acara TV, film, video klip musik, aplikasi dan games dari App Store serta buku-buku di iBooks Store.

Mirip dengan voucher pulsa biasa, IGC memiliki sekitar 16 digit kode yang memiliki nilai nominal bervariasi mulai dari US$10 sampai dengan US$100. Nominal inilah yang akan berguna sebagai saldo kita ketika di-redeem untuk membeli aplikasi/musik atau apapun dari iTunes Store, App Store atau iBooks Store.

iTunes Gift Card bisa dibeli dari Apple Store, atau seseorang yang Anda kenal yang menjual IGC. Ya, IGC bisa juga didapatkan dari seorang reseller.

Selain IGC, ada juga yang namanya content code atau kode konten yang juga berupa kode yang bisa ditukar dengan konten-konten digital, seperti halnya IGC.

Anda bisa melakukan redeem iTunes Gift Card atau kode konten yang Anda punya pada iTunes Store, App Store, iBooks Store, ataupun Mac App Store.

  • Kalau Anda punya kode konten Mac App Store, Anda harus melakukan redeem pada Mac App Store (App Store pada komputer Mac).
  • Kalau Anda punya kode konten atau kode promosi, Anda harus melakukan redeem sebelum tanggal yang tercetak pada kartu.
  • Kalau misalnya Anda menerima iTunes Store Gift Card melalui email, Anda tidak perlu me-redeem kodenya. Cukup klik “Redeem Nom” dari email tersebut.

Catatan:
IGC hanya bisa di-redeem dari akun di mana IGC tersebut dibeli.

Cara me-redeem IGC atau kode konten dari iTunes di PC atau Mac

Dengan asumsi Anda sudah memiliki/membeli sebuah iTunes Gift Card, kini saatnya mengetahui bagaimana cara me-redeem (mencairkan) kodenya agar bisa digunakan untuk berbelanja di iTunes Store.

  1. Pastikan di komputer Anda sudah terinstall iTunes, dan memiliki sebuah akun iTunes.
  2. Kalau Anda belum memilikinya, saya sarankan untuk membuatnya terlebih dahulu.

    Silakan ikuti petunjuk yang ada di sini dengan catatan: akun yang Anda buat harus dari negara yang sama dengan IGC yang Anda miliki.

    iTunes Gift Card dari US hanya bisa digunakan untuk mengisi akun iTunes dari US saja, dst.

  3. Selanjutnya, jalankan iTunes di komputer Anda.
  4. Buka iTunes Store dan login dengan akun iTunes Anda, bisa dengan mengklik logo profil pada menu iTunes (dekat kolom pencarian).
  5. Setelah Anda berhasil login, pada dropdown menu di logo profil, pilih menu Redeem…
  6. iTunes Gift Card

  7. Selanjutnya Anda akan diarahkan ke sebuah form untuk memasukkan kode seperti ini:
  8. iTunes Gift Card

    Masukkan kode yang tertera pada iTunes Gift Card, atau kode yang Anda punya:
    iTunes Gift Card

  9. Kalau Anda berhasil melakukan redeem, akan muncul keterangan dari jumlah yang Anda masukkan. Setiap kali Anda melakukan pembelian, maka saldo Anda akan dikurangi.
  10. iTunes Gift Card

Cara me-redeem IGC atau kode konten melalui iPhone, iPad atau iPod touch

  1. Tap/buka iTunes Store, App Store atau iBooks Store pada iDevice Anda.
  2. Tap ke bagian Featured dan scroll ke bawah sampai muncul tombol Redeem. Tap, dan Anda akan diminta untuk login dengan Apple ID Anda.
  3. iTunes Gift Card iPhone

  4. Tap pada tombol/link bertuliskan “You can also enter your code manually.” yang artinya Anda akan memasukkan kodenya secara manual.
  5. iTunes Gift Card iPhone

  6. Di sini Anda harus memasukkan kode di balik iTunes Gift Card yang Anda miliki.
  7. iTunes Gift Card iPhone

  8. Setelah melakukan redeem, balance dari akun Anda akan diperbarui dan ditampilkan di bawah Apple ID Anda. Seandainya belum muncul, mungkin Anda perlu sign-out dan sign-in kembali dari App Store untuk memunculkannya.
  9. Kalau yang Anda redeem bukan iTunes Gift Card tetapi kode konten atau kode promosi untuk sebuah aplikasi, maka aplikasinya akan langsung terdownload ketika proses redeem selesai.
  10. iTunes Gift Card iPhone

Perhatian:
Perhatikan hal-hal berikut ini.

Sebelum membeli iTunes Gift Card pastikan Anda sudah memiliki akun iTunes, dan dianjurkan adalah akun US/Amerika. Selain karena ini adalah syarat untuk dapat menggunakan iTunes Gift Card dari US, aplikasi-aplikasi yang tersedia di iTunes Store US lebih lengkap dibanding store di Indonesia, dan juga Apple Store tidak menjual iTunes Gift Card untuk store Indonesia.

Belilah iTunes Gift Card dari Apple Store langsung, atau penjual/reseller yang betul-betul bisa dipercaya. Hindari penjual yang tidak dikenal atau belum punya reputasi.

iTunes Gift Card yang Anda beli harus valid, dibeli langsung dari Apple Store. Walaupun Anda tidak bisa pergi langsung ke Apple Store, yang penting penjual tempat Anda membeli iTunes Gift Card yang harus membelinya langsung dari Apple Store.

Jangan beli dari sembarangan orang, bisa-bisa cara mereka mendapatkan iTunes Gift Card dilakukan dengan cara yang tidak benar. Misalnya, seseorang yang melakukan hacking credit card (carding) untuk mencuri saldo orang lain, kemudian melakukan pembelian iTunes Gift Card dari credit card curian tersebut, kalau pemilik asli credit card memblokir credit cardnya maka bisa-bisa gift card/akun iTunes Anda akan di disable.

Cara mengetahui mana pembeli yang jujur dan yang bukan adalah dari harga yang mereka tawarkan. Kalau harga yang mereka tawarkan terlalu murah maka Anda harus berhati-hati. Ini karena harga iTunes Gift Card adalah dalam dollar, dan kalau dirupiahkan maka harganya akan sebanding. Misalnya untuk gift card senilai US$ 50 maka harganya akan berkisar antara Rp 500.000. Kalau ada penjual yang menawarkan Anda seharga 100ribu maka Anda harus curiga, kenapa harganya bisa semurah itu.

Kalau Anda membeli gift card yang ternyata illegal dan dibanned oleh Apple, maka Anda tidak akan bisa lagi melakukan update aplikasi, kalau aplikasi itu dibeli dengan gift card yang tadi. Ini karena gift card telah diasosiasikan dengan akun iTunes Anda.