Lost iPhone

Lost iPhone via Chris-Håvard Berge.

Ada saat di mana kita lalai atau tidak hati-hati menjaga barang-barang pribadi kita sendiri, hingga pada akhirnya kita menjadi kehilangan barang tersebut. Bahkan barang yang dijaga dengan hati-hati pun bisa saja hilang. Satu benda yang bisa membuat hari-hari Anda menjadi sedih dan gelisah tidak karuan adalah kehilangan iPhone, iPad atau iPod touch (iDevice) kesayangan Anda.

Selain harga/biaya, sejarah atau pengorbanan yang harus Anda keluarkan untuk membelinya, kehilangan informasi atau data-data penting, nomor kontak, catatan penting dan foto-foto yang tidak bisa tergantikan benar-benar membuat siapa saja sakit hati.

Lain kehilangan karena lupa atau lalai, lain pula kecurian.

iPhone misalnya, adalah gadget yang ukurannya terbilang kecil dan mudah luput dari pengawasan. Belum lagi kepopuleran dan harganya yang bisa 2-3 kali lipat dibanding smartphone lainnya. Hal ini membuat iPhone (pada dasarnya, semua iDevice) menjadi incaran maling.

Nah, karena merasa prihatin dengan kondisi sekarang ini di mana barang hilang dan curian yang dijual bebas sudah menjadi bagian dari masyarakat kita, saya berinisiatif untuk membuat halaman khusus pada blog ini yang ditujukan untuk membahas kedua hal tersebut.

Halaman khusus

Untuk membantu siapa saja yang iDevicenya hilang atau kecurian, saya membuat halaman khusus yang akan mengumpulkan informasi mengenai iDevice yang hilang/dicuri dan yang ditemukan.

iLost
Halaman “iLost” menampilkan informasi iDevice yang dilaporkan hilang atau dicuri dari pemiliknya. Pada halaman tersebut Anda bisa melihat informasi berupa waktu, tempat dan detail dari iDevice yang hilang atau dicuri secara jelas.

Kalau ternyata Anda, keluarga atau teman Anda adalah korban kehilangan atau kecurian, Anda bisa mengisi form pada halaman iLost Report dengan jelas dan lengkap. Jangan lupa untuk mengisi keterangan dengan informasi yang Anda anggap penting.

iFound
Halaman iFound Report disediakan bagi siapa saja yang menemukan sebuah iDevice di suatu tempat, dan ingin mengembalikannya kepada pemiliknya. Informasi yang telah diberikan oleh sang penemu barang akan ditampilkan pada halaman iFound.

Perbedaan antara barang temuan dan barang curian

Barang temuan artinya barang milik seseorang yang hilang. Barang yang tidak berada di tangan pemiliknya yang sah. Bisa karena faktor lupa menaruhnya, atau karena terlepas/terjatuh secara tidak sengaja di suatu tempat yang tidak diketahui pemiliknya.

Kalau si “A” menemukan sebuah iPhone 5s di pinggir pantai, misalnya, maka si A tidak secara otomatis menjadi pemilik sah dari iPhone tersebut, meskipun si A sudah menjaga dan merawat iPhone tersebut selama 6000 tahun sejak ditemukan di pantai.

Barang curian artinya barang yang dengan sengaja dipindahkan dari tangan pemiliknya.

Sebagai contoh, kalau si “X” datang ke sebuah kafe dan melihat sebuah iPhone 5c di atas meja kosong di sebelahnya lalu “mengamankannya”, itu berarti si X telah menemukan sebuah iPhone. Atau dengan kata lain si X adalah penemu.

Namun, si X bisa saja dikatakan sebagai pencuri kalau seandainya dalam 10 menit ke depan pemiliknya datang untuk mencari iPhonenya yang kelupaan tetapi si X tidak berbuat apa-apa (cuek, pura-pura tidak lihat). Kalau seandainya sang pemilik asli melaporkan kasus ini ke polisi sebagai korban pencurian, maka si X bisa bermasalah, meskipun si X membela diri sebagai “penemu”.

Laporkan iDevice yang Anda temukan!

Sulit. Ya, saya tahu :(

Bagi orang yang kurang jujur (atau kadang-kadang jujur) melaporkan barang temuan sekelas iPhone bahkan hampir sama besar beban yang dirasakannya dengan kehilangan iPhone itu sendiri. Ini karena 5 menit sejak iPhone tersebut ditemukan orang ini langsung merasa sebagai pemiliknya yang sah, alias dapat “rezeki” tiba-tiba.

Sayangnya, rezeki yang halal tidak datang dengan cara yang seperti itu. Dan saya harap siapapun yang telah membaca ini bisa paham dan dengan besar hati untuk melaporkan barang/iPhone temuannya tersebut. Siapa tahu, kejujuran Anda dihargai mahal oleh sang pemilik iPhone yang Anda temukan.

Laporkan iDevice Anda yang hilang/dicuri

Berita baiknya, meskipun tersisa sedikit, ternyata orang jujur di dunia utamanya di negara ini masih sering ditemui. Beberapa kali saya temukan ada saja orang yang melaporkan telah menemukan sebuah iPhone, baik itu di media sosial seperti Facebook atau Twitter ataupun forum seperti Kaskus. Salut. Ini artinya, Anda perlu menyebarluaskan berita kehilangan Anda agar semakin besar kemungkinan iDevice Anda kembali.

Nah, untuk memfasilitasi orang yang menemukan dan orang yang kehilangan, Anda bisa memanfaatkan halaman iLost dan iFound yang sudah disediakan.

Akhir kata

Saya tentunya tidak bisa menjamin kalau iPhone Anda akan langsung ditemukan atau 100% kemungkinan kembali setelah mengisi form iLost Report, dan Anda pun paham itu. Anda masih tetap membutuhkan luck atau keberuntungan dan banyak-banyak berdoa untuk bisa menemukan iDevice Anda yang hilang. Tapi, dengan mengisi form iLost Report dan rajin mengecek halaman iFound, maka Anda telah berada selangkah lebih dekat dengan iPhone Anda yang menunggu untuk ditemukan.

Good luck.

Catatan:
iLost dan iFound bersifat user-generated content, dan tidak ada afilisasi sama sekali dengan Apple Inc.